41 Minuman dan Makanan Khas Cirebon yang Enak dan Lezat

Kota Cirebon, Jawa Barat merupakan daerah penghasil udang terbesar di Indonesia, oleh karena itu banyak sekali makanan khas Cirebon yang terbuat dari olahan udang dan makanan laut lainnya. Selain itu, makanan khas Cirebon juga terkenal dengan cita rasanya yang gurih dan pedas.

Nah, penasaran dengan kuliner khas Cirebon yang lezat? simak daftar minuman dan makanan khas Cirebon yang telah kami rangkum beserta harganya berikut ini!

Daftar minuman dan makanan khas cirebon

1. Nasi jamblang

nasi jamblang makanan khas Cirebon
nongki.net

Makanan khas Cirebon yang pertama adalah nasi jamblang yang merupakan kuliner asli dari kota Udang ini. Kuliner ini berupa nasi yang dibungkus dengan daun jati dan disajikan bersama lauk yang bermacam-macam sesuai dengan keinginan pembeli karena lauk akan digelar secara prasmanan. Biasanya lauk yang disediakan adalah sate telur puyuh, bacem, sate kentang, ayam goreng, ikan asin, udang, dan masih banyak lagi.

Seriring berjalannya waktu keunikan daun jati yang menjadi pembungkus nasi jamblang berubah hanya menjadi alas piring sajian nasi yang diberi nama dari salah satu daerah di kota Cirebon tersebut.

Harga satu porsi nasi jamblang berkisar antara Rp 2.000,- hingga Rp 20.000,- tergantung lauk apa yang dipilih sebagai pendamping.

2. Nasi Lengko

nasi lengko makanan khas Cirebon
pinterest.com

Nasi lengko adalah kuliner khas Cirebon yang bisa dibilang menyehatkan karena sajiannya berupa sayur-sayuran dan protein nabati tanpa ada daging sedikit pun. Satu porsi nasi lengko terdiri dari nasi putih, tahu goreng, tempe goreng, tauge, timun, dan taburan daun kucai serta bawang goreng kemudian disiram dengan saus kacang.

Untuk bisa menikmati lezatnya nasi lengko, kamu hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp 10.000,- hingga Rp 12.000,- saja.

3. Docang

docag makanan khas Cirebon
foodnesia.net

Makanan satu ini wajib kamu coba jika sedang berkunjung ke kota Cirebon.

Sekilas, sajian docang mirip seperti lontong sayur, isian docang sendiri terdiri dari lontong, tauge, daun singkong, dan oncom kemudian disiram dengan kuah santan kemerahan dan parutan kelapa muda. Di atas sajian docang biasanya ditaburi remasan kerupuk putih atau kerupuk kulit sehingga membuat docang semakin lezat.

Hanya dengan merogoh kantong mulai dari Rp 8.000,- kamu sudah bisa menikmati makanan khas kota udang yang mengenyangkan ini.

4. Empal gentong

empal gentong makanan khas Cirebon
pinterest.dk

Sesuai dengan namanya, empal gentong adalah kuliner berupa daging sapi dan jeroan yang diolah dengan bumbu santan dan dimasak di wadah gentong yang terbuat dari tanah liat.

Empal gentong dimasak dengan cara tradisional yaitu dengan kayu bakar dengan durasi yang cukup lama, sekitar 5 jam. Hal itu lah yang membuat cita rasa empal gentong sangat khas dan daging sapi yang dimasak memiliki tekstur yang lembut dan tidak alot.

Satu porsi empal gentong biasanya dihargai sekitar Rp 25.000,-.

5. Empal asam

empal asam makanan khas Cirebon
pinterest.com

Selanjutnya adalah empal asam yang memiliki banyak perbedaan dengan empal gentong yang telah kita bahas di atas. Empal asam adalah kuliner olahan daging sapi yang memiliki cita rasa asam dari belimbing wuluh yang dicampurkan ke dalam kuah. Kuliner ini lebih rendah lemak jika dibandingkan dengan empal gentong karena tidak mengandung santan dan daging yang digunakan hanya daging paha belakang yang bebas lemak.

Harga satu porsi empal asam sama dengan empal gentong yaitu sekitar Rp 25.000,-.

6. Mie koclok

mie koclok makanan khas Cirebon
idntimes.com

Mie koclok merupakan kuliner khas Cirebon yang berbahan dasar mie dan dicampur dengan suwiran ayam, tauge, irisan telur dan taburan daun bawang kemudian disiram dengan kuah putih kental. Jika kamu pecinta mie, maka kamu wajib mencicipi kuliner yang telah ada sejak tahun 1945 ini.

Tempat terbaik untuk menikmati mie koclok adalah di warung pak Edy yang merupakan generasi penerus dari penemu kuliner ini.

7. Tahu gejrot

tahu gejrot makanan khas Cirebon
brilicious.brilio.net

Hidangan yang satu ini sudah terkenal di mana-mana, bahkan kamu bisa menjumpai tahu gejrot khas Cirebon yang dijual di luar kota.

Kuliner ini terbuat dari tahu pong yang dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan cabai rawit hijau dan merah juga bawang merah kemudian disiram saus asam gula jawa. Rasanya yang pedas dan menyegarkan membuat tahu gejrot cocok dimakan saat siang hari.

8. Sate kalong

sate kalong makanan khas Cirebon
tripzilla.id

Jika mendengar namanya, mungkin kamu mengira bahwa kuliner ini terbuat dari daging kelelawar. Kenyataannya nama kalong diberikan karena aktivitas penjualnya yang dilakukan di malam hari artinya kamu tidak akan menemukan kuliner sate kalong pada siang hari.

Yang membuat makanan ini unik adalah daging yang digunakan bukan daging ayam atau kambing, melainkan daging kerbau. Sate kalong memiliki cita rasa yang manis, namun jika kamu ingin merasakan sate kalong pedas dan gurih, kamu bisa mencocolnya dengan sambal merah.

9. Rujak kangkung

rujak kangkung makanan khas Cirebon
dapurmiranti. blogspot.com

Rujak kangkung merupakan kuliner yang berasal dari Kuningan, Kabupaten Cirebon.

Sajiannya terdiri dari kangkung yang telah direbus kemudian disiram dengan bumbu rujak yang berwarna merah, inilah yang membedakan antara rujak kangkung dan plecing kangkung karena bumbu yang disiramkan di plecing kangkung adalah sambal kacang. Bumbu merah yang disiramkan berupa olahan cabe rawit, bawang merah, asam jawa, dan terasi udang yang ditumbuk langsung pada saat rujak kangkung akan disajikan dan diberi irisan jeruk purut.

Bisa kamu bayangkan bagaimana rasa pedas dan segar yang membakar lidahmu saat menikmati kuliner ini.

10. Pedesan entog

pedesan entog makanan khas Cirebon
foodnesia.net

Sesuai dengan namanya, kuliner pedesan entog merupakan entok (unggas sejenis bebek tapi lebih besar dan bontot) yang dimasak dengan bumbu pedas.

Sebenarnya memasak entog membutuhkan keterampilan dan resep yang tepat karena juka keliru, alih-alih daging mentog menjadi lembut, justru malah semakin keras dan alot. Daging mentog tersebut dilumuri dengan bumbu rempah seperti rica-rica yang pedas sehingga warnanya berubah menjadi merah menyala dan diselimuti biji cabai. Namun, walaupun warnanya yang merah dan seluruh dagingnya terlumuri dengan bumbu, rasa pedesan mentog tidak sepedas kelihatannya karena sang penjual memiliki prinsip bahwa rasa rempah dan pedas masakan ini harus seimbang.

Jika kamu berkunjung ke Cirebon dan ingin menikmati pedesan mentog, kamu bisa datang ke satu-satunya warung pedesan mentog yang berada di Jalan Fatahillah No. 80 Blok Kawung, Megu Gede, Weru, Cirebon.

11. Bubur sop ayam

bubur sop ayam makanan khas Cirebon
furirachmawati.com

Sekilas, sajian bubur sop ayam terlihat sama seperti bubur ayam di daerah lain. Tapi di Cirebon, bubur sop ayam adalah perpaduan antara bubur yang lebih mirip seperti nasi tim dan sop ayam yang gurih dengan rasa lada yang khas. Di atas sajian bubur sop ayam biasanya ditaburi dengan kacang kedelai, ayam suwir, dan kerupuk.

Konon, masakan berkuah ini bisa meredakan masuk angin karena kandungan lada di dalamnya yang hangat membuat perut kembung terasa lega setelah memakan masakan ini. Jika di daerah lain bubur ayam biasa dikonsumsi sebagai menu sarapan, di Cirebon bubur sop ayam justru tersedia pada malam hari.

