Pidato Tentang Ibu

Tema pidato apa ya, yang cocok didengarkan oleh semua orang dari segala jenjang dan semua bidang?

Nah, salah satu yang bisa dipilih adalah topik pidato tentang ibu.

Berikut ini beberapa naskah pidato tentang ibu yang bisa dijadikan referensi.

Selamat membaca!

Berbagai Contoh Teks Pidato tentang Ibu

1. Contoh Pidato tentang Hari Ibu

Teks pidato tentang ibu
unsplash.com

Hari Ibu adalah salah satu momen yang sering dirayakan dalam berbagai acara.

Oleh karena itu pasti juga ada yang mencari-cari contoh pidato untuk peringatan hari ibu tersebut.

Penasaran, kan? Teks di bawah ini salah satunya.

Perjuangan Perempuan dalam Kasih Sayang
Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati ketua PKK Desa Maju serta ibu-ibu anggota PKK yang sudah berkumpul dengan raut wajah bahagia di ruangan ini.

Alhamdulillah hari ini kita bisa melakukan silaturahmi sekaligus merayakan peringatan hari ibu, sebagai peringatan rutin setiap tanggal 22 Desember.

Saya selaku ketua panitia mengucapkan terima kasih dan selamat datang dalam rangkaian acara peringatan hari Ibu Desa Maju yang bertajuk “Perjuangan Perempuan dalam Kasih Sayang.”

Hadirin yang saya hormati, dalam momen peringatan hari ibu ini ada beberapa hal yang harus kita ketahui sebagai seorang ibu dan perempuan pada umumnya.

Bahwa sesungguhnya hari ibu merupakan simbolisasi kebangkitan dan bentuk perjuangan seorang ibu demi keutuhan keluarga dalam lingkup kecil, serta sebuah negara jika diperluas kacamata areanya.

Jadi setiap kali hari ini datang, kita sebagai kaum ibu diingatkan lagi dan lagi untuk terus berjuang untuk mewujudkan hak-hak kita.

Diantaranya adalah terbebas dari kekerasan dalam rumah tangga, mendapat keadilan di kehidupan sehari-hari, juga memiliki kesetaraan termasuk untuk melakukan pekerjaan.

Hari Ibu memiliki lambang dengan gambar setangkai bunga melati.

Hal ini melambangkan kasih sayang ibu kepada anaknya, kesucian, ketulusan dan keikhlasan seorang ibu yang termanifestasi dalam warna putih bunga melati.

Oleh karena itu, mari kita bersama-sama berjuang, sehingga peringatan hari ibu yang kita lakukan setiap tahun ini tidak hanya sekedar peringatan, tetapi memiliki makna dan mampu memberikan kontibusi untuk mengisi kemerdekaan Indonesia.

Cukup sekian dari saya, terima kasih atas atensi yang diberikan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

2. Tentang Ibu Yang Bikin Nangis

kerangka teks pidato tentang ibu yang bikin nangis
unsplash.com

Pidato tentang ibu biasanya akan memberikan atmosfer haru yang bikin nangis.

Orator umumnya akan membawa suasana menjadi sedih karena mengingatkan pada berbagai pengorbanan seorang Ibu kepada anak-anaknya.

Berikut ini contoh pidato tentang ibu yang bisa kalian pakai.

Ibu, dan Seluruh Kasihnya
Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati ibu dan bapak guru SDN Jayalah Negeri serta anak-anakku siswa kelas 1 sampai kelas 6 yang Bapak banggakan.

Rasa syukur marilah terus kita panjatkan kepada Allah SWT atas segala kebaikan yang telah kita terima selama ini.

Sholawat nabi juga mari terus kita haturkan kepada Rosulullah SAW atas suri tauladannya untuk kita dari jaman unta bahkan sampai nanti tutup dunia.

Bapak Ibu guru dan anak-anakku, disini Bapak akan menyampaikan pidato tentang ibu, sesuai dengan tema acara kita hari ini untuk memperingati hari ibu.

Setiap anak memang tidak selalu dilahirkan dalam kondisi keluarga yang lengkap dan manis seperti cerita di negeri dongeng.

Walaupun begitu, setiap anak mempunyai kewajiban hormat kepada orang tua, terutama ibunya.

Mau seperti apapun latar belakang kelahiran seorang anak, semua ibu pasti berjuang untuk melahirkannya.

Pengorbanannya selama ibu mengandung, terlebih taruhan nyawanya ketika proses melahirkan.

Oleh karena itu, anak-anakku sayangi ibu kalian, ya, jangan membuat ibu sedih.

Turutilah perintah ibu kalian yang baik-baik, seperti belajar rajin, sekolah sungguh-sungguh dan juga tidak bertengkar dengan teman lain.

Saat ini yang bisa kalian lakukan untuk berbakti kepa ibu dan bapak kalian antara lain dengan berbicara dengan sopan, juga membantu beberapa pekerjaan rumah yang bisa kalian lakukan.

Jangan lupa juga selalu mendoakan ibu dan ayah kalian ketika selesai sholat.

Di akhir pidato Bapak ini, yuk coba kita bersama-sama melafalkan doa untuk orang tua, masih ingat kan?

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Wassalamualaikam Wr.Wb.

3. Tentang Berbakti Kepada Ibu

kerangka naskah pidato tentang ibu dan cara berbakti kepada ibu
unsplash.com

Pidato biasanya menjadi salah satu materi dalam pelajaran bahasa Indonesia.

Topiknya beragam, salah satunya berbakti kepada Ibu.

Berikut ini contoh teks pidatonya.

Bahagianya Ibu, Salah Satu Representasi Kesuksesan Anak
Assalamualaikum Wr. Wb.

Syukur Alhamdulillah mari senantiasa kita haturkan kepada Allah Azza wa Jalla untuk seluruh rezeki dan nikmat yang telah diberikan.

Hadirin rahimakumullah, Allah SWT telah memberikan firman di surat Al Isra ayat yang ke-23 yang memiliki arti sebagai berikut:

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.”

Berdasarkan ayat di atas, Allah telah memerintahkan kita untuk berbakti dan berbuat baik kepada orang tua.

Saking pentingnya hal tersebut, perintahnya beriringan dengan perintah untuk bertauhid kepada Allah SWT.

Oleh karena itu mari bersama-sama berbakti kepada orang tua terutama ibu, karena beliau merupakan lapang pahala yang besar bagi kita di dunia.

Berbakti bisa dilakukan dengan cara apa saja, termasuk menjaga perasaan ibu dari perkataan-perkataan kita, membantu pekerjaan rumah yang biasa dilakukan oleh Ibu, mematuhi perintahnya, mendengarkan sarannya, dan juga memberinya perhatian-perhatian kecil seperti sering-sering telepon Ibu jika jauh dari rumah, atau menyempatkan mengunjunginya jika sudah berumah tangga sendiri, dll.

Intinya berbakti kepada Ibu tidak hanya tentang memberikan materi saja, ya, lebih banyak lagi bisa direalisasikan dengan tindakan yang membuat Ibu kita bahagia.

Demikian pidato tentang berbakti kepada Ibu yang bisa saya sampaikan, semoga dapat memberikan dampak positif kepada kita bersama.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

4. Tentang Perjuangan Seorang Ibu

kerangka teks pidato tentang ibu dan perjuangan ibu
unsplash.com

Perjuangan seorang ibu juga bisa menjadi topik pilihan dalam menyusun pidato tentang ibu.

Nah di bawah ini salah satu teks contoh pidatonya, ya!

Al Ummu Madrasatul Ula
Assalamualaikum Wr. Wb.

Teman-teman peserta kreasi menu peringatan hari ibu yang sangat luar biasa, mari bersama-sama kita melantunkan syukur kepada Tuhan karena telah mengizinkan acara hari ini dapat terselenggara.

Selanjutnya, saya sebagai koordinator acara mengucapkan terima kasih banyak atas antusias dari teman-teman semuanya.

Disini saya akan sedikit menyampaikan pidato yang menyangkut tema acara kita sekaligus sebagai simbolis pembukaan rangkaian kegiatannya.

Berkaitan dengan peringatan hari ibu yang dilakukan setiap tahun, terlihat betapa penting dan dihormatinya sosok perempuan di negara kita bahkan di dunia.

Hal ini tidak lepas dari perjuangan seorang perempuan dan para ibu yang tidak hanya berjuang untuk keluarganya, namun dalam lingkup lebih besar ternyata memberikan dampak besar untuk bangsa dan negara.

Mari sebelumnya kita tengok peran ibu ketika mengandung, dari saat kehidupan di perutnya seorang ibu sudah harus berjuang untuk hidup dan kelangsungan calon bayinya.

Seorang ibu harus memperhatikan asupan gizinya, memperbaiki emosi dalam dirinya sehingga meminimalkan stress, memilih kegiatan yang cocok untuk kenyamanan bayi di dalam kandungannya, dll.

Belum lagi ketika melahirkan, seorang ibu harus bertaruh atas nyawanya sendiri demi membuat buah hatinya dapat menikmati dunia yang didambakannya.

Belum selesai, ibu akan terus berjuang sebagai al ummu madrasatul ula atau pendidikan dasar terbaik untuk anaknya adalah pola asuh yang baik dari ibunya.

Bagaimana seorang ibu harus paham dan mampu merealisasikan ilmu parenting yang baik sesuai dengan tumbuh kembang anaknya, apa yang harus dan tidak harus diajarkan, apa yang boleh dan tidak boleh dimakan oleh anak-anaknya, dan banyak hal lain perjuangan seorang ibu.

Oleh karena itu, sangat berdosa jika seorang anak sampai mengingkari kenyataan ini dan berbalik membenci ibunya.

Dalam kondisi apapun, seorang ibu akan tetap menjadi ibu, pahlawan terbaik bagi anak-anaknya.

Jadi berhubung hari ini kita semua sedang memperingati hari ibu, mari bersama-sama menciptakan kreasi menu terbaik untuk dipersembahkan untuk ibu-ibu kita.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Mungkin memang tidak akan bisa membalas jasa seorang ibu kepada kita, setidaknya setiap keikhlasan yang kita tarush dalam menu makanannya, akan membantu menyampaikan besarnya cinta pada ibu.

Demikian pidato dari saya, semoga kreasi menu ciptaanya dapat memberikan makna.

Selamat berjuang, teman-teman peserta.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

5. Tentang Berbuat Baik Kepada Ibu

naskah pidato tentang ibu dan kewajiban anak berbuat baik kepada ibu
unsplash.com

Pidato tentang Ibu bisa juga disampaikan dengan topik berbuat baik kepada ibu, lo.

Berikut ini contohnya.

Menghadirkan Ibu dalam Setiap Kesempatan
Assalamualikum Wr. Wb.

Selamat pagi hadirin yang saya hormati, bertepatan dengan peringatan hari ibu tanggal 22 desember ini kita bersama diingatkan kembali kepada hal besar yang sangat dekat dengan kita, yaitu perjuangan dan cinta dari ibu.

Bagaimana mungkin kita bisa lupa, bahkan negara saja sampai membuat hari peringatan secara nasional?

Oleh karenanya mengingat semua pengorbanan sosok ibu kepada kita semua, yuk kita mulai berbuat baik kepada ibu.

Semua kebaikan kepada ibu itu mempunyai nilai pahala, lo.

Walaupun kita sehari sibuk dengan pekerjaan, tetapi jangan lupa mengabari ibu yang ada di rumah, ya.

Tidak hanya tentang transfer uang ke rekening yang lancar, komunikasi dan prosesi pulang menemui ibu juga harus digalakkan.

Ada yang bilang uang memang segala, tetapi pertemuan tidak akan bisa dibeli dengan harta berapapun banyaknya.

Oleh karena itu, bagi hadirin sekalian yang jauh dari ibunya, mari diintensifkan lagi komunikasinya, toh sekarang jaman sudah serba canggih.

Jika kesempatan pulang belum ada, sekarang sudah bisa video call, kirim foto atau juga video, kan?

Semoga pidato singkat ini dapat membuat kita sama-sama berefleksi sudah sebanyak apa perbuatan baik kita kepada ibu, ya.

Titip salam dari saya untuk para ibu yang luar biasa.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

6. Tentang Kasih Sayang Ibu

contoh teks pidato tentang ibu dan kasih sayang ibu
unsplash.com

Pernah dengar dong istilah kasih ibu sepanjang masa?

Nah, tema ini jelas bisa menjadi salah satu topik pidato tentang ibu yang bisa diangkat.

Diulas dari sisi manapun, kasih sayang ibu tidak akan pernah ada habisnya.

Cek contoh naskah pidatonya di bawah ini, ya!

Kasih Ibu, Kasih tanpa Expired
Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat malam hadirin, panitia peringatan hari ibu, serta teman-teman SMP Negeri Bahagia yang saya hormati.

Disini saya selaku ketua panitia akan sedikit menyampaikan pidato sambutan untuk membuka rangkaian acara peringatan hari ibu di sekolah kita tercinta.

Masih ingat lirik lagu kasih ibu?

Ya, di dalam lagu tersebut dikatakan kasih seorang ibu berjumlah tak terhingga dan berlaku sepanjang masa, tidak memiliki masa expired.

Merupakan hal yang wajar jika kita berselisih paham dengan Ibu, tetapi hal tersebut tidak berarti kita boleh berbuat durhaka, ya.

Dalam momen peringatan hari Ibu ini mari kita sama-sama berefleksi sudah seperti apakah perlakuan kita terhadap Ibu selama ini?

Sudah berapa banyak beban Ibu kita yang kita ringankan?

Berapa banyak kebahagiaan yang bisa kita torehkan dalam ingatan Ibu kita?

Atau sudah sebanyak apa kebaikan dari Ibu kita mulai dari dalam kandungan hingga kita semua bisa berkumpul di sekolah ini?

Tentu tidak semua orang beruntung merasakan hal yang sama satu dengan lainnya, tetapi apapun yang terjadi Ibu akan tetap menjadi sosok Ibu sepanjang masa.

Coba sekali-kali kita bangun lebih pagi, dan lihatlah berapa banyak kegiatan yang harus dilakukan seorang Ibu untuk menyiapkan sarapan dan bekal terbaik untuk anak-anak dan suaminya.

Belum lagi jika Ibu masih harus bekerja di luar rumah, kan?

Oleh karena itu, pada beberapa kalian yang merasa uang sakunya kurang misalnya, yaitu bukan berarti Ibu kalian tidak sayang.

Bisa saja karena memang taraf kemampuannya hanya sebanyak itu yang bisa diberikan kepada kalian, atau merupakan salah satu taktik untuk mengajarkan hidup hemat, dsb.

Jadi jangan mengeluh dan memberontak pada Ibu, ya.

Sayangi Ibu dan berikan hal terbaik yang bisa kalian lakukan untuk membalas semua kasih sayangnya.

Termasuk memberikan prestasi terbaik di sekolah ini.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

7. Tentang Surga Di Telapak Kaki Ibu

naskah pidato tentang ibu dan surga di telapak kaki ibu
unsplash.com

Pidato tentang Ibu bisa saja dikembangkan dengan berbagai topik, salah satunya tentang surge di telapak kaki ibu.

Bagaimana sih contohnya? Berikut ini teksnya, ya!

Surga akan Selalu Berada Di Bawah Telapak Kaki Ibu
Assalamualaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati, dalam kesempatan kali ini saya diberikan kesempatan untuk menyampaikan pidato tentang surga di bawah telapak kaki ibu.

Untuk memulai pidato saya, mari terlebih dahulu kita menghaturkan rasa syukur kepada Tuhan YME sekaligus melantunkan doa untuk ibu.

Sebenarnya surga di bawah telapak kaki ibu itu hanya sebuah ungkapan tentang betapa berharganya seorang ibu.

Karena surga berada di telapak kaki ibu, maka untuk menggapainya kita memiliki kewajiban untuk berbakti kepadanya.

Logikanya begini, ketika kita hendak menikmati kelapa muda yang masih berada di atas pohon, tentu saja hal pertama yang dilakukan adalah dengan mengambilnya, kan?

Bagaimana caranya?

Bisa menggunakan galah jika pohonnya tidak terlalu tinggi, atau memanjat jika tidak memungkinkan digapai galah.

Sama seperti surga, jalan untuk mencapainya memang tidak hanya satu, tetapi yang paling dekat dan bisa dilakukan sewaktu-waktu adalah melalui perantara ibu.

Sebenarnya tidak perlu hal muluk-muluk untuk membahagiakan seoarang Ibu, namun jika bisa juga tidak masalah untuk memberikannya.

Toh, misalkan kita bisa membangunkan rumah untuk ibu kita tidak berarti hal itu sudah setara dengan taruhan nyawanya saat melahirkan kita, kan?

Untuk itu hadirin yang berbahagia, mari kita mulai menyayangi ibu.

Jika hal besar belum mampu, bisa kita menyayanginya dengan hal-hal paling sederhana dan bermakna untuk kebahagiaannya, demi sebuah jalan surga yang dikatakan berada di bawah telapak kakinya.

Beli rujak buahnya mangga

Sudah tentu jadi asam rasanya

Pastilah tau banyak jalan menuju surga

Salah satunya adalah senyuman ibu di wajahnya

Wassalamualikum Wr. Wb.

8. Tentang Ibu Sebagai Pahlawan

kerangka teks pidato tentang ibu sebagai pahlawan
unsplash.com

Topik lain yang bisa menjadi alternatif pidato tentang ibu adalah sosoknya sebagai pahlawan.

Pasti sudah familiar kan dengan istilah ini?

Jadi berikut ini adalah contoh teks pidatonya!

Ibu, Super Woman Tak Lekang Zaman
Assalamualaikum Wr. Wb.

Sebelum memulai pidato ini, saya akan menyampaikan terima kasih kepada teman-teman peserta super woman camp yang sudah turut serta berpartisipasi dalam acara hebat ini.

Kenapa acara ini bertema super woman camp?

Karena setiap perempuan termasuk seorang ibu adalah pahlawan.

Sedikit menilik ke masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, kita biasa mendengar sosok Ibu Kartini, Dewi Sartika, Cut Nyak Dien, dan lainnya yang dengan gigih ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Sudah pasti para perempuan tersebut mendapat gelar pahlawan.

Lalu di masa sekarang perempuan dan ibu seperti apa yang bisa digelari pahlawan?

Kita coba tarik benang merahnya dulu, dimulai dari pengertian kata pahlwan itu sendiri yang mencakup tiga karakter utama yakni rela berkorban, pemberani dan mau membela kebenaran.

Mengacu pada karakter tersebut coba kita sandingkan dengan seorang ibu.

Apakah seorang ibu rela berkorban?

Tentu. Bahkan Ibu rela memberikan nyawanya sebagai jaminan untuk kelangsungan hidup sang anak.

Apakah seorang ibu pemberani?

Tentu. Banyak ibu yang dengan sangat berani mempejuangkan segala yang ada pada dirinya, hanya untuk menjamin anak-anaknya hidup dengan layak.

Apa seorang ibu membela kebenaran?

Hal ini sudah pasti. Beberapa hal sebagai indikasi seorang ibu membela kebenaran adalah sikapnya yang adil dalam hal membagi kasih sayangnya kepada seluruh anak-anaknya.

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa setiap perempuan dan seorang ibu adalah pahlawan.

Berasal dari latar belakang tersebut, acara super woman camp ini diadakan untuk lebih meningkatkan kepercayaan diri para perempuan dan ibu, bahwa dirinyalah pahlawan bangsa.

Jadi tidak perlu malu menjadi diri sendiri, bagaimanapun keadaannya, karena setiap perempuan adalah berharga.

Demikian yang bisa saya sampaikan, terima kasih atas atensinya yang luar biasa.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Bagaimana?

Ada referensi pidato tentang ibu yang menarik hatimu?

Nah, jika ya berbagai contoh naskah pidato tentang ibu di atas bisa kalian jadikan referensi, ya!

Acara dan beberapa hal di dalamnya bisa diubah sesuai dengan konteks dan kebutuhan juga, lo.

Pesan terakhir, jangan lelah menyayangi dan berjuang untuk kebahagiaan Ibu, ya!

Laila Nur Fatimah

Agriculture entusiast || Writer of Digital Journal || (newbie) Illustrator ❣

Update : [modified_date] - Published : [publish_date]

Tinggalkan komentar