Senam: Pengertian, Sejarah, Manfaat, Gerakan & Jenis-jenisnya

Senam merupakan salah satu sebagai cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan dan membutuhkan kecepatan, kekuatan serta keserasian. Pengertian senam lainnya juga diartikan sebagai suatu latihan tubuh yang dibentuk dan dipilih secara sengaja, terencana, sistematis dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Di dalamnya mencakup perkembangan keterampilan dan menanamkan nilai mental spiritual.

Berbicara tentang senam, sudah tahu bagaimana sejarah, tujuan, beserta jenis-jenis senam? Yuk baca lebih lanjut, kali ini Kami mau berbagi informasi lebih detail mengenai definisi senam.

Pengertian Senam Menurut Para Ahli

Gambar Manfaat dan Pengertian Senam
amazonaws.com

Senam menurut para ahli mempunyai beberapa definisi berikut ini:

-Mahendra (2000:14)

Mahendra mengungkapkan pengertian senam sebagai suatu kegiatan yang bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan gerak serta komponen fisik.

-Madijono (2010:1)

Sedangkan menurut Madijono, senam adalah latihan jasmani yang sistematis, teratur dan terencana dengan melakukan gerakan-gerakan secara spesifik untuk mendapatkan manfaat dalam tubuh.

-Sutrisno dan Khadafi (2010:60)

Sutrisno dan Khadafi menyampaikan pengertian senam sebagai suatu latihan fisik yang disusun secara sistematis serta melibatkan gerakan gerakan untuk mencapai tujuan.

-Margono (2009:19)

Senam didefinisikan sebagai suatu latihan gerakan tubuh yang dipilih yang disusun secara sistematis untuk tujuan membentuk serta mengembangkan pribadi secara harmonis.

-Imam Hidayat dalam Hendra Agusta (2009:9)

Senam adalah bentuk latihan tubuh yang dipilih dan dikonstruksi secara sengaja, dilakukan secara sadar serta terencana, untuk tujuan meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan serta menanamkan nilai-nilai spiritual.

-Peter H. Werner dalam Muhajir (2006:70)

Tidak jauh berbeda dengan pendapat dari H. Werneryang menyampaikan pengertian senam sebagai suatu latihan tubuh pada lantai maupun alat khusus untuk meningkatkan daya tahan kelenturan, kekuatan, koordinasi, kelincahan serta kontrol diri.

-Muhajir (2006:71)

Senam adalah kegiatan untuk mengembangkan komponen gerak dan komponen fisik.

Sejarah Senam

Gambar Prinsip Latihan dan Pengertian Senam
suka-suka.web.id

A. Di Dunia

Nama senam merupakan istilah yang diserap dari bahasa Yunani, yaitu “Gymnos” yang berarti telanjang. Istilah tersebut merupakan turunan dari “gymanstics” yang berarti latihan atau melatih diri. Sekitar tahun 1000 SM sampai 476 M, kegiatan melatih diri diperlukan oleh pemuda-pemudi Yunani kuno untuk mendukung negara mereka agar dihuni oleh manusia yang harmonis. Seiring berjalannya waktu, kegiatan-kegiatan atau latihan senam tersebut semakin menyempit dan disesuaikan dengan kebutuhannya.

B. Di Indonesia

Senam di Indonesia sudah dikenal sejak masa penjajahan Belanda yang pada saat itu dinamakan “Gymnastiek”. Sementara pada masa penjajahan Jepang senam dinamakan “Taiso”. Pada tahun 1963, senam artistik mulai hadir di Indonesia saat menjelang pesta olahraga Ganefo I di Jakarta. Pada saat itulah pertama kalinya organisasi senam dibentuk untuk menyiapkan para pesenamnya.

Organisasi senam tersebut dibentuk pertama kali pada tanggal 14 Juli 1963 dengan nama PERSANI (Persatuan Senam Indonesia)yang diprakarsai oleh tokoh-tokoh olahraga terkenal di Indonesia. Melalui organisasi tersebut telah mulai dilakukan pembinaan hingga menghasilkan atlet-atlet senam profesional untuk menghadapi berbagai pertandingan internasional.

