[Lengkap] Tari Ondel Ondel: Sejarah, Kostum, Pola Lanti, Properti + Video

Tari ondel ondel adalah salah satu kesenian khas asli Betawi yang saat ini sudah tumbuh dan mendapatkan banyak modifikasi, dibandingkan awal mula perkembangannya yang dinilai sangat sederhana. Sama seperti tarian daerah pada umumnya, tarian ondel-ondel juga mempunyai karakteristik dan ciri khasnya sendiri.

Bagi yang belum mengenal betul tentang salah satu warisan budaya Indonesia ini, kamu bisa menyimak deskripsi lengkap tentang tarian ondel-ondel disini. Yuk, simak dulu untuk menambah wawasan kamu tentang sinopsis tari ondel ondel dan penjelasannya secara lengkap.

Asal Usul & Sejarah Tari Ondel Ondel

sejarah Tari Ondel Ondel jaman dulu
imgsrv.voi.id

Sebelum ondel-ondel dikenal sebagai salah satu tarian tradisional dari budaya Betawi, kreasi kesenian ini melalui deretan sejarah panjang. Menurut catatan sejarah, tarian ini awal mula muncul pada abad ke-16 di Batavia. Namun pada saat itu masyarakat menyebutnya boneka raksasa, bukan ondel-ondel seperti yang kita kenal sekarang.

Fakta tersebut juga tertulis dalam buku W Scott yang menceritakan tentang dirinya ketika melihat boneka raksasa yang diarak keliling kampung. Kemudian pada era tahun 1900-an, masyarakat mulai mengenal ondel-ondel dengan istilah barongan. Uniknya, boneka barongan tersebut punya karakteristik seram dengan kumis yang melintang sehingga membuat anak-anak pada masa itu ketakutan.

Nama ondel-ondel kemudian mulai dikenal sejak almarhum Benjamin meliris lagunya yang berjudul ondel-ondel. Kemudian pada era gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin tahun 1966-1977, beliau mengubah wajah ondel-ondel yang mulanya seram menjadi tampak lebih bersahabat. Tujuannya agar arak-arakan kesenian ondel-ondel di Jakarta bisa dinikmati oleh anak-anak tanpa ada rasa takut.

Fungsi dan Makna Filosofi

Fungsi Tari Ondel Ondel
idntimes.com

Fungsi kesenian ondel-ondel pada zaman dulu digunakan oleh masyarakat sebagai upaya penolak bala. Tidak hanya itu saja, tari ondel-ondel diyakini juga dapat mengusir gangguan roh halus yang gentayangan. Sehingga tak heran jika kesenian ini sering dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis.

Tarian ondel-ondel juga mempunyai nilai estetis sebagai salah satu kearifan lokal untuk mengajak masyarakat hidup bersih dari segala sesuatu yang dapat merusak tatanan kehidupan. Pada era tahun 40-an, kesenian tari ondel-ondel bertujuan untuk memerankan nenek moyang atau leluhur yang senantiasa menjaga seluruh penduduk desa.

Akan tetapi, makna mistis tersebut hanya bertahan hingga era 50-an seiring dengan kemajuan pemikiran masyarakat Betawi. Dewasa ini, fungsi ondel-ondel lebih bertujuan untuk menambah semarak pesta pesta rakyat di daerah ibukota. Misalnya peresmian gedung baru tanpa, penyambutan tamu terhormat hingga festival festival tahunan di Jakarta.

