Makanan Khas Bangka Belitung

Makanan khas Bangka Belitung didominasi dengan berbagai olahan ikan, seperti cacak ikan dan lempah kuning. Namun, selain olahan ikan, masih ada banyak lagi makanan khas Bangka Belitung yang memiliki cita rasa lezat. Masyarakat Bangka Brlitung tak hanya memanfaatkan hasil laut, tetapi juga tumbuhan yang hidup di darat sebagai bahan makanan.

Penasaran dengan jenis makanan khas Bangka Belitung yang lainnya? Yuk, simak artikel berikut ini!

Macam-macam Makanan Khas Bangka Belitung

1. Belacan Belitung

foto makanan khas bangka belitung belacan
Sumber: 1.bp.blogspot.com

Belacan adalah satu makanan khas Belitung yang biasanya dibeli sebagai oleh-oleh para wisatawan. Makanan ini memiliki cita rasa yang unik karena terbuat dari fermentasi hasil laut. Pusat produksi belacan di Belitung berada di Desa Sijuk. Belacan ini mirip dengan terasi yang terbut dari udang.

2. Berego

foto makanan khas bangka belitung berego
Sumber: thefreakyteppy.files. wordpress.com

Berego adalah makanan khas Bangka Belitung yang bentuknya sekilas mirip dengan lontong. Perbedaannya adalah bahan utama yang digunakan. Berego menggunakan campuran tepung beras dan tepung sagu sebagai bahan utama. Sama dengan lontong, berego biasanya disajikan bersama dengan makanan berkuah gurih. Makanan yang biasa disajikan bersama berego adalah lakse, mie belitung, dan ikan kuah kari.

3. Bong Li Piang

nama makanan khas bangka belitung bong li piang
Sumber: bukalapak.com

Makanan ini merupakan makanan khas dari Suku Hakka. Suku Hakka adalah penduduk asal Tiongkok yang bermigrasi ke wilayah Bangka. Bong Li Pang adalah roti yang dihasilkan dari percampuran budaya Indonesia dan Tiongkok. Makanan ini bentuknya seperti roti bantal, tapi dengan isian berupa gula aren..

4. Buah Asinan Kelubi

foto makanan khas bangka belitung buah asinan kelubi
Sumber: bukalapak.com

Buah asinan adalah buah asli dari tanah Bangka. Asinan adalah nama buahnya, bukan cara memasak buah tersebut. Buah ini berukuran kecil dan berbentuk seperti salak. Biasanya buah ini dijual di pusat oleh-oleh dengan harga Rp 10.000 – Rp 20.000 per kilonya.

5. Cacak Ikan

contoh makanan khas bangka belitung
Sumber: tokopedia.net

Cacak ikan adalah makanan yang mirip dengan bakso. Makanan ini menjadi salah satu alternatif hidangan laut bagi orang Bangka. Biasanya makanan ini dibuat menggunakan ikan tenggiri, tapi ikan lain pun bisa digunakan. Cacak ikan sering dimakan bersama dengan pempek.

6. Durian Getar Bumi

nama makanan khas bangka belitung durian getar bumi
Sumber: mubaonline.com

Pulau Sumatera adalah daerah penghasil berbagai macam durian yang enak di Indonesia. Durian getar bumi adalah salah satu hasil bumi dari tanah Bangka. Buah durian ini memiliki ukuran yang cukup besar. Ukurannya bisa 4 sampai 5 kali lipat durian biasa.

7. Getas

gambar makanan khas bangka belitung getas
Sumber: i1.wp.com

Getas adalah makanan ringan yang bentuknya mirip dengan pletek. Makanan ini menjadi oleh-oleh wajib bagi setiap wisatawan yang datang ke Pulau Bangka. Bahan yang dasar yang digunakan untuk membuat getas adalah ikan tenggiri. Bagi masyarakat Bangka, gets sangat cocok dimakan bersama dengan pempek.

Getas memiliki cita rasa gurih dan tekstur yang renyah, sangat cocok dipadukan dengan makanan yang berkuah.

