Animasi: Pengertian, Sejarah, Prinsip, Jenis, Contoh & Fungsi

Secara umum pengertian animasi adalah kumpulan dari gambar bergerak. Objek bergerak ini pertama kali diciptakan pada akhir tahun 1800-an yang kemudian dalam perkembangannya dilengkapi dengan teks, dan suara. Mickey Mouse, Looney Tunes, serta Tom and Jerry adalah beberapa contoh animasi yang sukses memikat perhatian penontonnya. Tak hanya dimanfaatkan sebagai hiburan dalam bentuk film kartun, animasi kini juga banyak digunakan dalam berbagai konten iklan, hingga video games.

Bila anda adalah seorang penggemar animasi, jangan lewatkan pembahasan tentang sejarah awal animasi, jenis-jenisnya, serta tips membuat animasi sederhana dari kami berikut ini.

Pengertian Animasi Menurut Para Ahli

pengertian animasi secara umum
Serial televisi Gorillaz. Sumber: consequenceofsound.com

a. Walt Disney

Walt Disney, pendiri Walt Disney Studio dan dijuluki sebagai bapak animasi dunia, memiliki arti animasi menurutnya, yaitu proses menghidupkan objek yang berasal dari benda mati dan tidak bergerak dengan cara menyusunnya secara berurutan dalam posisi yang berbeda-beda sehingga terlihat seolah-olah bergerak dan hidup. Disney yang tadinya hobi membuat gambar bergerak ini menjadikannya sebuah seni dan akhirnya membuat karya tersebut untuk membahagiakan anak-anak. Hingga saat ini, masih bisa kita nikmati animasi baik dari studionya maupun pencipta lainnya.

b. Ibiz Fernandez McGraw

Animasi menurut Ibiz Fernandez, penulis Macromedia Flash Animation & Cartooning: A Creative Guide (2002), ialah suatu proses perekaman dan permainan kembali serangkaian gambar diam atau statis untuk menciptakan suatu ilusi pergerakan seolah-olah hidup.

c. Agus Suheri

Agus Suheri, peneliti animasi untuk pendidikan sekaligus penulis buku Animasi Multimedia Pembelajaran (2006), mengemukakan bahwa animasi merupakan kumpulan dari gambar dan objek yang sudah diproses dan diolah sedemikian rupa sehingga tercipta sebuah gerakan.

Dari Gambar Diam Menjadi Bergerak: Sejarah Lahirnya Animasi

pengertian animasi dan walt disney
Walt Disney, pencipta kartun-kartun Disney seperti Mickey Mouse. Sumber: biography.com

Dilansir dari 99designs, penemuan animasi sebenarnya bersamaan dengan strip film. Animasi pertama kali masih dibuat dengan tangan hingga pada akhir 1800-an, Charles-Émile Reynaud membuat mesin yang mengatur pergerakan gambar sehingga seolah-olah bergerak. Mesin tersebut dinamai praxinoscope. Lalu ia tayangkan ke khalayak pada tahun 1876.

Muncul animasi karya Disney yang menghadirkan gambar bergerak yang diberi efek suara yang disukai anak-anak. Hasil karyanya populer di mata khalayak dan kartun populernya seperti Mickey Mouse dan Steamboat Willie pada masa 1928. Puncak karirnya tercapai saat berhasil membuat film Snow White and The Seven Dwarves yang merupakan film panjang dibuat dari hasil gambar tangan seluruhnya.

Karena menghasilkan banyak uang dari animasi, perusahaan saingan pun seperti Warner Bros dengan kartun Looney Tunes serta Merrie Melodies pada 1930-an dan Hanna-Barbera dengan Tom and Jerry turut mewarnai industri animasi.

