Metode Pembelajaran

7 min read

macam macam metode pembelajaran

Sering bingung dengan metode pembelajaran siswa? Atau kamu belum tahu bagaimana metode belajar mengajar yang baik?

Metode pembelajaran saat ini sangat dibutuhkan untuk memberikan pemahaman yang maksimal kepada siswa.

Disamping itu, sistem pembelajaran dengan metode seperti ini juga lebih efektif daripada hanya sekedar menyampaikan materi saja.

Pengertian Metode Pembelajaran Menurut Para Ahli

pengertian metode pembelajaran menurut para ahli
Sumber: momrn.net

Metode pembelajaran merupakan suatu cara atau strategi dalam menyampaikan materi dari seorang guru atau tenaga pendidik kepada seorang pelajar atau biasa dikenal dengan siswa.

Metode pembelajaran ini dikembangkan untuk membantu para tenaga pendidik dalam memberikan materi berdasarkan sifat atau karakteristik setiap anak.

  • Agus Supriyono dalam bukunya menjelaskan, metode pembelajaran adalah suatu pola sebagai rancangan atau pedoman dalam melakukan perencanaan pembelajaran selama di kelas.
  • Husnaeni mendefinisikan metode pembelajaran sebagai suatu model pembelajaran yang telah disiapkan dari awal hingga akhir oleh guru yang akan mengajarkannya di kelas.
  • Prawiladaga juga menyebutkan apabila metode pembelajaran adalah suatu urutan atau prosedur sekaligus cara yang seorang guru gunakan untuk dapat melaksanakan tujuan dari proses pembelajaran. Atau dengan kata lain, metode pembelajaran ini dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Nana Sudjana mendefinisikan metode pembelajaran sebagai cara guru dalam melakukan hubungannya dengan siswa ketika terjadi proses belajar mengajar.
  • Menurut Ahmadi, metode pembelajaran adalah bentuk pengetahuan tentang berbagai cara dalam mengajar, yang kemudian dilakukan oleh seorang pengajar.
  • Gerlach dan Elly memiliki pandangannya sendiri dalam menjelaskan metode pembelajaran, yaitu tentang rencana sistematis dalam menyampaikan informasi.

Berdasarkan beberapa pendapat para ahli diatas, bisa diambil kesimpulan jika metode pembelajaran adalah cara strategis dalam menyampaikan materi pengajaran dari seorang pendidik atau pengajar kepada para pelajar atau siswanya, serta untuk mencapai tujuan dari pembelajaran.

Tidak hanya itu, metode pembelajaran memiliki beberapa karakteristik didalamnya, yaitu bersifat luwes atau fleksible.

Ini artinya setiap metode harus memiliki sisi penyesuaian dengan sifat atau watak dari murid serta materi yang diajarkan.

Seorang guru harus mampu menerapkan metode pembelajaran secara fungsional atau bentuk teori dan praktik dapat memberikan kemampuan praktis untuk siswanya.

Selain itu, tenaga pendidik juga harus mampu mengembangkan materi tanpa menguranginya, dengan cara memberikan keleluasaan atau kesempatan murid dalam menyampaikan pendapatnya.

Media Pembelajaran

metode pembelajaran kurikulum 2013
Sumber: nskusa.store

Secara umum, media pembelajaran adalah alat bantu untuk melakukan proses pengajaran guna memudahkan pemahaman dalam menyampaikan informasi melalui berbagai sarana.

Dalam proses belajar mengajar, memang tidak selalu dibutuhkan media didalamnya.

Namun, tidak ada salahnya apabila seorang pengajar mempunyai kemampuan kreativitas dengan memberikan beberapa media pembelajaran untuk meningkatkan tingkat pemahaman dan antusiasme siswa.

Ada banyak media yang bisa dimanfaatkan dalam proses ini, tidak perlu yang rumit atau susah.

Coba kita lihat ada benda apa di sekitarmu, jika kamu sadar kamu pasti akan menemukannya dengan mudah.

Dalam hal ini, ada beberapa macam media pembelajaran, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Media Pembelajaran Audio

pengertian metode pembelajaran menurut para ahli dan daftar pustakanya
Sumber: iyad20.blogspot.com

Media pembelajaran audio adalah model pembelajaran dengan memanfaatkan suara sebagai alat bantu pengajaran.

Contohnya, ketika seorang guru bahasa Inggris melakukan proses belajar mengajar.

Guru ini dapat menggunakan media audio seperti fasilitas laboratorium bahasa untuk mengasah kemampuan listening atau pendengaran siswa dalam memahami percakapan bahasa inggris.

