Microsoft Word: Pengertian, Sejarah, Fungsi & Kelebihan

Microsoft Word adalah program pengolah kata pada komputer yang pertama kali dirintis pada tahun 1983 oleh raksasa teknologi Microsoft. Sejak awal diciptakan, produk ini telah mengalami pengembangan dalam berbagai versi. Microsoft Word memiliki berbagai kelebihan yang memungkinkan penggunanya mengkombinasikan tidak hanya berupa kata, tetapi juga gambar, dan diagram. Namun demikian, program ini juga memiliki kelemahan.

Simak pembahasan lengkap kami tentang pengertian Microsoft Word termasuk berbagai fitur dan perkembangannya dalam berbagai versi beserta panduan penggunaannya di bawah ini.

Pengertian Microsoft Word Menurut Para Ahli

pengertian microsoft word secara umum
Microsoft Word, program pengolah kata yang dibuat oleh perusahaan mendunia Microsoft. Sumber: youngontop.com

a. Microsoft

Sang pembuat Microsoft Word malah tidak begitu menjelaskan definisi produknya sendiri. Microsoft menjelaskan bahwa Word adalah perangkat lunak yang membantu penggunanya atau user menyampaikan kata-kata terbaik kapanpun, di manapun, dan untuk siapapun. Tampilan baru dan modern selalu dihadirkan oleh Microsoft untuk pembuatan dokumen tulisan yang lebih baik.

b. Mulyadi

Mulyadi, seorang pemerhati dan konsultan perangkat lunak, mengemukakan bahwa Microsoft Word adalah program pengolah kata dengan kapasitas halaman tanpa batas jika perangkat dalam kondisi yang baik untuk mempermudah pekerjaan kantor (Mulyadi, 2001).

c. Iskandar

Menurut Iskandar (2003), Microsoft Word berarti sebuah aplikasi pengolah kata yang digunakan oleh banyak pengguna komputer dalam berbagai bidang pekerjaan, mulai dari pendidikan, perusahaan kecil dan menengah, hingga perusahaan besar dengan jangkauan global. Ia menambahkan kalau pengolah kata ini memiliki banyak versi sejak kelahirannya sampai sekarang. Masing-masing versi merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya.

d. Budihardjo

Budihardjo menuturkan pengertian Microsoft Word dalam bukunya yang berjudul Microsoft Word 2003 (2004), yaitu sebuah program pengolah kata yang dapat menuliskan, membuat, menyunting, dan menghasilkan dokumen atau berkas berupa teks. Dengan Microsoft Word, pengguna dapat membuat berbagai karya tulis formal dan non-formal lalu bisa menyimpannya dalam bentuk dokumen lunak atau soft file dan bisa juga mencetaknya dengan fitur print. Dokumen lama yang sudah ditulis dan disimpan, bisa dibuka lagi dan menyuntingnya kembali jika ada yang ingin diubah.

e. Suharli

Suharli (2006) menjelaskan pengertian Microsoft Word menurutnya, yakni perangkat lunak atau software pengolah kata yang populer secara global buatan perusahaan besar Microsoft. Microsoft Word dianggap Suharli sebagai inovasi manusia yang sangat membantu dalam proses pengetikan mengingat bahwa mesin tik terkadang sulit untuk digunakan, tidak efisien tinta cetak, dan harus diulang dari awal jika salah (kalau melanjutkan dari yang sebelumnya salah dianggap kurang rapi).

f. Permana

Permana (2007), pakar komputer dan perangkat lunak, mengemukakan definisi Microsoft Word sebagai sebuah program perangkat lunak pada komputer yang memiliki fungsi utama, yaitu mengolah kata. Fiturnya unik dan banyak serta memiliki beragam versi di mana versi terbaru akan menyempurnakan versi sebelumnya. Permana berkata bahwa setidaknya setiap komputer perlu memiliki Microsoft Word dikarenakan dapat membantu pekerjaan sekolah, kantor, dan berbagai aktivitas yang membutuhkan tulisan dengan cepat dan rapi.

g. Agung

Menurut Agung (2007), Microsoft Word merupakan sebuah aplikasi atau program pengolah kata yang dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan manusia di perangkat komputer dan sejenisnya. Di dalamnya terdapat banyak fitur yang bisa dicoba dan digunakan. Untuk dapat menguasainya pun dianggap mudah oleh Agung. Meskipun sederhana, hasil yang diciptakan akan tetap memuaskan, mulai dari pengetikan sampai proses tata letak atau layouting.

h. Purnomo

Catur Hadi Purnomo, ahli komputer di Indonesia dan penulis buku Otodidak Microsoft Office Word & Excel All Version (2013), mengungkapkan arti Microsoft Word, yaitu sebuah program pengolah kata yang paling baru dan unggul dari produk serupa, keluaran dari perusahaan Microsoft. Tampilan, fitur, dan teknologinya lengkap, canggih, namun tetap sederhana dan ramah pengguna atau user friendly. Dibilang unggul oleh Purnomo dikarenakan kemampuannya untuk selalu mengikuti perkembangan zaman dan pasar. Ditambah lagi akses mendapatkannya yang mudah dan biasanya sudah tercantol langsung ketika membeli komputer atau laptop.

i. Prabawati

Prabawati, seorang ahli perangkat lunak dan penulis buku Panduan Praktis Mengolah Dokumen dengan Microsoft Word 2010 (2012), menerangkan pengertian Microsoft Word sebagai perangkat lunak buatan perusahaan global Microsoft yang berfokus pada pengolahan kata. Laptop dan komputer hampir sebagian besar telah dipasang dengan Microsoft Office termasuk Word. Secara sadar atau tidak, Microsoft Word terlibat dalam hal dokumen-dokumen berbau teks dan tulisan. Menulis dengan Microsoft Word akan memperkaya kreativitas tulisan kita juga karena ragam fiturnya seperti tabel, diagram, foto, gambar, ilustrasi, bentuk, dan lain-lain.

j. Wahana Komputer

Wahana Komputer sebagai produsen perangkat komputer dan alat-alat pendukungnya, mendefinisikan Microsoft Word sebagai sebuah program pengolah kata yang berfungsi untuk membantu manusia membuat berbagai macam dokumen berbentuk utama teks dan tulisan. Hasil dari Microsoft Word bisa berbentuk sesederhana tulisan hingga serumit tabel, diagram, infografis, majalah, buku, dan lain-lain. User atau pengguna adalah pencipta dokumennya sehingga kanvas kosong dari Word dikreasikan oleh pengguna.

Sejarah

pengertian microsoft word dan penemu
Charles Simonyi, salah satu penemu Microsoft Word. Sumber:es.wikipedia.com

Perangkat lunak Microsoft Word lahir dari proses yang panjang. Ia tidak tercipta seperti Word yang kita gunakan sekarang. Gagasan awalnya tercipta dari tangan dua orang baru yang dipekerjakan oleh Microsoft bernama Charles Simonyi dan Richard Brodie Tugas utama mereka adalah membuat sebuah program pengolah kata untuk komputer.

Tahun 1983, keduanya berhasil merintis program tersebut, yang awalnya bernama Multi-Tool Word. Aplikasi ini dirilis di tahun yang sama kepada publik yang menggunakan sistem Xenix dan MS-DOS.

Versi kedua rilis dan namanya berubah menjadi Microsoft Word. Word era ini penggunaannya masih sangat terbatas dan membutuhkan mouse untuk mengoperasikannya. Karena pengguna komputer di Amerika banyak bermerek MacOS atau Apple, Microsoft bekerja sama dengan jenama tersebut.

Versi ketiga pun tercipta tahun 1987 dari kerja sama tersebut dan lahirlah format Rich Text Format atau RTF. Penggunanya semakin banyak berkat kerja sama ini. Setelah sukses, Word terus melakukan perubahan dan versi 5.0 ke atas semakin mirip dengan Word yang biasa kita pakai.

Pengembangan secara jor-joran dilakukan lagi oleh Microsoft pada tahun 1997-2001. Microsoft Word 1997 untuk Windows dan Word 98 untuk Macintosh lahir serta populer digunakan. Word versi 2001 ke atas sudah dilengkapi beragam fitur dan peralatan atau tools yang semakin membantu pengolahan kata penggunanya.

Fungsi

pengertian microsoft dan manfaat
Microsoft Word dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai dokumen. Sumber: kindpng.com

Fungsi utama Microsoft Word adalah sebagai pengolah kata. Kita bisa membuat berbagai macam dokumen yang memiliki unsur kata, teks, dan tulisan dengan Word. Ia membantu dan mempercepat proses pengetikan serta pembuatan dokumen seperti puisi, cerpen, buku, laporan, berita, tugas, dan lain-lain dengan hasil yang baik, efisien, dan rapi.

Setelah selesai mengerjakan, Word bisa disimpan dengan mudah dengan fitur save dan tersimpan di komputer sebagai soft file. Jika sudah tersimpan, kita masih bisa membukanya lagi untuk dilihat, ditambahkan, maupun disunting.

Word membiasakan kita untuk hidup hemat kertas dan menggiatkan kampanye paperless office atau kantor dan kerja tanpa kertas yang bisa menghemat uang juga. Tidak hanya teks dan tulisan, Word bisa digunakan untuk membuat tabel, diagram, gambar, infografis, desain buku dan majalah, dan lain-lain. Fiturnya juga tergolong lengkap dengan pengecekan ejaan dan tanda baca, bahasa, pengubahan otomatis, jumlah halaman dan kata, mengganti format teks, margin, adanya penggaris, beragam jenis gaya tulisan dan ukurannya, dan sebagainya.

Fitur Umum

pengertian microsoft word dan fitur andalan
What you see is what you get, semboyan Microsoft Word. Sumber: 123rf.com

Fitur-fitur yang umumnya digunakan oleh para pengguna Microsoft Word meliputi what you see is what you get (WYSIWYG), auto correct dan spell check, fitur teks, fitur halaman, dan dukungan lain atau Add-ins. WYSIWYG adalah semboyan Word sejak 1981 yang berarti apa yang kamu lihat adalah apa yang kamu dapatkan. Semua yang dilihat dari layar komputer sesuai dengan hasil cetakan nantinya.

Auto correct dan spell check adalah fitur pengecekan ejaan, tanda baca, dan lain-lain yang akan digarisbawahi berwarna merah secara otomatis jika menurut sistem ada yang salah atau kurang tepat. Terkadang ia memperbaikinya langsung secara otomatis seperti huruf kapital di awal kalimat dan setelah tanda baca titik (.) atau ya sesuai dengan izin penggunanya jika ingin diperbaiki seperti contoh kata kontyol yang akan direkomendasikan oleh sistem menjadi kontrol.

Kelebihan dan Kekurangan

pengertian microsoft word smartphone
Microsoft Word versi 2016 bisa diakses dengan menggunakan ponsel pintar. Sumber: dreamstime.com

Kelebihan yang dimiliki oleh Microsoft Word antara lain:

  • Dapat membuat beragam pekerjaan yang melibatkan teks, karakter, kata, dan tulisan.
  • Dapat menambahkan gambar, diagram, tabel, tautan, dan lain-lain.
  • Terdapat beragam jenis gaya tulisan atau font.
  • Terdapat template layout gratis yang bervariasi.
  • Dapat berkreasi dengan warna, ukuran teks, dan jarak.
  • Dapat menambahkan bulleting dan penomoran.
  • Pengecekan ejaan dan pengubahan otomatis.
  • Tersedia dalam banyak bahasa.
  • Menyimpan dokumen dengan ukuran yang relatif kecil serta dengan format sesuai keinginan.
  • Dapat dibuka kapan saja dan mudah.
  • Fungsi cari dan ganti.
  • Kemampuan untuk mengatur dan menyunting sesuai keinginan dengan cepat dan rapi.
  • Bisa digunakan di berbagai perangkat.

Dan masih banyak fitur-fitur lain yang bisa dimanfaatkan, yang menjadi nilai tambahan bagi Word dibandingkan aplikasi pengolah kata lain. Untuk kekurangan dari program mendunia ini adalah:

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
  • Meski ukuran dokumen relatif kecil, instalasi aplikasinya sendiri memakan banyak ruang.
  • Biasanya komputer dan laptop akan menyediakan Microsoft Word ketika membelinya, namun kalau hilang atau rusak kita harus membayarnya dan harganya tidak terjangkau.
  • Untuk mendapat fitur baru, perangkat lunak harus diperbarui terlebih dahulu.
  • Kini hanya beroperasi pada Windows.
  • Terkadang tidak bisa membuka dokumen yang dibuat dengan Word versi terbaru dari Word versi sebelumnya atau bisa juga dibuka namun formatnya berubah dan berantakan.
  • Sebaliknya, Word versi lama pasti bisa dibuka dengan Word baru, hanya saja terdapat perbedaan formatting.