Animasi yang terbuat dari komputer atau computer generated imagery (CGI) pada tahun 1990-an mulai diterapkan. Pertama kali produk CGI yang menjadi film adalah Toy Story pada tahun 1995. Menjadikannya film berdurasi panjang yang seluruhnya dihasilkan dari CGI. Hingga saat ini animasi dan CGI populer digunakan di mana-mana, dari film yang ditambahkan animasi, satu film yang seluruhnya menggunakan animasi, iklan dengan animasi, acara televisi, kartun, dan sebagainya.

Fungsi dan Manfaat Animasi

1. Dunia Bisnis dan Pemasaran

pengertian animasi di bisnis
Animasi membuat visualisasi iklan semakin menarik. Sumber: adsoftheworld.com

Animasi kini hampir selalu digunakan dalam konten-konten video iklan. Pasalnya, produk yang dipromosikan menjadi lebih nyata, kreatif, dan menarik dengan adanya animasi. Para pemasar juga dapat menambahkan teks, gambar, atau objek lain untuk menginformasikan produk mereka kepada calon konsumen. Iklan dapat menarik minat pembeli jika terdapat unsur animasi yang sesuai, kreatif, dan out of the box.

2. Industri Media dan Perfilman

pengertian animasi di televisi
Film dan serial televisi The Simpson. Sumber: awn.com

Animasi lahir pertama kali menjadi sebuah karya film dari studio-studio seperti Walt Disney, Warner Bros, Hanna-Barbera, MGM, Nickelodeon, dan lain-lain. Setelah film-film berdurasi pendek hingga panjang itu sukses menghibur audiensnya, animasi mulai berkembang menjadi serial televisi dan acara-acara lainnya. Apalagi dengan kehadiran ponsel pintar, animasi menjalar ke ranah media-media sosial seperti Youtube, Instagram, dan sebagainya. Animasi juga ditambahkan dalam berbagai film dan serial televisi nyata atau dalam klip video musik.

3. Permainan Video

pengertian animasi di game
Permainan video The Walking Dead. Sumber: amazon.com

Permainan video atau video games murni terbuat dari animasi CGI. Para pembuat permainan mengkreasikan animasi sesuai dengan tangannya masing-masing. Permainan dengan animasi masih amat populer dimainkan hingga saat ini dari perangkat komputer hingga ponsel pintar. Grafik dan penampilannya sudah sangat canggih dan menakjubkan untuk memainkannya.

4. Pendidikan

pengertian animasi di pembelajaran
Animasi membantu memvisualisasikan teori bigbang dan materi lainnya. Sumber: zedge.net

Animasi dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan pendidikan. Murid dan siswa akan lebih tertarik dengan materi yang beranimasi ketimbang hanya berisi teks dan gambar diam. Animasi bisa memvisualisasikan materi tersebut sehingga pemerhati dapat membayangkan lebih jelas akan materi tersebut dan mengingatnya lebih lama, terutama bagi anak-anak.

Konsep Dasar

pengertian animasi konsep
Penambahan teks dalam animasi. Sumber: thedrawshop.com

Konsep dasar dari sebuah animasi memuat empat hal, yaitu objek, teks, suara, dan klip.

1. Objek

Objek atau gambar adalah hal pertama yang wajib ada dalam animasi. Karena animasi memang berasal dari objek atau gambar yang diam atau statis. Objeknya bisa berupa makhluk hidup ataupun benda mati dan abstrak.

2. Teks

Teks digunakan dalam animasi untuk membantu menyampaikan pesan dari animasi tersebut. Ada teks statis, teks input, dan juga teks bergerak atau dinamis.

3. Suara

Supaya lebih menarik, suara ditambahkan di dalam animasi. Suara bisa diisi dari rekaman dan formatnya bermacam-macam seperti .mp3, .wav, dan lain-lain. Dengan adanya suara, pesan animasi juga dapat tersampai dengan baik kepada audiens.

4. Klip

Klip adalah gabungan dari objek bergerak, teks, dan suaranya. Untuk membuat satu episode atau satu film, klip-klip digabungkan serta disesuaikan untuk menyusun sebuah alur cerita.

Jenis

Secara universal. animasi diklasifikasikan menjadi dua, yaitu animasi berdasarkan bentuknya dan berdasarkan teknik pembuatannya.

1. Berdasarkan Bentuknya

a. Stop Motion atau Claymation

pengertian animasi stop motion
Contoh animasi claymation, Shaun The Sheep. Sumber: pinterest.com

Bentuk animasi pertama adalah stop motion, yaitu kumpulan gambar yang digerakkan satu per satu sehingga terbentuk sebuah gerakan. Stop motion dikembangkan lagi menjadi claymation yang tercipta dari tanah liat yang digerakkan sebagai objeknya. Contoh animasi dengan teknik animasi clay seperti Shaun The Sheep, Chicken Run, Wallace and Gromit, dan lain-lain.

b. Dua Dimensi (2D)

pengertian animasi 2d
Contoh animasi bulldog dua dimensi. Sumber: idseducation.com

Animasi dua dimensi atau 2D dikenal juga dengan istilah kartun. Animasi ini terbuat dari gambar atau objek di kanvas atau layar dua dimensi atau bisa juga dari gambar-gambar yang berbentuk bangun datar. Contoh kartun populer adalah Mickey Mouse, Tom and Jerry, Donald Duck, Crayon Shinchan, Naruto, Doraemon, Dora The Explorer, Spongebob Squarepants, Avatar: The Legend of Aang, dan lain-lain.

c. Tiga Dimensi (3D)

pengertian animasi 3d
Contoh animasi singa tida dimensi. Sumber: gambarviralhd.blogspot.com

Teknologi animasi menjadi lebih canggih dengan bantuan komputer dan berhasil melahirkan animasi tiga dimensi yang kita kenal dengan CGI. Dengan bantuan komputer, CGI dikembangkan dari bentuk dua dimensi menjadi tiga dimensi dan hasilnya semakin terlihat seperti hidup dan nyata. Film-film CGI yang populer contohnya adalah Toy Story, Frozen, Finding Nemo, Shrek, Kung Fu Panda, Madagascar, Ice Age, Up, dan lain-lain.

d. Anime

pengertian animasi anime jepang
Anime Plunderer. Sumber: plunderer.fandom.com

Anime adalah kategori bentuk animasi yang digambar dari Jepang. Animasi Jepang mempunyai ciri khas sendiri sesuai dari tangan senimannya. Mereka menggambar terlebih dahulu objek dan ceritanya seperti di komik, di komputer, atau gambar tangan. Lalu dikomputerisasikan menjadi bergerak dan diberi warna. Anime populer meliputi Naruto, One Piece, Detective Conan, Bleach, Slam Dunk, Doraemon, Crayon Shinchan, Death Note, Inuyasha, Dragon Ball, Spirited Away, Pokemon, dan lain-lain.

2. Berdasarkan Teknik Pembuatannya

a. Cell

pengertian animasi celluloid
Goliath II karya Disney dari celluloid. Sumber: pinterest.fr

Teknik membuat animasi dengan cell atau celluloid merupakan teknik tradisional dan dasar animasi klasik. Setelah gambar disusun menjadi rangkaian gerakan, ia dipindahkan ke lembaran-lembaran plastik tembus pandang yang disebut sel atau cell dan diberi warna dengan tinta dan cat. Selanjutnya akan direkam dengan kamera khusus bernama multiplane camera dan diambil di dalam ruangan serba hitam.

Baca juga:   Pengertian Tata Surya

b. Frame

pengertian animasi frame dan contoh
Contoh animasi frame Bev Johnson. Sumber: pinterest.com

Animasi jenis frame dibuat bingkai demi bingkai sehingga membentuk sebuah rangkaian gambar yang ditunjukkan secara bergantian. Contoh sederhananya adalah ketika kita menggambar bola di banyak kertas. Dan di masing-masing lembar bola tersebut kita ubah bentuknya, dirancang seperti berpindah tempat. Setelah selesai, buka cepat dengan cari kertas-kertas tersebut dan seakan-akan bola bergerak.

c. Path

pengertian animasi path dan contoh
Contoh animasi path, Thomas si kereta. Sumber: neontv.co.nz

Animasi dengan teknik pembuatan path berarti animasi yang dibuat dengan bantuan garis seperti lintasan. Animasi digerakkan di sepanjang garis tersebut. Contoh sederhananya adalah animasi kendaraan-kendaraan di atas jalan. Jalan menjadi garis lintasannya, sedangkan kendaraan seperti kereta, pesawat, mobil itu sebagai objek yang bergerak.

d. Spline

pengertian animasi spline dan contoh
UFO biasanya dibuat terbang melengkung atau miring. Sumber: pinterest.com

Kalau path gerakannya mengikuti garis lintasan lurus, animasi spline bergerak mengikuti garis kurva. Contohnya adalah gerakan pada pesawat terbang alien atau unidentified flying object (UFO).

e. Sprite

pengertian animasi sprite bitmap
Animasi sprite berdasar pada susunan titik-titik atau bitmap. Sumber: pinterest.com

Animasi sprite dibuat dengan menggerakan objek di depan atau objek utama dan mendiamkan latar belakangnya. Proses pembuatannya menggunakan bitmap, yaitu citra grafis dari susunan titik-titik. Contohnya seperti bumi yang berotasi, putaran logo, burung terbang, orang menari dengan latar belakang kamar.

f. Vektor

pengertian animasi vector
Animasi vektor menggunakan prinsip matematika seperti simetris, bangun datar, ruang, dan sebagainya. Sumber: behance.net

Animasi vektor atau vector mirip dengan animasi sprite, latar belakangnya diam dan fokus kepada gambar utamanya. Hanya saja untuk membuatnya harus menggunakan rumus matematika dalam proses pengerjaannya.

Prinsip Animasi

pengertian animasi dan prinsipnya
Tokoh animasi harus diberi watak dan karakter agar lebih realistis. Sumber: artstation.com

Walt Disney mengembangkan 12 prinsip dalam sebuah animasi, di antaranya sebagai berikut.

1. Gambar yang Solid

Prinsip pertama yang gambar yang solid atau solid drawing. Solid di sini berarti kukuh dan terlihat nyata. Kita tidak mau membuat animasi yang penontonnya berkata “hah, animasi apa itu?”. Individu harus menguatkan kemampuan menggambarnya demi menghasilkan animasi yang baik.

2. Menekan dan Meregangkan

Gambar atau objek perlu ditekan atau diregangkan (squash and stretch) sehingga terlihat seperti bergerak naik-turun atau kanan-kiri dan terlihat lebih realistis.

3. Antisipasi

Layaknya sebuah cerita, animasi harus dibuat alurnya sehingga menciptakan antisipasi bagi penontonnya dan dapat menghibur mereka juga.

4. Pementasan

Hal-hal pementasan dan tata gerak harus diperhatikan dalam animasi. Kita tidak mau kan melihat animasi yang tidak berekspresi atau tidak memiliki karakter? Nah, animasi juga perlu diberikan nyawa sehingga para audiens dapat mengenalinya.

5. Lurus ke Depan dan Pose Demi Pose

Istilah lainnya adalah straight ahead and pose to pose, yaitu langkah kerja seorang animator yang harus menetapkan ukuran, gerakan gambar, dan rencana lainnya yang sudah dirancang sejak awal produksi.

6. Mengikuti dan Aksi Tumpang Tindih

Dalam Bahasa Inggris ia berbunyi follow through and overlappping action. Prinsip ini berarti keseluruhan objek atau gambar tidak boleh berhenti dan terus bergerak agar terlihat lebih hidup. Boleh ada gerakan berhenti seperti berhenti berjalan, melamun, dan lain-lain; tetapi bukan yang secara tiba-tiba dan kosong

7. Slow In dan Slow Out

Prinsip ini adalah tentang bagaimana animator mengatur waktu dan penampilan antara satu scene ke scene lainnya. Ia mengatur juga perpindahannya agar tidak aneh di mata penonton.

8. Lengkungan

Lengkungan atau archs dari gerakan tubuh animasi perlu diperhatikan agar animasi lebih mulus dan realistis. Misalnya gerakan rusa memakan rumput, kepalanya dibuat menunduk dan mulutnya menarik rumput yang kemudian mengunyahnya. Jangan lupa gerakan kakinya ditambahkan seperti langkah-langkah kecil ketika memakan.

9. Pemilihan Waktu

Pemilihan waktu atau timing perlu tepat ketika memberikan suatu gerakan pada gambar atau karakter animasi. Ini bisa disesuaikan juga dengan musik atau suara, teks, dan latar yang diberikan.

10. Aksi Pendukung

Gerakan pendukung atau secondary action berarti memuat gestur tambahan maupun ekspresi wajah ketika objek sedang berbicara atau berinteraksi dengan objek lain. Ini akan memberikan kesan lebih realistis dan melengkapi karakternya.

11. Berlebihan

Exageration atau melebih-lebihkan gerakan dan ekspresi tokoh animasi digunakan untuk membuat humor dan kelucuan karena berlebihan. Bisa juga dibuat berlebihan untuk meyakinkan penonton akan aksinya.

12. Daya Tarik

Terakhir, Walt Disney menjelaskan bahwa animasi harus memiliki daya tarik. Daya tarik di sini beragam mulai dari efek suara, gerakan, desain, warna menarik, ciri khas tokoh, dan yang paling penting adalah kualitas dari animasi tersebut yang terlihat seperti nyata, hidup, dan jelas.

Proses Pembuatan Animasi

Ada dua proses pembuatan animasi secara umum, yaitu cara konvensional dan digital. Untuk pemberian efek suara atau dubbing, para animator biasa menambahkannya pasca produksi animasi videonya selesai agar para pengisi suara bisa membayangkan bagaimana suara yang harus dihasilkan. Namun, ada juga yang merekam suara dan efek ketika produksi film animasi berlangsung.

1. Konvensional

pengertian animasi dan proses konvensional
Kartun Mickey Mouse dengan proses pembuatan konvensional seluloid. Sumber: worthpoint.com

Animasi pertama kali dibuat dengan gambar tangan atau dibilang dengan proses konvensional. Teknik yang sering digunakan untuk membuat animasi konvensional adalah celluloid atau cell.

Pertama dibuat dulu konsep, skenario, karakter atau tokoh, storyboard, dan perkiraan musik, suara, dan dubbing yang akan digunakan. Selanjutnya gambar mulai dibuat dan disusun. Direkam dengan multiplane camera gambar demi gambar, lalu disunting mengikuti alur cerita. Selanjutnya dipindahkan ke gulungan film dan siap ditayangkan.

Proses animasi konvensional memakan waktu yang panjang dan biaya yang cukup mahal mengingat bahan baku yang digunakan juga banyak seperti berlembar-lembar kertas dan sel, tinta cat, dan sebagainya. Jika ada yang perlu diperbaiki, proses revisinya memakan waktu satu sampai dua hari dan terkadang juga harus menggambar ulang. Proses konvensional hanya bisa memproduksi animasi dua dimensi (2D).

2. Digital

pengertian animasi dan teknik komputer
Proses pengerjaan animasi dengan komputer. Sumber: pinterest.com

Berbeda dengan konvensional, digital menggunakan bantuan teknologi seperti komputer dalam pembuatannya. Segala jenis animasi bisa dibuat dengan proses digital. Proses pengerjaan jauh lebih cepat dan lebih murah dibandingkan proses konvensional.

Untuk merevisi kerjaannya hanya memakan waktu 30 sampai 90 menit. Oleh karena itu, hampir semua animasi kini dibuat dengan komputer.

Hanya saja, kita harus mahir menggambar baik langsung maupun dengan aplikasi di komputer serta kreatif dan melek teknologi akan penggunaan berbagai efek yang bisa dihasilkan dari komputer.

Tahap pra-produksi sama seperti konvensional dan pembuatan gambar serta objek di komputer sampai proses pewarnaan dan penyuntingan atau tahap akhir animasi lainnya. Nah kalau sudah selesai, bisa dipindahkan ke VCD, DVD, dan media lainnya.

Tips Membuat Animasi Sederhana

Ingat Selasares, membuat animasi itu tidak mudah dan perlu keahlian khusus. Tapi tidak ada salahnya bagi kalian untuk mencoba. Aplikasi yang bisa digunakan antara lain seperti Adobe After Effects, Apple Motion, Gol Animate, Wideo, Xtranormal, dan Animatron untuk komputer. Di ponsel pintar kita bisa menggunakan aplikasi seperti Kinemaster, Draw Cartoons, Flipa Clip, PicsArt Animator: GIF & Video, Animation Desk, dan lain-lain.

Pastikan komputer dalam keadaan baik dengan spesifikasi yang mencukupi untuk aplikasi-aplikasi tersebut agar lancar dan tidak ngelag. Untuk tutorial membuat animasi sederhana bisa menonton video berikut.

Contoh Animasi Terkenal

pengertian animasi dan film frozen
Frozen menjadi film animasi dengan pendapatan terbesar sedunia. Sumber: amazon.co.uk

Berikut adalah animasi-animasi terkenal kelas dunia.

  • Frozen;
  • Shrek;
  • Ice Age;
  • Finding Nemo;
  • Naruto;
  • Pokemon;
  • Doraemon;
  • The Lion King;
  • Crayon Shinchan;
  • Up;
  • Ratatouille;
  • Kung Fu Panda;
  • The Incredibles;
  • Madagascar;
  • One Piece;
  • Coco;
  • Demon Slayer;
  • Monsters, Inc;
  • WALL-E;
  • Aladdin;
  • Upin dan Ipin;
  • The Simpson
  • Toy Story;
  • Cars;
  • Tarzan;
  • Despicable Me;
  • Larva.

Dan masih banyak lagi animasi populer dunia.

Animasi di Indonesia

pengertian animasi dan perkembangannya di indonesia
Berawal dari komik, Si Juki berhasil menjadi film animasi Indonesia yang berkualitas baik. Sumber: fimela.com

Perkembangan animasi di Indonesia telah menyebar luas di masyarakat. Para animator Indonesia bahkan telah membuat karya untuk perusahaan animasi lisensi asing. Karena gaji animator tinggi, belum ada perusahaan yang mampu memproduksi besar-besaran animasi baik serial televisi maupun film yang berkualitas tinggi seperti animasi-animasi yang disebutkan di atas.

Beberapa studio animasi di Indonesia di antaranya: Kartenz Studios, Malang Animation School, Dreamlight Animation, Jogjakartun, Jelly Fish, dan lain-lain. Contoh animasi Indonesia yang mendapat perhatian baik dari publik adalah Si Juki, Riki Rhino, Battle of Surabaya, Knight Kris, Titus: Mystery of The Enygma, Adit & Sopo Jarwo, Kiko, Animasinopal, dan lain-lain.

Itu dia pengertian animasi dan cerita lain tentangnya. Animasi kini tidak dibuat untuk anak-anak saja Selasares, semua bisa menikmatinya. Kami sarankan untuk menonton animasi karya anak bangsa yang sudah disebutkan di atas. Sampai jumpa di kesempatan selanjutnya.

Tinggalkan komentar