Penyajian Tari Ondel Ondel

pertunjukkan Tari Ondel Ondel
asset-a.grid.id

Ondel-ondel sendiri merupakan boneka besar dengan tinggi sekitar 2,5 meter dan berdiameter kurang lebih 80 cm. Terbuat dari anyaman bambu yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat diisi oleh seseorang di dalamnya. Wajah ondel-ondel dari penari laki-laki dicat dengan warna merah sementara untuk perempuan berwarna putih. Penyajian tari ondel-ondel meliputi gerakan langkah dan pola yang sebenarnya telah mengalami banyak perkembangan. Untuk lebih jelasnya pendapat berikut kami uraikan penyajian tari ondel-ondel khas Betawi:

a. Gerakan

Dalam gerakan tarian ondel ondel dibedakan menjadi gerak anak perempuan dan gerak anak laki-laki. Gerakan Tari Ondel Ondel Anak Perempuan:

  • Gerakan I: Kedua tangan di pundak dengan hitungan satu dan dua, lalu kedua tangan membuka dan posisi kaki kanan maju ke depan secara bergantian dalam hitungan dua kali delapan.
  • Gerakan II: Kedua tangan di pundak dengan hitungan empat lompat ke kanan sambil pinggul bergoyang dalam hitungan 8. Setelah itu lompat ke kiri dan kedua tangan di depan sambil menggeleng-gelengkan kepala.
  • Gerakan III: Kedua tangan di samping dengan hitungan 8 dan kaki kiri diangkat secara bergantian dalam hitungan dua kali delapan.
  • Gerakan IV: Kedua tangan berada di atas dan sambil menggoyangkan kaki kanan secara bergantian dengan kaki kiri dalam hitungan dua kali delapan
  • Gerakan V: Kedua tangan diletakkan di pundak dengan hitungan 1 dan 2, lalu kedua tangan membuka. Posisi kaki kanan maju kedepan secara bergantian dalam hitungan dua kali delapan
  • Gerakan VI: Posisi kedua tangan melenggang dalam hitungan 1 x 8 sembari kepala digeleng dengan hitungan satu kali delapan.
  • Gerakan VII: Posisi kedua tangan di pundak sembari melompat dengan hitungan 1 & 2, lalu kedua tangan membuka
  • Gerakan IX: Posisi kedua tangan diayunkan ke depan dan ke belakang secara bergantian, lalu kaki kiri dan kanan membuka ke samping secara bergantian.
  • Gerakan X: Kedua tangan di depan dan melompat dalam hitungan 1 dan 2, lalu pada hitungan ke-4 mundur sembari mundur sambil kedua tangan dalam posisi membuka
  • Gerakan XI: Kedua tangan dalam posisi disilangkan dengan hitungan 1 dan 2, lalu kedua tangan membuka, posisi kaki kanan dan kaki kiri diangkat secara bergantian
  • Gerakan XII: Posisi kedua tangan di depan dengan hitungan 1 dan 2, lalu tangan membuka ke atas sembari menggelengkan kepala.

Gerakan Tari Ondel Ondel Anak Laki-Laki

  • Gerakan I: Tangan memegang rumbei yang dibuat dari material kayu, tangan membuka dalam hitungan 8 berjalan ke depan sembari menggelengkan kepala
  • Gerakan II: Kaki kiri dan kanan bergantian diangkat dalam hitungan 1 dan 2, sambil kedua tangan dalam posisi membuka
  • Gerakan III: Gerak melompat ke kanan dalam hitungan 1 dan 2, lalu pada hitungan 4 melompat ke arah kiri
  • Gerakan IV: Posisi kedua tangan ke depan dalam hitungan ke-4, kedua tangan lalu membuka
  • Gerakan V: Setelah hitungan 1 dan 2 tangan dibuka ke atas dan disilang, lalu hitungan ke-4 kedua tangan membuka ke samping
  • Gerakan VI: Posisi kedua tangan membuka sembari kaki kanan dan kaki kiri diangkat secara bergantian dalam hitungan 1 dan 2
  • Gerakan VII: Posisi kedua tangan di depan dengan memegang rebana dalam hitungan 8, lalu kedua kaki jalan di tempat sembari badan condong ke depan
  • Gerakan IX: Kedua tangan di depan dengan memegang rebana dan digerakkan maju mundur, lalu posisi kedua kaki melompat
  • Gerakan X: Kedua tangan di depan dengan memegang rebana, lalu hitungan ke-4 kedua tangan ke atas, lalu kaki kanan disamping kaki kiri yang dilakukan secara bergantian.

