12 Jenis RAM beserta Nama, Gambar, Fungsi & Penjelasan

RAM merupakan singkatan dari random access memory. Ia termasuk perangkat keras atau hardware yang menjadi salah satu komponen penting dalam komputer, laptop, ponsel, dan sejenisnya karena RAM berfungsi untuk menyimpan segala data, memori, dan dokumen untuk sementara waktu di dalam perangkat-perangkat tersebut ketika beroperasi atau sedang digunakan. Bayangkan saja jika kita memainkan permainan atau sedang mengetik di pengolah kata seperti Microsoft Word lalu tiba-tiba ponsel atau laptop tiba-tiba mati atau kita menutupnya tanpa menyimpannya terlebih dahulu. Nah, pekerjaan atau kegiatan kita sebelumnya secara otomatis dapat tersimpan di RAM. Jenis RAM ada berbagai macam dan yang membedakannya adalah kapasitas atau ruang penyimpanan dan kecepatan untuk mengakses datanya.

Yuk simak pembahasannya di bawah ini.

Macam-Macam Jenis RAM dan Fungsinya

1. FPM DRAM

jenis ram fpm dram dan fungsinya
Sumber: yellowsup.weebly.com

First page mode dynamic random access memory atau FPM DRAM adalah bentuk awal dari RAM populer seperti DRAM yang akan dibahas nanti. Tergolong antik dan ketinggalan zaman karena kecepatannya yang lambat, yaitu sekitar 176 megabyte atau MB per detik. Rentang frekuensi kinerja FPM DRAM di antara 16 megahertz atau MHz sampai 66 MHz. Kalau diibaratkan dalam buku, FPM DRAM hanya bisa memuat daftar isi atau indeks saja.

2. DRAM

jenis ram dram dan fungsinya
Sumber: noon.com

Dynamic Random Access Memory adalah kelanjutkan dari FPM DRAM. Ia membaca lebih cepat dari FPM DRAM. Memori semi konduktor ini membutuhkan satu kapasitor dan transistor per bit dalam kinerjanya sehingga dapat memuat lebih banyak data. Frekuensi kerjanya sekitar 4.7 MHz hingga 40 MHz.

Secara otomatis dan berkala akan disegarkan atau refresh dan dimuat ulang atau reload oleh central processing unit (CPU) komputer. Berkat kebutuhan akan kapasitor, transistor, serta penyegaran otomatis dan berkala inilah yang membuat DRAM bekerja lambat.

3. EDORAM

jenis ram edoram dan fungsinya
Sumber: tw.carousell.com

Extended data output random access memory (EDORAM) atau extended data output dynamic random access memory (EDO DRAM) dipublikasikan tahun 1994 untuk komputer-komputer pada zamannya. RAM satu ini membaca lebih cepat dari FPM DRAM serta DRAM dan bekerja pada mikroprosesor seperti Intel Pentium 66 MHz ke bawah. Otomatis EDORAM mulai mengalahkan RAM jenis sebelumnya. Komputer modern dengan kerja cepat kini direkomendasikan untuk tidak menggunakan chip EDORAM.

4. RDRAM

jenis ram rdram dan fungsinya
Sumber: noon.com

Rambus dynamic random access memory (RDRAM) diciptakan tahun 1995 untuk komputer buatan Rambus. Ia berfrekuensi kerja sekitar 133 MHz dengan kecepatan akses data 600 MB sampai 1.6 gigabytes atau GB per detik. RDRAM biasanya dipasang di kartu grafis untuk membaca video, permainan, menyimpan cache atau proses penyimpanan memori sistemnya sesuai server yang berkinerja tinggi. Ada juga komputer berprosesor Pentium 4 yang menggunakan RDRAM sebagai RAM-nya.

5. SDRAM

jenis ram sdram dan fungsinya
Sumber: commons.wikipedia.org

Synchronous dynamic random access memory atau SDRAM adalah jenis RAM yang disinkronisasikan oleh clock system atau sistem waktu. Ia merupakan pembaruan dari DRAM dan bekerja lebih cepat pula darinya. Kecepatan akses datanya sekitar 100 MHz sampai 133 MHz dengan kapasitas memori mulai dari 16 MB sampai 1 GB. Komputer era 1996 sampai 2003 banyak yang menggunakan RAM jenis ini.

6. SRAM

jenis ram sram dan fungsinya
Sumber: ebay.com

Static random access memory adalah RAM yang terbuat dari semi konduktor tanpa memerlukan kapasitor dan penyegaran berkala oleh CPU sehingga kinerjanya lebih cepat dari DRAM lama. Namun, ia masih membutuhkan adanya transistor berjumlah enam. Transistor ini yang digunakan untuk menyimpan setiap bit atau potongan memori dan data.

SRAM umumnya digunakan sebagai cache memori karena kecepatannya yang tinggi, yaitu bisa mencapai 500 MHz lebih. Akan tetapi, harga produksinya mahal Selasares dan alhasil hanya dijual dengan kapasitas yang rendah, yakni di bawah 1 GB.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

7. Flash RAM

jenis ram flash ram dan fungsinya
Sumber: altiumdesignerprojects.com

Flash random access memory atau memori flash termasuk ke dalam jenis RAM non volatil yang berarti RAM ini mampu menyimpan memori yang datanya secara fleksibel bisa dimasukkan atau dihapuskan. Flash RAM menguntungkan karena bisa menyimpan data dan informasi begitu daya habis atau terputus. Jadi cocok untuk dijadikan cadangan dalam keadaan darurat seperti mati listrik atau perangkat tiba-tiba mati.

Chip-nya ditanam ke alat-alat penyimpanan yang mudah untuk dibawa ke mana-mana. Seperti contoh universal serial bus (USB) flash drive atau universal serial bus (USB) flash diskprinter, permainan, dan sebagainya.

8. SDR SDRAM

jenis ram sdr sdram dan fungsinya
Sumber: ebay.com

Single data rate synchronous dynamic random access memory yang disingkat SDR SDRAM, merupakan salah satu jenis RAM yang bisa meminta akses atau perintah untuk sekali membaca serta hanya bisa memasukkan memori tiap kali kita mengganti selai, memencet tombol, atau mengaktifkan dengan cara lain. Contoh mudahnya adalah pada konsol permainan video dan beberapa perangkat komputer. SDR SDRAM adalah perkembangan dari SDRAM konvensional dengan kecepatan memasukkan data yang lebih tinggi.

9. DDR SDRAM

jenis ram ddr sdram dan fungsinya
Sumber: alibaba.com

Double date rate synchronous dynamic random access memory atau DDR SDRAM mungkin dapat dikatakan sebagai jenis RAM yang memiliki kecepatan yang amat tinggi dibandingkan RAM lain, yaitu dua kali lipat atau lebih dari SDR SDRAM dan SDRAM konvensional. Banyak perangkat sudah memakai DDR SDRAM untuk kebaikan proses kinerja perangkat tersebut karena mampu melakukan dua instruksi dalam waktu yang bersamaan dan memakai lebih sedikit daya listrik sehingga lebih efisien. Ditambah lagi kapasitas memorinya mencapai 4 GB per chip-nya.

Belum berhenti di situ, DDR SDRAM juga mengalami peningkatan dengan versi barunya, yaitu DDR2 RAM. Beberapa waktu selanjutnya, rilis DDR3 RAM dan DDR4 RAM yang kini banyak dipakai di berbagai alat elektronik. Biaya produksinya lebih murah, akan tetapi karena permintaan pasar yang membludak terjadilah inflasi, mengakibatkan harga DDR SDRAM dan versi terbarunya melonjak tinggi.

10. SODIMM

jenis ram sodimm dan fungsinya
Sumber: bukalapak.com

SODIMM yang berkepanjangan small outline dual in-line memory module adalah semacam perangkat penyimpan memori sementara yang biasa dipasang dan digunakan untuk laptop atau notebook, printer teknologi mutakhir, router internet, dan lain-lain. Kapasitasnya mampu mencapai 4 GB memori, hampir setara dengan DDR SDRAM.

Ia memiliki macam-macam ukuran yang terbagi dari jumlah pinnya. Ada SODIMM dengan 72 pin, 100 pin, 144 pin, 200 pin, dan 204 pin. Tentunya masing-masing memiliki performa, kualitas, dan harga yang berbeda.

11. VGRAM

jenis ram vgram dan fungsinya
Sumber: carousell.ph

Video graphic random access memory (VGRAM) adalah RAM yang digunakan untuk kartu grafis perangkat masa kini untuk kebutuhan memaparkan grafis, pixel, dan video yang tajam dan jernih. Rata-rata adaptor video dan permainan video menggunakan VGRAM untuk menghasilkan gambar yang spektakuler. Kualitasnya bermacam-macam dan harganya juga menyesuaikan. Kalau Selasares pernah main game di komputer, laptop, play station, nintendo, dan sebagainya itu bisa memakai VGRAM.

12. GDDR SDRAM

jenis ram gddr sdram dan fungsinya
Sumber: ebay.com

Masih seputar kartu grafis, ada juga perangkat komputer atau elektronik lain yang menggunakan graphics double data rate synchronous random access memory (GDDR SDRAM) sebagai RAM dalam kartu grafisnya. Grafik yang dihasilkan oleh GDDR SDRAM sangat jernih dengan resolusi tinggi karena kecepatan membaca datanya. Banyak permainan modern dan video-video menggunakan GDDR SDRAM. Sayangnya, kita harus memiliki perangkat dengan sistem yang kuat, terbaru, dan mumpuni untuk menggunakannya.

Sama seperti DDR SDRAM, GDDR SDRAM memiliki versi pembaruan seperti GDDR2 SDRAM, GDDR3 SDRAM, GDDR4 SDRAM, dan GDDR5 SDRAM.

Sekian pembahasan kali ini, semoga dapat membantu Selasares untuk mengenali jenis RAM yang ada. Sebelum membeli perangkat yang memiliki RAM, kita harus mengetahui dulu ya RAM apa yang dipasang di dalamnya serta apa saja kelebihan dan kekurangannya. Jika ada pertanyaan, jangan malu ya untuk menanyakannya di kolom komentar.

Geolana Wijaya Kusumah

Selamat datang di bumi Geo! Halo, aku Geo bisa juga dipanggil Geol. Ya benar sekali, sesuai dengan namaku, aku suka dengan hal-hal berbau Geografi dan hobiku bergeol alias Dance.

Update : 1 Juni 2021 - Published : 29 Desember 2020

Tinggalkan komentar