Makanan Khas Bengkulu

Setiap provinsi di Indonesia pasti memiliki makanan khas yang menjadi keunikan daerah tersebut, termasuk Provinsi Bengkulu. Salah satu makanan khas Bengkulu yang terkenal adalah bagar hiu. Sayangnya, makanan ini belum terlalu umum karena bahan pembuatannya yang sulit didapatkan. Selain itu, ia juga memiliki harga yang cukup mahal.

Namun, masih banyak kok makanan khas Bengkulu yang harganya terjangkau. Yuk, cari tahu dalam artikel berikut ini!

Macam-macam Makanan Khas Bengkulu

1. Bagar Hiu

gambar makanan khas bengkulu bagar hiu
Sumber: thehungrybiologist5889.wordpress.com

Masakan berbahan dasar hiu belum cukup umum di kalangan masyarakat Indonesia. Selain karena harganya mahal, bahannya pun tidak mudah ditemukan di sembarang tempat. Jika ingin menikmati sajian yang satu ini, masyarakat Bengkulu bisa mengolahnya menjadi makanan yang berbeda dari biasanya. Pada umumnya, makanan dari hiu adalah sup sirip ikan hiu saja. Namun, di Bengkulu, daging ikan hiu dimasak dengan kuah kental yang menggugah selera.

2. Bay Tat

foto makanan khas bengkulu kue bay tat
Sumber: shopee.co.id

Kue Tat merupakan makanan khas lebaran bagi orang Bengkulu. Makanan ini memiliki campuran rasa yang manis dan gurih. Campuran tersebut membuat kue ini menjadi unik. Pada zaman dahulu, hanya raja dan kalangan masyarakat kelas atas yang bisa menikmati kue ini. Namun, sekarang kue ini sudah bisa dinikmati oleh siapa saja.

3. Bolu Koja

Sumber: i.pinimg.com

Bolu Koja memiliki bentuk yang mirip dengn bolu pada umumnya. Namun, pada campuran bahannya, Bolu Koja diberi tambahan agar-agar untuk menambahkan cita rasa. Bolu ini memiliki tekstur yang mirip dengan kue brownies. Penambahan agar-agar juga membuat tekstur bolu ini menjadi lebih lembut.

4. Bubur Dawat

gambar makanan khas bengkulu bubur dawat
Sumber: dolandolen.com

Makanan ini mirip dengan es dawet yang ada di Jawa. Perbedaannya adalah dawat yang digunakan tidak diberi tambahan pewarna sehingga warnanya putih alami dari tepung beras. Kuah yang digunakan adalah campuran santan dan air gula merah.

5. Bubur Sekoi

contoh makanan khas bengkulu bubur sekoi
Sumber: foodnesia.net

Makanan yang satu ini terbuat dari biji jewawut. Bubur Sekoi biasanya ditemukan sebagai takjil saat Bulan Ramadhan. Perpaduan manis dan gurihnya makanan ini sangat cocok digunakan sebagai hidangan di bulan puasa.

6. Bungkul

gambar makanan khas bengkulu bungkul

Makanan ini menjadi salah satu makanan khas bulan puasa dengan cita rasa yang manis. Kue bungkul dibuat dari tepung beras, santan, dan gula aren. Jenis makanan ini menggunakan pewarna alami dari daun suji dan daun pandan.

7. Emping Bengkulu

gambar dan nama makanan khas bengkulu
Smber: blanja.com

Makanan ringan ini terbuat dari biji buah melinjo yang ditumbuk hingga melebar. Kemudian, lembaran emping basah tersebut dijemur hingga kering. Baru setelah kering emping bisa digoreng hingga berbetuk keripik.

8. Gelamai

oleh oleh makanan khas bengkulu
Sumber: blanja.com

Gelamai mirip dengan dodol yang berasal dari Garut. Makanan ini terbuat dari tepung ketan, santan, dan gula aren. Ketiga bahan tersebut dimasak hingga kental. Makanan ini adalah makanan khas Bengkulu yang selalu ada saat lebaran tiba.

9. Gulai Ayam Undak Teghung

nama makanan khas bengkulu gulai ayam undak teghung
Sumber: klimg.com

Makanan ini merupakan variasi lain dari berbagai macam gulai yang ada di Bengkulu. Gulai jenis ini terdiri dari daging ayam dan irisan terong. Biasanya makanan ini dihidangkan untuk lauk di rumah. Namun, makanan ini juga bisa ditemukan di rumah makan sekitar Bengkulu.

10. Gulai Bunga Selilo

nama makanan khas bengkulu gulai bunga selilo
Sumber: idntimes.com

Bengkulu sangat terkenal dengan variasi olahan gulaianya. Bunga Selilo atau bunga pepaya ini juga sangat enak jika dimasak dengan bumbu gulai. Rasa pahit dari bunga pepaya menciptakan keunikan yang membuat ketagihan. Untuk mengurangi rasa pahit, biasanya bunga pepaya direndam dahulu menggunakan air daun jambu biji.

11. Gulai Pisang

foto makanan khas bengkulu gulai pisang
Sumber: foodnesia.net

Gulai dengan bahan dasar daging sudah biasa. Bagaimana dengan gulai dengan bahan dasar pisang? Masyarakat Bengkulu memang terkenal dengan makanan khas mereka yang sangat unik seperti gulai pisang yang satu ini. Gulai pisang bisa menjadi pilihan jika bosan menyantap pisang secara langsung.

12. Gulai Kemba’ang

contoh makanan khas bengkulu gulai kemba'ang
Sumber: foodnesia.net

Gulai adalah salah satu makanan Indonesia dengan cita rasa yang lezat. Kuah kental dari santan kelapa membuat masakan menjadi lebih gurih. Gulai Kemba’ang adalah salah satu jenis gulai yang ada di Indonesia. Jenis gulai ini menggunakan iga sapi sebagai bahan utamanya.

Biasanya makanan ini disajikan untuk acara-acara besar masyarakat Bengkulu. Daun pakis merupakan salah satu bahan yang membedakan Gulai Kemba’ang dengan gulai lainnya.

13. Kelicuak

foto makanan khas bengkulu kelicuak
Sumber: okezone.com

Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan putih dan pisang. Bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya cukup mudah. Pisang yang telah dihaluskan dicampur dengan tepung ketan kemudian dibungkus menggunakan daun pisang. Bungkusan ini dikukus hingga daun pisang berubah warna.

14. Kembang Goyang

gambar makanan khas bengkulu kembang goyang
Sumber: resepkoki.id

Makanan khas Bengkulu yang satu ini menjadi salah satu cemilan favorit masyarakat Bengkulu. Bentuknya unik dan rasanya yang tidak membosankan membuat setiap orang menjadi ketagihan. Nama kembang goyang diambil dari cara pembuatannya yang harus digoyang ketika digoreng. Ada dua jenis kembang goyang di Bengkulu, yaitu manis dan tawar.

15. Kopi Bengkulu

kopi makanan khas bengkulu
Sumber: aklstore.id

Bengkulu memiliki tanah yang cukup subur sehingga mereka juga memiliki kopi yang khas. Cita rasa kopi ini akan berbeda tergantung proses roasting dan kadar yang dalam proses pembuatannya.

16. Kue Cucur

gambar makanan khas bengkulu kue cucur hijau
Sumber: missratnaculinary. files.wordpress.com

Kue cucur terbuat dari campuran tepung terigu dan gula merah. Makanan ini biasanya banyak ditemukan di pasar. Di Bengkulu, kue ini harus ada dalam rangkaian 7 jenis kue yang disajikan dalam prosesi lamaran calon pengantin.

17. Kue Lepek Binti

foto makanan khas bengkulu kue lepek binti
Sumber: suarawajarfm.com

Jenis makanan khas yang berikutnya sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Bahan utama yang digunakan dalam pembuatannya adalah santan dan tepung ketan. Kedua bahan tersebut kemudian dibumdbui dengan daun salam dan lengkuas. Kue ini rasanya manis, tetapi tidak sama dengan kue nagasari.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

18. Kue Perut Punai

nama makanan khas bengkulu kue perut punai
Sumber: 1.bp.blogspot.com

Nama makanan ini terinspirasi dari isi perut Burung Punai yang mirip dengan bentuk kue yang satu ini. Kue ini terbuat dari beras, gula, garam, dan tepung. Meskipun dimasak dengan sederhana, tetapi kue ini memiliki rasa yang luar biasa. Makanan ringan ini sangat cocok dibawa untuk oleh-oleh.

19. Kue Siput Bengkulu

oleh oleh makanan khas bengkulu kue siput
Sumber: i.pinimg.com

Makanan ini merupakan makanan ringan yang cocok untuk oleh-oleh. Kue yang berukuran kecil ini terbuat dari adonan tepung yang diisi dengan kacang tanah. Biasanya banyak dijual di pusat oleh-oleh dengan harga Rp 15.000.

20. Kue Satu

oleh oleh makanan khas bengkulu kue satu
Sumber: 1.bp.blogspot.com

Kue yang satu ini dibuat dengan bahan dasar kacang hijau. Cara membuatnya cukup rumit, dimulai dengan menggoreng kacang hijau tanpa minyak untuk melepas kulitnya. Kemudian kacang hijau ditumbuk hingga berbentuk seperti tepung. Tepung kacang hijau disaring dan ditambah dengan bahan lainnya. Jika sudah tercampur rata, adonan kue dipanggang hingga kering.

21. Lema

contoh makanan khas bengkulu dari ikan
Sumber: rmolbengkulu.com

Lema adalah jenis makanan yang mirip dengan tempoyak, makanan yang terbuat dari ikan. Makanan ini sama-sama dibuat dengan cara fermentasi, tetapi lema tidak menggunakan durian. Ikan yang digunakan umumnya adalah ikan mujair.

Semua bahan dan bumbu dimasukkan ke dalam daun pisang kemudian ditunggu beberapa hari agar proses fermentasi terjadi. Makanan ini sering dihindari oleh orang baru karena baunya menyengat. Padahal rasa yang diciptakan tidak perlu diragukan lagi.

22. Lemang Tapai

nama makanan khas bengkulu lemang tapai
Sumber: i1.wp.com

Lemang Tapai terbuat dari beras ketan dan santan. Beras ketan sebelumnya dibuat menjadi tape terlebih dahulu. Setelah semua bahan dicampur, bahan-bahan tersebut dibungkus menggunakan daun pisang. Makanan ini dimasak dengan cara dibakar menggunakan bambu.

23. Lempuk Durian

Sumber: bukalapak.com

Bengkulu memang terkenal sebagai penghasil durian sehingga banyakan makanan khas mereka yang menggunakan durian sebagai bahan dasarnya. Lempuk Durian adalah makanan yang mirip seperti dodol. Makanan ini dibuat dari tepung gabung dan buah durian.

24. Lontong Tunjang

nama makanan khas bengkulu lontong tunjang
Sumber: tunjangnasanyam.files. wordpress.com

Lontong Tunjang adalah makanan yang cocok untuk sarapan. Dalam sepiring makanan ini, terdapat sayur gulai nangka dan potongan tunjang atau kikil. Untuk menemukan makanan ini, sebaiknya berburu di pagi hari.

25. Manisan Terong

gambar makanan khas bengkulu manisan terong

Manisan dari bahan buah-buahan sudah biasa ditemukan. Namun, apakan kamu pernah menemukan manisan dengan bahan dasar terong? Manisan terong merupakan makanan khas dari Bengkulu.

Tekstur dan rasanya mirip kurma. Makanan ini biasanya dijual seharga Rp 15.000 saja per bungkusnya.

26. Mie Terbang

foto makanan khas bengkulu mie terbang
Sumber: 4.bp.blogspot.com

Mie Terbang adalah makanan modern yang kini menjadi makanan khas Bengkulu. Makanan ini unik karena penyajiannya seperti mie yang terbang. Masakan berbahan dasar mie ini sangat mudah ditemui di berbagai restoran di Bengkulu.

27. Tempoyak Ikan Patin

nama makanan khas bengkulu tempoyak ikan patin
Sumber: 3.bp.blogspot.com

Tempoyak adalah makanan unik lainnya dari Bengkulu. Biasanya durian merupakan bahan campuran untuk makanan atau minuman manis. Namun, dalam jenis makanan ini, durian difermentasi untuk kemudian dicampurkan sebagai bahan tambahan memasak ikan patin

28. Pendap

gambar makanan khas bengkulu pendap
Sumber: pbs.twimg.com

Makanan khas Bengkulu berikutnya adalah pendap. Pendap bisa dibuat dengan berbagai jenis ikan. Jenis makanan ini menjadi salah satu makanan yang mudah dibuat hanya dengan bumbu utama kencur, bawang putih, cabai, dan kelapa muda. Semua bahan dicampur kemudian dibungkus menggunakan daun talas. Penggunaan daun talas sebagai pembungkus bertujuan untuk menambah aroma masakan.

29. Pindang Tulang Iga

nama makanan khas bengkulu pindang iga sapi
Sumber: idntimes.com

Makanan dengan cita rasa gurih ini cocok dimakan saat hujan karena kuahnya segar, tapi menghangatkan. Kuah masakan ini memiliki aroma yang kuat. Aroma tersebut berasal dari penggunaan rempah-rempah khas Indonesia. Salah satu restoran Pindang Tulang Iga yang terkenal adalah Pindang 77 yang berada di Jalan Sedap Malam No. 26A, Kota Bengkulu.

30. Rebung Asam Undak Liling

nama makanan khas bengkulu rebung asam undak liling
Sumber: res.cloudinary.com

Makanan yang satu ini terbuat dari campuran keong hitam dan bambu muda. Rebung Asam Undak Liling menjadi salah satu makanan yang paling digemari masyarakat Bengkulu. Proses pembuatan makanan ini cukup lama karena memerlukan waktu beberapa hari untuk membuat rasa asam dari rebung keluar. Rebung yang sudah mengeluarkan rasa asam berarti sudah bisa dimasak bersama liling atau keong hitam.

31. Sirup Kalamansi

nama makanan khas bengkulu sirup kalamansi
Sumber: 4.bp.blogspot.com

Sirup Kalamansi adalah salah satu minuman khas dari Bengkulu. Minuman ini terbuat dari perasan jeruk kalamansi dan gula pasir. Sirup ini memiliki khasiat untuk melancarkan peredaran darah. Di Indonesia sendiri minuman ini sudah cukup populer.

32. Sop Tulang Kaki Sapi

foto makanan khas bengkulu sop tulang kaki sapi
Sumber: indonesiatraveler.id

Bagi pecinta makanan berkuah, tidak ada salahnya mencoba jenis makanan yang satu ini. Gurihnya kaldu dari tulang asli yang direbus lama membuat siapa saja tak bisa menahan godaannya. Tulang-tulang sapi dengan ukuran besar yang masih penuh dengan sumsum membuat selera makan meningkat drastis.

Sumsum yang lembut ini bisa dinikmati dengan sedotan agar lebih mudah. Salah satu restoran Sop Kaki Sapi yang terkenal adalah Rumah Makan Pindang Pegagan yang berada di Jalan Mahoni No. 9, Kota Bengkulu.

33. Teh Sle

nama makanan khas bengkulu teh sle
Sumber: foodnesia.net

Minuman ini adalah salah satu minuman unik lainnya yang berasal dari Bengkulu. Bahan pembuatannya sangat unik, yaitu campuran kayu manis, kapulaga, nanas, dan jeruk purut. Rempah-rempah yang sangat kaya membuat aroma teh ini begitu menenangkan.

34. Teh Oolong

foto makanan khas bengkulu teh oolong
Sumber: lovepik.com

Minuman yang satu ini berasal dari Kabupaten Kepahiang. Teh ini diolah dengan cara semi fermentasi yang akan menghasilkan seduhan berwarna kuning. Teh oolong memiliki beberapa manfaat diantaranya menurunkan berat badan, memperbaiki ginjal, dan mencegah plak gigi.

35. Udang Tempoyak

gambar makanan khas bengkulu udang tempoyak
Sumber: mingguanwanita.my

Makanan ini adalah variasi lain dari bumbu tempoyak. Rasa udang yang manis dan tempoyak yang gurih sangat cocok dengan sepiring nasi hangat. Makanan ini dibuat dengan bumbu tempoyak dan tambahan gula garam. Kemudian udang dimasak hingga kuahnya kental dan menyusut.

Nah, itu tadi adalah gambar-gambar makanan khas Bengkulu dan resepnya ada beberapa yang dijelaskan. Bengkulu terkenal dengan cita rasa masakan yang unik. Untuk mencicipi keunikan masakan dari tanah Bengkulu langsung saja datang ke restoran yang direkomendasikan.

Nirwana Pradana Maharani

Aktif dalam organisasi dan event mahasiswa semasa berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi. Sedang tertarik mendalami dunia fotografi. Saya juga tertarik mengikuti artikel-artikel terkait fashion dan kuliner.

Update : [modified_date] - Published : [publish_date]

Tinggalkan komentar