8. Kecalo

nama makanan khas bangka belitung kecalo
Sumber: bukalapak.com

 

Kecalo merupakan salah satu makanan khas Bangka Belitung yang dibuat dengan cara fermentasi. Makanan ini terbuat dari udang rebon yang disimpan lama bersama beberapa bahan lainnya. Mirip dengan terasi, kecalo biasanya digunakan sebagai bahan tambahan masakan atau sambal. Karena aromanya sangat menyengat, banyak orang menghindari makanan ini.

9. Kemplang

foto makanan khas bangka belitung kemplang
Sumber: idntimes.com

Kemplang adalah sejenis makan seperti kerupuk yang terbuat dari ikan tenggiri. Makanan ini juga bisa dijadikan alernatif oleh-oleh bagi wisatawan sebelum beranjak dari tanah Bangka Belitung. Ada beberapa varian rasa kemplang yang terkenal, yaitu udang dan cumi-cumi. Biasanya, kemplang dimakan bersama dengan sambal terasi yang rasanya pedas manis.

10. Kericu

nama makanan khas bangka belitung kericu
Sumber: orami.co.id

Tak hanya hasil laut yang melimpah, Bangka Belitung juga memiliki banyak makanan khas yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Makanan ini bentuknya mirip dengan telur gabus. Namun, masyarakat Babel sering menyebutnya dengan nama telur cumi-cumi.

11. Kue Jungkong

gambar makanan khas bangka belitung kue jungkong
Sumber: yussyakmal.com

Makanan ringan yang satu ini terbuat dari campuran tepung beras dan tepung tapioka. Kue dengan tekstur lembut ini biasanya dibuat dengan 3 lapisan, yaitu coklat, hijau, dan putih. Jajanan ini biasanya dijual di pasar atau pinggir jalan raya.

12. Kue Pelite

foto makanan khas bangka belitung kue pelite
Sumber: travelblog.id

Makanan yang satu ini kue dengan bentuk yang sederhana. Bahan yang digunakan adalah tepung beras, santan, dan gula. Meskipun terlihat sederhana, tetapi kue ini memiliki cita rasa khas lemak dari santan yang menggugah selera.

13. Kue Rintak

gambar makanan khas bangka belitung kue rintak
Sumber: staticflickr.com

Kue yang satu ini identik dengan cemilan sore di pinggir pantai. Makanan ini sangat digemari oleh anak-anak karena rasanya yang manis. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat kue rintak adalah tepung sagu. Di daerah lain, kue ini biasa disebut dengan kue sagu. Kue ini menjadi salah satu hidangan khas lebaran bagi masyarakat Bangka.

14. Kopi Tung Tau

foto makanan khas bangka belitung kopi tung tau
Sumber: makanterusss.files. wordpress.com

Kopi Tung Tau adalah salah satu kedai kopi yang menyediakan minuman kopi khas Bangka. Tak hanya minuman, kedai ini juga menyediakan makanan ringan yang cocok disantap dengan kopi.

15. Lakse

nama makanan khas bangka belitung lakse
Sumber: twimg.com

Masyarakat Belitung mengaku bahwa lakse adalah makanan yang terinspirasi dari spageti. Lakse ini pertama kali dibuat oleh masyarakat keturunan Melayu-Belitung. Saat itu, lakse dibuat dengan bentuk seperti mie yang dibuntel-buntel. Biasanya lakse dimakan dengan masakan berkuah, seperti sup gangan.

16. Lakso Bangka

foto makanan khas bangka belitung lakso bangka
Sumber: i.pinimg.com

Lakso Bangka adalah makanan semacam mie yang terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung sagu. Mie ini berwarna putih dengan kuah yang menggugah selera. Kuah yang digunakan bukan kuah bening melainkan kuah santan yang kaya akan rempah.

17. Lempah Akar Keladi

gambar makanan khas bangka belitung lempah akar keladi
Sumber: 4.bp.blogspot.com

Makanan ini adalah alternatif makanan khas Bnagka Belitung yang tidak menggunakan bahan dasar ikan. Seperti namanya, makanan ini terbuat dari akar keladi yang dimasak menggunakan bumbu lempah.

18. Lempah Darat

resep makanan khas bangka belitung lempah darat
Sumber: i.pinimg.com

Makanan ini mirip dengan lempah kuning, tapi menggunakan bahan utama yang berbeda. Lempah kuning menggunakan bahan dasar hasil laut, sedangkan lempah darat menggunakan bahan dasar yang berasal dari kebun. Bahan yang biasa digunakan adalah pucuk idat, pepaya muda, akar keladi, dan berbagai macam sayuran lainnya.

19. Lempah Kulat

nama makanan khas bangka belitung lempah kulat
Sumber: 1.bp.blogspot.com

Lempah kulat adalah variasi lain dari masakan lempah. Makanan ini menggunakan jamur sebagai bahan utamanya. Jamur yang dipakai adalah jamur yang banyak tumbuh saat musim hujan.

20. Lempah Kuning

foto makanan khas bangka belitung lempah kuning
Sumber: begini.id

Bangka Belitung sangat terkenal dengan olahan lautnya. Lempah kuning adalah salah satu makanan yang dengan bahan dasar ikan laut. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan kakap dan tenggiri. Kepala ikan adalah bagian paling favorit untuk masakan ini.

Bumbu yang digunakan diantaranya kunyit, lengkuas, terasi, dan cabai. Makanan ini populer di daerah Bangka dan sekitarnya. Bahkan lempah kuning masuk ke dalam Cagar Budaya Tak Benda.

21. Lempok Cempedak

gambar makanan khas bangka belitung lempok cempedak
Sumber: bukalapak.com

Lempok cempedak adalah makanan seperti dodol yang terbuat dari buah cempedak. Makanan unik ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena jarang ditemukan di daerah lain. Dengan tekstur kenyal dan cita rasa yang manis, makanan ini sulit ditolak bagi siapapun yang pertama kali mencobanya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

22. Lepet

gambar makanan khas bangka belitung lepet
Sumber: 3.bp.blogspot.com

Tak hanya di Jawa, di Bangka Belitung juga ada makanan yang bernama lepet. Makanan ini terbuat dari beras ketan dan santan kelapa yang dibungkus menggunakan daun janur. Lepet sangat identik dengan hari-hari besar, seperti Idul Fitri.

23. Lokan Laut

foto makanan khas bangka belitung lokan laut
Sumber: faziyan.batrisiya. blogspot.com

Lokan adalah sejenis hewan laut yang bentuknya mirip dengan tiram. Hewan ini biasanya banyak ditemukan di sekitar muara sungai. Makanan ini biasanya dimasak dengan menambahkan daun serai untuk menghilangkan bau amis. Setelah direbus dengan daun serai, lokan siap dimasak dengan bumbu-bumbu lain. Biasanya lokan dimasak menggunakan saus tiram.

24. Martabak Bangka

nama makanan khas bangka belitung martabak bangka
Sumber: instagram.com

Martabak Bangka merupakan makanan yang terkenal di hampir seluruh wilayah di nusantara. Di Bangka, dulunya martabak disebut dengan nama Hok Lo Pan. Menurut cerita, Hok Lo Pan ini merujuk pada orang Hakka. Di wilayah Jawa, martabak ini biasanya disebut dengan martabak manis atau terang bulan.

Adonan martabak terbuat dari campuran terigu dan telur. Untuk toppingnya sendiri, bervariasi seperti coklat, keju, kacang, atau selai buah-buahan.

25. Mie Ayam Bangka

gambar makanan khas bangka belitung mie ayam bangka
Sumber: idntimes.com

Mie ayam bangka terkenal dengan tekstur mienya yang kenyal dan tambahan topping tauge. Untuk lauk pendampingnya, mie ayam bangka memiliki kesamaan dengan daerah lain, yaitu bakso, pangsit, dan lain-lain.

26. Mie Belitung

nama makanan khas bangka belitung mie belitung
Sumber: telapakcreativetourism. files.wordpress.com

Sesuai dengan namanya, mie ini adalah masakan yang berasal dari Belitung. Makanan ini cocok dicoba bagi orang yang baru pertama kali datang ke Belitung. Bahan utamanya adalah mie telor dan kuah yang terbuat dari kaldu udang. Kuah kaldu tersebut kemudian dimasak menggunakan rempah seperti bawang merah, bawang putih, jahe, dan merica.

Dalam satu mangkok mie belitung basanya terdapat lauk seperti udang, kentang rebus, timun, dan emping. Salah satu mie belitung paling terkenal di Bangka Belitung adalah rumah makan Nyonya Atep yang berada di Jalan Sriwijaya, Tanjungpandan.

27. Mie Koba

gambar makanan khas bangka belitung mie koba
Sumber: 2.bp.blogspot.com

Mie Koba adalah hidangan khas Bangka yang berasal dari Kabupaten Bangka Tengah. Keunikan dari makanan ini adalah tambahan ikan tenggiri yang jarang dijumpai pada olahan mie dari daerah lain. Untuk toppingnya, biasanya ditambahkan telur, seledri, dan bawang goreng. Kuah yang digunakan dalam pembuatan mie koba adalah kaldu dari ikan tenggiri.

28. Otak-otak Bangka

nama makanan khas bangka belitung otak-otak bangka
Sumber: 4.bp.blogspot.com

Otak-otak Bangka tak jauh berbeda dengan jenis otak-otak lainnya. Makanan ini juga dibungkus menggunakan daun pisang sebelum dibakar. Masyarakat Bangka biasa makan otak-otak ini dengan pilihan saus asam, sambal biasa, atau sambal terasi jeruk nipis.

29. Otak-otak Tenggiri

nama makanan khas bangka belitung otak-otak tenggiri
Sumber: akamaized.net

Makanan ini alah variasi lain dari otak-otak. Ikan tenggiri sangat melimpah di Bangka sehingga masyarakatnya kreatif dalam mengolah bahan makanan tersebut.

30. Pantiaw

nama makanan khas bangka belitung pantiaw
Sumber: 3.bp.blogspot.com

Patiaw adalah makanan yang mirip dengan kwetiaw. Ada 2 macam varian pantiaw, yaitu pantiaw tepung beras dan pantiaw tepung gandum. Makanan ini disajikan dengan cara menyiramnya dengan bumbu khusus. Bumbu ini terbuat dari ikan giling. Selain itu, pantiaw juga bisa dimakan dengan cara menyiramnya dengan kuah bakwan rebus.

31. Pempek Panggang

gambar makanan khas bangka belitung pempek panggang
Sumber: i.pinimg.com

Makanan ini sebenarnya memiliki bahan dan cara pembuatan yang sama dengan pempek Palembang. Perbedaannya adalah pempek Bangka dimasak dengan cara dipanggang, bukan direbus maupun digoreng. Bagian dalam pempek ini biasanya diisi abon ikan, cabai hijau, dan kecap. Cara penyajiannya sama dengan pempek pada umumnya, yaitu menggunakan cuko.

32. Pletek

foto makanan khas bangka belitung pletek
Sumber: shopee.co.id

Pletek adalah salah satu makanan khas Bangka Balitung yang biasa dibawa sebagai oleh-oleh. Makanan ini berbentuk lonjong kecil dengan tekstur yang mirip dengan kerupuk. Rasanya gurih sehingga sulit untuk berhenti makan pletek. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat pletek adalah ikan tenggiri dan terigu yang dibumbui dengan garam dan merica.

33. Rujak Daun Ubi Kembang Pepaya

gambar makanan khas bangka belitung rujak daun ubi kembang pepaya
Sumber: idntimes.com

Seperti namanya, makanan ini memang dibuat dengan bumbu rujak seperti yang ada pada rujak buah. Perbedaannya adalah pada bahan yang digunakan di dalamnya. Rujak ini menggunakan daun ubi dan bunga pepaya sebagai pengganti buah. Sebelum dicampur dengan bumbu rujak, daun ubi dan bunga pepaya dimasak dulu dengan cara ditumis.

34. Sambal Lingkung

nama makanan khas bangka belitung sambal lingkung
Sumber: pariwisataku.com

Makanan ini adalah variasi lain dari makanan yang terbuat dari ikan Sambal lingkung memiliki bentuk seperti abon. Biasanya sambal lingkung dibuat dari ikan tenggiri. Sambal ini sangat cocok disantap sebagai makanan pendamping.

