Manajemen PAUD

6 min read

Pendidikan sangat penting untuk diberikan kepada anak-anak sejak dini tak terkecuali bagi anak di bawah enam tahun, yakni di kisaran usia 3 hingga 6 tahun.

Sebelum memulai pendidikan formal di TK atau sekolah dasar, anak terlebih dulu dibantu untuk membentuk kepribadian dengan sistem manajemen PAUD.

Kamu tentu bertanya-tanya mengapa PAUD diperlukan sementara metode pengajarannya tidak jauh berbeda dengan TK?

Manajemen PAUD merupakan cara awal untuk mengenali dan membangun karakter anak sebelum berada di jenjang peralihan dari TK menuju sekolah dasar.

Pengertian Manajemen PAUD

Pendidikan anak usia dini atau yang biasa disingkat PAUD adalah sistem yang dirancang khusus untuk membentuk dan membangun kepribadian dengan cara bermain sambil belajar.

Anak akan dimasukkan ke berbagai lembaga yang fokus untuk menangani sistem pembelajaran anak sebelum memasuki sekolah dasar, contohnya seperti taman kanak-kanak atau TK.

Segala sistem yang berkaitan untuk mengatur pendidikan tersebut dinamakan sebagai manajemen PAUD yang ditangani di bawah Kemendikbud.

PAUD perlu diberikan untuk membentuk karakter anak agar mudah berinteraksi bersama teman-teman mereka sejak kecil.

Serta mempelajari nilai budi pekerti yang baik di lingkungan sekitarnya.

Pada dasarnya pengertian secara detail tentang manajemen pendidikan anak usia dini terbagi menjadi dua sesuai dengan kalangan yang mendefinisikannya.

Berikut adalah pemahaman yang bisa Kamu ambil berdasarkan pandangan umum dan tokoh ahli

Secara Umum

Pengertian sekaligus pemahaman tentang manajemen pendidikan anak usia dini secara umum adalah usaha yang tersistem dengan baik dalam mengatur proses pendidikan anak.

Terdapat rentang usia anak yang dapat dimasukkan ke dalam sistem manajemen tersebut.

Pembagian sistem pendidikan kepada anak usia dini digolongkan menjadi beberapa kategori, mulai dari usia anak yang masih di bawah tiga tahun hingga 6 tahun.

Contohnya seperti TK yang umumnya dapat dimasuki oleh anak di rentang usia di atas 3 tahun hingga 6 tahun saja.

Saat itu anak juga mulai berada di tahap persiapan menuju ke jenjang SD.

Menurut Para Ahli

PAUD tergolong ke dalam sistem yang terorganisir untuk mengatasi berbagai permasalahan tentang pertumbuhan dan perkembangan karakter kepribadian anak.

Tata kelola serta segala aturan tersebut masih berada di bawah naungan sistem pendidikan yang cakupannya lebih luas lagi.

Pengertian manajemen pendidikan, termasuk PAUD menurut ahli berbagai hal yang berkaitan dengan sistem serta proses pengelolaan pendidikan.

Sistem tersebut memiliki tujuan yang terencana mulai dari jangka pendek, menengah, dan jangka panjang.

Pengertian ini telah dikemukakan secara singkat dalam (Mulyasa, 2002 : 19).

Tokoh lain yang mengemukakan penjelasan sedikit berbeda yakni Sagala, 2004 bahwa manajemen pendidikan merupakan bagian penerapan ilmu manajemen di bidang pendidikan.

Di dalamnya terdapat beberapa unsur seperti pembinaan, pengembangan, serta pengendalian usaha dalam praktik pendidikan.

Tujuannya adalah untuk mengaplikasikan prinsip, teori atau konsep manajemen di bidang pendidikan sesuai cita-cita utama yang hendak dicapai secara efektif dan efisien.

Baca juga:   Luas lingkaran

Hal ini diterapkan pada sistem pendidikan formal yang di dalamnya termasuk sistem manajemen PAUD.

Ruang Lingkup Manajemen PAUD

Jika Kamu berencana untuk membangun satuan pendidikan yang penting bagi anak seperti PAUD sebaiknya perlu mempelajari sistem manajemen ini.

Kamu harus tahu tentang ruang lingkup dalam manajemen yang terdiri dari banyak hal.

Cara untuk mengelolanya harus diawali dengan proses yang tepat, mulai dari penyediaan ruang, tata kelola, serta pengembangan.

Ruang lingkup manajemen PAUD secara inti terdiri dari perencanaan awal yang matang, tata kelola, tujuan, serta arah dan langkah manajemen PAUD selanjutnya di masa depan.

Berikut beberapa unsur penting yang perlu Kamu persiapkan untuk memanajemen sistem PAUD.

  • Sistem manajemen kurikulum PAUD
  • Manajemen sistem pendidikan serta tenaga pendidik
  • Mengatur sistem sarana dan prasarana
  • Mengatur tata desain di lingkungan area sekolah PAUD
  • Manajemen seluruh anak didik lewat lembaga PAUD
  • Melakukan proses penginputan dan output sistem PAUD
  • Melakukan manajemen pengawasan pada sistem PAUD

Selain fokus lingkup utama untuk memanajemen sistem di atas, pada dasarnya ruang lingkup PAUD juga harus membatasi kategori anak berdasarkan usia.

Hal ini untuk merencanakan sistem pembelajaran yang sesuai dengan proses penerimaan yang ditangkap masing-masing anak berdasarkan kategori usianya agar perkembangan mental dan pemikirannya efektif.

  • Infant, merupakan kategori sistem pembelajaran di tahap paling awal dan cocok untuk diberikan pada anak usia 0 hingga 1 tahun.
  • Toddler, adalah kategori manajemen pendidikan yang sesuai untuk anak di usia 2 hingga 3 tahun.
  • Preschool atau bisa juga disebut kindergarten children, seperti pendidikan taman kanak-kanak yang didapatkan di usia 3 hingga 6 tahun.
  • Early primary school, yakni pendidikan yang paling dasar bisa disebut sebagai SD namun hanya di kelas-kelas awal, diperoleh sejak anak berusia 6 hingga 8 tahun.

Ruang lingkup ketiga dikategorikan berdasarkan sistem lembaga pendidikan yang menaungi anak usia dini.

Ada beberapa lembaga yang fokus untuk mengelola sistem pendidikan yang setara paud, seperti kelompok bermain atau yang disingkat (KP), taman kanak-kanak (TK), Bustanul Athfal (BA),

Satuan PAUD Sejenis (SPS), Raudhatul Athfal (RA), dan TPA.

Fungsi dan Tujuan Manajemen PAUD

Manajemen pendidikan anak usia dini merupakan sistem dengan tujuan yang jelas sebagai lembaga penting yang berperan dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak.

Fungsi manajemen pun searah dengan tujuan utamanya, yakni membangun kepribadian yang meliputi sikap, emosi, cara komunikasi, hingga kecerdasan pada anak.

Manajemen dilakukan agar pendidikan yang diterapkan kepada anak-anak lebih terarah dan terkontrol dengan baik sesuai fokus tujuan yang diharapkan.

Sistem tersebut kemudian diatur sedemikian rupa sehingga terbentuk capaian unsur pendidikan yang tepat demi masa depan anak.

Aplikasi Manajemen PAUD

Kini untuk melakukan manajemen pendidikan di tingkat usia dini, Kamu tidak perlu repot lagi mengatur segala persyaratan administrasi dan pengajuan yang ribet.

Tersedia aplikasi yang simpel dan praktis untuk mengelola perencanaan dan penyusunan sistem PAUD tahap awal.

Aplikasi tersebut merupakan bagian dari inovasi manajemen PAUD yang semakin dipermudah.

Secara khusus sistem informasi manajemen PAUD telah diatur dengan sedemikian rupa melalui aplikasi yang bisa dimanfaatkan oleh para pengembang sistem.

Aplikasi tersebut bisa Kamu akses di situs resmi Kemendikbud yakni di link https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id.

Cara aksesnya dapat dilakukan dengan mudah melalui beberapa tahapan pendaftaran online.

Kamu juga perlu melakukan sinkronisasi data Dapodik terlebih dahulu untuk mengatur segala administrasi yang berkaitan dengan sistem manajemen.

Hal ini berkaitan dengan syarat dan ketentuan administratif tenaga pendidik, serta berbagai hal yang sifatnya kelembagaan.

Baca juga:   Download Subtitle

Konsep Dasar Manajemen PAUD

Lembaga pendidikan taman kanak-kanak yang lebih awal berdiri dan baru saja berkembang pesat di akhir 1999.

Pendirian lembaga diiringi dengan antusiasme masyarakat yang ingin menyekolahkan anak-anak mereka sejak dini.

Perkembangan tersebut hingga kini diterapkan tanpa dibarengi dengan sistem manajemen yang mumpuni.

Ketika Kamu berencana untuk membangun dan mengembangkan pendidikan tersebut, setidaknya harus berdasarkan konsep atau prinsip dasar.

Serta pahami tujuan utama untuk memangun PAUD secara efektif dan efisien untuk masa depan anak.

Berikut adalah konsep yang harus diusung selama menjalankan proses pengembangan PAUD.

Koordinasi dan Komunikasi

Setiap lembaga harus memiliki sumber daya manusia mumpuni yakni para pekerja yang merupakan pendidik yang mampu mengkoordinasikan pembagian tugas.

Para pendidik terdiri dari struktur yang sama pada lembaga pendidikan lainnya.

Terdiri dari Kepala sekolah PAUD yang memiliki tugas untuk mengelola berbagai program sekolah secara efisien.

Lembaga perlu dijalankan dan diorganisir oleh para pelaku yang kompeten serta dapat saling berkoordinasi dan komunikasi dengan baik.

Manajemen perlu dijalankan dengan penyusunan sistem kelembagaan yang tertata dengan tanggung jawab serta bekerja sama antar anggota.

Ketegasan dan Komitmen

Para pekerja yang ikut terlibat ke dalam sistem manajemen harus memiliki komitmen, artinya sanggup dan menerima semua tugas yang diberikan.

Para staf administrasi, guru PAUD serta orang tua perlu turut serta dalam mengoptimalkan pembelajaran anak lewat lembaga PAUD.

Sedangkan kepala sekolah sebagai pengelola dan pengkoordinir utama harus memiliki ketegasan untuk mengemban tanggung jawabnya.

Serta mengayomi seluruh anggota di bawahnya untuk bekerja bersama untuk mencapai tujuan utama dalam mendidik perkembangan kecerdasan anak.

Profesionalisme

manjemen paud terjamin

Unsur profesionalisme merupakan hal yang berkaitan dengan sikap disiplin tiap pihak yang terlibat untuk menjalankan fungsi lembaga.

Setiap tanggung jawab harus dilaksanakan sesuai dengan standar yang diberlakukan pada program sekolah.

Profesionalitas kerja juga tidak disertai sikap terlalu mengedepankan kepentingan pribadi.

Konsep Kompetisi

Cara mendidik yang baik adalah sesuai dengan tiap karakter anak didiknya, sementara kepala sekolah juga perlu membebaskan pendidik untuk memaksimalkan metode mengajar.

Caranya dengan menerapkan sistem bersaing atau kompetisi dengan memberikan hadiah serta beberapa jenis sanksi bagi setiap pengajar dengan tanggung jawab mereka.

Semakin baik suasana yang kompetitif di dalam tubuh lembaga maka semakin meningkat profesionalitas kerja masing-masing pendidik.

Termasuk kepada para anak-anak yang sedang dididik untuk bermain sambil belajar.

Motivasi ini bisa ditumbuhkan dari satu pendidik ke pendidik lain, serta dari pendidik ke para siswa PAUD yang diajarnya.

Data Manajemen PAUD

Sistem pendidikan kini dibuat lebih raman dan berbasis masyarakat sehingga dapat diakses secara luas, termasuk bagi seluruh pendidik di lembaga PAUD.

Tersedia sistem khusus yang memuat tentang data-data manajemen PAUD yang kini bisa diakses secara online.

Informasi dan data termasuk ke dalam sistem manajemen PAUD Dikmas yang dapat diakses lewat situs Dapodik.

Isinya berupa beberapa data tentang satuan pendidikan, daftar para pendidik, rombongan belajar, peserta didik, dan hal lainnya.

Setiap bagian data tersebut terbagi ke dalam kategori sanggar kegiatan belajar, lembaga kursus dan pelatihan, dan PKBM.

Semua informasi tentang data tersebut terintegrasi ke dalam situs Dapodik online sesuai jumlah yang masuk sejak tahun 2016 hingga 2019.

Kamu bisa dapatkan semua data di berbagai satuan pendidikan, terutama yang telah ter-sinkronisasi dengan pusat di tiap wilayah tempat didirikannya sekolah.

Baca juga:   Google Form

Kamu juga dapat melihat tingkat perkembangan serta progres di tiap pendidikan anak usia dini tiap wilayah.

Caranya, manajemen harus selalu diupgrade dengan memasukkan data yang paling baru.

Setiap pendidik harus mengetahui tentang penerapan sistem manajemen online tersebut, sementara pihak pengelola harus secara bertanggung jawab mengontrol sistem data.

