Siva Nur Ikhsani Halo, aku Siva. Selain suka nulis apa saja, aku juga hobi makan dan main game, hehe :)

Kerajinan dari Sisik Ikan

4 min read

contoh kerajinan dari sisik ikan

Pernahkah Kamu terpikirkan untuk membuat kerajinan dari sisik ikan?

Kerajinan menggunakan bahan utama dari limbah dari ikan ini memang terbilang unik, dan mungkin belum banyak yang mencobanya.

Namun dengan tangan yang kreatif, Kamu bisa menyulap sisik ikan yang biasanya dibuang menjadi sesuatu yang lebih bernilai.

Bahkan jika beruntung, Kamu bisa gunakan ide ini untuk usaha kecil-kecilan lhoh.

Kira-kira, kerajinan apa saja yang bisa dibuat dari limbah sisik ikan?  Yuk, simak contoh kerajinan dari sisik ikan beserta gambarnya disini.

Contoh Kerajinan Dari Sisik Ikan dan Cara Membuatnya

1. Hiasan Bunga

cara membuat bunga kerajinan dari sisik ikan
etnis.id

Untuk membuat hiasan bunga dari sisik ikan, Kamu bisa memilih jenis ikan kakap.

Para pengrajin banyak yang memilih sisik ikan kakap karena mempunyai ciri-ciri tekstur yang tebal, kuat dan besar jika dibandingkan ikan nila atau mas.

Sebelumnya, Kamu perlu mengetahui terlebih dahulu cara mengolah sisik ikan agar bisa dimanfaatkan sebagai bahan utama produk kerajinan, berikut ini:

  1. Siapkan sisik ikan, lalu rendam menggunakan air deterjen selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu, bilas dengan air bersih sampai benar-benar bersih.
  2. Selanjutnya, rendam sisik dengan perasan air jeruk nipis dan air, kurang lebih selama 2 jam untuk menghilangkan bau amis.
  3. Pisahkan sisi ikan sesuai ketebalan dan ukurannya agar lebih mudah digunakan nantinya, Kamu bisa menggunakan saringan untuk meniriskan sisik
  4. Berikan warna pada sisik ikan dengan cara merebus dengan air, pemberian warna harus hati-hati ya. Zat pengawet yang digunakan adalah larutan benzoat, tujuannya agar sisik ikan lebih tahan lama.
  5. Untuk cara pewarnaan, bisa menggunakan cat tekstil atau pewarna wantez. Masukkan pewarna ke dalam wajan dan masukkan juga sisik ikannya.
  6. Jangan sampai air mendidih, matikan kompir dan biarkan sisik terendam selama kurang lebih 20 menit sampai warna terserap sempurna.
  7. Jika dirasa sudah cukup, sekarang tiriskan sisik ikan dan keringan dengan cara diangin-anginkan agar permukaan sisik tidak menjadi lengkung
Baca juga:   Kerajinan Resin

Catatan: Cara mengolah sisik ikan tersebut bisa digunakan untuk pembuatan produk-produk kerajinan lainnya ya, tidak hanya untuk membuat hiasan bunga saja.

Nah, untuk pembuatan hiasan bunga dari sisik ikan, Kamu bisa merangkainya jadi seperti bunga.

Contoh produk bisa Kamu buat bisa cek pada gambar di atas, hasilnya sangat bagus jika proses pengolahan sisik ikan dilakukan dengan tepat.

2. Bross / Aksesoris

aksesoris contoh kerajinan dari sisik ikan
karousell.com

Sisik ikan bisa Kamu manfaatkan untuk membuat aksesoris unik, seperti bros. Hasilnya terbilang menarik dan artistic yang tentunya tidak dijual di toko-toko.

Memanfaatkan sisik ikan untuk aksesoris juga tidak sulit, tapi disini Kamu perlu memastikan jenis sisik ikan yang tepat dan ukurannya disesuaikan dengan jenis aksesoris yang akan dibuat.

Sebelum membuat kerajinan dari sisik ikan, cuci bersih terlebih dahulu sisik ikan agar tidak bau amis.

Setelah itu, Kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memanfaatkan sisik ikan sebagai aksesoris atau bros.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • Sisik ikan yang sudah dibersihkan
  • Lem tembak
  • Pewarna (cat lukis)

Cara membuatnya:

  1. Disini Kami akan mencontohkan cara membuat aksesoris sisik ikan pada jepit ramput atau sisir. Pertama, warnai sisik ikan yang sudah Kamu siapkan.
  2. Gunakan lem tembak untuk merekatkan sisik ikan
  3. Tempelkan satu per satu sisik ikan membentuk kelopak bunga, model bunga ini dibuat kecil dan bentuknya disesuaikan dengan selera kalian masing-masing
  4. Jika bunga sudah jadi, sekarang tempelkan bunga pada jepit rambut atau sisir yang akan dihias menggunakan lem tembak. Tips-nya, penggunaan lem tembak jangan terlalu banyak agar hasilnya rapi dan bagus.

Oh iya, kalau kamu mau bikin bros, bisa menggunakan cemiti atau sejenisnya  sebagai dasaran bros yah agar lebih mudah dihias dengan sisik ikan.

Baca juga:   Kerajinan Dari Kaleng

3. Anting-anting

anting contoh kerajinan dari sisik ikan
blanja.com

Sisik ikan juga bisa Kamu sulap menjadi anting-anting.

Untuk acara pengolahan sisiknya bisa ikuti langkah-langkah pada nomor 1 ya, agar sisik ikan yang kamu gunakan awet, tidak amis dan tidak mudah rusak.

Cara membuat anting-anting dari sisik ikan bisa disesuaikan dengan selera kamu.

Pengait anting-anting bisa dibeli di toko aksesoris, kamu juga bisa menggunakan lem tembak sebagai bahan perekatnya.

Bentuk produk anting-anting dari sisik ikan bisa Kamu lihat pada contoh gambar di atas.

4. Gantungan Kunci

gantunga kunci adalah kerajinan dari sisik ikan
Rumah Kreatif BUMN

Pengolahan limbah sisik ikan dijadikan sebagai gantungan kunci ternyata cukup populer dan bernilai komersial tinggi.

Bahan membuat gantungan kunci sisik ikan ini biasanya memakai jenis ikan kakap dan menggunakan teknik pengolahan sisik seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Pembuatannya cukup mudah, kamu bisa membentuk sisik ikan sedemikian rupa sesuai keinginan.

Untuk pengait atau gantungannya bisa dibeli di toko aksesoris.

Pewarna gantungan kunci lebih disarankan menggunakan pilox agar hasil pewarnaannya lebih rata dan bagus daripada memakai cat.

Agar gantungan kunci lebih cantik, kamu juga dapat menggunakan tambahan bubuk gliter beberapa warna.

Contoh gambar kerajinan dari sisik ikan dalam bentuk gantungan kunci bisa kamu lihat di atas.

5. Kalung

cara bikin kalung kerajinan dari sisik ikan
rumah-bumn.id

Bosan dengan model kalung yang gitu-gitu aja? Cobain deh bikin aksesoris kalung yang terbuat dari sisik ikan.

Alat pembuatan kalung sisik ikan ini tidak jauh beda dari tutorial pembuatan aksesoris seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Agar lebih kreatif, kombinasikan sisik ikan yang sudah dibentuk bunga, lalu jadikan bandul pada kalung, hasilnya sangat cantik.

6. Hiasan Lampu

hiasan lampu cantik kerajinan dari sisik ikan
karousell.com

Untuk contoh kerajinan dari sisik ikan yang satu ini agak rumit dan membutuhkan tingkat kreatifitas yang tinggi.

Prinsipnya seperti membuat lampu gantung yang umumnya dibuat dari kristal-kristal kaca, kali ini diganti dengan sisik ikan.

Mungkin sedikit tutorial berikut ini bisa jadi gambaran kamu untuk membuat hiasan lampu dari sisik ikan.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

  • Sisik ikan yang sudah diolah
  • Tali atau benang nilon
  • Lem tembak
  • Pernak pernik lainnya (sesuaikan dengan keinginan)

Cara membuatnya:

  1. Siapkan sisik ikan yang sudah diolah
  2. Susun sisik-sisik ikan terlebih dahulu sebelum ditempelkan pada tali. Kamu bisa membuat sesuatu yang mudah untuk awalan, misalnya bentuk bunga
  3. Gunakan lem tembak untuk merekatkan sisik secara berhati-hati
  4. Jika sudah terbentuk dan sudah direkatkan pada tali, gunakan sebagai cover lampu. Contoh gambarnya bisa di lihat pada gambar di atas ya

Pembuatan hiasan lampu dari sisik ikan ini agak rumit ya, untuk lebih jelasnya, Kamu bisa cek melalui Youtube untuk tutorial lengkapnya.

7. Pernak Pernik

kancing baju kerajinan dari sisik ikan
alicdn.com

Pernak pernik cantik dari sisik ikan ini juga bisa Kamu fungsikan sebagai bros untuk melengkapi OOTD kamu hari ini.

Bentuk sepert ini bisa juga untuk kancing baju, jadi silahkan disesuaikan dengan selera dan kebutuhan Kamu ya.

8. Jepit Rambut

cara buat jepit rambut kerajinan dari sisik ikan
oriflameid.com

Boleh juga nih, memanfaatkan sisik ikan untuk membuat jepit rambut.

Untuk cara pembuatannya tidak jauh beda dengan cara bikin anting-anting atau bros seperti yang sudah kami jelaskan di atas ya.

Pastikan Kamu memakai sisik ikan yang bagus dan sudah diolah dengan cara yang benar.

Akhir Kata

Nah, itulah macam-macam kerajinan dari sisik ikan yang mungkin bisa jadi ide pengisi waktu luang kamu untuk mencoba hal-hal kreatif.

Bahkan sekarang suadh banyak lhoh yang  memanfaatkan sisik ikan untuk usaha atau bisnis aksesoris.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang DIY kerajinan dari sisik ikan.

Keyword: kerajinan dari sisik ikan

Deskripsi: Contoh kerajinan dari sisik ikan ada banyak, seperti hiasan bunga, aksesoris, anting, kalung, dll. Yuk, ketahui cara membuatnya.

Siva Nur Ikhsani Halo, aku Siva. Selain suka nulis apa saja, aku juga hobi makan dan main game, hehe :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *