Makanan Khas Kalimantan Barat

Setiap provinsi di Indonesia pasti memiliki makanan khas, termasuk Provinsi Kalimantan Barat. Kalimantan Barat terkenal dengan makanan khas yang merupakan hasil persilangan dengan budaya Tionghoa. Bakmi dan chai kwe adalah beberapa contoh makanan khas Kalimantan Barat yang berasal dari persilangan tersebut. Selain kedua makanan tersebut, masih banyak jenis makanan khas Kalimantan Barat yang enak dan lezat.

Penasaran dengan makanan khas Kalimantan Barat yang lain? Yuk, simak dalam artikel berikut ini.

Macam-macam Makanan Khas Kalimantan Barat

1. Ale-ale

nama makanan khas kalimantan barat ale-ale
Sumber: 1.bp.blogspot.com

Ale-ale adalah salah satu olahan hasil laut dari Kalimantan Barat. Bahan yang digunakan adalah kerang yang berwarna putih bening. Makanan ini biasanya diolah dengan bumbu yang pedas dan segar. Ketapang adalah daerah yang banyak membuat makanan ini. Biasanya ale-ale dimakan sebagai cemilan dengan cocolan kecap atau juga dimakan bersama dengan nasi hangat.

2. Asam Pedas Tempoyak

Sumber: thehalalfoodblog.com

Tak hanya di Sumatera, masyarakat Kalimantan Barat juga memiliki makanan khas berupa tempoyak. Tempoyak adalah masakan berbahan dasar ikan patin yang difermentasi sebelum dimasak. Setelah beberapa hari melalui proses fermentasi, ikan patin dimasak bersama bumbu dengan cita rasa pedas asam. Makanan ini sangat cocok disantap dengan sepiring nasi putih hangat.

3. Bakmi Keriting

foto makanan khas kalimantan barat bakmi keriting
Sumber: nibble.id

Sekilas makanan ini mirip dengan mie atau bakmi pada umumnya. Namun, jika diteliti lagi ada beberapa perbedaan yang membuat bakmi ini menjadi unik. Seperti namanya, bakmi keriting menggunakan mie keriting.

Tidak seperti bakmi lain yang memakai mie berbentuk lurus. Selain itu, bakmi ini juga menggunakan topping kepiting yang dimasak dengan bumbu khusus. Jika ingin menikmati seafood dengan variasi lain, bakmi keriting bisa menjadi salah satu pilihan.

4. Bingka

foto makanan khas kalimantan barat bingka
Sumber: resepkoki.id

Bingka adalah makanan khas Kalimantan Barat yang berupa kue. Makanan ini terbuat dari tepung terigu, telur, dan santan. Kue ini dimasak dengan cara yang sama dengan kue lumpur. Biasanya kue bingka dibuat dengan cetakan berbentuk bunga yang cantik. Namun, ada juga yang menggunakan cetakan bulat biasa.

5. Bubur Ikan

foto makanan khas kalimantan barat bubur ikan
Sumber: phinemo.com

Makanan ini terbuat dari nasi yang direbus bersama kuah kaldu. Ikan digunakan sebagai topping sesuai dengan namanya. Karena menggunakan nasi sebagai bahan bubur, tekstur yang dihasilkan tidak selembut bubur pada umumnya.

6. Bubur Pedas

foto makanan khas kalimantan barat bubur pedas
Sumber: 4.bp.blogspot.com

Makanan ini adalah makanan khas peninggalan Keraton Sambas. Meskipun namanya bubur, makanan ini tidak menggunakan cara memasak yang sama dengan bubur pada umumnya. Cara memasak bubur pedas adalah dengan menumbuk halus semua bahan yang digunakan. Biasanya, makanan ini menggunakan sekitar 30 jenis sayuran di dalamnya.

7. Burung Punai

foto makanan khas kalimantan barat burung punai
Sumber: resepkoki.id

Burung Punai adalah hewan yang mudah ditemukan di Kalimantan Barat. Bentuknya mirip dengan burung dara atau burung puyuh. Biasanya burung punai dimasak dengan cara digoreng atau dibakar. Dalam penyajiannya, burung punai goreng atau bakar dilengkapi dengan sambal dan lalapan.

8. Chai Kwe

foto makanan khas kalimantan barat chai kwe
Sumber: usercontent.com

Chai kwe adalah perpaduan masakan Melayu dan Tionghoa. Makanan ini berbentuk seperti dim sum dengan berbagai jenis isian. Bahan isian yang biasa digunakan adalah potongan talas, bengkuang, ebi, dan daun kucai. Chai kwe biasanya dimakan sebagai cemilan oleh masyarakat Kalimantan Barat. Cara memasak chai kue adalah direbus menggunakan panci bambu.

9. Es Krim Petrus

foto makanan khas kalimantan barat es krim petrus
Sumber: andrebinartocom.files. wordpress.com

Es krim petrus adalah campuran es krim lembut berbagai rasa dengan rumput laut atau kacang merah. Minuman manis dan segar ini unik karena disajikan menggunakan batok kelapa. Sekilas minuman ini terlihat seperti es krim kekinian yang dijual dengan harga cukup mahal. Namun, aslinya minuman ini dijual dengan harga yang wajar.

10. Jorong-jorong

foto makanan khas kalimantan barat jorong jorong
Sumber: instagram.com

Makanan ini adalah cemilan atau kue yang banyak dijual ketika bulan puasa. Bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah tepung beras dan santan. Campuran bahan tersebut kemudian dimasukkan ke cetakan daun pisang lalu dikukus hingga matang.

11. Kerupuk Basah

foto makanan khas kalimantan barat kerupuk basah
Sumber: 2.bp.blogspot.com

Kerupuk basah adalah makanan khas Kalimantan Barat yang mirip dengan pempek. Namun, makanan ini tidak digoreng layaknya pempek. Setelah dikukus, biasanya kerupuk basah langsung dimakan bersama dengan saus kacang.

12. Kiam Ko Kwe

foto makanan khas kalimantan barat kiam ko kwe
Sumber: instagram.com

Seperti namanya, makanan ini memang makanan khas Kalimantan Barat yang mengalami percampuran budaya dengan Tionghoa. Bahan utama yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah tepung beras. Jika sudah matang, kiam ko kwe diberi topping daging ayam cincang.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

13. Kue Kantong Semar

foto makanan khas kalimantan barat kue kantung semar
Sumber: lh6.googleusercontent.com

Makanan ini diberi nama demikian karena menggunakan kantung semar asli sebagai pembungkusnya. Kue kantung semar terbuat dari adonan beras ketan yang dicampur dengan kacang merah kukus. Karena termasuk ke dalam tumbuhan yang dilindungi, maka kue yang menggunakan kantong semar asli hanya dipakai di acara adat saja.

14. Kwe Kia Teng

foto makanan khas kalimantan barat kwe kia teng
Sumber: merahputih.com

Kwe kia teng adalah makanan sejenis bakso dengan berbagai isian. Namun, makanan ini banyak menggunakan babi sebagai bahannya sehingga tidak bisa dikonsumsi para muslim. Selain bakso, ada beberapa bagian babi yang dimasukkan sebagai campuran.

15. Kwetiau

foto makanan khas kalimantan barat kwetiau
Sumber: makanmana.net

Meskipun terkenal sebagai Chinese food, kwetiau juga menjadi salah satu makanan khas yang ada di Kalimantan Barat. Makanan ini bisa sampai di Kalimantan Barat karena pada zaman dahulu banyak warga Tionghoa yang melakukan migrasi ke Pulau Kalimantan. Kwetiau ini bisa dimasak dengan cara digoreng atau direbus sesuai dengan selera.

16. Lek Tau Suan

foto makanan khas kalimantan barat lek tau suan
Sumber: 2.bp.blogspot.com

Lek Tau Suan adalah makanan yang terbuat dari kacang hijau yang telah dikupas kulitnya. Kacang hijau yang sudah direbus kemudian dimasak bersama kuah kental bening yang terbuat dari tepung tapioka dan gula. Lek Tau Suan sendiri memiliki arti mutiara hijau yang berkilauan. Nama ini mengacu pada kuah makanan yang bening seperti air yang berkilau.

17. Lempok Durian

foto makanan khas kalimantan barat lempok durian
Sumber: slatic.net

Lempok durian adalah cemilan manis sejenis dodol. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan lengket. Biasanya, lempok durian dijadikan sebagai oleh-oleh para wisatawan yang datang ke Pontianak.

18. Mie Kepiting

foto makanan khas kalimantan barat mie kepiting
Sumber: dolandolen.com

Mie kepiting adalah olahan khas Kalimantan Barat yang mirip dengan mie ayam. Perbedaannya dengan mie ayam biasa adalah penggunaan kepiting sebagai topping. Selain kepiting, mie ini juga biasa disajikan dengan toping lain, seperti bakso dan pangsit.

19. Mie Sagu

foto makanan khas kalimantan barat mie sagu
Sumber: 1.bp.blogspot.com

Seperti namanya, makanan ini adalah olahan mie yang terbuat dari sagu. Bentuknya lebih tebal dengan tekstur yang lebih kenyal. Mie ini memiliki warna yang hitam kusam, tidak seperti mie pada umumnya yang berwarna putih atau kuning. Biasanya mie sagu dimasak dengan campuran daun kucai, kecambah, serta daging.

20. Pasung atau Sambas

foto makanan khas kalimantan barat sambas
Sumber: idntimes.com

Makanan yang satu ini merupakan salah satu makanan khas bulan puasa. Daun pisang yang digunakan untuk membungkus makanan ini berbentuk kerucut. Ada 2 varian rasa yang bisa dipilih dari makanan ini, ayitu manis dan gurih. Meskipun ada setiap saat, tapi makanan ini sangat melimpah saat bulan puasa tiba.

21. Pengkang

foto makanan khas kalimantan barat pengkang
Sumber: foodnesia.net

Pengkang adalah salah satu makanan ringan yang berasal dari Kalimantan Barat. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang diisi dengan ebi. Setelah dibungkus menggunakan daun pisang, pengkang kemudian dibakar. Karena proses pembakaran inilah pengkang memiliki aroma yang khas.

22. Pisang Goreng Srikaya

foto makanan khas kalimantan barat pisang goreng srikaya
Sumber: foodnesia.net

Makanan ini mirip dengan hidangan pisang goreng pada umumnya. Perbedaannya adalah selai srikaya yang ditambahkan pada pisang goreng. Selai srikaya membuat cita rasa yang dihasilkan makanan ini menjadi unik. Biasanya makanan ini dimakan sebagai cemilan sore ditemai teh atau kopi.

23. Sagu Gunting/Ce Huan Tiao/Su Fun Tiao

foto makanan khas kalimantan barat sagu gunting
Sumber: foodnesia.net

Sagu gunting adalah jajanan dari Kalimantan Barat yang berupa es. Minuman isi terdiri dari beberapa isian yang unik. Terdapat campuran tepung sagu dan tepung beras yang digunting tipis menyerupai mie. Selain itu, dalam minuman ini juga ditambahkan kacang merah sebagai topping. Kuah yang digunakan adalah kuah santan dan gula.

24. Sotong Pangkong

foto makanan khas kalimantan barat sotong pangkong
Sumber: slatic.net

Sotong pangkong adalah makanan yang terbuat dari cumi-cumi. Saat musim panen tiba, jumlah cumi-cumi di Kalimantan Barat sangat melimpah. Masyarakat kemudian mengawetkannya dengan cara dijemur hingga kering. Sotong ini bisa dimakan langsung dengan bumbu maupun dimasak asam manis.

Nah, itu tadi macam-macam makanan Khas Kalimantan Barat dan penjelasannya. Ada banyak varian makanan yang bisa dicoba mulai dari makanan manis, asin, gurih, pedas, hingga minuman yang menyegarkan. Jika berkunjung ke Kalimantan Barat, jangan lupa dicoba ya!

Nirwana Pradana Maharani

Aktif dalam organisasi dan event mahasiswa semasa berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi. Sedang tertarik mendalami dunia fotografi. Saya juga tertarik mengikuti artikel-artikel terkait fashion dan kuliner.

Update : [modified_date] - Published : [publish_date]

Tinggalkan komentar