Cara Mengisi Dapodik PAUD Secara Online

Kamu tidak perlu repot membuat proposal atau makalah untuk menyusun rencana manajemen PAUD.

Karena kini tersedia situs khusus agar Kamu dapat menyelesaikan semua masalah secara administratif dan mengaksesnya tiap saat dengan mudah.

Kamu terlebih dahulu perlu mengetahui cara registrasi, yaitu dengan mengisi semua persyaratan yang diberikan oleh Dapodik.

Caranya dapat Kamu akses secara online di https://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/.

Kemudian ikut langkahnya secara berurutan seperti pada penjelasan di bawah ini.

1. Kunjungi Laman Situs dan Pilih Menunya

aplikasi 2020 manjemen paud

  • Seperti yang disebutkan sebelumnya, Kamu perlu mengunjungi situs Dapodik kemudian di menu pojok kanan atas, klik login dan satuan pendidikan.
  • Tunggu hingga laman selesai dimuat, isi alamat email atau username beserta password.
  • Jika Kamu belum memiliki username atau password sebaiknya lakukan registrasi akun terlebih dahulu.
  • Siapkan beberapa berkas yang dibutuhkan sesuai menu yang akan diakses, misalnya berkas untuk mengelola administrasi kelembagaan maupun pengelolaan para pendidik.
  • Untuk sinkronisasi sistem offline ke Dapodik secara online atau sebaliknya, pilih tombol Dapodik Online maupun Offline.
  • Ubah sinkronisasi dan tunggu prosesnya hingga usai.
  • Lakukan pengecekan validasi data, caranya dengan masuk pada dashboard Dapodik. Di sana Kamu bisa melihat seluruh data yang masih invalid atau warning, serta yang sudah valid.

2. Menu untuk Mengeluarkan atau Meluluskan Para Peserta Didik

  • Pilih menu Peserta didik, kemudian cari pilihan Peserta Didik.
  • Pilih nama peserta didik yang hendak ditentukan untuk dikeluarkan atau diluluskan.
  • Tunggu prosesnya dan masuk ke laman untuk mengeluarkan atau meluluskan peserta didik, isilah datanya secara lengkap. Kemudian Simpan.

3. Menu untuk Menyalin Penugasan PTK

manajemen paud perkembangan

  • Pilih menu Tenaga Pendidik kemudian klik PTK.
  • Klik Ya setelah menekan tombol Salin Penugasan PTK.
  • Klik Ok setelah Kamu sukses untuk menugaskan PTK di tahun ajaran selanjutnya.
  • Akan ada ucapan bahwa Anda telah berhasil menyalin penugasan PTK atau memproses kelulusan peserta didik.

4. Menu Update Sistem Sanitasi di sekolah

  • Pilih Menu Lembaga, klik Sanitasi, kemudian tentukan Salin Data Sanitasi.
  • Klik Ya hingga Kamu memperoleh ucapan bahwa telah berhasil melakukan sanitasi data sekolah.

5. Menu untuk Mengupdate Sistem Secara Rinci dan Periodik

aplikasi manajemen paud

  • Pilih Menu Lembaga, kemudian Data Periodik, klik Salin Data Periodik.
  • Tunggu hingga Kamu berhasil masuk menuju laman Salin Periodik, kemudian klik Ya.

6. Menu Penerimaan BOP

  • Jika Kamu menyetujui program BOP maka lakukanlah langkah persetujuan lewat Menu Lembaga.
  • Kemudian pilih tulisan Bersedia Menerima BOP dan klik Simpan.
  • Apabila situs tidak bisa dibuka, maka tunggulah hingga maintenance system selesai sehingga Kamu bisa mengaksesnya kembali. Pastikan bahwa perangkatmu tersambung dengan koneksi internet.
  • Aplikasi Manajemen PAUD juga dapat diterapkan untuk pendidikan non formal, namun hanya yang telah mendaftarkan seluruh data yang dibutuhkan pada sistem pendidikan.

Informasi yang terdapat pada sistem manajemen PAUD tidak akan berubah jika Kamu tidak mengupdatenya.

Terus kelola data rencana dan penyusunan pendidikan hingga anak-anak mengalami perkembangan kemajuan yang efektif, dan kontrol prosesnya secara tegas serta profesional.

Bilangan Prima

Elga Octavianata
6 min read

Ikan Cupang

Elga Octavianata
9 min read

Kucing Anggora

Elga Octavianata
7 min read

Manusia Purba

Atlanditor Indiron Tana
14 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *