39 Oleh Oleh Khas Bandung yg Wajib Dibawa Pulang & Toko nya

Setiap kota di Indonesia pasti memiliki oleh-oleh khas yang menjadikannya sebagai sebuah keunikan, termasuk Bandung. Peuyeum adalah salah satu oleh-oleh paling terkenal dari Bandung. Namun, siapa sangka Bandung masih memiliki lebih banyak jenis oleh-oleh yang bisa dibawa pulang.

Penasaran dengan jenis oleh-oleh lain yang berasal dari Bandung? Yuk, simak di sini.

Oleh-oleh Khas Bandung yang Terbaru dan Kekinian

1. Peuyeum Bandung

gambar oleh-oleh khas bandung peuyeum singkong
Sumber: https://i0.wp.com/

Makanan yang satu ini sangat lekat dengan Bandung. Oleh-oleh yang terbuat dari fermentasi singkong ini sangat mudah ditemukan. Hampir semua toko oleh-oleh pasti menjual peuyeum. Bahkan di sepanjang jalan raya pun sudah banyak yang menjajakannya.

Peuyeum biasanya dibandrol dengan harga Rp 30.000 – Rp 50.000 per kilogramnya.

2. Bolen Pisang Kartika Sari

oleh-oleh khas bandung bolen pisang kartika sari rasa cokelat keju
Sumber: https://cdn-brilio-net.akamaized.net/

Bolen Pisang Kartikasari sudah terkenal di kalangan wisatawan yang datang ke Bandung. Toko yang terletak di Jalan H. Akbar No. 4 ini telah menggunakan resep turun temurun sehingga rasanya masih sama dengan buatan generasi pertamanya. Bolen pisang ini dihargai Rp 50.000 – Rp 60.000 tergantung rasa yang diinginkan. Selain bolen pisang, di toko ini juga terdapat jenis kue dan pastry lain yang patut dicoba.

3. Brownies Kukus Amanda

gambar oleh-oleh khas bandung brownies amanda rasa coklat
Sumber: https://dapurkintamani.com/

Brownies Amanda menjadi salah satu oleh-oleh favorit wisatawan yang datang ke Bandung. Varian rasa yang banyak membuat pembeli bisa memilih rasa yang sesuai dengan selera mereka. Toko pusat Brownies Amanda berada di Jalan Ranca Balong No. 5.

Sekotak brownies ini dihargai Rp 45.000 – Rp 50.000.

4. Brownies dan Picnic Roll Primarasa

oleh-oleh khas bandung picnic roll daging telur
Sumber: https://moslemlifestyle.com/

Primarasa adalah salah satu toko oleh-oleh yang tak asing bagi para wisatawan yang datang ke Bandung. Banyak pilihan rasa yang disediakan untuk brownies dan picnic roll yang mereka jual. Untuk menikmatinya, langsung saja datang ke toko pusat Primarasa yang berada di Jalan Kemuning.

Harga picnic roll Primarasa biasanya berkisar antara Rp 50.000 – Rp 60.000.

5. Surabi

oleh-oleh khas bandung surabi bandung rasa gula merah
Sumber: https://carimakanaja.com/

Makanan ini sudah terkenal sebagai makanan khas Bandung. Sekarang, makanan ini bisa dinikmati sebagai oleh-oleh jika berkunjung ke Bandung. Meskipun terlihat seperti makanan tradisional, tapi sekarang ini surabi telah berevolusi dengan berbagai pilihan rasa yang modern. Surabi Enhaii adalah salah satu surabi paling terkenal di Bandung. Surabi ini berlokasi di Jalan Setiabudi.

Satu surabi dihargai Rp 8.000 – Rp 10.000 sesuai dengan rasa yang diinginkan.

6. Keripik Maicih

oleh-oleh khas bandung keripik maicih level 2
Sumber: https://ecs7.tokopedia.net/

Bagi para pecinta pedas, oleh-oleh ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Keripik Maicih merupakan keripik singkong yang diberi dengan bumbu pedas rahasia. Terdapat level yang bisa dipilih sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan Selain keripik singkong, saat ini Keripik Maicih telah memiliki varian lain seperti keripik basreng dan keripik seblak. Keripik ini bisa ditemukan di hampir semua toko oleh-oleh yang ada di Bandung.

Sebungkus keripik maicih harganya adalah Rp 15.000.

7. Basreng (Bakso Goreng)

gambar oleh-oleh khas bandung basreng
Sumber: https://1.bp.blogspot.com/

Bakso goreng bisa menjadi pilihan oleh-oleh khas Bandung yang tahan lama. Tak sulit ditemukan, basreng juga dijual di hampir semua toko oleh-oleh di Bandung. Biasanya terdapat pilihan original dan bumbu pedas.

Sebungkus basreng biasanya dihargai sekitar Rp 10.000 – Rp 15.000.

8. Tahu Susu Bandung

oleh-oleh khas bandung tahu susu 10 biji
Sumber: https://1.bp.blogspot.com/

Tahu susu Bandung bisa menjadi alternatif oleh-oleh untuk keluarga di kampung dengan harga yang murah. Jika jarak kampung cukup jauh dari Bandung, bisa memilih tahu susu yang sudah digoreng agar bisa membawa oleh-oleh yang tahan lama. Tahu susu ini bisa didapatkan di pusat oleh-oleh di Jalan Lembang No. 117.

Sekotak tahu susu dengan isi 10 buah dihargai Rp 5.000 saja.

9. Rujak Cireng

gambar oleh-oleh khas bandung rujak cireng
Sumber: https://doyanresep.com/

Bandung identik dengan cemilan yang terbuat dari aci. Cireng adalah salah satu cemilan dari aci favorit hampir semua orang. Jika ingin membawa pulang oleh-oleh ini, lebih baik memilih frozen cireng yang awet. Frozen cireng biasanya juga dijual di hampir semua toko oleh-oleh khas Bandung.

Sebungkus rujak cireng frozen biasanya dihargai Rp 17.000 – 20.000.

10. Seblak

oleh-oleh khas bandung seblak instan topping lengkap
Sumber: https://id-test-11.slatic.net/

Seblak merupakan oleh-oleh dengan cita rasa pedas yang bisa dijadikan pilihan. Saat ini sudah banyak produsen seblak kering sehingga lebih mudah untuk membawanya sebagai oleh-oleh. Seblak kering ini bisa ditemukan di hampir semua toko oleh-oleh khas Bandung.

Sebungkus seblak instan biasanya dihargai dengan Rp 10.000 – 15.000 tergantung isian yang didapatkan.

11. Cilok

oleh-oleh khas bandung cilok instan dan bumbunya
Sumber: https://media.karousell.com/

Olahan aci berikutnya adalah cilok. Cilok merupakan kepanjangan dari aci dicolok. Cilok biasanya ditemukan sebagai jajanan pinggir jalan. Namun, saat ini sudah banyak juga cilok frozen yang lebih mudah dibawa untuk oleh-oleh. Cilok frozen bisa ditemukan di toko oleh-oleh khas Bandung.

Harga cilok frozen berkisar antara Rp 7.000 – Rp 10.000.

12. Oncom Raos

gambar oleh-oleh khas bandung oncom raos
Sumber: https://cdn.idntimes.com/

Oncom adalah makanan fermentasi kedelai yang sudah tak asing di telinga masyarakat. Namun, rasa oncom kadang-kadang belum bisa diterima lidah beberapa orang. Untuk menikmati oncom dengan rasa yang nikmat, Oncom Raos bisa dijadikan pilihan. Lokasinya berada di Jalan Cihampelas No. 91 B.

Harga oncom raos berkisar antara Rp 25.000 – Rp 30.000.

13. Batagor Riri

oleh-oleh khas bandung batagor riri dan bumbunya
Sumber: https://sgp1.digitaloceanspaces.com/

Batagor adalah pilihan lain dari olahan aci. Bakso tahu goreng merupakan kepanjangan dari batagor. Jika bosan dengan rasa aci yang begitu saja, batagor bisa menjadi alternatif karena ada tambahan tahu yang membuat rasanya tidak membosankan. Batagor Riri adalah produsen batagor yang sudah terkenal di Bandung. Untuk mendapatkannya bisa langsung datang ke Jalan Burangrang No. 41.

Harga batagor riri frozen berkisar antara Rp 90.000 – Rp 150.000 tergantung isi yang diinginkan.

14. Kafetaria Pia 170

oleh-oleh khas bandung kafetaria pia 170 aneka rasa
Sumber: oleh-oleh khas bandung batagor riri

Bandung juga memiliki oleh-oleh pia yang terkenal. Pia dari Bandung ini memiliki keunikan yang berbeda dengan pia tradisional lainnya, yaitu butterscotch. Kafetaria Pia 170 bisa didapatkan dengan mengunjunginya di alamat Jalan HOS Cokroaminoto.

Harga pia ini Rp 70.000 – Rp 80.000 per kotaknya.

15. Martabak Bandung

gambar oleh-oleh khas bandung martabak bandung san fransisco
Sumber: https://i1.wp.com/

Meskipun bentuknya mirip dengan martabak manis pada umumnya, sebenarnya martabak Bandung ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan martabak biasanya. Ada banyak merek martabak yang bisa ditemukan di Bandung, misalnya Martabak San Fransisco, Martabak Good di Jalan Cibadak, dan Martabak Andir di Jalan Jenderal Sudirman.

Harga martabak Bandung sangat bervariasi mulai dari Rp 50.000 sampai di atas Rp 100.000.

16. Combro

oleh-oleh khas bandung terkenal
Sumber: https://truffle-assets.imgix.net/

Combro mirip dengan misro. Bahan utama yang digunakan dalam pembuatannya pun sama, yaitu parutan singkong. Hal yang membedakan misro dengan combro adalah isian yang digunakan. Jika misro menggunakan isian gula merah, combro menggunakan isian oncom. Sama seperti misro, combro bisa ditemukan di penjaja gorengan di pinggir jalan.

Combro frozen biasanya dihargai Rp 25.000 per bungkusnya.

17. Gepuk Nyonya Ong

oleh-oleh khas bandung murah
Sumber: https://cf.shopee.co.id/

Gepuk adalah makanan yang terbuat dari daging sapi. Makanan ini memiliki cita rasa pedas, manis, dan gurih. Gepuk Nyonya Ong adalah produk gepuk yang sudah terkenal di Bandung. Toko utama Gepuk Nyonya Ong berada di Jalan Pasundan No. 15

Gepuk Nyonya Ong dihargai Rp 20.000 – Rp 25.000.

18. Bandros

foto oleh-oleh khas bandung
Sumber: https://i2.wp.com/www.kitchenofindonesia.com

Oleh-oleh yang satu ini merupakan makanan khas dari Bandung. Bandros berupa kue basah yang rasanya cenderung asin dan gurin. Namun, kadang-kadang ada yang membuatnya dengan rasa yang manis. Bandros bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional sekitar Bandung.

Bandros dibandrol dengan harga Rp 7.000 untuk original dan harga bervariasi bagi rasa lainnya.

19. Colenak

oleh-oleh khas bandung yang enak
Sumber: https://1.bp.blogspot.com/

Makanan yang satu ini sudah ada di Bandung sejak tahun 1930. Colenak merupakan singkatan dari “dicocol enak”. Biasanya colenak bisa ditemukan di pinggir jalan raya.

Colenak bisa dinikmati dengan membayar Rp 10.000 saja per bungkusnya.

20. Perkedel Bondon

oleh-oleh khas bandung yang paling enak
Sumber: https://i1.wp.com/resepkoki.id

Tak seperti perkedel pada umumnya, proses memasak makanan ini masih menggunakan arang. Aroma arang yang terbakar membuat masakan menjadi lebih nikmat. Outlet Perkedel Bondon yang selalu ramai ini terletak di Jalan Stasiun Timur No. 14, KB. Jeruk.

Sebuah perkedel bondon harganya Rp 1.000 saja.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

21. Kopi Aroma

gambar oleh-oleh khas bandung kopi aroma
Sumber: https://s.blanja.com/

Kopi Aroma adalah salah satu produsen kopi yang ada di Bandung. Mereka menjual bubuk kopi yang dibuat dari biji kopi yang telah disimpan selama 5 tahun. Oleh-oleh ini sangat cocok bagi para pecinta kopi. Kopi Aroma berlokasi di Jalan Banceuy No. 51, Braga.

Sebungkus kopi aroma dihargai Rp 40.000 saja.

22. Misro

gambar oleh-oleh khas bandung makanan
Sumber: https://i.pinimg.com/

Misro adalah jajanan tradisional Bandung yang terbuat dari parutan singkong dengan isian gula merah. Oleh-oleh ini cocok bagi wisatawan yang menyukai makanan tradisional. Misro mudah ditemukan di tempat gorengan pinggir jalan.

Misro frozen bisa didapatkan dengan harga Rp 45.000 per bungkusnya dengan 10 buah isi.

23. Wajit Cililin

oleh-oleh khas bandung cililin
Sumber: https://2.bp.blogspot.com/

Jika anda adalah pecinta makanan tradisional, anda patut mencoba makanan yang satu ini. Wajit Cililin adalah makanan tradisional dari Bandung dengan cita rasa yang manis. Uniknya, makanan ini dibungkus dengan kulit jagung yang sudah kering. Makanan ini bisa ditemukan di toko oleh-oleh daerah Cililin dan Cihampelas.

Wajit Cililin per kilogramnya didapatkan dengan harga Rp 35.000.

24. Keripik Moring

gambar oleh-oleh khas bandung keripik
Sumber: https://s1.bukalapak.com/

Berikut ini adalah oleh-oleh unik lainnya dari Bandung. Keripik Moring adalah alternatif lain olahan aci yang sudah terkenal di Bandung. Moring sendiri merupakan singkatan dari cimol kering. Makanan ini bisa ditemukan di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Bandung.

Harga keripik moring ini adalah Rp 15.000 saja per bungkusnya.

25. Bolu Gulung

oleh-oleh khas bandung kue bolu
Sumber: https://kovermagz.com/

Bolu gulung adalah salah satu oleh-oleh yang terkenal di Bandung. Di Bandung sendiri terdapat salah satu toko bolu gulung yang setiap hari ramai dikunjungi wisatawan. Toko tersebut adalah Toko Bolu Bawean. Bolu gulung di toko ini memiliki penampakan yang cantik dan rasa yang menggoda. Toko Bolu Bawean bisa dikunjungi di Jalan Bawean No. 4. Selain bolu gulung, di toko ini juga menjual aneka macam kue yang lain.

Bolu Bawean memiliki harga yang bervariasi tergantung pilihan rasa, yaitu Rp 70.000 – Rp 150.000.

26. Roti Bumbu Bakar

oleh-oleh khas bandung cari rasa
Sumber: https://img.okezone.com/

Pada dasarnya, roti bakar ini mirip dengan roti bakar pada umumnya. Hadir dengan berbagai pilihan isian dan selai dipadukan dengan roti yang lembut. Namun, ada beberapa isian yang membedakan roti bakar ini dengan roti bakar yang biasa. Roti Bumbu Bakar Cari Rasa ini menggunakan isian dengan rasa yang asin, seperti keju dan kornet. Menarik bukan?

Kedai roti bakar yang satu ini bisa ditemukan di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 149, Pasar Kosambi. Harga roti bumbu bakar sangat bervariasi tergantung rasa dan ukuran, yaitu Rp 5.000 hingga Rp 48.000.

27. Donat Madu

oleh-oleh khas bandung yang enak donat madu
Sumber: https://tempat.com

Jika kamu bosan dengan oleh-oleh khas Bandung yang itu-itu saja, kamu patut mencoba yang satu ini. Donat madu bisa menjadi alternatif oleh-oleh lain yang enak dan bisa dibawa pulang. Seperti namanya, donat ini menggunakan madu sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatannya. Topping cantik yang beraneka ragam membuat donat madu menjadi lebih menarik untuk dicoba. Kedai donat madu dapat ditemukan di Jalan Cihanjuang Cimahi.

Harga sebuag donat madu berkisar antara Rp 6.000 – Rp 10.000.

28. Tempe Gila

gambar oleh-oleh khas bandung yang bisa dibawa pulang
Sumber: https://s2.bukalapak.com/

Tempe gila bisa menjadi alternatif oleh-oleh bagi pecinta makanan pedas. Makanan ini keripik tempe biasa yang diberi bumbu pedas tertentu dengan beberapa level. Oleh-oleh yang membuat berkeringat ini tersedia di hampir semua toko oleh-oleh di Bandung.

Tempe gila bida didaptkan dengan harga sekitar Rp 15.000 – Rp 20.000.

29. Tahu Tauhid

oleh-oleh khas bandung makanan tahu
Sumber: https://hotelbandungid.files.wordpress.com/

Tahu tauhid agak berbeda dengan tahu biasanya. Jika tahu biasanya berwarna putih, maka tahu tauhid memiliki warna khas, yaitu kuning.

Sepuluh buah tahu tauhid dibandrol dengan harga Rp 8.000 saja.

30. Bandung Kunafe

oleh-oleh khas bandung artis
Sumber: https://www.destinasibandung.co.id/

Bandung Kunafe adalah usaha kue artis milik Irfan Hakim. Ada 6 varian rasa yang ditawarkan Bandung Kunafe, yaitu keju, cokelat, green tea, tiramisu, nutella, dan durian. Outlet Bandung Kunafe terletak di Jalan Banda No. 23.

Harga Bandung Kunafe bervariasi mulai dari Rp 68.000 – Rp 75.000.

31. Bandung Kanaya

foto oleh-oleh khas bandung artis bandung kanaya
Sumber: https://s2.bukalapak.com/

Kue unik milik artis lainnya datang lagi di Bandung. Kali ini bisnis kue artis datang dari Bunda Amy, ibunda Raffi Ahmad yang outletnya berada di Jalan Cihampelas No. 136. Kue dengan bentuk dadu ini harus dicocok di dalam bumbu seperti sambal untuk menikmatinya. Kue yang sangat unik ini hadir dengan banyak varian rasa, seperti kacang, green tea, vanilla, jeruk, cokelat, keju coklat, hingga susu putih.

Bandung Kanaya dibandrol dengan harga Rp 48.000 – Rp 55.000.

32. Madinah Cake

foto oleh-oleh khas bandung artis madinah cake
Sumber: https://4.bp.blogspot.com/

Madinah Cake juga bisa menjadi pilihan oleh-oleh dari Bandung yang berupa kue artis. Dengan varian rasa yang dominan kejunya, Angel Lelga menawarkan kur yang bentuknya mirip brownies ini. Outlet Madinah Cake berada di Jalan Banda No. 21, Citarum.

Madinah Cake dibandrol seharga Rp 65.000 per kotaknya.

33. Bandung Princess Cake

foto oleh-oleh khas bandung artis princess cake
Sumber: https://cdn.idntimes.com/

Artis glamor, Syahrini pun tak mau ketinggalan mengikuti bisnis yang sedang naik daun di kalangan artis ini. Princess Cake milik Syahrini ini unik karena memiliki bentuk segitiga, berbeda dengan kue-kue lainnya. Terdapat 6 varian rasa yang ditawarkan, yaitu cokelta, stroberi, mocca, green tea, mangga, serta double cheese. Outlet Princess Cake berada di Jalan Cihampelas No. 120.

Kue artis ini dibandrol dengan harga Rp 72.000 hingga Rp 85.000.

34. Pevo Cake

foto oleh-oleh khas bandung artis pevo cake
Sumber: https://i.pinimg.com/

Peve Cake juga menjadi salah satu alternatif oleh-oleh dari kalangan kue artis. Makanan ini terdiri dari lapisan kue yang lembut serta krim berbagai rasa. Kue milik Pevita Pearce ini terletak di Jalan Veteran No. 40.

Sekotak Pevo Cake dibandrol dengan harga Rp 65.000.

35. Bandung Makuta

foto oleh-oleh khas bandung artis bandung makuta
Sumber: https://cdn.idntimes.com/

Laudya Chintya Bella juga tak mau ketinggalan berbisnis kue artis. Dengan menjual kombinasi antara kue lembut dan pastry yang krispi, dagangannya menjadi salah satu yang paling terkenal di Bandung. Berbagai varian rasa mulai dari tradisional seperti singkong hingga modern seperti coklat dan keju tersedia di semua cabang outletnya.