35. Sambal Rusip

nama makanan khas bangka belitung sambal rusip
Sumber: halamantengahabadi.files. wordpress.com

Sambal rusip adalah salah satu jenis sambal yang khas dari Bangka Belitung. Biasanya, sambal ini digunakan sebagai cocolan lauk utama yang dihidangkan. Bahan utama yang digunakan untuk membuat sambal ini adalah ikan yang sudah difermentasi. Proses fermentasi ikan ini menggunakan garam dan gula merah selama minimal 7 hari.

Setelah dirasa cukup, ikan kemudian dicampur dengan jeruk kunci, cabai, dan bawang merah. Sambal rusip memiliki cita rasa yang manis dan asam. Biasanya sambal disajikan bersama olahan ikan dengan lalap selada, timun, ataupun terong.

36. Santan Kepiting

foto makanan khas bangka belitung santan kepiting
Sumber: befreetour.com

Seperti namanya, makanan ini adalah kepiting segar yang dimasak bersama dengan santan dan cabai. Makanan ini bisa didapatkan dengan mudah di restoran sekitar Bangka Belitung.

37. Siput Gong-gong

gambar makanan khas bangka belitung siput gong-gong
Sumber: pergidulu.com

Tak hanya ikan, Bangka Belitung juga memiliki produk hasil laut yang lain. Siput Gong-gong adalah salah satunya. Siput ini banyak ditemukan di daerah Babel. Biasanya siput ini segera dimasak sesaat setelah diambil dari laut untuk mempertahankan kesegarannya.

38. Soto Ketupat

foto makanan khas bangka belitung soto ketupat
Sumber: jenzcorner.net

Seperti namanya, makanan ini merupakan soto berkuah yang dimakan bersama dengan ketupat. Biasanya, dalam soto ini ditambahkan mie kuning sebagai pelengkap. Soto ketupat merupakan makanan yang identik dengan hari raya Idul Fitri. Makanan ini dihidangkan agar santapan yang disajikan seimbang, tidak hanya makanan bersantan yang berkolestrol tinggi.

39. Sup Gangan

nama makanan khas bangka belitung sup gangan
Sumber: 2.bp.blogspot.com

Sup gangan adalah variasi lain dari hasil laut Bangka Belitung. Hasil laut yang paling sering digunakan untuk membuat masakan ini adalah ikan tenggiri yang masih segar. Ikan ini dimasak bersama dengan rempah Indonesia, yaitu cabai, bawang merah, bawang putih, lengkuas, serta kunyit.

Masakan ini memiliki cita rasa pedas, asam, dan gurih. Rempah-rempah yang digunakan membuat ikan tidak amis lagi.

40. Tahukok

gambar makanan khas bangka belitung tahukok
Sumber: i.pinimg.com

Makanan ini biasanya dikonsumsi oleh masyarakat Bangka yang memiliki keturunan Tionghoa. Satu mangkok tahukok biasanya berisi tahu dan berbagai macam olahan bakso ikan. Kuah kaldu yang digunakan biasanya juga kaldu yang berasal dari seafood.

41. Teri Krispi

nama makanan khas bangka belitung teri krispi
Sumber: bukalapak.com

Desa Sijuk adalah salah satu daerah penghasil ikan terbesar di Bangka Belitung. Tak heran jika makanan yang datang dari desa ini hampir semuanya berbahan dasar ikan. Salah satu makanan yang mudah dijumpai adalah teri krispi. Teri krispi menjadi cemilan sehari-hari masyarakatnya karena hasil laut berupa ikan teri yang sangat melimpah. Zaman sekarang, produk teri krispi sudah mengalami perkembangan dengan berbagai varian rasa yang modern.

Nah, itu dia macam-macam makanan khas Bangka Belitung beserta penjelasannya. Ada banyak makanan yang jarang diketahui masyarakat awam. Melalui tulisan dan gambar dalam artikel ini, tentu akan menambah pengetahuan kita dalam hal makanan daerah di Indonesia.

Nirwana Pradana Maharani

Aktif dalam organisasi dan event mahasiswa semasa berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi. Sedang tertarik mendalami dunia fotografi. Saya juga tertarik mengikuti artikel-artikel terkait fashion dan kuliner.

Update : [modified_date] - Published : [publish_date]

Tinggalkan komentar