Pidato Maulid Nabi Muhammad SAW

Pidato Maulid Nabi disampaikan pada saat perayaan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Bagi umat islam, perayaan maulid Nabi merupakan sebuah momentum yang harus dirayakan untuk memperingati kebesaran Nabi Muhammad SAW dan agar selalu meneladani beliau lewat kisah perjalanan hidupnya.

Nah, jika Selasares sedang mencari referensi pidato Maulid Nabi, lanjutkan membaca artikel di bawah ini!

Contoh pidato maulid Nabi Muhammad SAW

1. Contoh pidato maulid Nabi untuk anak SD

contoh pidato maulid nabi untuk anak sd
iskandarjet.com
Pidato maulid Nabi untuk anak SD

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak Ibu Guru SD Pelita Kasih,

Yang saya cintai anak-anakku, siswa SD Pelita Kasih serta tamu undangan yang berbahagia.

Pertama marilah kita panjatkan rasa syukur kita berkat Rahmat dan Kuasa Allah SWT, kita dapat berkumpul di sini dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Tak lupa sholawat dan salam tetap tercurahkan kepada Nabi akhir zaman, Muhammad SAW.

Seperti yang kita ketahui bahwa acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan agenda rutin yang digelar oleh sekolah kita sebagai bentuk kepatuhan terhadap ajaran dan sunnah Nabi besar kita. Tujuan dari penyelenggaraan acara ini tidak hanya untuk memperingati hari kelahiran junjungan kita Nabi Muhammad SAW, namun juga sebagai upaya agar anak-anak kami dapat meneladani akhlak beliau.

Anak-anak didik kita yang sedang menimba ilmu sangat membutuhkan suri tauladan seperti Nabi Muhammad demi terciptanya generasi yang tak hanya unggul dalam ilmu pengetahuan dan wawasan, tapi juga memiliki akhlak yang baik dan berbudi pekerti luhur. Oleh karena itu, perayaan ini menjadi simbol bahwa pendidikan dini harus diberikan kepada anak-anak kita agar akhlak nabi selalu tertanam dalam kehidupan mereka sesuai dengan syariat Islam.

Demikian pidato yang saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua, apabila ada salah kata, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

2. Contoh pidato maulid Nabi di masjid

contoh pidato maulid nabi di masjid
wahanariau.com
Pidato tentang maulid Nabi di masjid

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Jama’ah kaum Muslimin dan Muslimat yang dirahmati Allah SWT, Alhamdulillah pada hari ini kita bisa berkumpul di masjid Baiturrahman untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang kita cintai.

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT karena antusiasme masyarakat dalam menyambut peringatan hari kelahiran suri tauladan kita ini masih sangat besar, insha Allah kita semua selalu diberikan kesehatan untuk bisa berkumpul bersama di sini.

Jama’ah yang kami muliakan, tujuan dilaksanakannya acara maulid Nabi Muhammad SAW bukan hanya sekadar perayaan semata, namun juga untuk mengajak masyarakat sekalian beserta generasi muda untuk mencintai masjid dan meringankan langkah untuk melaksanakan shalat berjama’ah di masjid dan turut serta meramaikan acara-acara dan pengajian yang diadakan. Sebagaimana Rosulullah SAW selalu mengajak umatnya untuk mengutamakan sholat berjamaah di masjid dengan ganjaran pahala yang lebih besar di bandingkan shalat sendiri di rumah.

Jama’ah yang dimuliakan Allah, pada hari yang mulia ini marilah kita mengikuti tauladan Nabi besar kita Muhammad SAW dengan selalu meramaikan masjid dengan acara-acara keagamaan, musyawarah, dan belajar ilmu agama. Sebagaimana dulu Rosulullah selalu memulai dakwah dan jihad untuk menyebarkan ajaran Islam dengan mendirikan Masjid.

Demikian, hanya itu yang bisa saya sampaikan, semoga kita semua yang hadir di sini senantiasa mendapat rahmat dari Allah SWT, dan selalu berada dalam lindunganNya, aamiin.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

3. Contoh pidato anak tentang maulid Nabi Muhammad SAW

pidato maulid nabi Muhammad SAW anak
darunnajah.com
Pidato anak tentang maulid Nabi Muhammad SAW

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati, Bapak Kepala Sekolah beserta jajarannya,

Yang saya hormati, Dewan guru dan wali kelas,

Dan yang saya cintai teman-teman sekalian,

Hari ini kita sedang memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW, atau yang kita kenal dengan Maulid Nabi yang jatuh pada 12 Rabi’ul awal, untuk itu izinkan saya berbicara sedikit tentang Maulid Nabi.

Tahukah teman-teman sekalian kenapa hari lahir Nabi Muhammad diperingati namun wafatnya tidak? Ada yang tahu jawabannya? Jawabannya adalah karena akhlak keteladanan Nabi Muhammad SAW selalu hidup di hati kita semua kaum muslimin.

Di antara keteladanan beliau adalah sikap jujur, tidak mengatakan yang tidak benar dan merugikan orang lain, selain itu beliau juga sangat rendah hati, walaupun beliau adalah utusan Allah namun beliau tetap bersikap baik terhadap semua orang termasuk orang kafir yang jahat kepada beliau. Sebagai umatnya, tentu kita juga harus meniru keteladanan akhlak nabi Muhammad SAW, walaupun terkadang berat, tetap kita harus berusaha yang terbaik.

Nah, ternyata Rosulullah punya tips untuk kita semua agar kita bisa memiliki akhlak yang baik tersebut yaitu dengan selalu merasa takut kepada Allah SWT, karena semua gerak gerik kita ada dalam pengawasannya walaupun hanya satu niat kecil yang tersimpan di dalam hati.

Dalam salah satu Haditsnya, Rosulullah berkata bahwa kita harus senantiasa takut kepada Allah SWT dan segera memohon ampun dan berbuat kebaikan jika telah melakukan kesalahan agar diampuni dosa kita, selain itu Rosulullah juga menganjurkan kita untuk bergaul dengan saudara muslim yang berakhlak mulia.

Teman-teman sekalian, sesungguhnya Nabi Muhammad SAW adalah manusia pilihan yang memiliki akhlak paling sempurna dan diutus untuk menyempurnakan agama Allah SWT sekaligus Nabi akhir zaman. Dengan kesempurnaan akhlak yang dimiliki Rosulullah, diharapkan bisa menjadi kiblat bagi seluruh manusia di bumi untuk hidup dan bersosialisasi baik dengan sesama manusia, dengan makhluk lain dan juga Allah SWT.

Itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga kita senantiasa menjadi manusia yang bertaqwa dan bisa meneladani Nabi Muhammad SAW dalam menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganNya.

Terima kasih, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

4. Contoh pidato maulid Nabi di sekolah

contoh pidato maulid nabi di sekolah
klikmu.id
Pidato maulid Nabi di sekolah

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati, Kepala SMA Brawijaya, Ibu Rosalina, M.Pi.

Yang saya hormati, seluruh jajaran guru beserta staf,

Yang saya banggakan, kakak-kakak, adik-adik, dan teman-teman seperjuangan,

Teman-teman sekalian, pada momen ini kita diajak kembali untuk mengenang kisah perjuangan Nabi kita Muhammad SAW dalam jihadnya memperjuangkan agama islam. Di mana karena perjuangan dan pengorbanan beliau lah Islam bisa seperti saat ini, dan kita bisa menjalankan ibadah kepada Allah SWT dengan tenang.

Teman-teman sekalian, Perayaan maulid nabi yang kita selenggarakan sekarang menjadi sebuah momentum untuk bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah dan meneladani akhlak junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Kita harus selalu ingat bahwa kehidupan kita di dunia hanya sementara, maka sudah sepatutnya kita menjalaninya dengan berpedoman pada Al-Qur’an dan sunnah Nabi Muhammad SAW agar selamat untuk menjalani kehidupan selanjutnya di akhirat kelak.

Teman-teman sekalian, sejak kecil mungkin kita telah banyak mendengarkan cerita kehidupan Nabi Muhammad SAW, baik dari orang tua kita, dari guru mengaji, maupun dari guru-guru kita di sekolah, namun hingga hari ini apakah kita telah benar-benar mengambil pelajaran dari kisah hidup beliau? Itu lah yang harus kita renungi bersama pada momentum ini.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Akhir kata, semoga kita semua menjadi umat yang senantiasa mendapat syafaat dari Nabi Muhammad kelak dan semoga kita bisa meneladani akhlak beliau.

Saya mengucapkan terima kasih atas perhatiannya, dan memohon maaf apabila ada salah kata dari apa yang telah sampaikan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

5. Contoh pidato maulid Nabi Muhammad SAW untuk anak SMP

contoh pidato maulid nabi untuk anak smp
nuruljadid.net
Pidato maulid Nabi Muhammad SAW untuk anak SMP

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat, Bapak Kepala Sekolah SMP Airlangga,

Yang terhormat, segenap dewan guru beserta jajaran staf tata usaha SMP Airlangga,

Yang saya cintai, teman-teman dan hadirin kaum muslimin yang beriman dan bertaqwa,

Pada hari ini, tepat tanggal 12 Rabbiul Awal di mana berabad-abad yang lalu telah lahir seorang utusan Allah untuk membimbing umat manusia di bumi. Pada hari ini, kita berkesempatan untuk mengenang kembali perjuangan beliau dalam menyebarkan dakwah islam dan membawa umat manusia dari zaman jahiliah menuju zaman islam yang diridhoi Allah SWT. Oleh karena itu sebagai umat islam sssuddah sepatutnya meningkatkan keimanan dan rasa cinta kepada junjungan kita Rosulullah SAW yang telah mewariskan ketaqwaan dan tauladan untuk menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganNya.

Teman-temanku sekalian, marilah kita saling mengingatkan untuk senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT dan selalu menyeru kepada kebaikan baik dengan saudara kita, teman-teman kita, bahkan orang tua kita, karena tak ada yang lebih indah selain umat muslim yang selalu saling mengingatkan dan mendoakan dalam kebajikan.

Mari kita bersatu untuk terus memperbaiki diri dan meningkatkan keimanan kita dan terus mengkaji ilmu agama di manapun kita berada hingga akhir hayat kita. Semoga kita senantiasa menjadi hamba yang memiliki pribadi seperti Rosulullah SAW, yang menjadi panutan seluruh umat manusia di muka bumi. Aamiin.

Sebelum saya mengakhiri pidato saya, tak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu baik dalam hal riil maupun moril sehingga acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di sekolah kita tercinta hari ini bisa terlaksana dengan baik.

Sekian dari saya, Wassalamu’alaikum wr. Wb.

6. Contoh pidato maulid Nabi Muhammad SAW tentang akhlak

contoh pidato maulid nabi tentang akhlak
darunnajah.com
Pidato tentang maulid Nabi Muhammad SAW tentang akhlak

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat hadirin kaum muslimin yang dirahmati Allah SWT,

Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT karena berkat kuasaNya hari ini kita bisa berkumpul dalam acara perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dalam keadaan sehat wal afiat.

Tak lupa sholawat dan salam kita haturkan untuk Nabi akhir zaman, Rosulullah SAW karena berkat perjuangannya, kita bisa menikmati indahnya agama islam sampai hari ini.

Hadirin yang dirahmati Allah, berabad-abad yang lalu, sejarah islam lahir dari seorang anak yang berasal dari kota suci Makkah, di mana anak tersebut terpilih menjadi utusan Allah SWT di muka bumi untuk menyempurnakan ajaran islam. Tentu saja perjuangannya tidak mudah karena pada saat itu, ia berada di tengah-tengah kaum kafir di zaman jahiliyah di mana penduduk setempat memiliki akhlak dan kebiasaan yang buruk.

Kaum kafir Quraish di masa itu tidak memiliki akhlak, mereka bertindak semena-mena terhadap kaum miskin dan perempuan, mereka juga menyembah berhala dan gemar melakukan dosa-dosa yang lain, bahkan dengan dalih kepercayaan mereka memiliki adat yang biadab yaitu mengubur hidup-hidup bayi perempuan yang baru lahir karena dianggap akan membawa sial bagi keluarganya.

Untuk mewujudkan jihadnya di tengah kondisi kaum yang seperti itu, Nabi Muhammad seringkali mendapat penolakan, pengusiran, cemoohan, bahkan tindakan tak terpuji lainnya. Namun beliau dengan sabar membalas perlakuan buruk tersebut dengan kebaikan sebagaimana yang diajarkan dalam agama Islam. Tugas yang diemban Rosulullah untuk menghapus kemaksiatan dan menyebarkan Islam penuh dengan rintangan dan halangan, bahkkan beliau harus menghadapi beberapa kali percobaan pembunuhan. Hingga perlahan islam mulai menyebar dan penduduk Makkah mulai mengikutinya, akhlak yang berlandaskan islam juga mulai merasuk ke kehidupan orang-orang di sana karena dakwah yang dilakukan oleh Rosulullah dengan lembut dan mulia. Seiring berjalannya waktu, Islam semakin besar dan bisa kita nikmati hingga saat ini.

Hadirin yang dimuliakan Allah SWT, dari kisah tersebut bisa kita simpulkan bahwa hal yang membuat Islam bisa menyebar di tengah zaman jahiliyah dan berkembang dengan cepat adalah cara Rosulullah dalam menyampaikan dakwahnya. Akhlak terpuji yang dimiliki Rosullulllah membuat orang-orang percaya bahwa beliau adalah utusan Allah dan mengikuti ajarannya. Saat ini kita sangat beruntung karena bisa menikmati indahnya agama Islam dan bisaa menjalankan syariatnya dengan bebas berkat perjuangan dan pengorbanan yang telah dilakukan oleh Rosulullah dan para sahabatnya di masa lalu.

Untuk itu, sudah sepatutnya kita dapat meneladani dan meniru akhlak Nabi Muhammad SAW dalam menjalankan kehidupan sehari-hari sesuai dengan pedoman AL-Qur’an dan Hadits, karena hal tersebutlah yang akan menuntun kita ke jalan yang diridhoi Allah SWT.

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang kita lakukan hari ini dicatat oleh Allah sebagai amalan baik. Aamiin.

Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kesalahan atau kata yang tidak berkenan, dan terima kasih atas perhatian yang telah diberikan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

7. Contoh pidato maulid Nabi tentang meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW

contoh pidato maulid nabi tentang meneladani akhlak nabi
samakarim.wordpress.com
Pidato maulid Nabi tentang meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang terhormat, Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 12.

Yang saya hormati, seluruh jajaran guru dan staf,

Dan yang saya banggakan teman-teman dan adik-adik siswa SMA Muhammadiyah 12,

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatNya sehingga pada hari ini kita bisa berkumpul dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Tak lupa sholawat dan salam tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun kita dari zaman kegelapan menuju jalan yang terang benderang yakni agama islam.

Berdiri saya di sini, ingin menyampaikan sepatah dua patah kata tentang tema yang sesuai dengan hari yang spesial ini yakni ‘meneladani akhlak Rosulullah SAW’

Hadirin sekalian, seperti yang kita ketahui bahwa Nabi Muhammad SAW telah diutus oleh Allah SWT untuk menyempurnakan akhlak umat manusia di muka bumi.

Nabi Muhammad seperti pelita, akhlak dan segala perbuatan dan perkataannya merupakan suri tauladan yang sempurna untuk kita semua. Untuk itu kita sebagai pengikutnya harus meneladani akhlak dan kisah hidup beliau yang mana akan menuntun kita untuk lebih dekat dengan Allah SWT dan mengamalkan syariat islam dengan baik.

Hadirin sekalian, hingga akhir hayatnya, Rosulullah sangat mencintai kita umatnya, maka sudah sepatutnya kita uga mencintai beliau dengan selalu bersholawat untuk beliau dan juga melaksanakan sunah-sunahnya. Jika kita berhasil hidup dengan tauladan Rosulullah SAW, insha Allah hidup kita akan semakin bahagia, dan semakin dekat dengan Allah SWT.

Hadirin sekalian, sebelum saya mengakhiri pidato saya, marilah kita bersholawat dan berdoa untuk Rosulullah SAW dan kita semua agar senantiasa ditunjukkan jalan menuju kebaikan dan keberkahan. Aamiin.

Sekian dari saya, apabila ada salah kata, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya karena kesempurnaan hanya milik Allah semata.

Terima kasih, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Demikian adalah contoh teks pidato peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, kamu bisa memilih salah satu atau bahkan semuanya untuk dijadikan referensi pidatomu sendiri.

Farida Alviyani

Hi, I'm Alvi, who has an interest in writing, traveling and photography,

Update : [modified_date] - Published : [publish_date]

Tinggalkan komentar