b. Pola Lantai

Pola lantai dalam tari ondel ondel sebenarnya menyesuaikan dengan gerakan-gerakan tarian seperti yang sudah Kami singgung sebelumnya. Namun dalam perkembangannya, kesenian ini dilakukan dalam bentuk arak-arakan, sehingga pola lantai yang digunakan lebih ke arah jalan santai. Para penari baik yang menggunakan boneka perempuan maupun laki-laki sama-sama dituntut untuk melakukan gerakan tangan sembari posisi kaki berjalan mengikuti rute yang telah ditentukan sebelumnya.

Pertunjukkan Tari di Jalanan

orkes Tari Ondel Ondel
sumber.com

Pertunjukkan tari ondel ondel umumnya dilakukan di jalanan, lebih mirip seperti arak-arakan. Namun dalam pertunjukkannya penari tetap melakukan gerakan-gerakan yang diiringin dengan instrument musik serta dilakukan secara massal.

a. Properti

properti dalam tari ondel ondel betawi
shopee.co.id

Properti yang diperlukan dalam kesenian ondel ondel cukup simpel, yaitu rebana dan kerangka boneka ondel-ondel. Memang tidak seperti jenis tarian di daerah lainnya seperti Tarian Manuk Dadali dan Tarian Lenso, properti utama yang digunakan dalam tari ini yaitu boneka raksasa yang bisa diisi oleh manusia atau penarinya.

b. Kostum

pakaian Tari Ondel Ondel
kompasiana.com

Busana yang digunakan dalam tari ondel ondel berupa boneka berukuran besar yang dibuat dari bambu sebagai rangkanya. Pembuatan rangka ondel ondel hanya membutuhkan ijuk dan bambu, sementara untuk topengnya menggunakan bahan kayu yang diukir. Bagian tersulit dalam pembuatan konstum kesenian ini yaitu kerangkanya harus melengkung dan nyaman dikenakan para penarinya. Setelah kerangka dibuat, selanjutnya kerangkat tersebut dibuatkan baju dari material bahan kain satin. Biasanya untuk satu boneka ondel ondel membutuhkan hingga 6 meter kain satin dan sarung berukuran 5 meter.

Berikut ini contoh gambar atau foto kostum tari ondel ondel:

c. Pengiring

Instrumen Tari Ondel Ondel
indonesiakaya.com
iringan dalam Tari Ondel Ondel
indonesiakaya.com

Arak-arakan dalam kesenian ondel-ondel diiringi dengan musik yang dimainkan oleh para pengiring. Alat musik tiup menjadi yang lebih dominan, tapi juga dilengkapi dengan alat musik lainnya seperti tabuhan, kenong sebagai ritme, dan gendang. Para pengiring biasanya memainkan lagu-lagu riang seperti sirih kuning, kicir-kicir, lenggang kakung atau lainnya.

Padahal awal perkembangan ondel-ondel tidak menggunakan iringan lagu melainkan hanya iringan gendang pencak silat saja. Bahkan saat ini arak-arakan ondel-ondel telah dibarengi musik gambang kromong dan musik tanjidor. Tanjidor adalah kesenian Betawi yang berbentuk orkes dan terdiri dari Cabasa, Simbal, Maracas, Quarto, Drum bass, Snare drum, Xylophone, Marimba, Vibraphone, Sousaphone, Mellophone, Baritone, Tuba,  Trompet dan Eufonium.

Sementara untuk musik Gambang Kromong merupakan sejenis orkes yang memadukan antara alat musik Tionghoa seperti kongahyan, tehyan, sukong dengan gamelan. Istilah gambang kromong sendiri diambil dari alat perkusi yaitu gambang dan kromong. Dalam praktik pertunjukan ondel-ondel, iringan biasanya tergantung dari masing-masing rombongan.

Seperti rombongan ondel-ondel pimpinan kampung Setu yang diiringi tanjidor, tapi ada juga rombongan beringin sakti yang diiringi dengan pencak Betawi. Selain itu juga ada kesenian ondel-ondel yang diiringi rebana ketimpring, remes, dan ningnong seperti pada pimpinan Lamoh Kalideres.

Secara umum berikut ini formasi iringan tari ondel-ondel, diantaranya:

  • Dua orang yang masing-masing memainkan gendang
  • Dua orang yang masing-masing memainkan kentongan
  • 1 orang yang memainkan rebana/ kicrik/ kecrek
  • 1 orang yang memainkan gong
  • 1 orang yang memainkan biola Betawi atau tekyan
  • 1 orang yang melakukan pencak silat atau yang disebut pencak bunga kembang

Keunikan Tari Ondel OndelUniknya Tari Ondel Ondel

Jika diperhatikan, salah satu keunikan yang paling menonjol dari kesenian tari ondel ondel yaitu penggunaan properti berupa boneka berukuran besar. Karakteristik tersebut  mungkin tidak ditemukan pada kesenian tari di daerah lainnya. Menariknya lagi, para penari dituntut untuk menahan beban boneka sembari melakukan gerakan – gerakan tari ondel-ondel.

Tentunya hal tersebut menjadi tantangan sendiri bagi para penari ondel ondel. Keunikan lainnya juga bisa dilihat dari pembuatan boneka ondel-ondel setinggi 2,5 meter dengan diameter sekitar 80 sentimeter yang mana artinya membutuhkan waktu khusus untuk menyelesaikannya. Pembuat boneka ondel ondel pun tidak boleh sembarangan, biasanya sudah ada sanggar khusus yang menerima pesanan properti ondel-ondel.

Perkembangan Tari

perkembangan Tari Ondel Ondel jaman now
netralnews.com

Meningkatnya fungsi kesenian ondel-ondel saat ini merupakan dampak dari perkembangan zaman yang semakin modern. Meskipun begitu, ondel-ondel masih menjadi kesenian asli Betawi yang masih dilestarikan hingga saat ini. Secara dominan arak arakan ondel-ondel lebih bertujuan untuk pertunjukan kesenian atau menghibur masyarakat luas.

Gerakan-gerakan dalam tarian ondel-ondel pun telah mengikuti perkembangan zaman jika dibandingkan pada awal kemunculannya. Seperti yang Kami singgung sebelumnya, dulunya tarian ondel-ondel menggunakan properti boneka yang mempunyai karakter seram. Namun saat ini ondel-ondel dipertontonkan dengan karakter yang lebih bersahabat, terutama bagi anak-anak.

Dalam segi gerakan tari sebenarnya tidak ada patokan pastinya karena biasanya disesuaikan dengan iringan musik serta tujuan arak-arakan. Saat ini, kita bisa melihat kesenian ondel-ondel yang biasanya dipentaskan pada acara seperti upacara perkawinan, penyambutan tamu agung, upacara keagamaan serta event-event lainnya.

Melalui adanya pertunjukan jalanan tarian ondel-ondel diharapkan bisa memberikan motivasi bagi anak muda zaman sekarang agar terus menjaga dan melestarikan warisan budaya. Sayangnya memang tidak bisa dipungkiri bahwa kesenian asli Betawi ini justru semakin lama semakin tergerus jaman. Dalam berbagai acara besar di daerah ibu kota lebih banyak yang memilih untuk mengadakan konser dibandingkan pertunjukan kesenian daerah.

Akhir Kata

Di atas telah Kami bahas secara lengkap mengenai kesenian tari ondel ondel, lengkap beserta asal-usul, pengertian hingga pertunjukkannya. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca untuk menambah wawasan mengenai salah satu kesenian asli Betawi ini.

Siva Nur Ikhsani

Halo, aku Siva. Selain suka nulis apa saja, aku juga hobi makan dan main game, hehe :)

Update : 18 Februari 2021 - Published : 24 September 2020

Tinggalkan komentar