Tips Cara Memulai Bisnis Kos-Kosan Agar Untung Berlimpah

Bisnis kosan kini makin banyak di gandrungi, pasalnya tingginya permintaan baik untuk anak sekolah maupun karyawan mendorong kebutuhan tempat tinggal yang disewakan  semakin tinggi.

Dengan membuka bisnis kos-kosan akan membuat Anda bisa memperoleh pendapatan pasif dan berulang dari penyewa yang bekerja atau belajar di dekat lokasi hunian Anda.

Karena itu, kali ini kami akan merangkum beberapa hal yang harus anda lakukan untuk mengetahui Cara Memulai Bisnis Kos-kosan

1. Memilih Lokasi Strategis

Cara bisnis kos kosan pertama yang akan anda lakukan adalah memilih lokasi yang strategis adalah hal pertama yang anda harus lakukan.

Secara umum,  penyewa kosan lebih menyukai kos yang dekat dengan transportasi umum, dekat kampus atau kantor serta dekat dengan pusat perbelanjaan.

Karena itu, Lokasi yang strategis akan membuat usaha kosan Anda menjadi ramai penyewa dan tarif sewa menjadi lebih bersaing.

2. Menentukan Jenis Bangunan Kos-kosan

Bila anda memiliki tanah atau bangunan yang dekat dengan lokasi strategis seperti kampus maupun lingkungan perkantoran anda hanya perlu untuk membangun dan merenovasinya.

Namun kalau belum punya lahan Anda wajib melakukan survey untuk membandingkan harga tanah dan mencari yang harga tanah yang sesuai untuk menjadikannya lokasi bangunan kosan.

3. Konsep Kos-kosan

Cara bisnis kos kosan selanjutnya adalah membuat konsep yang menarik .

Bila anda ingin membuat konsep yang menarik anda akan memiliki target konsumen sendiri.

Selain hiasan dan pajangan, hal yang harus anda tentukan adalah membuat konsep bangunan petak atau konsep rumah lengkap.

Bangunan petak cocok untuk pegawai pabrik, kantoran, atau mahasiswa  yang hidupnya pun hanya sendiri.

Sementara konsep rumah lengkap lebih cocok untuk penyewa yang berkeluarga, karena mereka lebih membutuhkan banyak ruangan dengan adanya ruang parkir

4. Fasilitas Kos-kosan

Di era modern ini, selain ruangan yang nyaman fasilitas pendukung seperti WiFi gratis, katering, dan layanan laundry juga di cari oleh calon penyewa.

Sebab semakin banyak fasilitas yang ditawarkan maka akan membuat penyewa jadi tertarik dan betah tinggal dikosan.

5. Riset Harga Kos-kosan

Riset harga kosan sangat penting untuk dilakukan agar anda mampu untuk membuat perencanaan modal dan laba yang akan anda hasilkan.

Dengan meminimalisir modal, maka balik modal juga menjadi bisa lebih cepat dilakukan. Karena itu di samping melakukan riset harga jual anda juga harus melakukan riset harga untuk membeli fasilitas penunjang.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Cara Memulai Bisnis Kos-kosan sebenarnya tidaklah sulit, dengan melakukan banyak riset pasar dan observasi di lapangan anda akan menemukan banyak panduan.

Misalnya, apabila  Anda menginginkan harga sewa kos yang lebih tinggi, maka Anda harus memberikan fasilitas yang bagus dan lengkap

Kebanyakan penyewa kos akan melihat fasilitas yang ditawarkan dan harga sewa yang sesuai.

Fasilitas yang lengkap dan nyaman juga memberikan daya tarik tersendiri dan tak lupa untuk memperhatikan pemilihan lokasi dan target pasar kos-kosan sekitar. Selanjutnya akan kami berikan tips lain bagi ada yang ingin memasarkan kosan, diantaranya:

1. Fasilitas yang sesuai

Sebelum menawarkan fasilitas yang sesuai, cara bisnis kos kosan pertama yang harus anda lakukan membuat target market penyewa.

Kosan eksklusif menawarkan fasilitas yang lengkap seperti pendingin ruangan (air conditioner), kamar mandi dalam yang dilengkapi pemanas air (water heater), akses internet tanpa kabel (wifi), parkir luas, dapur bersama dan layanan keamanan 24 jam seperti keamanan dan CCTV.

Sementara kosan ekonomis hanya membutuhkan wifi dan tempat parkir yang mumpuni sudah mampu menarik hati para penyewa.

2. Biaya Sewa Sesuai Harga Pasaran

Sebelum anda menentukan harga sewa, anda harus pastikan harga sewa kamar kos yang Anda tawarkan sesuai dengan pasaran kamar kos pada suatu daerah milik kompetitor Anda.

Harga yang terlalu tinggi seringkali tidak disukai oleh penyewa apalagi fasilitas penunjang juga sangat terbatas karena itu sesuaikan harga dengan pasaran lokasi kosan.

Akan tetapi, jangan menawarkan dengan harga terlalu murah agar anda tidak merugi.

3. Mempercantik Tampilan Fisik

Saat mencari kosan, hal pertama yang dilakukan penyewa adalah melihat tampilan fisik kosan.

Ruangan yang bersih, ventilasi udara cukup dan lampu yang terang  akan mempengaruhi rasa nyaman dan aman penyewa selama tinggal di kosan.

 Anda bisa menghias tembok dengan gambar-gambar yang ceria atau menggunakan warna netral untuk cat temboknya.

Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kebersihan ruangan.

4. Iklankan Kos Kosan Anda

Membuat iklan di media sosial akan membantu proses pemasaran kosan yang anda buat.

sehingga kosan anda akan lebih mudah diketahui oleh banyak orang.

Jika Anda tertarik ingin memulai atau mengembangkan bisnis kos, Anda dapat simak panduan beserta tips pemasarannya berikut ini Cara Memulai Bisnis Kos-kosan.

Admin

Update : [modified_date] - Published : [publish_date]

Tinggalkan komentar