2. Media Pembelajaran Visual

perbedaan model dan metode pembelajaran
Sumber: twitter.com

Berbeda dengan media pembelajaran audio, media ini lebih menekankan pada penglihatan atau kretivitas visual.

Untuk menyiapkan media pembelajaran visual tidak terlalu sulit, atau bahkan biasanya sudah disiapkan oleh media – media elektronik saat ini seperti fitur yang terdapat di laptop.

Sebagai contoh, penggunaan grafik, chart, poster, atau gambar menarik lainnya.

Melalui media tersebut, guru bisa menyisipkan materi yang disampaikan sehingga terkesan lebih menarik dan siswa juga lebih bersemangat untuk belajar.

Tidak hanya itu, kamu sebagai guru juga bisa menggunakan power point dengan alat bantu LCD dan projector untuk menampilkan slides yang telah kamu siapkan.

3. Media Pembelajaran Audio Visual

model dan metode pembelajaran
Sumber: twitter.com

Seperti namanya, media pembelajaran jenis ini menggabungkan dua media yaitu audio dan visual.

Untuk menggunakan media audio visual, mungkin kamu bisa mencarinya dari internet jika ingin lebih mudah dan cepat.

Contohnya, guru jika ingin memberikan contoh suatu peristiwa, bisa mencari permisalan dari internet dan diunduh atau langsung saja ditampilkan berupa video (talkshow atau yang lainnya) kepada para siswanya.

Macam – macam Metode Pembelajaran

metode pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan internet adalah
Sumber: news.olemiss.edu

Apabila kamu adalah salah satu dari tenaga pengajar di Indonesia, jangan lagi bingung dengan metode – metode saat ini.

Mengapa demikian?

Karena terdapat banyak jenis metode pembelajaran yang bisa kamu gunakan untuk mengajar para siswa berdasarkan kriteria masing-masing jenis metode pembelajarannya.

Untuk penjelasan lebih lanjut, berikut macam-macam metode pembelajaran yang bisa diterapkan:

1. Ceramah

metode pembelajaran discovery learning
Sumber: insidesources.com

Metode pembelajaran ceramah ini merupakan salah satu metode yang paling sering digunakan dan paling lama dikenal oleh setiap tenaga pengajar.

Dalam metode ini, seorang pengajar dituntut untuk menyampaikan informasi lebih banyak daripada mempertimbangkan feedback dari siswa.

Sistem pembelajaran metode ini hanya berpusat pada guru dalam menjelaskan materi, serta bentuk komunikasi lisan dari guru kepada siswanya.

Metode pembelajaran ceramah ini memiliki kelemahan dan kelebihan didalamnya.

Kelemahan metode ini adalah hanya berfokus pada sang pengajar dan siswa cenderung pasif atau mendengarkan materi yang telah disiapkan dan dituturkan oleh sang pengajar.

Di sisi lain, kelebihan metode ini justru memberikan materi yang sangat jelas dari guru.

Siswa disini akan mendapat materi yang benar dan jelas.

Apabila dibandingkan dengan sistem belajar mandiri, dimana siswa didorong untuk mencari dan memahami materi sendiri, siswa memiliki kemungkinan untuk mendapat kesalahpahaman dalam mendapat pengetahuan, sehingga sistem ceramah ini lebih disarankan.

Seiring berjalannya waktu, metode ceramah ini mengalami perkembangan dengan menggabungkan metode tanya jawab yang bervariasi didalamnya, sehingga pembelajaran dua sisi masing-masing dari siswa dan guru dapat tercapai dengan lebih baik.

2. Diskusi

metode pembelajaran example non example
Sumber: asl-ic.net

Metode pembelajaran jenis ini berbanding terbalik dengan metode ceramah sebelumnya, karena lebih memfokuskan memahami materi pada siswa.

Biasanya, guru membagi anggota kelas menjadi beberapa kelompok, kemudian menyuguhkan suatu persoalan atau permasalahan dimana siswa atau kelompok tersebut harus menemukan jawabannya,

Melalui metode diskusi, secara tidak langsung siswa akan memahami materi yang disampaikan.

Mereka langsung melakukan praktek untuk menemukan solusi dari persoalan tersebut.

Siswa disini dituntut untuk aktif dalam mengemukakan pendapat mereka meskipun diantara sesama teman kelompok, sehingga secara tidak sadar ini juga melatih tingkat percaya diri mereka dalam berfikir kritis.

Metode pembelajaran diskusi ini juga memiliki manfaat didalamnya, yaitu melatih siswa untuk saling menghormati setiap opini yang diberikan oleh temannya.

Jika ada banyak perbedaan pendapat dalam satu kelompok, mereka harus menahan dirinya masing-masing untuk mempertimbangkan pendapat teman yang lain atau dengan kata lain mereka menerapkannya dengan cara musyawarah.

Selain itu, suasana kelas juga lebih hidup dengan mendengarkan pendapat masing-masing kelompok didalamnya.

3. Demonstrasi

e-learning merupakan metode pembelajaran yang secara keseluruhan hanya dilakukan secara
Sumber: theskillsets.com

Model pembelajaran demonstrasi adalah metode menjelaskan suatu peristiwa atau materi tentang prosedur dengan cara mencontohkannya.

Tentu, model demonstrasi ini memiliki kelemahan didalamnya yaitu terlalu memakan waktu dalam penyampaiannya.

Selain itu, tidak semua materi bisa diterapkan dengan metode ini.

Meskipun demikian, sisi positifnya adalah siswa akan lebih tertarik dan fokus dalam memahami materi yang disampaikan.

4. Tanya Jawab

metode pembelajaran google classroom
Sumber: spurr.org

Metode tanya jawab adalah metode yang dilakukan dengan memberikan pertanyaan dari guru kepada siswa atau siswa yang memberikan pertanyaan ke guru.

Metode ini menyampaikan materi melalui pertanyaan dan jawaban yang diberikan, dan memiliki jangkauan persoalan yang lebih luas.

Manfaat dari metode ini adalah bisa mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi, dan memberikan stimulus siswa untuk merespon setiap aktivitas, serta guru juga bisa mengevaluasi apa hal – hal atau materi yang sekiranya sudah dan belum dipahami oleh murid.

5. Resitasi

pengertian metode pembelajaran
Sumber: apidm.lk

Metode Pembelajaran Resitasi biasa juga disebut dengan metode pembelajaran penugasan merupakan model pengajaran dengan memberikan tugas diluar jam kelas kepada siswa.

Guru memberikan tugas untuk memahami materi lebih lanjut di rumah masing-masing, kemudian ketika sesampainya di kelas siswa diharapkan bisa menjelaskannya didepan teman – temannya.

Kelemahan dari model ini terjadi apabila peserta didik memiliki sifat malas, maka terdapat kemungkinan kalau dia akan mengerjakan tugas dengan menyalin bahkan tidak melakukannya.

Di sisi lain, kelebihan dari sistem resitasi yaitu akan membiasakan siswa bertanggungjawab terhadap tugasnya sendiri, serta memiliki inisiatif untuk mempelajari materinya sendiri tanpa menunggu proses pembelajaran di kelas bersama tenaga pendidik.

6. Eksperimental

jenis jenis metode pembelajaran
Sumber: prajavani.net

Metode pembelajaran eksperimental juga biasa disebut dengan metode percobaan.

Metode ini menuntun sang pendidik untuk melakukan percobaan dan memberikan pegalaman kepada murid.

Contohnya, melakukan percobaan pencampuran warna. Guru bisa mencoba melakukan pencampuran dua warna berbeda dan menghasilkan warna baru.

Terkait materi warna tersebut, siswa akan mendapat pengalaman atas percobaan yang telah mereka lakukan.

Kelemahan dari metode pembelajaran ini adalah terdapat kemungkinan untuk siswa atau murid untuk takut melakukan percobaan tersebut.

Bisa saja mereka takut kotor dan lain sebagainya.

7. Study Tour

metode pembelajaran kurikulum 2013
Sumber: 247wallst.com

Metode pembelajaran study tour merupakan variasi dari berbagai jenis model pembelajaran yang ada.

Metode ini membawa para siswanya untuk berwisata keluar, dan mengenalkan hal – hal baru kepada mereka.

Contoh pelajaran yang bisa dilakukan dengan metode ini adalah pelajaran sejarah, guru bisa membawa muridnya untuk melakukan wisata atau perjalanan menuju museum.

Selain memberikan pengalaman yang mnyenangkan dan tidak membosankan, siswa juga akan merasa lebih paham terhadap materi karena bisa melihat secara langsung bukti sejarah yang ditampilkan.

Namun, metode ini tidak selalu bisa diterapkan di seluruh jenjang kelas.

Mungkin hanya bisa untuk yang tingkatnya sudah tinggi, atau bisa saja untuk anak – anak dengan dampingan orang tua.

8. Latihan

pengertian metode pembelajaran dan contohnya
Sumber: myadventuresininclusion.com

Metode latihan juga biasa disebut dengan metode pembelajaran drill.

Metode jenis ini dilakuakn oleh guru dengan memberikan berbagai macam latihan kepada siswanya.

Seperti namanya, latihan berarti pengulangan atau diulang-ulang secara terus menerus.

Kelebihan dari metode pembelajaran drill ini adalah memberikan kesiapan atas keterampilan siswa, serta memberikan pengetahuan yang luas kepada mereka.

Sedangkan kekurangan dari model jenis ini adalah siswa akan mudah merasa bosan, dan tidak meningkatkan tingkat kreativitas mereka.

9. Problem Solving

metode pembelajaran cooperative learning
Sumber: missqsteachingportfolio.wordpress.com

Metode pembelajaran problem solving merupakan suatu strategi mengajarkan materi dengan memberikan permasalahan berupa pertanyaan atau pernyataan terkait oleh tenaga pendidik.

Secara tidak langsung, siswa dihadapkan situasi permasalahan dan harus memecahkannya.

Kelebihan dari metode ini mendorong siswa untuk berpikir secara kritis dalam menemukan solusi atas permasalahan tersebut.

Namun, kelemahannya adalah proses pembelajaran yang memakan waktu untuk menunggu siswa dalam menemukan jawaban, serta tidak selalu materi atau pelajaran bisa memunculkan suatu permasalahan untuk diselesaikan.

10. Metode Mengajar Beregu

metode pembelajaran matematika
Sumber: livingly.com

Metode menagajar beregu ini dilakukan oleh beberapa guru atau tenaga pengajar dalam satu kelas, dengan setiap pengajar memiliki tugas berbeda didalamnya.

Untuk penilaiannya, biasa dilakukan dengan cara melakukan ujian lisan melalui beberapa guru tersebut, sehingga hasil penilaian tidak hanya ditentukan oleh satu orang guru saja.

11. Metode Mengajar Sesama Teman

metode pembelajaran generasi milenial
Sumber: naukriconsultant.com

Sepanjang proses pangajaran, pasti terdapat waktu dimana siswa bisa memahami materi yang disampaikan melalui temannya.

Nah, disini peran metode mengajar teman diterapkan.

Metode ini juga biasa disebut dengan metode peer teaching, yaitu siswa diminta untuk menyampaikan atau menjelaskan materi kepada temannya.

Selain memberikan penjelasan kepada sesama teman, proses assessment atau penilaian juga dilakukan oleh temannya sendiri.

Model ini lebih cocok untuk diterapkan di tingkat tinggi, karena siswa cenderung memiliki kemampuan yang hampir sama.

12. Jigsaw

metode pembelajaran home learning
Sumber: icenetmedia.com

Metode pembelajaran jigsaw dilakukan dengan membagi kelas menjadi beberapa kelompok dan memberikannya sub bahasan atau topik yang akan mereka dalami.

Masing-masing kelompok ini terdapat 4 hingga enam orang, dan mereka kemudian mendiskusikan sesuai materinya masing-masing.

Setelah itu, dari kelompok tersebut mereka harus menentukan satu orang ahli yang akan digabungkan dengan para ahli dari kelompok yang lain.

Melalui kelompok para ahli tersebut, mereka berdiskusi saling menjelaskan materinya masing-masing dan kembali lagi ke kelompoknya untuk disampaikan lagi.

Baru kemudian mereka menjelaskan didepan kelas.

13. Contextual Teaching and Learning Context (CTL)

metode pembelajaran anak usia dini
Sumber: babyonline.com

Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan proses pembelajaran dengan penerapan atau pengaplikasian materi pembelajaran kedalam kehidupan sehari-hari.

Konsep ini dilakukan untuk meningkatkan tingkat kemampuan afektif, kognitif, dan psikomotor siswa sehingga mereka berlatih untuk lebih kritis dalam menangkap setiap materi.

Manfaat dari metode ini adalah siswa akan lebih ingat dan materi yang diajarkan juga akan lebih diserap.

Mengapa demikian? Karena materi tersebut sangat berkaitan bahkan mereka terapkan di kehidupan mereka.

Dalam hal ini, guru dituntut agar bisa memberikan relasi atau hubungan atas materi yang ia sampaikan dengan kehidupan fakta dan memberikan penjalasan terkait keterlibatan siswa.

Oleh karena itu, melalui metode ini siswa tidak hanya mengingat materi secara jangka pendek tetapi juga mengimplementasikannya ke area yang lebih luas lagi, seperti kehidupan nyata.

Demikian uraian singkat tentang metode atau model – model pembelajaran yang bisa kamu terapkan di kelas.

Tentu masing – masing dari sekian jenis pembelajaran tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri, tinggal bagaimana kamu menyeseuaikannya dan membuat perancangan yang matang dengan kondisi atau situasi yang ada di kelas saja.

Kucing Anggora

Elga Octavianata
7 min read

Manusia Purba

Atlanditor Indiron Tana
14 min read

Hak Asasi Manusia

Farida Alviyani
7 min read

Logo Osis

Farida Alviyani
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *