Anas Fauzi Hallo! Saya adalah seorang automation programmer. Selain menyukai dunia blogging, saya juga senang membaca dan menanam.

Motif Batik

9 min read

motif batik fauna dan maknanya

Sebagai sebuah bangsa yang besar, Indonesia memiliki kekayaan yang tiada duanya, lho guys.

Mulai dari hasil alamnya, kebudayaannya, hingga dalam berpakaian pun Bumi Khatulistiwa ini memiliki beragam corak batik yang beragam.

Seperti motif batik yang ada di bawah ini, yang menjadi tanda bahwa Indonesia patut bersyukur atas keanekaragaman seninya.

Nah, kayak apa sih motif batik khas yang keren-keren itu?

Yuk, kita cek satu per satu.

Let’s get started.

Beragam Motif Batik Khas Indonesia yang Penuh Pesona

1. Udan Liris

batik motif
Image source: www.pinterest.com

Guys, kalau kamu sedang ke Solo, Jawa Tengah, sempatkan deh ke Pasar Klewer untuk beli batik dengan motif Udan Liris ini.

Pola garis miring sejajar di balik batik ini memiliki arti yang mendalam tentang kesejahteraan, kesuburan, dan rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa.

Karena corak ini diilustrasikan sebagai hujan gerimis atau hujan rintik-rintik yang jadi anugerah kepada umat manusia.

Batik yang juga disebut dengan Lereng Gunung ini lahir pada masa pemerintahan Pakubuwono III.

Jadi sejerahnya pun erat kaitannya dengan sejarah kraton.

2. Mega Mendung

motif batik bunga sederhana
Image source: www.ukhwahkawan.com

Nah, yang ini salah satu motif batik yang populer di kalangan masyarakat, lho.

Motifnya simple, dengan komposisi pola-pola awan di seluruh bagian kain, sehingga dinamakan dengan motif megamendung.

Batik ini merupakan pakaian khas Cirebon yang dalam sejarahnya dekat dengan kebudayaan Cina dan hikayat tempo dulu.

Motifnya yang apik dan eye catching itu patut dipakai oleh siapapun, termasuk anak milenial yang suka tampil kekinian.

Kain ini bisa kamu temukan dengan mudah di lapak online Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.

3. Batik Betawi

motif batik eropa
Image source: www.grahabatik.com

Nah, kalau memandang jenis Batik Betawi, berasa cerah banget deh di mata.

Warnanya eye catching, segar, dan tak membosankan.

Eits, jangan lewatkan juga deh motif apiknya itu, yang sering menampilkan budaya asli Betawi, contoh nya Ondel-ondel dan becak hias di Jakarta.

4. Bunga Ukel

motif batik betawi
Image source: www.123RF.com

Guys, gimana cantik bukan motif batik di atas?

Indonesia memang kaya akan budaya ya, termasuk motif batik yang beragam antar daerah.

Nah, motif batik yang dikenal dengan nama Bunga Ukel ini patutnya dijadikan kain bawahan untuk kaum perempuan.

Coraknya yang berupa gambar bunga dengan ornamen ukelan itu cukup memanjakan mata.

Motif ini masuk jenis kategori batik tulis atau batik lukis yang pengerjaannya homemade, lho.

Jadi, nilainya akan lebih berharga karena dikerjakan tangan-tangan kretaif dan berpengalaman.

5. Truntum

motif batik garis
Image source: www.foap.com

Nah, ini dia batik yang memiliki sejerah tentang cinta dan asmara.

Kalau kamu pernah merasakan gimana rasanya CLBK, alias cinta lama bersemi kembali, begitu pun cerita dibalik batik yang pertama kali dibikin oleh Kanjeng Ratu Kencana ini.

Saat itu, Kanjeng Ratu kehilangan cinta dari sang Raja yang sibuk dengan selir barunya.

Di saat kesepian itulah Kanjeng Ratu, yang dikenal juga Ratu Beruk ini, mulai membatik dengan motif bintang malam yang biasa menemaninya dalam kesendirian malam.

Lambat laun, cinta sang Raja pun bersemi kembali setelah melihat kesibukan permaisurinya bersama kain yang sangat menawan ini.

Motif batik ini dinamakan Truntum, asalnya dari Bahasa Jawa terumtum-tuntum, yang maknanya tumbuh lagi.

6. Batik Modern Yogyakarta

motif batik alam
Image source: www.grahabatik.com

Kalau kamu sedang pergi ke Jogja, jangan lupa deh beli batik khas Kota Gudeg ini.

Kamu bisa membelinya di Pasar Beringharjo ataupun di Malioboro, lho.

Motif batik khas Jogja ini memiliki warna dasar putih, yang filosofi nya masih dekat dengan design baju keraton.

Motifnya pun tampak apik dengan ornamen bunga berwarna biru cerah dan gambar-gambar unggas.

Dalam berbagai acara tradisional, kamu bisa memakai batik ini.

Kalau mau dijahit dengan tampilan modern pun juga tampak cakep, lho.

7. Batik Ngasam Manis

motif batik ecoprint
Image source: www.batikshuniyya.wordpress.com

Kota Cilacap juga punya batik tradisional lho, yang disebut dengan nama Batik Ngasem atau Batik Ngasam Manis.

Warnanya mengusung ciri yang klasik seperti hitam, cokelat, putih, dan hijau tua.

8. Bentarsari

motif batik ende
Image source: www.mapemall.com

Batik yang berasal dari daerah Bentarsari ini dikenal dengan nama Batik Salem.

Wilayah yang masuk teritori Kabupaten Brebes itu memang dikenal sebagai penghasil kain batik tulis, lho.

9. Batik Solo

7 motif batik nusantara
Image source: www.grahabatik.com

Menyebrang ke Solo, Jawa Tengah, ada satu lagi batik cantik yang bisa kamu koleksi.

Batik khas Surakarta yang memiliki motif flora dan bunga ini cukup eye catching meski dipakai di jaman yang serba digital seperti sekarang.

Tatanan warnanya pun cukup lembut di mata, makanya deh kamu mesti punya.

Kamu bisa mendapatkannya dengan menyusuri butik-butik yang ada di sekitaran Jalan Sriwedari atau jalan besar lainnya.

Di sana tersedia banyak batik model lawasan atau batik klasik yang mampu bertahan sampai sekarang ini, lho.

10. Gajah Oling

motif batik tegalan
Image source: www.grahabatik.com

Nah, beralih ke daerah Banyumas, kamu bisa menemukan Batik Gajah Oling di sini.

Eits, kenapa disebut Gajah Oling?

Bukan karena ada sketsa Gajah nya lho, tapi karena motif bunga nya yang menyerupai belalai Gajah.

11. Pasundan

motif batik unik
Image source: www.goodnewsfromindonesia.id

Nah, bumi Pasundan pun tak ingin ketinggalan lho dalam mengembangkan budaya batik nusantara.

Lebih-lebih setelah batik ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya bangsa.

Pemerintah setempat banyak mengeluarkan jenis batik baru supaya Batik Pasundan lebih kaya akan corak dan warna.

12. Kawung Bunga Kombinasi

motif batik flora sederhana
Image source: www.batikbasegeh.blogspot.com

Kalau kamu menjumpai batik jenis ini, jangan kebingungan deh namanya apa.

Batik yang memiliki motif bulat lonjong ini, disebut dengan nama Batik Kawung.

Nah, kalau yang ini, jenisnya masuk ke dalam Batik Kawung Kombinasi Bunga.

Motif Kawung sendiri, diambil dari Buah Kolang-Kaling oleh Sultan Agung Adi Prabu Hanyakrakusuma.

Hal ini didasari karena Pohon Aren, yang merupakan pohon penghasil Kolang-Kaling, memiliki banyak kegunaan untuk umat manusia, baik dari batangnya, daun, ijuk, nira dan buahnya.

13. Kelopak Empat

motif batik bogor
Image source: www,fasnina.com

Nah, motif batik ini memiliki ciri pola segi empat yang terpisah secara diagonal.

Makanya, pola Kelopak Empat ini terkadang juga disebut dengan motif Sigar Papat dalam Bahasa Jawa.

Bentuk geometri ini merupakan jenis batik tradisional Jawa yang biasa dipakai dalam kegiatan formal maupun semi formal.

Misalkan dalam acara resepsi pernikahan, lamaran, aqiqah anak, maupun syukuran, kamu bisa pakai batik dengan motif ini.

14. Batik Demak

motif batik figuratif
Image source: www.yarmulkes.com

Ciri khas utama dari Batik Demak adalah motifnya yang mengusung tema pertanian dan daerah pesisir.

Hal ini memang tak lepas dari letak geografis Kota Wali ini yang berada di tepi Laut Jawa sekaligus kaya akan hasil bumi.

Terkadang motifnya pun dilengkapi dengan pola Masjid Agung Demak yang menjadi kebanggan masyarakat setempat, sekaligus dikombinasikan dengan motif Bunga Krisan.

15. Batik Bojonegoro

motif batik dari solo
Image source: www.grahabatik.com

Sebagai daerah agraria, Bojonegoro pun memiliki batik yang bermotif berupa hasil bumi, lho.

Ada sekar jati nya, lalu ada juga pari sumilak, parang dahano munggal, jagung miji emas, dan lain sebagainya.

16. Batik Banyumas

motif batik jawa
Image source: www.olx.co.id

Guys, motif dari Batik Banyumas biasa dikenal dengan nama motif Jonasan.

Umumnya, batik yang asalnya dari Kota Banyumas ini berwarna hitam gelap lho, dengan motif utama serangkaian corak tanaman yang dibuat dengan cara dilukis.

17. Batik Parang 

motif batik untuk laki laki
Image source: www.batikediri.blogspot.com

Nah, kalau yang ini pasti kamu sering menjumpainya, kan?

Batik yang memiliki motif sejajar dengan kemiringan 45 derajat ini disebut sebagai Batik Parang.

Jenisnya sangat banyak, lho.

Ada Batik Parang Klitik, Batik Parang Kusumo, Batik Parang Ruding, Batik Parang Curigo, dan lain sebagainya.

Bentuk geometris seperti gelombang itu memiliki arti agar manusia menjalani kehidupan tidak gampang menyerah.

Garis diagonalnya itu pun memiliki filosofi yang luhur, yakni agar manusia punya cita-cita yang mulia.

18. Batik Tegal

motif batik flora mudah
Image source: www.batik-s128.com

Batik Tegal merupakan batik yang memiliki motif yang sangat khas, sehingga tak dimiliki oleh daerah lain.

Motifnya bisa terdiri dari beragam gambar hewan, bunga, dan tumbuhan, yang dibuat dengan warna yang kontras dan lembut.

Warna yang seperti ini merupakan gaya tradisional pesisiran yang cenderung tegas dan lugas, persis pada logat orang tegalan pada umumnya.

19. Batik Bali

motif batik jepara
Image source: www.shopperboard.com

Batik Bali memiliki perkembangan yang berbeda dibandingkan dengan jenis batik lain.

Ini tak lepas dari fakta bahwa Pulau Dewata memiliki pemandangan yang eksotis lho, sehingga menarik minat wisatawan luar negeri.

Nah, pengaruh dari bangsa luar inilah yang menyebabkan motif Batik Bali terasa lebih modern.

Contoh nya batik yang satu ini, yang memiliki motif kembang api yang dikombinasikan dengan corak 8 kelopak bunga.

20. Purbonegoro

7 motif batik solo
Image source: www.grahabatik.com

Nah, ini dia satu lagi batik yang berasal dari daerah Jogja.

Dikenal dengan nama Purbonegoro, yang asalnya dari kata Purba (dalam Bahasa Jawa dibaca purbo) yang berarti ‘memelihara’ dan Negoro yang bermakna negara, batik ini memiliki maksud agar para pemimpin bisa menjaga kemakmuran dan kesejahteraan rakyatnya dengan sebaik-baiknya, termasuk juga menjaga kelestarian alam.

Oleh karea itulah, motif ini pada jaman dulu selalu dipakai oleh para raja dan para pemimpin.

Coraknya sendiri, terdiri dari gambar ceplok purbonegoro dari Bunga Helianthus Annus.

21. Batik Aceh

motif batik encim
Image source: www.fasnina.com

Nah, kalau yang ini merupakan batik khas Aceh yang corak dan warnanya melambangkan tekad dan keberanian warga Serambi Mekah.

Motifnya pun cukup khas dengan menampilkan kearifan lokal dari wilayah setempat.

Namun, kamu jangan mencari motif hewan ya di Batik yang berwarna cerah ini.

Karena masyarakat setempat memegang teguh ajaran Islam yang melarang gambar makhluk bernyawa di atas kain.

22. Kadilangu

motif batik pesisir
Image source: www.shopperboard.com

Motif Batik Kadilangu memiliki pola yang berasal dari warisan asli Sunan Kalijaga.

Kamu bisa membeli batik yang menjadi ikon Kota Demak ini di Desa Wisata Kadilangu, lho.

23. Batik Magetan

motif batik elegan
Image source: www.lazada.co.id

Menuju ke Magetan, Jawa Timur, kamu bisa menemukan batik dengan motif bambu dan fauna di bumi penghasil kerajinan sepatu kulit ini.

Desain nya sederhana dan mudah kalau kamu mau mempelajarinya.

24. Pace Pacitan

7 motif batik
Image source: www.gemaharjo.sideka.id

Kalau yang ini merupakan batik khas yang asalnya dari daerah Pacitan.

Nama Pace dari motif ini, memiliki makna Buah Mengkudu yang memiliki keeratan sejarah daerah Pacitan.

Saat Pangeran Mangkubumi berusaha memukul mundur pasukan Belanda dari wilayah Pacitan, dia mengalami kekalahan da luka yang sangat parah.

Di saat itulah, Sang Pangeran lalu diberi Mengkudu yang seketika bisa menyembuhkan lukanya.

Mulai saat itu lah wilayah itu dikenal dengan nama Pace-tan, atau sekarang disebut Pacitan.

Nah, sejarah inilah yang kini tertulis apik dalam motif batik ini dengan unsur flora dan buah Mengkudunya.

25. Berau Kalimantan Timur

motif batik klasik
Image source: www.dinkes.beraukab.go.id

Kalau yang ini adalah batik khas Kalimantan, ya guys.

Motinya yang menampilkan gambar Ikan Pari itu, lebih tepatnya jenis Pari Manta, karena memang di daerah setempat dapat dengan mudah menemukan satwa satu ini.

Biasanya hewan raksasa ini suka berkeliaran di laut sekitar Pulau Sangalaki, Derawan dan Maratua, yang terkenal jernih serta segar itu.

Makanya deh, motif ini memiliki filosofi penampilan yang anggun, cantik, segar, gagah dan perkasa.

Gimana, berminat liburan ke Berau sekaligus jajan batik yang menawan ini?

26. Batik Jumputan

motif batik dayak
Image source: www.grahabatik.com

Kalau motif yang dibuat dengan cara dicelup ini, kamu seringnya ketemu di mana, guys?

Nah, motif jumput ini banyaknya digunakan untuk selendang, sprei, kemben, dan daster, daripada dipakai untuk baju batik sendiri.

27. Batik Grobogan

motif batik dayak
Image source: www.grahabatik.com

Yes, terbang ke daerah Gerobogan, kamu bisa menemukan batik bermotif hasil pangan di sini.

Ada gambar jagung, padi, dan hasil alam lainnya yang memang menjadi identitas lokal yang melegenda sejak tahun 1938, lho.

28. Teratai Pesisiran

motif batik cirebonan
Image source: www.grahabatik.com

Asal mula motif ini dari Jans, seorang berdarah Belanda, yang suka melukis Bunga Teratai di atas kain, lho guys.

Nah, lama-lama nih terjadi akulturasi budaya peranakan.

Mulai dari Pekalongan, Indramayu, dan Madura menyebut batik tradisional daerahnya ini dengan nama Motif Batik Teratai Pesisiran.

29. Parang Kusumo

motif batik fauna
Image source: www.bajubatikmodernpekalongan.com

Nah, ini merupakan salah satu ragam batik yang berasal dari jenis motif Parang.

Disebut sebagai Parang Kusumo, karena batik ini ingin mengambil keharuman wewangi bunga (kusumo) sebagai landasan filosofinya, lho.

Oleh sebab itulah, batik ini dibuat untuk menggambarkan perjuangan hidup manusia yang harus selalu mencari kemuliaan yang harum secara lahir maupun batin.

Okay guys, jadi gimana nih, siap koleksi batik yang satu ini?

30. Merak Ngibing

motif batik dari cirebon
Image source: www.grahabatik.com

Nah, bergeser lagi ke daerah Garut, Jawa Barat, kali ini kamu bisa menemukan batik daerah dengan motif fauna.

Disebut sebagai motif Merak Ngibing, kamu bisa menjumpak sebuah kearifan lokal yang menampilkan ornamen Burung Merak yang saling berhadapan.

31. Kawung

motif batik gorontalo
Image source: www.duniakeris.com

32. Bunga

motif batik geometris adalah
Image source: www.blog.sribu.com

33. Tumpal

motif batik geometris
Image source: www.lamongankab.go.id

34. Wahyu Tumurun

motif batik garutan
Image source: www.aksentropis.com

35. Sekad Jagad

motif batik garut
Image source: www.goodnewsfromindonesia.id

36. Sido Luhur

motif batik garuda
Image source: www.fasnina.com

37. Lasem

motif batik bekasi
Image source: www.fasnina.com

38. Sidomukti

motif batik hijau
Image source: www.international-batik-center.blogspot.com

39. Flora

motif batik hias
Image source: www.fasnina.com

40. Fauna

motif batik hewan laut
Image source: www.kebudayaan.kemdikbud.go.id

41. Tradisional

motif batik hd
Image source: www.id.carousell.com

42. Modern

motif batik hewan ikan
Image source: www.grahabatik.com

43. Riau

motif batik hewan
Image source: www.batik-s128.com

44. Jambi

motif batik iwan tirta
Image source: www.jejakbatik.blogspot.com

45. Banten

motif batik islami
Image source: www.gpswisataindonesia.wordpress.com

46. Betawi

motif batik indramayu yang terkenal
Image source: www.grahabatik.com

47. Cirebon

motif batik indramayu
Image source: www.grahabatik.com

48. Jogja

motif batik ikat celup
Image source: www.aksentropis.com

49. Semarang

motif batik indonesia
Image source: www.brainly.co.id

50. Pekalongan

motif batik ikat
Image source: www.fasnina.com

51. Jepara

motif batik dan maknanya
Image source: www.grahabatik.com

52. Banyuwangi

motif batik ragam hias
Image source: www.gambarsempurna.blogspot.com

53. Dayak

motif batik hitam putih simple
Image source: www.fasnina.com

54. Toraja

motif batik jumputan
Image source: www.izarnazar.blogspot.com

55. Jawa

motif batik jepara
Image source: www.grahabatik.com

56. Madura

motif batik jawa timur
Image source: www.gambarsempurna.blogspot.com

57. Bali

motif batik jawa tengah
Image source: www.grahabatik.com

58. Kalimantan

motif batik jawa
Image source: www.fasnina.com

59. Sulawesi

motif batik cirebonan
Image source: www.grahabatik.com

60. Papua

motif batik cirebonan
Image source: www.fasnina.com

Nah, itu tadi guys aneka ragam budaya Indonesia yang terhampar luas dalam hal motif batik saja.

Gimana, bener-bener bagus ya?

Anas Fauzi Hallo! Saya adalah seorang automation programmer. Selain menyukai dunia blogging, saya juga senang membaca dan menanam.

Kucing Anggora

Elga Octavianata
7 min read

Manusia Purba

Atlanditor Indiron Tana
14 min read

Hak Asasi Manusia

Farida Alviyani
7 min read

Logo Osis

Farida Alviyani
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *