Dalam membuat website, seringkali kita mendengar kata bandwidth. Bandwidth sendiri merupakan istilah yang dipakai untuk menunjukkan kapasitas maksimum dari data yang ada dalam internet dengan batas waktu tertentu.

Penyebutan bandwidth sendiri erat kaitannya dengan VPS server. Untuk lebih jelasnya berikut akan dijelaskan lebih mendetail mengenai pengertian bandwidth, fungsi, cara kerja, beserta dengan contohnya.

Apa Itu Bandwidth dan Cara Kerjanya  

Penjelasan pertama yaitu tentang pengertian bandwidth. Bandwidth adalah jumlah penggunaan transfer data yang dihitung dengan satuan bps atau bit per second (detik). Transfer data yang terjadi di bandwidth ini terjadi antara server dan klien.

Definisi berikutnya dari bandwidth adalah kapasitas maksimum dari jaringan komunikasi yang digunakan memindahkan data hanya dalam hitungan detik.

Koneksi internet yang Anda gunakan disertai dengan bandwidth yang besar akan mendukung transfer data menjadi lebih cepat dibandingkan dengan yang bandwidthnya rendah.

Istilah ini juga digunakan untuk layanan hosting. Bandwidth dalam layanan hosting adalah kapasitas volume data yang maksimal untuk mentransfer data dari layanan hosting.

Jika menggunakan sewa hosting yang besar, akses website menjadi lebih cepat karena server ini akan mentransfer data lebih cepat.

Fungsi Bandwidth

Bandwidth juga memiliki fungsi dalam jaringan internet. Berikut adalah fungsi bandwidth:

1. Dapat Mengatur Kapasitas Data yang Akan Ditransfer

Fungsi pertama yaitu bisa mengatur bandwidth yaitu dapat mengatur data yang nantinya ditransfer. Batas penggunaan data nantinya akan dikontrol oleh penyedia jaringan. Tujuannya adalah dapat mengurangi trafik yang tinggi dengan waktu yang lama.

Hal ini penting karena jika tidak dibatasi, ini malah akan mempengaruhi kestabilan yang menjadi berkurang.

2. Pembagian Kecepatan Transfer Data

Fungsi kedua dari bandwidth adalah untuk membagi kecepatan dari transfer data yang dilakukan agar merata kepada seluruh pengguna internet. Hal ini penting agar pengguna dapat merasakan pelayanan yang sama dan baik.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tidak seperti jika tidak ada bandwidth maka jaringan tersebut dapat terpusat pada satu orang saja.

3. Ukuran Media Transfer Data

Fungsi terakhir dari bandwidth ini adalah bertujuan untuk mengelola ukuran media transfer data dari komputer atau jaringan. Adanya ukuran tersebut menjadikan tolak ukur bagi pengguna untuk menentukan layanan hosting atau layanan lain yang berkaitan dengan koneksi internet.

Cara Mengoptimalkan Bandwidth

Selanjutnya akan dijelaskan mengenai cara mengoptimalkan bandwidth dapat dilakukan melalui cara berikut ini:

1. Gunakan QoS

Cara mengoptimalkan bandwidth yang pertama adalah QoS yang berguna untuk membuat ponsel menjadi bisa memberikan pilihan prioritas untuk aplikasi tertentu yang lebih penting. Jadi, jika ada aplikasi yang tidak berguna bisa tertutup sementara. 

2. Gunakan Cloud

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan Cloud. Penggunaan Cloud akan mempermudah Anda untuk membuat jaringan memiliki kinerja yang lebih baik lagi karena sebagian lalu lintas jaringannya akan dipindahkan ke jaringan yang lebih bersifat privat.

3. Update Backup  

Update backup juga penting dilakukan agar jaringan berhasil dikurangi. Setiap backup yang dilakukan diketahui akan membuat bandwidth menjadi lebih banyak. Jadi, jika update backup dilakukan dengan baik hal ini akan membuat penggunaan jaringan berkurang.

Contoh Bandwidth

Ada beberapa contoh bandwidth yang terdiri dari berbagai jenis, diantaranya adalah:

  • Contoh Bandwidth Secara Umum. Bandwidth secara umum dipakai untuk layanan internet seperti yang ada di ponsel. Contohnya adalah jaringan 2G/3G/4G sampai dengan 5G.
  • Contoh Bandwidth pada VPS. Layanan VPS contohnya memberikan bandwidth dengan kecepatan 100 Mbps.
  • Contoh Bandwidth pada Hosting. Punya batas 100 GB atau bisa lebih besar yang nantinya akan diatur setiap bulannya. Ada juga yang memberikan bandwidth unlimited.

Kesimpulan

Demikian penjelasan lengkap mengenai pengertian bandwidth, fungsi bandwidth, sampai dengan cara kerjanya. Bandwidth adalah penggunaan transfer data yang mencapai batas maksimum tertentu. Bandwidth hosting dan VPS yang cepat dan berkualitas yaitu dari layanan Niagahoster.

Admin

Update : 14 September 2022 - Published : 14 September 2022

Tinggalkan komentar