Versi Microsoft Word

1. Microsoft Word Tahun 1990-1995

pengertian microsoft word versi 1.0
Tampilan Microsoft Word versi 1.0 (1989). Sumber: twitter.com/microsoftnz

Meski Microsoft Word pertama rilis pada tahun 1983 dengan nama Multi-Tool Word, Word versi 1989-lah yang dikenalkan kepada masyarakat dunia sebagai Word untuk sistem operasi Windows pertama. Windows pada masa itu sudah versi 3.0 sedangkan Wordnya baru memasuki versi 1.0. Karena performanya masih kurang dan sering gangguan, Microsoft merilis versi 2.0 dan bertekad untuk menjadi pemimpin program pengolah kata dunia.

2. Microsoft Word 1997-1998

pengertian microsoft word versi 3.0
Tampilan Microsoft Word 97 atau 3.0 (1996). Sumber: sembelit-kait.blogspot.com

Sesuai dengan sejarahnya, Microsoft versi 1997 atau 3.0 berhasil mencapai kesuksesan di pasar perangkat lunak pengolah kata dunia untuk Windows dan Word 98 untuk MacOS. Programnya dilengkapi dengan command bar yang memuat menu dan tool bar serta office assistant yang membantu mengecek ejaan. Ini merupakan inovasi baru yang belum ada di dunia pengolah kata.

3. Microsoft Word 2000-2003

pengertian microsoft word versi windows XP
Microsoft Word 2002 atau 11.0 untuk Windows XP. Sumber: infobitt.blogspot.com

Word versi 9.0 yang rilis pada tahun 2000 jarang digunakan karena banyak fitur yang disembunyikan. Para pengguna bisa gratis mengaksesnya dan rata-rata penggunanya juga orang awam yang tidak menguasai Microsoft Word.

Dua tahun kemudian, Microsoft Word XP muncul dan menjadi incaran pasar lagi. Kali ini ia memiliki product activation yang berarti harus berlangganan dan membayar untuk menggunakannya. Word XP dilengkapi dengan perintah suara dan pendiktean kata. Tampilannya juga mulai mirip Word yang sering kita lihat sekarang. Versi lebih barunya muncul dengan Word 11.0.

4. Microsoft Word 2007

pengertian microsoft word versi 12.0 2007
Tampilan Microsoft Word versi 2007. Sumber: 3blogemen.blogspot.com

Microsoft Word 2007 menghadirkan tampilan baru yang elegan dan modern. Ditambah lagi dengan fitur ribbon sebagai pengganti menu bar dan tool bar. Begitu rilis, Word 2003 digantikan menjadi Word 2007 di berbagai negara. Indonesia yang masih lambat arus perkembangan teknologinya mulai banyak beralih ke Word 2007 di tahun 2008-2009.

5. Microsoft Word 2010

pengertian microsoft word 2010
Logo dan penampilan Microsoft Word 2010. Sumber: licencedeals.com

Tahun 2010, Word merilis versi 14.0 atau sering dipanggil Microsoft Word 2010 yang cocok dengan Windows Vista Service Pack 2, Windows 7, Windows 8, dan Windows XP Service Pack 3. Tambahan fitur di Word 2010 meliputi dukungan grafis tiga dimensi yang lebih baik dan gambar yang lebih kompleks, Open Document Format (.odf), ribbon yang lebih sederhana dan mudah digunakan, terintegrasi dengan penyimpanan Cloud, serta tersedia dalam 32 bit atau 64 bit. Beberapa komputer dan laptop masih menggunakan Word serta Office 2010.

6. Microsoft Word 2013

pengertian microsoft word 2013
Tampilan dan pengenalan fitur Microsoft Word 2013. Sumber: tipsmsword2013.blogspot.com

Versi Word ini kompatibel untuk Windows Server 2008 R2, Windows 7, dan Windows 8. Word 2013 memiliki fitur pelengkap versi sebelumnya, yaitu: mendukung penyuntingan format Portable Document Format (.pdf) yang kini format tersebut banyak digunakan di dunia, penggeseran gambar lebih mulus, terintegrasi dengan Skydrive untuk penyimpanan Cloud, ribbon yang sama seperti 2010 hanya saja berbeda tema, serta masih tersedia untuk 32 bit dan 64 bit. Versi ini masih banyak digunakan oleh perangkat komputer dan laptop.

7. Microsoft Word 2016

pengertian microsoft word 2016
Tampilan dan fitur dari Microsoft Word 2016 yang lebih ringkas dan lengkap. Sumber: 27-tech.blogspot.com

Word versi 2016 meninggikan kembali level pengolah kata meskipun sudah termasuk perangkat lunak yang paling banyak digunakan di dunia. Program satu ini yang tadinya hanya bisa digunakan di komputer dan laptop, kini bisa diakses melalui ponsel pintar dan tablet. Tampilan Word desktop dengan Word ponsel tentu berbeda tetapi cara penggunaannya tetap sama. Sinkronisasi antar dokumen Word dengan berbagai perangkat juga lebih baik. Versi Word sebelumnya tidak memiliki fitur berbagi kepada orang lain.

Nah, Word 2016 bisa memberikan tautan atau berbagi via surel ke rekan kita yang lain dan mereka bisa menambahkan serta menyunting dokumen tersebut. Tema-tema dan desain di Word 2016 lebih kaya dan beragam dibandingkan versi sebelumnya.

8. Microsoft Word 365

pengertian microsoft word 365
Penampilan Word 365. Sumber: helmiairan.wordpress.com

Secara sekilas tampilan Word 365 dan Word 2016 memang berbeda. Tapi jangan tertipu, fitur-fitur dari aplikasi terbaru ini kurang lebih sama dengan Word 2016. Tema dan desain saja yang bertambah banyak dan leluasa.

Ada tambahan 1 terabyte (TB) juga untuk penyimpanan di One Drive. Microsoft Word 365 diperuntukkan bagi bisnis dan mereka yang memilih membayar untuk jangka waktu tertentu ketimbang membeli keseluruhan program. Dan bedanya dengan Word 2016 adalah cara berlangganannya. Nah yuk kita pelajari soal itu.

Berlangganan Microsoft Word

pengertian microsoft word dan harga
Microsoft Word versi 2016 ke bawah tidak bisa berlangganan per bulan maupun per tahun, jadi harus membeli aplikasi utuhnya. Sumber: logodix.com

Microsoft Word dan produk Microsoft Office lainnya secara otomatis sudah terpasang di perangkat kita. Namun, jika kita ingin memperbarui atau mengunduh ulang Microsoft Word akan dikenakan biaya langganan. Untuk Microsoft Word 2016 dan produk Office lainnya, dikenakan per program atau bisa dibeli satu paket dengan cicilan maupun satu kali bayar. Namun, hanya bisa digunakan dalam satu perangkat. Jadi, jika ada perangkat lain yang membutuhkan Microsoft Word, kita harus membelinya lagi untuk perangkat tersebut.

Enaknya adalah hanya sekali pembayaran itu saja dan kita mendapatkan program pengolah kata ini seumur hidup. Sedangkan Word 365 diperuntukkan bagi pengguna yang ingin berlangganan berdasarkan jangka waktu tertentu, yaitu bulanan dan tahunan. Ini cocok bagi kantor-kantor dan perusahaan karena tidak harus membeli satu-satu untuk masing-masing komputer dan laptop.

Ada pilihan Personal untuk akun pribadi atau perseorangan dan Home untuk dipakai bersama oleh banyak pengguna dan perangkat. Harga Office 2016 sekitar $120 sampai $290 atau Rp1.700.000 sampai Rp4.200.000, sedangkan Office 365 Rp800.000 sampai Rp1.000.000 per tahun untuk Home dan Rp500.000 sampai Rp650.000 per tahun untuk Personal. Membeli lisensi dan berlangganan Microsoft Word dan Office disarankan melalui situs resmi Microsoft, yaitu www.microsoft.com agar transaksi terjamin dan aman.

Panduan Penggunaan Microsoft Word

Cara sederhana, cepat, dan lengkap untuk mempelajari Microsoft Word bisa menyaksikan cuplikan video berikut.

Sekian pembahasan tentang pengertian Microsoft Word dan informasi lain tentangnya. Versi Microsoft Word mana yang paling Selasares sukai dan nyaman menggunakannya? Yuk ceritakan preferensi kalian di kolom komentar.

Geolana Wijaya Kusumah

Selamat datang di bumi Geo! Halo, aku Geo bisa juga dipanggil Geol. Ya benar sekali, sesuai dengan namaku, aku suka dengan hal-hal berbau Geografi dan hobiku bergeol alias Dance.

Update : 29 Desember 2020 - Published : 6 November 2020

Tinggalkan komentar