Meskipun saat G30 S/PKI, olahraga senam di Indonesia sempat terhenti dan mengalami kendala karena para pelatih dari RRC harus kembali ke negaranya. Seiring perkembangan waktu dan kemajuan zaman, senam saat ini semakin modern serta ada berbagai macam macam gerakan.

Tujuan Senam

Gambar Tujuan dan Pengertian Senam
seputarilmu.com

Adapun tujuan senam dibedakan menjadi dua yaitu tujuan secara umum dan secara khusus. Senam secara umum bertujuan untuk mengikuti latihan fisik dan mendapatkan kebugaran jasmani. Sedangkan secara khusus, senam menjadi latihan fisik yang bertujuan melakukan gerakan-gerakan tertentu dan bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat Senam

Gambar Sejarah Senam dan Pengertian Senam
okezone.com

Dari pengertian senam seperti yang sudah kami bahas di atas dapat dilihat bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Namun sayangnya saat ini masih banyak yang enggan atau malas melakukan senam dengan berbagai alasan. Mungkin dengan mengetahui beberapa manfaat senam berikut ini bisa menjadi suatu motivasi bagi kalian. Berikut beberapa manfaatnya:

a. Manfaat Senam Bagi Fisik

Senam mempunyai manfaat yang baik untuk mengembangkan komponen fisik dan gerak. Karena dengan melakukan senam dapat meningkatkan daya tahan otot, keseimbangan, kelenturan, koordinasi organ serta kelincahan dalam beraktivitas.

Selain itu, senam juga baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru secara aktif. Dengan latihan senam yang dilakukan secara rutin maka dapat mengoptimalkan kinerja jantung dan paru-paru. Diyakini, senam bahkan juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara optimal dan memperpanjang umur.

b. Manfaat untuk Mental dan Sosial

Rutin melakukan olahraga senam diyakini dapat memberikan manfaat untuk mental dan sosial kalian lhoh. Karena olahraga ini secara efektif dapat meningkatkan self concept. Di samping itu, orang-orang yang mau berolahraga seperti rutin melakukan senam biasanya mempunyai energi yang positif.

Karena orang-orang seperti itu memiliki kesadaran akan pentingnya dan niat untuk hidup lebih sehat. Sejauh ini olahraga juga menjadi salah satu cara paling efektif untuk menurunkan tingkat stres dan memperbaiki mental.

c. Manfaat Senam bagi Kesehatan

Senam adalah salah satu bentuk olahraga, sehingga kegiatan ini sangat baik bagi kesehatan manusia. Bukan suatu hal yang mustahil jika kita rutin melakukan senam, maka kebugaran dan kesehatan tubuh kita selalu terjaga. Berikut ini beberapa manfaat senam bagi kesehatan yang harus kalian ketahui:

  • Menurunkan berat badan secara efektif dengan latihan rutin agar menjadi lebih ideal
  • Mengoptimalkan kinerja dan fungsi jantung serta paru-paru
  • Meningkatkan fungsi kognitif
  • Dapat mengurangi stres dan memperbaiki mood
  • Meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai penyakit
  • Untuk meningkatkan stamina tubuh agar tidak mudah kelelahan
  • Meningkatkan kebugaran dan kelenturan tubuh secara fisik
  • Lebih awet muda karena dapat menghambat penuaan dini
  • Meningkatkan rasa bahagia serta mendorong energi positif
  • Menguatkan otot dan mengoreksi postur tubuh
  • Meningkatkan kinerja otak dan tingkat konsentrasi
  • Meningkatkan nafsu makan sehingga baik untuk mendapatkan berat badan ideal bagi yang terlalu kurus
  • Menekan resiko osteoporosis atau gangguan pada tulang serta merangsang pertumbuhan tulang yang ideal

Prinsip Latihan Senam

 Gambar Prinsip Latihan dan Pengertian Senam
blogspot.com

Latihan senam mempunyai beberapa prinsip sesuai yang disampaikan oleh Sadoso (1997), diantaranya:

A. Specify

Upaya untuk menghilangkan cara latihan yang berdasarkan hanya kira-kira saja. Karena latihan harus dilakukan sesuai dengan kondisi dan yang dibutuhkan oleh tubuh.

B. Progression

Melakukan latihan secara bertahap berdasarkan tingkatan tingkatan tertentu untuk membantu pembentukan otot. Jadi dalam latihan perlu dilakukan secara progresif agar manfaatnya bisa didapatkan secara efektif.

C. Overload

Selain itu, latihan juga harus dilakukan peningkatan intensitasnya atau frekuensi dari tingkatan latihan yang telah dilakukan sebelumnya. Dalam hal ini, frekuensi latihan yang dilakukan dari hari ke hari atau minggu ke minggu harus ada peningkatan.

D. Reversibility

Latihan harus dilakukan secara kontinyu atau berkelanjutan karena jika berhenti berlatih Maka akan muncul tanda-tanda penurunan keterampilan, kekuatan, daya tahan dan lain-lainnya.

E. Training effect

Latihan dilakukan berdasarkan tujuan tertentu misalnya untuk meningkatkan keterampilan atau kinerja jantung dan paru-paru. Setelah melakukan latihan latihan, diharapkan senang bisa memberikan suatu efek atau dampak positif bagi pesenam. Dampak atau efek tersebut dinyatakan berhasil jika sesuai dengan tujuan pesenam, misalnya melakukan latihan senam secara rutin untuk menurunkan berat badan tubuh.

Jenis-jenis Senam dan Contohnya

Memiliki bentuk tubuh yang bagus serta berat badan ideal tentu menjadi keinginan semua orang agar kita memiliki tampilan yang mempesona. Hal ini bukan hanya berlaku untuk kaum perempuan saja, tapi juga pria. Bagi kalian yang ingin coba rutin melakukan senam, maka bisa coba salah satu dari macam macam senam berikut contoh dan gambarnya:

1. Senam Akrobatik

Gambar Contoh Senam Akrobatik dan Pengertian Senam
blogspot.com

Senam akrobatik adalah salah satu cabang nomor senam yang cukup ekstrem dan seringkali dikompetisikan secara nasional maupun internasional. Gerakan dalam senam akrobatik ini biasanya melibatkan putaran, salto serta gerakan-gerakan lainnya yang punya resiko tinggi dan kurang cocok bagi pemula.

Karena dalam senam akrobatik pesenam harus melakukan pendaratan dengan menggunakan tangan atau bahu pasangan. Selain itu juga membutuhkan keseimbangan, kelenturan, gerakan yang cepat serta eksplosif. Jika kamu tertarik dengan jenis senam ini maka dianjurkan untuk didampingi oleh instruktur Senam yang berpengalaman. Contoh dari senam akrobatik diantaranya loncat indah, kungfu, kapuera, dan lain-lain.

2. Senam Artistik

Gambar Contoh Senam Artistik dan Pengertian Senam
penjaskes.co.id

Senam artistik mirip seperti jenis senam ekstrem yang hanya bisa dilakukan oleh ahlinya agar tidak menimbulkan cedera. Dalam senam ini melibatkan berbagai alat untuk mendukung dan memperindah gerakannya. Contoh senam artistik diantaranya kuda pelana, gelang-gelang, palang tunggal, palang sejajar, palang bertingkat dan balok keseimbangan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

3. Senam Aerobik

Gambar Contoh Senam Aerobik dan Pengertian Senam
detik.net.id

Ada juga jenis senam aerobik yang cukup populer di Indonesia, bahkan menjadi salah satu jenis senam paling tua dengan peminat yang tinggi. Karakteristik senam aerobik yaitu menggabungkan gerakan aktif, energik, kreatif serta diiringi dengan musik. Gerakan-gerakan dasar melibatkan gerakan seperti melompat, berjalan, serta gerakan mengikuti irama yang dimainkan. Gerakan dalam senam aerobik ini ternyata punya manfaat yang bagus untuk melatih kerja otot seluruh tubuh serta memperlancar peredaran darah.

4. Senam Irama/ Ritmik

Gambar Contoh Senam Irama dan Pengertian Senam
klimg.com

Senam yang dilakukan dengan diiringi musik atau alunan irama serta biasanya dilengkapi alat maupun tanpa alat. Peralatan yang bisa dijadikan pelengkap senam irama seperti hoolahoop, bola, tali, tongkat dan gada. Senam ritmik menampilkan koreografi yang mirip seperti gerakan akrobatik, tari modern serta balet yang dapat dilakukan oleh perseorangan maupun kelompok.

5. Senam Trampolin

Gambar Contoh Senam Trampolin dan Pengertian Senam
pinterest.com

Yapz, sesuai dengan namanya, senam ini dilakukan di atas trampolin, yaitu semacam alat pantul yang dibuat dari rajutan kain serta dipasang pada kerangka basi. Gerakan-gerakan dalam senam trampolin ini seperti jungkir balik, maju mundur, dan lain-lainnya.

Jika diperhatikan memang mirip seperti gerakan akrobatik hanya saja dalam senam ini dilakukan di atas trampolin. Bagi pemula tidak perlu khawatir karena biasanya untuk melakukan senam trampolin ini sudah dilengkapi dengan alat pengaman khusus.

6. Senam Kegel

Gambar Contoh Senam Kegel dan Pengertian Senam
doktersehat.com

Senam yang bertujuan hanya untuk melatih otot panggul bagian bawah sehingga anggota tubuh dan badan tidak ikut bergerak. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari senam kegel ya itu untuk mengatasi masalah panggul serta organ intim jika dilakukan secara rutin dan teratur. Para dokter biasanya menyarankan pasien untuk melakukan terapi menggunakan senam kegel jika punya masalah pada organ intim atau reproduksi.

Contoh-contoh Senam Kreasi

1. Senam Lantai

 Gambar Contoh Senam Lantai dan Pengertian Senam
sehatq.com

Senam lantai juga menjadi salah satu cabang olahraga senam yang paling populer di Indonesia. Senam yang dilakukan diatas matras sebagai alat bantu gerakannya. Penggunaan matras juga bertujuan untuk mengurangi cedera atau resiko kecelakaan. Karena dalam senam lantai melibatkan gerakan yang hampir seluruhnya bersentuhan langsung dengan lantai. Untuk melakukan senam lantai harus memenuhi beberapa unsur berikut ini:

  • Unsur Keindahan: keindahan bisa ditampilkan dengan membuat beragam variasi gerakan, contohnya gestur dalam tari balet atau gerakan-gerakan kecil dalam unsur tarian.
  • Unsur Kekuatan: unsur ini sangat penting karena dalam senam lantai mengandung beberapa gerakan ekstrem sehingga membutuhkan latihan latihan dasar.
  • Unsur Keberanian: untuk melakukan senam lantai juga membutuhkan unsur keberanian karena para pesenam dituntut untuk mengalahkan rasa takutnya agar dapat menambahkan gerakan yang seimbang, luwes dan indah.
  • Unsur Kelenturan: membutuhkan unsur fleksibilitas yang tinggi karena ada beberapa gerakan sulit yang harus dilakukan seperti kayang, roll, meroda, salto dan lainnya. Kelenturan juga dibutuhkan untuk membuat gerakan yang bernilai estetik.
  • Unsur Keluwesan: unsur keluwesan dibutuhkan untuk memberikan performativitas senam bagi sang atlet. Karena dalam penampilan senam lantai dibutuhkan gerakan yang berulang kali.
  • Unsur Keseimbangan: tanpa memiliki unsur keseimbangan yang baik maka seorang atlet senam lantai sangat sulit untuk memberikan performa terbaiknya. keseimbangan dibutuhkan agar dapat melakukan gerakan dengan baik dan tidak mudah terjatuh.

2. Senam Ketangkasan

Gambar Contoh Senam Ketangkasan dan Pengertian Senam
garudasports.co.id

Senam ketangkasan ini bertujuan untuk menggerakkan badan dengan cepat yang biasanya dilakukan dengan alat bantu khusus. Gerakan-gerakan dalam senam ini melibatkan kedua tangan, melompat dan meroda. Contohnya seperti melakukan roll depan dan belakang.

3. Senam SKJ

Gambar Contoh Senam SKJ dan Pengertian Senam
kompasiana.com

Ada juga senam SKJ (Senam Kesegaran Jasmani) yang menjadi salah satu senam massal dan diwajibkan di Indonesia. Biasanya dilakukan pada hari Jumat pagi yang diikuti oleh seluru warga sekolah, instansi, atau komunitas tertentu. Selain itu, senam ini diiringi dengan musik dan salah satu peserta menjadi inspektur senam.

4. Senam Yoga

Gambar Contoh Senam Yoga dan Pengertian Senam
sahabatnestle.co.id

Bagi anak muda jaman sekarang pasti sudah tidak asing dengan yoga, salah satu olahraga yang tidak banyak gerak. Dalam olahraga ini lebih menitik beratkan pada fleksibilitas, keseimbangan dan spiritual. Sehingga diyakini bisa menyehatkan secara lahir dan batin. Ada beberapa jenis Yoga dengan manfaat berbeda-beda, seperti Hatha Yoga, Vinyasa Yoga, Bikram Yoga, Aerial Yoga, TRX Yoga, Yogalates, dll.

5. Senam Lansia

Gambar Contoh Senam Lansia dan Pengertian Senam
tokopedia.net

Senam berirama yang secara khusus diperuntukkan bagi para lansia. Sehingga gerakan-gerakannya pun juga disesuaikan. Tujuan dari senam lansia untuk mencegah osetoporosis atau mengurangi tingkat resikonya.

6. Senam Poco-poco

Ilustrasi Contoh Senam Poco Poco dan Pengertian Senam
kompas.com

Pernah dong mendengar tentang senam poco oco? Sempat nge-hitz pada jamannya, senam ini identik dengan gerakan dan irama yang sangat menyenangkan. Ternyata dulunya senam ini khusus diciptakan untuk anggota TNI dan POLRI saja lhoh¸tapi sekarang bisa digunakan secara umum oleh masyarakat.

7. Senam Jantung Sehat

Gambar Contoh Senam Jantung Sehat dan Pengertian Senam
hanuang.com

Senam jantung sehat punya manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan memperlancar peredaran darah. Gerakan-gerakan dalam senam ini dibuat khusus agar dapat memaksimalkan oksigen dalam tubuh. Senam jantung bisa dilakukan tiga kali dalam seminggu dengan durasi kurang lebih 30 menit.

8. Senam Zumba

Gambar Contoh Senam Zumba dan Pengertian Senam
futuready.com

Senam zumba identik dengan gerakan-gerakan aerobik yang cukup menyenangkan, bahkan saat ini sangat populer di Indonesia. Biasanya senam zumba diiringi dengan musik latin dengan kombinasi irama pelan dan cepat secara bergantian.

Senam zumba secara umum mempunyai manfaat yang sangat baik untuk otot tubuh, melancarkan peredaran darah, serta dapat meningkatkan kinerja jantung agar lebih optimal. Fyi, melakukan Zumba dalam waktu 60 menit mampu membakar 450 kalori lhoh, jadi cocok untuk kalian yang sedang diet sehat dengan olahraga ringan seperti ini.

9. Senam Pilates

 Gambar Contoh Senam Pilates dan Pengertian Senam
grid.id

Senam pilates adalah jenis latihan yang bertujuan untuk melatih keseimbangan, kesehatan mental, kebugaran, dan kekuatan fisik. Hampir mirip seperti senam lantai karena di lakukan di lantai, tapi biasanya senam pilates ini menggunakan bantuan alat tertentu. Sangat cocok untuk kalian yang sedang berusaha mengecilkan perut buncit, Kamu bisa secara rutin melakukan latihan ini.

Akhir Kata

Nah, mungkin sampai disini pembahasan kita seputar pengertian senam dan jenisnya. Yuk, mulai peduli dengan kesehatan kita sendiri sebelum menyesal nantinya kalau sudah semakin tua. Tidak ada salahnya Kamu mulai rutin melakukan salah satu latihan senam di atas, agar mendapatkan tubuh yang sehat serta berat badan ideal. Semoga bermanfaat ya, salam hangat.

Siva Nur Ikhsani

Halo, aku Siva. Selain suka nulis apa saja, aku juga hobi makan dan main game, hehe :)

Update : 27 November 2021 - Published : 15 Desember 2020

Tinggalkan komentar