12. Gado-gado ayam

gado-gado ayam makanan khas Cirebon
promositoday.com

Siapa yang tidak mengenal gado-gado? Masakan yang disebut-sebut sebagai saladnya orang Indonesia ini bisa kita jumpai di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Jika gado-gado biasanya berisi lontong, sayur mayur, tahu dan potongan telur kemudian disiram dengan saus kacang, gado-gado khas Cirebon agak sedikit berbeda. Sajian gado-gado tersebut disiram lagi dengan kuah kari ayam yang gurih.

Jika kamu penasaran dengan rasanya, kamu harus mampir untuk mencobanya jika berkunjung ke Cirebon.

13. Sate kentang

sate kentang makanan khas Cirebon
bukalapak.com

Sesuai namanya, sate kentang merupakan kentang yang dipotong spiral dan dibumbui dengan tepung kemudian digoreng hingga renyah. Setelah matang, sate kentang ditambahkan saus gula merah dan kacang sehingga rasanya menjadi manis, pedas dan gurih.

Camilan ini masih terbilang baru di Cirebon, namun sangat digandrungi mulai anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

14. Tahu Kuningan

tahu kuningan makanan khas Cirebon
phinemo.com

Tahu kuningan merupakan tahu khas Cirebon yang memiliki tekstur lebih padat dan lembut dibandingkan dengan tahu Sumedang. Tahu ini terbuat dari biji kedelai yang diolah sedemikian rupa dan telah melewati proses fermentasi sehingga menjadi camilan khas yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh khas kota udang.

15. Ketoprak Cirebonan

ketoprak cirebonan makanan khas Cirebon
sukita.info

Ketoprak Cirebonan merupakan kuliner khas Cirebon yang terdiri dari lontong, bihun putih, tauge, tahu, dan mentimun yang disiram saus kacang dan kecap kemudian ditaburi daun kucai. Biasanya penjual menumbuk saus kacangnya di atas piring secara langsung ketika ada pembeli dan pembeli bisa mengatur rasa pedas yang diinginkannya.

Satu porsi ketoprak cirebon dihargai sekitar Rp 10.000,- hingga Rp 15.000,-.

16. Gepu

gepu makanan khas Cirebon
foodnesia.net

Gepu merupakan kudapan khas Cirebon yang berbahan dasar singkong yang diberi isian oncom atau dage kemudian digoreng. Bentuk gepu menyerupai bakwan dan sangat nikmat jika disajikan hangat sebagai camilan sore hari atau dimakan saat hujan.

Gepu banyak dijajakan di pinggir jalan kota Cirebon.

17. Growolan

growolan makanan khas Cirebon
jadiberita.com

Growolan merupakan makanan tradisional khas Cirebon yang terbuat dari gaplek yang dicampur dengan parutan kelapa muda. Kudapan berwarna cokelat ini telah ada sejak zaman dulu dan tidak tergerus oleh makanan-makanan yang baru muncul. Hal tersebut dikarenakan cita rasa growolan yang lezat dan cara membuatnya yang agak sulit sehingga masyarakat sangat menyukai makanan satu ini.

18. Tape ketan daun jambu

tape ketan daun jambu makanan khas Cirebon
realtehema.
blogspot.com

Tape ketan adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang ada di beberapa daerah. Namun di Cirebon, tape ketan memiliki dengan ciri khas tersendiri yaitu dibungkus dengan daun jambu.

Tape ketan Cirebon sejatinya terbuat dari ketan putih yang telah difermentasi kemudian dibungkus dengan daun jambu sehingga memberikan rasa masam pada tape tersebut.

19. Gadungan

gadungan makanan khas Cirebon
cookpad.com

Gadungan merupakan camilan khas kota Udang yang masih banyak dijajakan secara berkeliling oleh penjualnya. Camilan ini terbuat dari campuran singkong dan kelapa yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasikan makanan yang enak. Hingga saat ini, gadungan masih banyak digemari oleh masyarakat Cirebon.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

20. Serabi

serabi makanan khas Cirebon
twitter.com

Serabi biasanya disajikan sebagai menu sarapan atau pengganjal perut saat lapar oleh masyarakat Cirebon karena rasanya yang gurih dan mengenyangkan. Perbedaan serabi khas Cirebon dengan serabi Jawa adalah jika di Jawa serabi disajikan dengan kuah santan dan gula merah atau biasa disebut serabi kinca sehingga rasanya menjadi manis, di Cirebon serabi disajikan bersama gorengan.

Camilan ini banyak diual di pasar-pasar tradisional di kota Udang.