Cabang Bandung Makuta ada di beberapa tempat, yaitu Jalan Van Deventer No. 2, Jalan Aruna No. 15, Jalan Ir. H. Djuanda No. 158, serta Jalan Djunjunan No. 139. Bandung Makuta dibandrol dengan harga Rp 60.000-an per kotaknya.

36. Pakaian Khas Factory Outlet

oleh-oleh khas bandung berupa barang
Sumber: https://media-cdn.tripadvisor.com/

Bandung sangat terkenal dengan factory outletnya. Bahkan factory outlet tak hanya terkenal di kalangan warga Bandung, tetapi juga di Jakarta. Kawasan favorit para pembeli terletak di beberapa titik, yaitu Jalan Dago, Jalan Cihampelas, dan Jalan Riau.

Harga pakaian di sini sangat bervariasi tergantung model dan bahannya.

37. Souvenir Angklung

foto oleh-oleh khas bandung angklung
Sumber: karousell.com

Angklung adalah alat musik tradisional dari Bandung. Alat musik ini terbuat dari bambu yang memiliki berbagai ukuran tergantung nada yang ingin dibuat. Wisatawan bisa membeli angklung dengan ukuran asli untuk oleh-oleh atau hanya membeli miniaturnya. Salah satu pusat pelestarian angklung bernama Saung Angklung Udjo yang terletak di Jalan Padasuka.

Untuk miniatur angklung sendiri biasanya dijual di sekitar tempat wisata. Gantungan kunci angklung biasanya dibandrol dengan harga Rp 1.000 saja per buahnya. Namun, miniatur angklung memiliki harga yang berbeda-beda tergantung ukurannya.

38. Souvenir Wayang Golek

foto oleh-oleh khas bandung souvenir wayang golek
Sumber: https://d2rbodpj0xodc.cloudfront.net/

Alternatif oleh-oleh berupa barang lainnya adalah wayang golek. Wayang golek merupakan wayang dengan tokoh manusia yang berbentuk 3 dimensi. Terdapat galeri wayang golek terkenal di Bandung yang terletak di Jalan H. Akbar No. 10. Untuk miniatur wayang golek sendiri biasanya dijual di sekitar tempat wisata dan di toko pusat oleh-oleh.

Harga sebuah wayang golek mencapai Rp 90.000.

39. Kerajinan Tangan Lembang

foto oleh-oleh khas bandung souvenir kerajinan lembang
Sumber: https://flyingfam.blogspot.com/

Kerajinan tangan khas Lembang bisa menjadi alternatif oleh-oleh selain makanan. Galeri kerajinan ini berpusat di Lembang, tepatnya di Jalan Raya Lembang. Harga kerajinan Lembang sangat bervariasi tergantung bentuk dan barangnya.

40. Sepatu dan Tas Khas Cibaduyut

oleh-oleh khas bandung tas dan sepatu cibaduyut
Sumber: https://www.infobdg.com/

Sepatu dan tas Cibaduyut ini adalah kerajinan kulit. Tak hanya sepatu dan tas, di sini juga bisa ditemukan kerajinan kulit lain seperti dompet dan ikat pinggang. Pusat tas dan sepatu ini bisa ditemukan di sepanjang Jalan Cibaduyut Raya. Harga tas dan sepatu di Cibaduyut sangat bervariasi tergantung modelnya.

Nah, itu tadi adalah macam-macam oleh-oleh Khas Bandung yang bisa dibawa pulang. Mulai dari makanan tradisional hingga modern semua ada di Bandung. Bahkan oleh-oleh berupa barang kerajinan juga tersedia di kota kembang ini. Ada banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan selera dan budget.

Nirwana Pradana Maharani

Aktif dalam organisasi dan event mahasiswa semasa berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi. Sedang tertarik mendalami dunia fotografi. Saya juga tertarik mengikuti artikel-artikel terkait fashion dan kuliner.

Update : 16 Desember 2020 - Published : 25 Agustus 2020

Tinggalkan komentar