17 Kerajinan dari Kulit Kerang beserta Cara Membuatnya

Kulit kerang dengan beragam bentuk dan warna yang unik dapat diolah menjadi aneka kerajinan yang artistik. Dengan sedikit imajinasi dan ketelatenan, anda dapat mengubah kerang menjadi bros, gelang, hiasan lampu, hingga kotak tisu yang tidak hanya dapat anda pakai sendiri, tetapi juga memiliki nilai jual tinggi.

Artikel berikut ini kami lengkapi dengan tips dalam membuat kerajinan dari kerang beserta cara pembuatannya.

Contoh Kerajinan dari Kerang

1. Biji Congklak

kerajinan dari kerang congklak
Biji congklak bisa menggunakan cangkang bekas kerang. Sumber: bukalapak.com

Selain menggunakan biji tanaman atau batu, permainan congklak juga bisa menggunakan kerang. Ia lebih besar dibandingkan biji congklak biasa. Bentuk kerangnya yang unik bisa membuat permainan tradisional ini semakin asyik.

2. Bingkai Cermin

kerajinan dari kerang cermin
Kerang menghiasi bingkai cermin. Sumber: alfikeer.com

Kulit kerang bisa ditambahkan di bingkai cermin untuk membuatnya semakin menarik. Apalagi jika kita sedang melihat diri kita yang ganteng dan cantik di depan cermin. Ada yang memiliki desain monoton satu kerang, dan ada yang beragam kerang.

3. Bros

contoh kerajinan dari kerang bros
Aneka bros dari kerang. Sumber: abihandycraft.blogspot.com

Perhiasan yang disematkan di baju atau di kerudung ini bisa tampil dengan hiasan kerang. Biasanya kita sering melihat bros bentuk bunga, tapi bros kerang tidak kalah unik dan bagus.

4. Bunga

contoh kerajinan dari kerang bunga
Kerang disulap menjadi bunga indah. Sumber: wirausaha-pemula.id

Hiasan bunga dari kerang akan membuat rumah kita semakin memesona. Kerang dapat ditumpuk dan disusun hingga membentuk bunga lalu diberi warna yang beragam. Mungkin kalau dari jauh, kita tidak akan sadar bahwa bunga itu adalah kerajinan kulit kerang

5. Gantungan Kerang

contoh kerajinan dari kerang gantungan
Gantungan dari kerang. Sumber: apkpure.com

Buat halaman depan rumah, teras, atau bagian lain indah dengan kehadiran gantungan dari kerang. Biasanya memang kita menjumpai gantungan dari bambu atau logam yang membuat suara ketika angin berhembus atau kita mainkan. Namun, gantungan kerang ini dapat menjadi alternatif karena keunikan bentuknya. Kita juga bisa menambahkan lonceng kecil untuk memberikan suara yang dapat menyejukkan telinga kita.

6. Gelang

contoh kerajinan dari kerang gelang
Gelang kerang warna-warni. Sumber: id.carousell.com

Kulit kerang bisa dikreasikan menjadi gelang tangan maupun gelang kaki. Gelang-gelang kerang ini sering kali dijadikan buah tangan saat kita berwisata ke daerah pesisir.

7. Hiasan Dinding

contoh kerajinan dari kerang hiasan dinding
Hiasan dinding berbentuk bunga dengan pigura kerang. Sumber: rkb.id

Kerang dapat ditata rapi serta diberi warna (jika mau) dan dimuat dalam pigura atau bingkai sehingga membuat sebuah lukisan atau pajangan untuk menghiasi dinding rumah kita. Dekorasi ini kerap kali diburu oleh penggemar seni karena desainnya yang unik.

8. Kalung

contoh kerajinan dari kerang kalung
Kalung kerang berwarna pink. Sumber: bukalapak.com

Sama seperti gelang, kalung dari kerang juga bisa dijumpai ketika kita berwisata ke pantai atau pulau kecil. Desainnya yang cantik cocok dijadikan sebagai hadiah untuk kekasih hati.

9. Kap Lampu

kerajinan dari kerang penutup lampu
Kap lampu gantung putih dari kerang. Sumber: id.aliexpress.com

Sudah bosan dengan kap lampu biasa? Mungkin Selasares perlu mencoba kap lampu dari kerang. Ada yang berbentuk kap lampu gantung dan ada yang berbentuk kap lampu meja.

10. Kotak Tisu

kerajinan dari kerang tempat tisu
Kotak tisu yang dihiasi kerang-kerangan. Sumber: kerjinan-kulitkerang.blogspot.com

Kotak tisu dengan hiasan kerang cocok untuk ditempatkan di ruang tamu. Dijamin para tamu akan terkesima dengan desain kotak tisu kulit kerang kita.

11. Lampion

contoh kerajinan dari kerang lampion
Lampion kerang bisa dijual dengan harga tinggi. Sumber: bukalapak.com

Kerang bisa disusun menjadi sebuah lampion. Lampu yang ada di dalamnya akan memancarkan cahaya ke luar lampion kerang. Kerajinan ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi karena nilai estetikanya.

12. Pasir Kerang

kerajinan dari kerang meja pasir
Meja pasir kerang bisa menjadi inspirasi untuk ruang tamu. Sumber: lazada.co.id

Kerajinan ini biasa kita jumpai di beberapa meja ruang tamu rumah-rumah. Meja dibuat dengan lubang lalu diisi dengan pasir dan kerang. Setelah disusun, lubang tersebut ditutup dengan kaca.

13. Pigura

kerajinan dari kerang pigura foto
Pigura dari kerang bisa memperindah foto kita. Sumber: id.aliexpress.com

Selain untuk cermin, kerang juga bisa dijadikan pigura atau bingkai foto sebagai dekorasi. Pigura dari kerang dipercaya dapat membuat foto menjadi lebih terkenang.

14. Replika Binatang

kerajinan dari kerang koala
Replika koala dari cangkang kerang. Sumber: apkpure.com

Kerang yang merupakan binatang bisa diubah menjadi bentuk binatang lain. Ada yang membuatnya menjadi kura-kura, penyu, kupu-kupu, koala, kangguru, anjing, dan hewan lainnya.

15. Tempat Lilin

kerajinan dari kerang lilin
Tempat lilin dari kerang. Sumber: pinterest.com

Kerang dapat diubah menjadi tempat lilin yang elok. Bentuknya juga beragam, ada yang diberi motif, ada yang berbentuk seperti bunga, mangkuk, dan lain-lain.

16. Tirai

contoh kerajinan dari kerang tirai
Tirai kerang menjadi alternatif tirai bambu, kain, manik-manik, dan lain-lain. Sumber: tokopedia.com

Tirai pintu atau lorong biasanya terbuat dari bahan kain, batu-batu indah kecil, atau manik-manik. Namun kerang juga bisa dibuat menjadi tirai. Ia bisa digunakan untuk memperindah rumah kita.

17. Vas Bunga

kerajinan dari kerang vas
Vas bunga dari kerang yang disusun rapi. Sumber: idntimes.com

Kerang-kerangan bisa disulap menjadi vas untuk kita menaruh bunga atau tanaman hias lainnya. Vas bunga kerang cocok untuk ditaruh di ruang tamu atau meja makan untuk menghiasi ruangan.

Tips Membuat Kerajinan dari Kerang

jenis kerajinan dari kerang
Pemutih bisa digunakan untuk membersihkan kerang. Sumber: lailatulnisfiya.blogspot.com

1. Mengenal Jenis Kerang yang Akan Digunakan

Sebelum kita melihat contoh kerajinan dari kerang dan membuatnya, terlebih dahulu kita harus mengetahui jenis-jenis kerang yang akan digunakan. Spesies kerang ada banyak sekali, dari sungai hingga samudra ia ada.

Namun, yang sering digunakan adalah kerang laut seperti kerang darah, kerang hijau, kerang tiram, kerang bambu, kerang bulu, kerang macan, kerang simping, kerang kepah, keong, dan masih banyak lagi. Yang populer di antaranya adalah kerang simping, kerang darah, dan cangkang keong.

Kerang-kerang tersebut mudah ditemukan karena sering dikonsumsi oleh masyarakat dan mereka membuang kulitnya dengan cuma-cuma. Selain itu, jika sudah dibersihkan dan diolah hasil karyanya akan menarik hati serta tahan lama.

2. Memilih Cangkang yang Layak

Tips selanjutnya adalah memilih cangkang yang layak. Kita bisa melakukannya dengan cara melihat apakah kulit tersebut pecah atau rusak. Jika kita ingin cangkang murni dengan warna asli (tanpa menggunakan proses pewarnaan buatan), carilah yang tidak memiliki bercak-bercak hitam. Kalau ingin mewarnainya lagi, tidak apa-apa jika kita memilih yang masih ada bercak-bercak hitamnya.

Cobalah untuk mengetuk atau menekan sedikit cangkang, apabila tidak retak atau pecah maka cangkang itu kuat. Apabila sudah, bersihkan cangkang secara menyeluruh, lalu keringkan.

Cara Membuat Kerajinan Kerang Sederhana

kerajinan dari kerang yang mudah dibuat
Membuat kotak tisu dengan hiasan kerang sederhana. Sumber: kpdjatimkalsel.blogspot.com

Oke Selasares, kami akan memberi tahu cara membuat kotak tisu sederhana dengan bahan kulit kerang. Siapkan alat dan bahan terlebih dahulu.

1. Alat dan Bahan

  • Kardus bekas berbentuk persegi panjang;
  • Kulit kerang, disarankan satu jenis kerang;
  • Gunting; dan
  • Lem.

2. Langkah-Langkah

  1. Pastikan kulit kerang dalam keadaan bersih (sudah dibersihkan).
  2. Potong kardus dengan gunting sesuai ukuran tisu dan buat enam sisi menjadi sebuah balok.
  3. Sisi atas diberi lubang untuk mengambil tisu dan bisa dibuka untuk mengisi ulang tisu jika sudah habis.
  4. Gabungkan sisi-sisi tersebut dengan lem atau perekat yang kuat.
  5. Hias balok kardus sesuai selera dengan kerang, gunakan lem untuk menempelkannya.
  6. Setelah disusun rapi, kotak tisu dengan hiasan kerang sudah bisa digunakan.

Jika ingin tahu lebih lanjut, silakan menonton video tutorial membuat kotak tisu dengan kulit kerang berikut ini.

Sebenarnya masih banyak lagi kerajinan-kerajinan dari kulit atau cangkang kerang. Selasares bisa mengeksplor sendiri ragam kerajinan lainnya. Tujuan dari memanfaatkan kulit kerang tidak lain adalah untuk mengurangi sampah kulit kerang yang selalu terbuang sia-sia. Harapannya setelah ini, kita dapat terinspirasi untuk membuat kerajinan dari kerang setelah kita memakannya ha ha.

Jika Selasares berhasil membuat kerajinan dari kerang, jangan malu-malu untuk berbagi cerita di sini ya. Untuk kerajinan-kerajinan unik lainnya, bisa diakses di laman Selasar.

Tinggalkan komentar