21. Terasi udang Cirebon

terasi udang makanan khas Cirebon
snackkhas kuningan. blogspot.com

Kekayaan alam Cirebon berupa udang menjadikan kota ini dijuluki kota udang. Tak heran juka banyak terdapat olahan makanan yang terbuat dari udang di kota ini, salah satunya adalah terasi.

Terasi udang yang terkenal hingga di seluruh Indonesia ini terbuat dari udang rebon yang sangat kecil dan cocok dijadikan sebagai bumbu pelengkap masakan terutama sambal.

22. Wajik Komplang

wajik komplang makanan khas Cirebon
wikipedia.org

Jika kamu ingin mencicipi wajik komplang, kamu harus datang ke Cirebon pada malam jum’at kliwon karena makanan khas keraton ini hanya akan kamu temui pada malam tersebut. Wajik komplang memiliki isian kacang almond dan kismis keju yang sangat menarik untuk dicicipi.

23. Kue Gapit

kue gapit makanan khas Cirebon
resepkoki.id

Makanan ringan yang satu ini wajib kamu beli jika berkunjung ke kota udang. Kue gapit berbentuk tipis dan renyah dengan varian rasa yang beragam seperti rasa bawang, manis, balado, dan masih banyak lagi.

24. Emping

emping makanan khas Cirebon
empinglimpung.com

Emping merupakan keripik yang terbuat dari melinjo yang ditipiskan sedemikian rupa. Oleh-oleh emping dijual secara matang dan mentah, jika dijual secara matang akan ditambahkan bumbu pelengkap manis, rasa udang, rasa rumput laut dan lain-lain sehingga rasanya menjadi semakin lezat.

25. Aci Dikoko

aci dikoko makanan khas Cirebon
twitter.com

Aci dikoko merupakan makanan khas yang terbuat dari tepung tapioka yang diolah dan dipotong kecil-kecil berbentuk dadu kemudian disajikan dengan disiram dengan saus oncom dage pedas. Nama aci dikoko maksudnya adalah aci (olahan tepung tapioka) yang disiram dengan saus oncom (dikoko).

26. Sambal Asem

sambal asem makanan khas Cirebon
idntimes.com

Sambal asem Cirebon merupakan sajian sayur-sayuran yang disiram dengan saus kacang dan asam jawa yang ditumbuk dengan cabe rawit sehingga menghadirkan cita rasa yang pedas, gurih, asam dan segar.

27. Kerupuk melarat

kerupuk melarat makanan khas Cirebon
idntimes.com

Kerupuk melarat atau kerupuk miskin ini terdiri dari kerupuk renyah berwarna-warni yang disajikan dengan cara disiram saus kacang atau sambal asam. Kerupuk ini juga disajikan dalam bentuk kemasan plastik agar bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Cirebon.

28. Kerupuk Kulit

kerupuk kulit makanan khas Cirebon
bukalapak.com

Sajian kerupuk kulit hampir sama dengan kerupuk melarat, hanya saja bahan dasar yang digunakan untuk mebuat kerupuknya adalah kulit kerbau.

Kerupuk ini dibanderol dengan harga yang cukup murah yaitu sekitar Rp 10.000,- sampai Rp 20.000,- per bungkusnya.

29. Kue Apem

kue apem makanan khas Cirebon
indoblognet.com

Kue apem merupakan kue tradisional khas Cirebon yang terbuat dari tepung beras, tape ketan, gula pasir, dan ragi yang diolah dan dikukus. Sebelum dikukus, adonan didiamkan terlebih dahulu agar mengembang, inilah yang membuat proses pembuatan kue apem memakan waktu yang sedikit lama.

30. Ondal-andil

ondal andil makanan khas Cirebon
cookpad.com

Ondal-andil merupakan kudapan tradisional yang berbahan dasar tepung tapioka yang diolah sedemikian rupa. Kudapan ini bisa kamu temui di pasar-pasar tradisional kota Cirebon.

31. Gula Batu

gula batu makanan khas Cirebon
tokopedia.com

Gula batu khas Cirebon memiliki bentuk seperti kristal putih dan keras yang memiliki ukuran jauh lebih besar dibandingkan dengan gula pasir. Gula batu disebut-sebut lebih menyehatkan dibanding gula pasir karena lebih mudah dicerna oleh pankreas.
Gula ini memiliki berbagai macam varian seperti original, leci, dan lemon.

32. Tahu Petis

tahu petis makanan khas Cirebon
food.grab.id

Tahu petis merupakan tahu goreng yang dicocol dengan petis yang berwarna hitam pekat. Petis itu sendiri terbuat dari udang yang ditumbuk hingga halus dan direbus dengan air merang yang telah dibumbui hingga mengental dan berubah warna. Rasa gurih tahu dan petis yang memiliki aroma udang yang kuat membuat makanan ini menjadi menu favorit mayarakat.

33. Kerupuk Udang

kerupuk udang makanan khas Cirebon
bisnisukm.com

Kerupuk udang khas Cirebon memiliki cita rasa udang yang kuat, lagi-lagi tidak lepas dari kota tersebut yang menghasilkan banyak udang. Kerupuk yang cocok dijadikan lauk makan atau dijadikan camilan ini juga dijual dalam bentuk mentah dan matang sehingga jika kamu ingin menjadikannya oleh-oleh, kamu bisa membelinya dalam bentuk mentah.

34. Cirebon Sultana

cirebon sultana makanan khas Cirebon
informasicirebonjeh. blogspot.com

Cirebon sultana adalah oleh-oleh kue kekinian berupa pastry atau lapisan bolu padat dengan berbagai topping dan dibalut dengan croissant milik artis tanah air Indra Bekti. Varian rasa yang disediakan ada lima yaitu cheese, mango, double choco, blueberry dan choco banana.

35. Cirebon Kelana

cirebon kelana makanan khas Cirebon
steemit.com

Tak kalah dari Indra bekti, artis cantik ussy Sulistyowati juga memiliki toko kue kekinian di Cirebon yang menjadi oleh-oleh khas kota tersebut. Varian yang ada di Cirebon Kelana lebih beragam yaitu gedong kaya, red velvet, choco vanilla, double choco crunchy, cheesy lovers, green tea red bean dan durian puff.

36. Teh Poci

teh poci makanan khas Cirebon
kumparan.com

Teh poci adalah minuman teh khas kota udang yang terbuat dari teh hijau dan melati yang disajikan dalam poci yang terbuat dari tanah liat sehingga membuat teh ini semakin unik dan aromanya semakin nikmat.

37. Sirup Tjampolay

sirup tjampolay makanan khas Cirebon
merdeka.com

Minuman khas Cirebon yang lain adalah sirup Tjampolay yang menjadi favorit masyarakat Cirebon maupun wisatawan. Sirup ini tersedia dalam berbagai varian seperti rasa pisang susu dan sangat cocok diminum bersama es batu agar lebih segar.

38. Rengginang

rengginang makanan khas Cirebon
bukalapak.com

Sama seperti di daerah lain, rengginang Cirebon terbuat dari bahan dasar ketan, yang membedakannya adalah rengginang khas kota ini disajikan dalam berbagai varian rasa yaitu udang, manis, keju dan lain-lain.

39. Ikan Asin

ikan asin makanan khas Cirebon
tokopedia.com

Selain menjadi penghasil udang terbesar, kota kecil yang ada di pinggir pulau Jawa ini juga kaya akan hasil laut lainnya seperti ikan. Hasil laut yang melimpah tersebut kemudian diolah menjadi aneka makanan yang lezat. Ikan hasil tangkapan tidak hanya diolah menjadi masakan segar, namun ada juga yang dikeringkan menjadi ikan asin yang cocok disaikan sebagai lauk bersama nasi panas.

40. Rarawuan

rarawuan makanan khas Cirebon
djowoklaten.com

Rarawuan merupakan camilan dengan porsi besar yang terbuat dari bahan dasar tepung tapioka yang dicampur dengan parutan kelapa dan kacang gendolo.

41. Jeniper (Jeruk Nipis Peras)

jeruk nipis peras makanan khas Cirebon
bukalapak.com

Ketika mendengar nama ini, mungkin kamu membayangkan artis Internasional yang berwajah cantik. Kenyataannya, jeniper khas kota Cirebon merupakan singkatan dari jeruk nipis peras yaitu minuman yang telah dikemas secara modern dan siap diminum kapan saja.

Dari semua makanan dan minuman khas Cirebon di atas, mana yang ingin kamu cicipi jika berkunjung ke kota tersebut?

O iya, jangan lupa juga, selain mengenal makanan khas cirebon, kenali juga kesenian khas cirebon, seperti tari topeng Cirebon dan tari sintren.

Farida Alviyani

Hi, I'm Alvi, who has an interest in writing, traveling and photography,

Update : 15 Maret 2021 - Published : 2 September 2020

Tinggalkan komentar