SSE Pajak

7 min read

logo pajak

Kewajiban untuk membayar pajak merupakan hal yang harus dipatuhi oleh mereka yang termasuk ke dalam golongan bagi wajib pajak.

Jika dulunya pembayaran pajak harus melalui Surat Setoran Pajak atau SSP, maka kini pembayaran pajak sudah dapat dilakukan melalui online.

Pembayaran online dengan menggunakan Surat Setoran Elektronik atau SSE pajak.

Apa Itu SSE Pajak?

djp online npwp sudah terdaftar

Surat Setoran Elektronik atau SSE pajak adalah surat pengganti untuk metode konvensional dari penyetoran pajak yang menggunakan Surat Setoran Pajak atau lebih dikenal sebagai SSP Pajak.

Metode elektronik yang baru ini memungkinkan Kamu untuk membayar pajak secara online dari manapun dan kapanpun Kamu berada.

Secara umum, sejarah penyetoran pajak di tanah air telah mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

Dulunya orang harus membayar pajak secara langsung pajak melalui Kantor Kas Negara.

Kemudian pembayaran pajak berkembang hingga para wajib pajak dapat membayar pajak lewat Bank Persepsi.

Metode pun terus berkembang berkat adanya revolusi perbankan sehingga muncul istilah online banking system.

Kini, pembayaran pajak telah bisa dilakukan secara online melalui sistem e-billing pajak.

E-Billing Pajak

djp online error

Sistem e-billing pajak diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk membantu para wajib pajak dalam memenuhi kewajiban pajaknya tepat waktu.

Dengan adanya sistem ini, para wajib pajak sudah tidak perlu mengantri lagi ke kantor pajak untuk menyetorkan pajaknya.

Sistem e-billing pajak sendiri sudah diterapkan sejak tanggal 1 Juli 2016.

Untuk dapat menikmati layanan e-billing pajak atau pembayaran pajak secara elektronik harus melalui empat tahapan yakni registrasi akun electronic billing untuk SSE Pajak, memperoleh kode ID pembayaran pajak, kode ID pembayaran pajak dicetak, terakhir adalah menyetor pajak secara online.

Ada tiga server yang dapat melayani para wajib pajak untuk membuat kode electronic billing pajak.

Masing-masing server ini tidak terhubung sehingga jika Kamu ingin menggunakan server lainnya Kamu harus mendaftar baru lagi di server tersebut.

Tiga server SSE pajak online yakni SSE 1, SSE 2, dan juga SSE 3. Setiap server memiliki tampilan user interface yang berbeda.

Cara Daftar SSE1 (Pajak Versi 1)

djp online ajaib

SSE Pajak Versi 1 merupakan versi pembayaran elektronik pajak generasi yang pertama.

Langkah untuk mendaftar ke dalam server SSE 1 adalah sebagai berikut:

  • Mengunjungi alamat server untuk Pajak Versi 1
  • Pada halaman pertama dari website SSE Pajak Versi 1 akan diberikan peringatan berupa informasi akan adanya server pajak online lainnya. Jika ingin melanjutkan menggunakan server SSE. Pajak Versi 1 maka klik link yang ada di tulisan paling bawah yakni eBilling Pajak versi 1.
  • Pada halaman selanjutnya klik pilihan “Daftar Baru”. Namun jika Kamu sudah memiliki akun di server 1, maka tinggal login saja dengan memasukkan nomor NPWP dan juga PIN.
    Untuk mendaftar di layanan server SSE Pajak Versi 1 cukup memasukkan nomor NPWP, Nama lengkap, alamat email dan juga mengetikkan kode captcha yang ada di layar. Selanjutnya klik register.
  • Server akan mengirimkan link ke alamat email Kamu. Cek kotak masuk di email dan klik link aktivasi akun yang dikirimkan.
  • Secara otomatis Kamu akan diarahkan ke menu login. Kamu tinggal mengetikkan NPWP dan PIN yang Kamu dapatkan di bagian paling bawah yang ada di email berisi link aktivasi.
  • Beberapa pengguna mengaku bahwa login langsung lewat link aktivasi yang dikirim melalui email ternyata tidak dapat berhasil. Oleh karenanya lebih baik Kamu login melalui halaman awal servernya saja.

Cara Daftar SSE 2 (Pajak Versi 2)

Jika Kamu ingin membuat kode e-billing dari pajak melalui server SSE 2, maka langkah pertama yang harus Kamu tempuh yakni memiliki kode EFIN pajak.

Kode EFIN merupakan nomor identifikasi untuk pengisian elektronik untuk dapat terdaftar ke dalam layanan DJP online.

Pasalnya, server dari SSE Pajak Versi 2 ternyata terintegrasi langsung dengan fitur DJP online.

DJP online merupakan fitur pelayanan pajak online kepada wajib pajak yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak.

Apabila Kamu belum terdaftar ke dalam layanan DJP online, maka Kamu harus melakukan registrasi dan membuat akun DJP online terlebih dahulu.

Untuk memulai pendaftaran ke DJP online, pertama-tama Kamu harus meminta nomor kode EFIN yang bisa didapatkan melalui kantor pajak di daerahmu.

Untuk mendapatkan kodenya cukup membawa berkas berupa salinan NPWP dan KTP.

Mungkin hal ini terdengar sedikit repot, namun SSE 2 menyajikan beberapa keunggulan ketimbang SSE 1.

Keunggulan utama SSE 2 yaitu keefektifannya yang memungkinkan wajib pajak membuat lebih dari satu kode ID Billing pajak untuk NPWP selain milik sendiri.

Kamu dapat langsung memproses kode ID Billing pajak melalui akun SSE 2 tanpa perlu membuat yang baru. Berikut adalah langkah cara membuat akun DJP online.

  • Pertama-tama masuk ke website di alamat https://djponline.pajak.go.id/account/registrasi.
  • Pada halaman pertama Kamu harus menginputkan nomor NPWP dan juga kode EFIN yang diperoleh dari kantor pajak. Terakhir masukkan kode keamanan yang kodenya telah ada di layar. Terakhir klik verifikasi.
  • Sebuah email akan masuk ke dalam kotak masuk email Kamu. Pada email ini terdapat link untuk melakukan aktivasi dari akun DJP online, klik link tersebut
  • Kunjungi lagi alamat https://djponline.pajak.go.id/account/login untuk melakukan login dan menambahkan e-Billing Pajak ke dalam DJP online Kamu.
    ada halaman pertama ketikkan nomor NPWP dan juga passwordmu.
  • Di bagian bawah Kamu harus memasukkan kode captcha kemudian klik login
  • Pada halaman dashboard awal, klik ke menu profile yang tersedia di sisi kiri dari dashboard. Setelah itu layar akan menampilkan profil singkat dari biodatamu. Klik bagian profil lengkap di sisi paling bawah.
  • Data pribadi yang lebih lengkap kemudian ditayangkan di layar perangkatmu. Data yang tampil meliputi NPWP, nama, alamat email, pekerjaan, alamat, nomor telepon, KPP administratif dan sebagainya.
  • Scroll ke bagian terbawah dari halaman profil lengkapmu dan Kamu akan menemukan keterangan “Tambah/Kurang Hak Akses”. Pada bagian ini centang pilihan e-Billing dan e-Filling. Terakhir klik “Ubah Akses” di bagian terbawah.
  • Akun dari DJP online Kamu akan logout secara otomatis. Login kembali ke alamat https://djponline.pajak.go.id/account/login

Cara Daftar SSE3 (Pajak Versi 3)

Server Pajak Versi 3 atau SSE 3 merupakan server alternatif yang dirilis oleh Direktorat Jenderal Pajak sebagai backup apabila terjadi masalah baik pada aplikasi server SSE 1 dan juga SSE 2.

Fitur yang terdapat pada SSE 3 secara umum sama dengan server generasi pertama.

Cara untuk mendaftar ke dalam SSE 3 cukup dengan melakukan langkah berikut:

  • Pertama-tama Kamu harus masuk ke dalam sistem server Pajak Versi 3
  • Cara mengisi SSE 3 cukup dengan memasukkan nama lengkap, NPWP, alamat email dan juga kode password. Terakhir masukkan kode captcha yang tertera di jendela
  • Jika sudah selesai klik “Daftar” yang terletak di sisi bawah jendela server
  • Server akan mengirimkan link ke alamat email Kamu. Cek kotak masuk di email dan klik link aktivasi akun yang dikirimkan.
  • Secara otomatis Kamu akan diarahkan ke menu login. Kamu tinggal mengetikkan NPWP dan PIN yang Kamu dapatkan di bagian paling bawah yang ada di email berisi link aktivasi.

Cara Membayar Pajak dengan SSE Pajak

Ada empat tahapan yang harus ditempuh oleh wajib pajak jika ingin menyetorkan pajaknya secara online.

Bagi Kamu yang masih cukup asing dengan tahapannya, berikut langkah-langkah yang bisa Kamu tempuh.

Registrasi

djp online application

Tahapan pertama adalah tahapan pendaftaran untuk membuat kode electronic billing pajak.

Ada tiga server yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak untuk membantu Kamu membuat kode e-billing dari pajak, yakni SSE 1, SSE 2 dan juga SSE 3.

Dulunya para wajib pajak lebih disarankan menggunakan SSE 3 karena server ini lebih jarang mengalami gangguan seperti server yang lain.

Sayangnya, peraturan terbaru yang diberlakukan per tanggal 1 Januari 2020, layanan aplikasi SSE 1 dan SSE 3 telah ditutup oleh Direktorat Jenderal Pajak sehingga hanya bisa mengakses lewat SSE 2 saja.

Mendapatkan Kode Billing

sse pajak mudah

djp online badan

Untuk mendapatkan kode billing pada SSE 2 pajak, maka langkahnya cukup dengan masuk ke dalam halaman server utama dari SSE 2 pajak.

Secara mudah, link ke alamat ini sudah teraktifasi ketika Kamu sudah menginputkan menu e-Billing di dalam akun DJP online seperti yang sudah dipaparkan di atas.

  • Setelah Kamu berhasil masuk ke dalam halaman utama, selanjutnya klik “Isi SSE” sehingga sistem akan membawamu ke formulir pengisian SSE perpajakan.
  • Pada contoh yang Kami berikan, Kamu harus memasukkan identitas berupa NPWP, nama, alamat, jenis pajak, jenis setoran, masa pajak hingga tahun pajak.
  • Kode billing pajak yang bisa dibuat hanya untuk satu NPWP saja. Apabila ingin membuat kode e-billing bagi NPWP yang berbeda maka nomor NPWP tersebut harus didaftarkan ke sistem SSE terlebih dulu.
  • Isi kode keamanan yang muncul di layar
  • Kode billing akan dibuat sistem dan akan muncul di layar perangkat Kamu.

Mencetak

  contoh sse

Kode billing yang telah sukses diperoleh dapat dicetak cukup dengan menekan tombol cetak yang ada di sisi paling bawah layar.

Halaman dari kode billing kemudian akan muncul dalam bentuk file PDF.

Kamu bisa simpan atau langsung cetak.

Membayar

 

daftar bank sse

Kamu bisa melakukan pembayaran melalui ATM dan internet banking dengan berbekal kode E-Billing saja.

Pembayaran secara online hanya baru bisa dilakukan via internet banking dari Bank Mandiri.

Untuk membayar dari internet banking Bank Mandiri cukup masuk ke menu Pembayaran, kemudian klik Penerimaan Negara.

Terakhir pilih Pajak dan ketikkan kode billing.

Keuntungan/Kelebihan Menggunakan SSE Pajak

djp online android

Sistem yang Lebih Tertata dan Akurat

SSE pajak diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pajak dengan tujuan untuk merapikan sistem perpajakan nasional dan menarik lebih banyak wajib pajak agar tertib membayar pajak.

Dengan penggunaan sistem yang terintegrasi secara nasional dan diakses secara online, sistem yang baru dapat mengurangi tingkat kesalahan.

Kesalahan yang lumrah terjadi pada format lama seperti memasukkan KAP atau Kode Akun Pajak hingga KJS atau Kode Jenis Setoran dapat dihindari.

Pada akhirnya, seluruh sistem online akan membuat proses pengisian formulir lebih tepat dan akurat.

Lebih Hemat Tenaga dan Waktu

Kamu kini tidak perlu bolak-balik ke kantor pajak hanya untuk mengurus pajak.

Proses pembayaran juga sangat mudah bisa melalui internet mobile dan juga ATM sehingga bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Lebih Fleksibel dalam Pembayaran

Tanpa harus datang ke kantor pajak dan mengantri berjam-jam, kini seluruh proses pembayaran pajak Kamu dapat ditempuh hanya dalam waktu beberapa menit saja.

Kamu pun dapat kapan saja melakukan pendaftaran hingga pembayaran pajak tanpa perlu mengikuti jam operasional dari kantor.

SSE Pajak Eror, Apa Penyebabnya?

djp online aktivasi

Ada kalanya Kamu mengalami kasus SSE pajak tidak bisa login.

Apabila Kamu mengalami hal ini, maka sebaiknya ketahui penyebab masalahnya terlebih dulu.

Penyebab SSE Pajak Eror

Secara umum, ada empat hal yang dapat menyebabkan wajib pajak tidak bisa login ke dalam sistem SSE perpajakan.

  • Wajib pajak tidak dapat login karena server SSE perpajakan yang eror
  • Wajib pajak tidak dapat login ke sistem karena salah mengetikkan kode keamanan atau Captcha
  • Wajib pajak tidak dapat login ke sistem karena lupa PIN atau salah memasukkan nomor password
  • Wajib pajak tidak dapat login karena salah memasukkan nomor NPWP

Solusi SSE Pajak Eror

djp online djp online spt tahunan 2020 djp online sse djp online error djp online registrasi djp online gangguan djp online tidak bisa login djp online npwp sudah terdaftar djp online pajak djp online aktivasi djp online apk djp online android djp online adalah djp online ajaib djp online app djp online application djp online aktivasi efin djb online application djp online badan djp online billing login djp online bps spt sebelumnya belum ada djp online bukti potong djp online badan usaha djp online billing error djp online belum registrasi djp online berita djp online bulanan djp online b djp online customer service djp online cek npwp djp online corrupted content error djp online cek ntpn djp online cs djp online cetak billing djp online co id djp online cara pengisian djp online call center djp online down djp online daftar djp online download djp online daftar spt djp online data tidak ditemukan djp online down 2020 djp online default djp online djp online djp online download pph 21 djp online e djp online e filing error djp online efiling 2020 djp online error so007 djp online error 20 november 2019 djp online email djp online error 404 e djp online e nofa djp online e billing djp online e filing djp online e bupot djp online e filling djp online e registration djp online e form djp online e billing djp online tidak bisa dibuka djp online format baru djp online formulir 1721 a2 djp online formulir 1721-a1 djp online filing djp online faktur pajak djp online form djp online faktur djp online formulir djp online formulir efin djp online ganti email djp online gangguan 2020 djp online go djp online gagal login djp online go id djp online ga bisa login djp online g djp online https //djponline.pajak.go.id djp online http status 404 - not found djp online http error 500 djp online http status 403 djp online help djp online home djp online https //www.google.com djp https//djponline.pajak.go.id/resendlink djp online itu apa djp online invalid credential djp online internal server error 500 djp online internal server error djp online id billing djp online isi sse djp online info djp online ig djp online indonesia djp online installer djp i=online djp online januari 2020 djp online jp djp online jakarta djp online jatim djp online jateng djp online 30 januari 2020 djp online direktorat jenderal pajak djp online error 30 januari 2020 apakah djp online 24 jam jaringan djp online djp online kswp djp online kesalahan so001 djp online kurang bayar djp online kemenkeu djp online kesalahan so006 djp online kegagalan autentikasi djp online kurs pajak djp online kode verifikasi djp online kota magelang djp online login djp online lupa efin djp online lapor spt djp online lemot djp online lupa email djp online lagi error djp online lagi down djp online lembaga djp online lama djp online laporan djp online l djp online masuk djp online mp3 djp online masalah djp online mobile djp online masih error djp online mandiri djp online minta efin djp online under maintenance registrasi djp online menggunakan efin pajak djp online npwp djp online npwp tidak terdaftar djp online new djp online npwp login djp online no seri faktur pajak djp online npwp tidak ditemukan djp online npwp belum terdaftar djp online nsfp djp online one stop djp online online djp online one djp online ortax djp online e billing djp online e billing login status code o djp online djp online pph 23 djp online pajak 2019 djp online pajak error djp online pph pasal 4 ayat 2 djp online pajak go djp online pasal 21 djp online pajak daftar djp online p djp online resmi djp online reset djp online request rejected djp online rejected djp online request token tidak berhasil djp online registrasi 2018 djp online reporting djp online spt tahunan badan djp online sering error djp online susah login djp online simponi djp online spt tahunan login djp online single login djp online sulit diakses djp online ssp3 djp online setoran pajak djp online s djp online 1770 s djp online trouble djp online tahunan djp online tidak bisa diakses djp online terbaru djp online tidak bisa dibuka djp online tidak bisa login 2020 djp online tahun 2020 djp online tidak dapat diakses djp online the requested url was rejected. please consult with your administrator djp online untuk apa djp online untuk pns djp online undefined djp online ubah password djp online upload tidak berhasil djp online ubah email djp online proses upload tidak berhasil silahkan ulangi lagi djp online proses upload tidak berhasil djp online versi 1 djp online vs online pajak djp online viewer djp online versi2 djp online verifikasi djp online pajak versi 2 djp online web djp online website djp online wajib pajak djp www.djponline.pajak.go.id djp online via www.pajak.go.id djp online connection was reset www.djp online www.djp online.pajak.go.id/registrasi www.djp online e billing djp online youtube djp online yang baru djp online your connection is not private cara masuk djp online yang lupa password youtube djp online 2018 yahoo djp online youtube pengisian djp online djp online error 0 djp online error code 0 djp online trackid=sp-006 djp online error status 0 0 djp online reg021 djp online error 0 djp online status code 0 djp online status kode 0 djp online error code 0 djp online error status code 0 djp online solusi status code 0 djp online djp online 1770s djp online 1770 djp online 1 djp online 1721 djp online 1770 ss djp online spt 1770 panduan djp online 1770 s djp online 2020 login djp online 2020 error djp online 2020 register djp online 2020 login e filing djp online 2020 tidak bisa diakses djp online 2020 tidak bisa login djp online 2020 e filing djp online 20 november 2019 djp online 2019 djp 2 online djp online 2 pajak go id djp online versi 2 djp online 3 djp online 31 januari 2020 djp online versi 3 sse3 djp online djp online generasi 3 djp 3 online djp online 403 djp online error 403 solusi djp online 403 djp online status 403 kode 403 djp online kesalahan 403 djp online djp online error 500 djp online.pajak.90.id

Jika Kamu mengalami masalah saat mencoba masuk ke dalam web SSE Ditjen Pajak, maka langkah berikut mungkin dapat Kamu lakukan.

Sistem SSE Eror

Jika dulu salah satu server eror, maka Kamu bisa menggunakan server pajak yang lain seperti SSE 1, SSE 2 dan SSE 3.

Kini mengingat server pajak yang beroperasi hanya tinggal satu, yakni SSE 2, maka Kamu sudah tidak bisa mengandalkan server lainnya.

Sehingga apabila terdapat masalah pada server SSE perpajakan, maka solusinya adalah menunggu beberapa saat hingga server sudah selesai diperbaiki.

Terkadang server mungkin sedang dilakukan maintenance atau perawatan sehingga memang tidak dapat diakses.

Kamu juga bisa mencoba menggunakan browser lainnya sebagai alternatif atau dengan menggunakan perangkat lainnya.

Salah Mengetikkan Kode Captcha dan NPWP

Bisa jadi masalahnya cukup sepele, yakni Kamu salah mengetikkan nomor kode keamanan atau captcha dan juga NPWP.

Sebaiknya ketika Kamu tidak dapat login ke server, jangan buru-buru ke kantor pajak untuk mengecek masalahnya.

Bisa jadi masalahnya hanya pada kode captcha dan NPWP yang keliru.

Salah Memasukkan Nomor PIN

Jika Kamu memang sudah lupa nomor PIN, maka satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan mengatur ulang nomor password.

Untuk mengatur ulang kode password atau PIN cukup kunjungi alamat djponline.pajak.go.id/resetpass.

Pada jendela reset password, Kamu akan diminta memasukkan nomor NPWP, EFIN, serta kode captcha atau keamanan.

Kamu juga akan diberi pertanyaan berupa “Lupa Email” yang cukup dijawab dengan mencentang kotak bertuliskan “Ya”.

Selanjutnya klik submit di bagian bawah.

Menghubungi Kring Pajak jika Masih Ada Kendala

djp online tidak bisa login

Apabila tidak ada pemberitahuan di sistem dan masalahnya terjadi terus-menerus, sebaiknya Kamu segera menghubungi kantor pajak terdekat.

Untuk dapat mempermudah para wajib pajak dalam memenuhi kewajibannya menyetor pajak, Direktorat Jenderal Pajak telah merilis website SSE Pajak yang dapat dimanfaatkan oleh wajib pajak untuk membuat kode ID Billing.

Dengan sistem pengisian dan penyetoran yang dapat ditempuh secara online, proses pembayaran pajak kini lebih menghemat tenaga dan juga waktu para wajib pajak.

Bea Cukai

Desi Dian
5 min read

Tabel Periodik

Desi Dian
11 min read

SKCK Online

Desi Dian
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *