Pramuka: Pengertian, Sejarah, Lambang & Contoh Sandi-sandi

Praja Muda Karana, atau yang kita kenal sebagai Pramuka adalah suatu organisasi yang menjadi salah satu proses pendidikan di Indonesia. Secara umum, pramuka juga didefinisikan sebagai gerakan atau organisasi non formal yang mewadahi pelaksanaan pendidikan kepanduan.

Biasanya kegiatan ini dilakukan di alam terbuka atau outdoor dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan, terarah, serta sesuai dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan. Pramuka menjadi salah satu kegiatan wajib bagi pelajar di Indonesia, mulai dari SD, SMP, SMA bahkan ada perguruan tinggi yang memiliki ekstrakurikuler  kepramukaan.

Apa sih pengertian Pramuka? Apa saja manfaatnya? Yuk, bagi yang ingin mengetahui secara lengkap seluk-beluk kepramukaan dan hal-hal yang ada di dalamnya, simak ulasannya disini.

Pengertian Pramuka Menurut Para Ahli

Gambar Pengertian Pramuka adalah
mediaharapan.com

Untuk lebih memahami tentang pengertian Pramuka, Kamu bisa menyimak juga beberapa definisi Pramuka menurut para ahli berikut ini:

1. Joko Mursitho

Joko Mursith menyampaikan pengertian Pramuka sebagai suatu kegiatan pendidikan non-formal di luar lingkungan sekolah melalui aktivitas-aktivitas yang menyenangkan dan sesuai dengan metode kepramukaan, tujuannya untuk membentuk watak peserta.

2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Sedangkan menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2014, Pramuka mempunyai arti sebagai proses pendidikan yang dituangkan dengan cara menyenangkan untuk anak muda dibawah tanggung jawab anggota dewasa serta dilakukan di luar lingkungan sekolah.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Di dalam KBBI tertulis pengertian Pramuka sebagai organisasi yang bertujuan mendidik anggotanya melalui berbagai kegiatan yang berorientasi pada kedisiplinan, kepercayaan diri, keterampilan, tolong-menolong dan sebagainya.

Sejarah Pramuka

 Gambar Sejarah Pramuka dalam Pengertian Pramuka
sindonews.net

a. Di Dunia

Pramuka secara internasional pertama kali diperkenalkan oleh Baden Powell di Inggris yang menuliskan pengalamannya pada tahun 1908 melalui buku Scouting for Boys. Dalam buku tersebut tertuang tata panduan kegiatan perkemahan yang dirintisnya sejak tahun tersebut. Buku yang ditulisnya tersebut ternyata sangat laris hingga ke luar negeri dan membuat banyak kegiatan pramuka bermunculan, tapi dulunya hanya ditujukan untuk anak laki-laki saja.

Karena cukup mendapatkan perhatian dunia, pada tahun 1912 Baden Powell bersama adiknya mendirikan Girl Guides, yakni organisasi Pramuka untuk para wanita. Kemudian di tahun 1918, mereka mendirikan organisasi kepramukaan bernama Rover Scout yang ditunjukkan untuk remaja usia 17 tahun. Pramuka semakin dikenal sejak diadakannya jambore dunia yang dilakukan pertama kali pada 30 Juli sampai 8 Agustus 1920 di Ollympic Hall, London. Dalam kegiatan tersebut diikuti 800 peserta dari 34 negara, dan akhirnya Baden Powell dinobatkan sebagai Bapak Pandu Sedunia.

b. Di Indonesia

Kepramukaan di Indonesia melalui tiga masa, yakni gerakan Pramuka masa penjajahan Belanda pada masa penjajahan Jepang dan setelah Indonesia merdeka. Singkat cerita, kegiatan kepramukaan di Indonesia semakin digemari oleh anak muda melalui terbentuknya Pandu Pemuda Sumatera tahun 1930 dan Persatuan Antar Pandu Indonesia tahun 1931. Namun pada tahun 1936, organisasi tersebut berubah nama menjadi BPPKI yang merupakan singkatan dari Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia.

Melalui organisasi tersebut diadakan Perkemahan Kepanduan Indonesia Oemoem yang menjadi awal mula pelaksanaan jambore hingga sekarang. Memasuki tahun 1961, di Indonesia terdapat 100 organisasi kepanduan yang dibagi menjadi tiga federasi. Kemudian pada tanggal 14 Agustus 1961, organisasi Pramuka dikenalkan secara resmi ke seluruh masyarakat tanah air sehingga pada tanggal tersebut ditetapkan sebagai peringatan hari Pramuka di Indonesia.

Tujuan dan Fungsi Kepramukaan

Gambar Tujuan dan Fungsi dalam Pengertian Pramuka
akamaized.net

a. Tujuan

Pramuka secara umum mempunyai tujuan untuk mewadahi generasi muda dan membentuk supaya kedepannya menjadi sosok yang intelek, mandiri serta mudah beradaptasi dengan lingkungan luar sekolah. Sementara, secara khusus melalui kegiatan kepramukaan diharapkan bisa mencapai beberapa tujuan berikut ini:

  • Pembentukan karakter
  • Memupuk rasa cinta terhadap tanah air
  • Meningkatkan keterampilan dan menggali potensi diri melalui berbagai kegiatan kepramukaan
  • Mengajarkan tentang ketrampilan tali-temali
  • Mengajarkan kemampuan pertolongan pertama gawat darurat
  • Melatih peserta menggunakan bahasa sandi

b. Fungsi

Agar kegiatan pramuka dapat mencapai tujuan-tujuannya, maka perlu melakukan beberapa fungsi berikut ini:

  • Kegiatan yang berorientasi terhadap pendidikan, menyenangkan, menghibur, terarah, sehat serta mempunyai tujuan.
  • Pengabdian bagi orang dewasa yang secara ikhlas dan sukarela membaktikan dirinya untuk mencapai tujuan kepramukaan
  • Pramuka harus menjadi alat yang dapat memenuhi dan mencapai tujuan masyarakat melalui pelatihan secara berkala. Contohnya dengan mewajibkan pelajar untuk mengikuti ekstrakurikuler Pramuka di sekolah.

Prinsip dan Metode

Gambar Prinsip dan Metode dalam Pengertian Pramuka
scout.org

Kepramukaan harus mempunyai prinsip dasar dan metode yang membedakannya dengan sistem kependidikan lainnya. Baden Powell sebagai penemu kegiatan ini telah menyusun beberapa prinsip dasar dan metode kepanduan yang bisa digunakan oleh masyarakat dunia dalam membina generasi muda melalui Pramuka. Apabila sebagian atau seluruh dari prinsip dasar dan metode tersebut dihilangkan maka turut menghilangkan nilai dari gerakan pendidikan kepanduan ini. Adapun berikut ini prinsip dan metode yang harus diterapkan dalam kegiatan pramuka.

a. Prinsip Dasar

Prinsip dasar kegiatan kepramukaan yaitu ditanamkan dan ditumbuhkan melalui proses penghayatan. Dalam pelaksanaan dan pengamalan proses tersebut dibantu oleh pembina yang dilakukan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab, kemandirian, keterikatan moral, dan kepedulian baik sebagai pribadi maupun anggota masyarakat.

b. Metode

Metode kepramukaan yang dimaksud merupakan bagian dari cara belajar progresif dengan beberapa inisiatif berikut:

  • Pengamalan kode-kode kehormatan dalam Pramuka
  • Kegiatan belajar sambil melakukan dan sistem berkelompok, contohnya PBB (peraturan baris berbaris)
  • Kegiatan yang lebih banyak dilakukan secara outdoor atau alam terbuka untuk melatih kemampuan survival peserta
  • Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan dan menantang agar dapat mengembangkan jasmani dan rohani peserta didik. Contoh pengembangan secara jasmani seperti melalui senam.

Dalam pelaksanaannya, inisiatif metode kepramukaan bisa disesuaikan dengan tujuan dan prinsip Pramuka. Pada dasarnya metode ini digunakan sebagai alat untuk memperkuat dan menunjang tercapainya tujuan. Selain itu, juga agar kegiatan kepramukaan tidak dilakukan melenceng jauh dari prinsip dasar dan metode Pramuka seperti yang disampaikan oleh Bapak Pandu Dunia, sebagai orang yang pertama kali mencetuskan kegiatan ini.

Tingkatan Dalam Pramuka

Pelaksana kegiatan kepramukaan ada macam macam tingkatan yang ditentukan berdasarkan kemampuan anggota tersebut, sesuai yang telah diatur dalam Syarat Kecakapan Umum (SKU). Sehingga melalui sistem yang teratur ini akan ada tingkatan-tingkatan menuju tingkat yang paling tinggi, di antaranya sebagai berikut:

1. Pramuka Siaga

Gambar Pramuka Siaga dalam Pengertian Pramuka
purbalingganews.net

Merupakan tingkatan golongan anggota pramuka berusia 7-10 tahun, atau setingkat sekolah dasar yang bahkan sudah diajarkan cara penggunaan Kompas. SKU Pramuka siaga mencakup Siaga Mula, Siaga bantu, Siaga Tata dan Siaga Garuda.

2. Pramuka Penggalang

Gambar Pramuka Penggalang dalam Pengertian Pramuka
blogspot.com

Merupakan tingkatan golongan anggota pramuka berusia 11 sampai 15 tahun yang biasa diisi oleh anak kelas 4 SD sampai kelas 9 SMP. SKU untuk anggota Pramuka penggalang meliputi Penggalang Ramu, Penggalang Rakit dan Penggalang Terap. Bagi peserta yang sudah mencapai tingkatan penggalang terap dan telah memenuhi persyaratan maka dapat diberikan tingkatan Penggalang Garuda.

3. Pramuka Penegak

Gambar Pramuka Penegak dalam Pengertian Pramuka
indonesiastudents.com

Disebut juga sangga, merupakan tingkatan golongan anggota pramuka berusia 16-20 tahun, setelah dengan pelajar di tingkat SMA hingga Universitas. SKU untuk anggota pramuka penegak meliputi Penegak Bantara dan Penegak Laksana.

Anggota yang sudah mencapai Penegak Laksana dan memenuhi persyaratan maka akan mendapatkan Penegak Garuda.

4. Pramuka Pandega

Gambar Pramuka Pandega dalam Pengertian Pramuka
twimg.com

Diisi oleh golongan anggota pramuka berusia 21 sampai 25 tahun atau setingkat Universitas. Dalam SKU-nya hanya terdiri satu tingkatan saja yaitu pandega. Seorang pandega yang telah mencapai SKK dan telah memenuhi persyaratan tertentu maka dapat mencapai Pandega Garuda. Selain beberapa yang telah kami sebutkan diatas, dalam kegiatan kepramukaan juga ada jenis kelompok khusus untuk orang orang dengan kedudukan tertentu.

Misalnya Pembina Pramuka digunakan untuk menyebut orang dewasa yang pemimpin kepramukaan dan Pramuka Andalan yang digunakan untuk menyebut anggota dalam keanggotaan kwartir. Contoh lainnya seperti majelis pembimbing, pamong saka, pelatih, dan staf kwartir.

Sifat Kepramukaan

Gambar Sifat Kepramukaan dalam Pengertian Pramuka
grid.id

Sesuai Konferensi Kepanduan Sedunia tahun 1924 yang dilakukan di Denmark, menyepakati adanya kepanduan yang mempunyai beberapa ciri khas berikut ini:

  • Nasional: organisasi yang menyelenggarakan kepramukaan harus melakukan pendidikan dengan menyesuaikan kepentingan dan kebutuhan masyarakat, bangsa dan negara.
  • Internasional: organisasi kepramukaan di seluruh dunia diharuskan membina dan mengembangkan rasa persaudaraan antar sesama pandu tanpa membedakan suku, golongan dan agama.
  • Universal: dalam pelaksanaannya berdasarkan prinsip dasar dan metode kepanduan yang bisa dipergunakan untuk bangsa apa saja dan dimana saja

Lambang Pramuka

 Gambar Lambang Pramuka dalam Pengertian Pramuka
kompas.com

Tunas kelapa dijadikan sebagai lambang Pramuka di Indonesia. Lambang ini dijahitkan di kerah baju pramuka sebelah kiri untuk wanita dan di kantong sebelah kiri untuk pria. Sementara untuk lambang Pramuka Internasional dijahitkan dikerahkan and baju pramuka untuk wanita dan di sebelah kanan kemeja untuk laki-laki.

Lambang gerakan Pramuka ini diciptakan oleh seorang pembina Pramuka bernama Bapak Suharjo Atmodipuro yang bekerja di departemen pertanian. Secara resmi lambang tersebut ditetapkan melalui Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka tahun 1972 nomor 06/KN/72.

a. Bentuk dan Arti Kiasan

Gambar Bentuk dan Arti Kiasan dalam Pengertian Pramuka
grid.id

Dari gambar lambang gerakan Pramuka di atas berbentuk siluet tunas kelapa yang mempunyai kiasan berikut ini:

  • Buah nyiur yang digambarkan dalam keadaan tumbuh. Tujuannya untuk memberikan kiasan bahwa setiap peserta Pramuka adalah cikal bakal atau inti bagi kelangsungan hidup bangsa di Indonesia.
  • Buah nyiur juga memiliki karakteristik tumbuhan yang dapat bertahan lama dalam keadaan apapun.

Sehingga melalui lambang tersebut memberikan kiasan bahwa setiap anggota dapat bertahan menghadapi berbagai tantangan hidup serta mampu melewati segala ujian untuk mengabdi pada tanah air.

  • Nyiur juga dapat tumbuh di mana saja yang menjadi bukti bahwa setiap anggota mampu menyesuaikan diri dimanapun dan kapanpun.
  • Tumbuhan ini menjadi salah satu pohon tertinggi sehingga memberikan kiasan bahwa Pramuka mempunyai cita-cita yang tidak mudah diombang-ambingkan oleh sesuatu, berdiri tegak dan menjulang tinggi.
  • Akar yang kuat di dalam tanah memberikan kiasan bahwa Pramuka berpegang teguh pada keyakinan dan landasan-landasan yang baik untuk mencapai cita-cita
  • Sebagai pohon yang serbaguna, nyiur mempunyai arti kiasan bahwa anggota pramuka dapat membuktikan dirinya untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara serta seluruh umat manusia.

b. Penggunaan Lambang

Gambar Penggunaan Lambang dalam Pengertian Pramuka
radarriaunet.com

Lambang pramuka digunakan pada papan nama Kwartir, Panji, bendera, satuan serta tanda pengenal administrasi gerakan kepramukaan. Penggunaannya tersebut bertujuan untuk mengingatkan serta meningkatkan kesadaran bahwa gerakan ini memiliki tujuan yang sesuai dengan kiasan pada lambang gerakan Pramuka. Lambang pramuka juga tersemat dalam PIN kacu atau hasduk pria.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kode Kehormatan Pramuka

Gambar Tanda Kehormatan dalam Pengertian Pramuka
vecteezy.com

Dalam gerakan kepramukaan kita mengenal kode kehormatan pramuka yang terdiri tiga janji, disebut trisatya. Selain itu kita juga mengenal 10 moral kepramukaan atau yang disebut Dasa Darma. Sementara untuk golongan siaga mempunyai kode kehormatan dengan 2 janji, disebut Dwi Satya. Berikut masing-masing isi teks janji tersebut:

a. Dwi Satya

Berikut ini isi dalam janji Dwi Satya:

Dwi Satya

Aku berjanji akan bersungguh-sungguh

  1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menurut aturan keluarga.
  2. Setiap hari berbuat kebaikan.

b. Trisatya

Kode kehormatan dalam trisatya mengandung beberapa poin berikut ini:

Trisatya

Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh

  1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila
  2. Menolong Sesama Hidup, dan Mempersiapkan diri serta membangun masyarakat
  3. Menepati Dasadarma

c. Dasadarma Pramuka

Dalam dasar drama Pramuka memuat 10 inti berikut ini:

Dasadarma Pramuka

  1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Cinta Alam, dan kasih sayang sesama manusia
  3. Patriot yang sopan, dan kesatria
  4. Patuh, dan suka bermusyawarah
  5. Rela menolong, dan tabah
  6. Rajin, terampil, dan gembira
  7. Hemat, cermat, dan bersahaja
  8. Disiplin, berani, dan setia
  9. Bertanggung jawab, dan dapat dipercaya
  10. Suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan

Tanda Kehormatan

 Gambar Kode Kehormatan Pramuka dalam Pengertian Pramuka
static.z-dn.net

a. Tanda Jabatan

Tanda yang digunakan untuk menunjukkan jabatan serta tanggung jawab seseorang dalam kegiatan gerakan Pramuka. Contohnya seperti tanda pemimpin, Dewan Kerja, pelatihan andalan, pembantu Pembina, pamong saka, dewan saka dan lain-lainnya.

b. Tanda Kecakapan

Sedangkan tanda kecakapan digunakan untuk menunjukkan keterampilan atau kemampuan seseorang dalam organisasi Pramuka berdasarkan bidang tertentu sesuai golongan usianya. Sebagai contoh seperti tanda kecakapan khusus atau umum, Pramuka Garuda dan tanda keahlian lainnya untuk orang dewasa.

c. Tanda Kehormatan

Tanda kehormatan digunakan untuk menunjukkan penghargaan terhadap seseorang atas jasa dan baktinya dalam kepramukaan yang bermanfaat bagi masyarakat agama bangsa, negara dan umat manusia. Sebagai contoh seperti:

  • Untuk peserta didik – bintang tahunan, tigor, bintang teladan, bintang Wiratama
  • Untuk orang dewasa – tunas kencana, melati, dharma bakti, pancawarsa, Wiratama

Syair Lagu Hymne Pramuka

Gambar Syair Lagu Hymne dalam Pengertian Pramuka
rilis.id

Hymne Pramuka dinyanyikan saat upacara upacara pelaksanaan dalam gerakan Pramuka. Syair lagu ini diciptakan oleh H. Mutahar yang merupakan seorang pejuang, tokoh Pramuka dan pengubah lagu. Berikut ini isi syair lagu hymne Pramuka:

“Kami Pramuka Indonesia

Manusia Pancasila

Satyaku kudharmakan, dharmaku kubaktikan

agar jaya, Indonesia, Indonesia

tanah air ku

Kami jadi pandumu”

Salam Pramuka

Gambar Salam Pramuka dalam Pengertian Pramuka
blogspot.com

Dalam kepramukaan kita juga mengenal tentang salam pramuka. Salam dan maksud ini bertujuan untuk mewujudkan suatu ikatan jiwa ke dalam maupun ke luar dengan menyampaikan penghormatan secara sempurna dan penuh keikhlasan.

Jenis-jenis Sandi Pramuka

Sandi berasal dari bahasa Sansekerta yang mempunyai arti kode atau rahasia yang sangat identik dalam kegiatan kepramukaan. Kurang lengkap rasanya jika kita mempelajari tentang pengertian Pramuka tapi tidak mengetahui sandi-sandi yang ada di dalamnya. Berikut jenis-jenis sandi Pramuka:

1. Sandi Koordinat/ Merah Putih

Gambar Sandi Merah Putih dalam Pengertian Pramuka
blogspot.com

Dinamakan sebagai sandi merah putih karena Dalam penggunaannya membuat kata kunci merah putih dalam bentuk tabel. Merah untuk baris dan putih untuk kolom, lalu tabel yang kosong diisi dengan huruf A sampai Z. Jadi penulisan untuk huruf A nantinya dituliskan dengan kode PM. Sebagai contoh penulisan PRAMUKA maka berdasarkan sandi koordinat akan dituliskan IM IR PM TR HM TM PM.

2. Sandi Napoleon

Gambar Sandi Napoleon dalam Pengertian Pramuka
yuksinau.co.id

Nama sandi Pramuka ini diambil dari seorang kaisar di Perancis yang bernama Napoleon Bonaparte. Cara menggunakan kode sandi ini yaitu dengan menghitung jumlah huruf dalam satu kalimat yang akan dibuat, lalu bagi menjadi tiga bagian sama banyak. Baris yang pertama tulis dari kanan ke kiri, dan baris kedua ditulis dari kiri ke kanan. Kemudian baris ketiga ditulis lagi dari kanan ke kiri, jadi posisinya seperti mengular. Contoh penulisannya bisa dilihat pada gambar di atas, kode tersebut memiliki kalimat “SELAMATKAN JIWA KAMI”.

3. Sandi Jam

Gambar Sandi Jam dalam Pengertian Pramuka
PramukaSiaga.com

Kode rahasia dalam kepramukaan yang menggunakan jam untuk menunjukkan huruf alfabet. Misalnya huruf A ditentukan melalui pukul 06:00, maka kelipatan 5 menit dari pukul tersebut menunjukkan huruf selanjutnya. Jadi huruf B ditunjukkan dengan jam 06:05, begitu seterusnya. Untuk ketentuan pada waktu tersebut bisa dibuat berbeda-beda sesuai kesepakatan misalnya 10 menit, 15 menit atau 30 menit.

3. Sandi Angka/ Nomor

Gambar Sandi Nomor dalam Pengertian Pramuka
tabbayun.com

Sesuai dengan namanya, sandi angka dalam kepramukaan yaitu dengan mengganti huruf alfabet menjadi angka. Nomor 1 menyatakan huruf A, nomor 2 menyatakan huruf B, begitu seterusnya hingga nomor 26 yang menyatakan huruf Z. Sebagai contoh penulisan “Pramuka” menggunakan sandi angka maka akan tertulis 16, 18, 1, 13, 21, 11, 1.

4. Sandi Siput

Gambar Sandi Siput dalam Pengertian Pramuka
twimg.com

Keunikan dari sandi ini yaitu dibaca dengan cara berputar menyerupai rumah siput. Biasanya awal huruf pada sandi siput diberikan suatu tanda, lalu peserta perlu membaca dengan memperkirakan arah gerakannya..

6. Sandi Semaphore

 Gambar Sandi Semaphore dalam Pengertian Pramuka
pinterest.com

Semaphore menjadi salah satu atribut yang sering digunakan dalam kegiatan pramuka. Sandi semaphore ini adalah kode rahasia dalam Pramuka yang menggunakan bendera semaphore untuk menunjukkan masing-masing huruf alfabet. Sehingga setiap huruf mempunyai bentuk pola tertentu dari dua tangan yang memegang semaphore. Selain digunakan dalam kegiatan kepramukaan, sandi ini biasanya juga digunakan dalam parade semaphore yang menampilkan tarian bendera kreatif.

7. Sandi AND

Gambar Sandi AND dalam Pengertian Pramuka
Quipper.Co.Id

Cara membaca kode sandi Pramuka ini sangat mudah, yaitu dengan menghilangkan kata AND yang diselipkan dalam kalimat. Misalnya pada kalimat PANDU ANDA SANDA, jika dihilangkan AND menjadi PUASA.

8. Sandi Braille

Gambar Sandi Braille dalam Pengertian Pramuka
blogspot.com

Huruf braille umumnya digunakan oleh orang tunanetra agar dapat membaca. Namun ternyata huruf ini juga digunakan sebagai salah satu sandi dalam kegiatan kepramukaan. Huruf braille terdiri dari 6 titik yang timbul dan dapat diraba untuk membacanya

9. Sandi Hellen Keller

Gambar Sandi Hellen Keller dalam Pengertian Pramuka
tabbayun.com

Kode ini biasanya digunakan oleh kaum tuna wicara dan tuna rungu yang juga dimanfaatkan dalam kegiatan pramuka Untuk menyatakan suatu pola alphabet menggunakan sandi Helen Keller disampaikan dengan simbol dari jari.

10. Sandi Morse

Gambar Sandi Morse dalam Pengertian Pramuka
saintif.com

Sandi yang diciptakan oleh Samuel Finley Breese Morse ini terdiri dari garis dan titik yang membentuk suatu huruf atau kalimat. Penggunaan sandi morse diaplikasikan untuk membentuk sandi-sandi yang lain Media yang digunakan dalam sandi morse biasanya suara melalui peluit, sinar melalui center, tulisan menggunakan titik dan garis serta bendera menggunakan bendera morse

11. Sandi Rumput

 Gambar Sandi Rumput dalam Pengertian Pramuka
blogspot.com

Sandi ini digunakan sebagai turunan sandi morse. Titik-titik pada sandi morse dituliskan dengan rumput yang pendek, sementara garis-garis pada sandi morse diteruskan dengan rumput lebih tinggi.

12. Sandi Kimia

Gambar Sandi Kimia dalam Pengertian Pramuka
tabbayun.com

Dinamakan sebagai sandi kimia karena model tulisan sandi ini menyerupai rumus-rumus dalam kimia, meskipun sebenarnya hanya tulisan morse. Huruf titik digunakan untuk menyatakan huruf alfabet vokal atau hidup seperti AIUEO.

Akhir Kata

Nah, di atas telah kami bahas secara lengkap tentang pengertian pramuka beserta seluk beluk yang ada di dalamnya. Sejauh ini Pramuka masih menjadi salah satu kegiatan wajib yang ada di sekolah, mulai dari SD, SMP hingga SMA. Semoga melalui pembahasan diatas bisa bermanfaat bagi pembaca untuk menambah wawasan tentang kepramukaan di Indonesia.

Siva Nur Ikhsani

Halo, aku Siva. Selain suka nulis apa saja, aku juga hobi makan dan main game, hehe :)

Update : 25 November 2021 - Published : 15 Desember 2020

Tinggalkan komentar