Kecanduan Bermain Game, Bahaya kah?

Games berbahaya?

Bunda, siapa disini yang kuatir dengan tingkah si kecil yang sering kali bermain game hingga lupa waktu?

Bahkan terkadang kita kaitkan kegiatan bermain anak dengan tuduhan penyebab anak malas belajar, malas makan, atau jadi antisosial.

Bunda disini pasti kuatir dan takut karena kebiasaan bermain si kecil yang tak kenal waktu.

Jika sudah pada tingkat durasi tertentu, game online dapat berpotensi memunculkan rasa malas dan antisosial pada siapapun, tak terkecuali orang dewasa.

Tapi lebih jelasnya Apa sih kecanduan game itu?

Organisasi kesehatan dunia WHO, menjelaskan kecanduan game  sebagai sebuah pola perilaku dengan gejala diantaranya :

1. Munculnya rasa ingin selalu bermain hingga tak mampu mengendalikan keinginan bermain game

2. Lebih memprioritaskan bermain game dibandingkan aktivitas lainnya.

 3. Seseorang tidak bisa bermain game, meski tahu ada konsekuensi negatif yang jelas terlihat.

WHO menjelaskan, seseorang disebut kecanduan game jika pola perilaku tersebut sangat kuat dan berdampak, baik terhadap pribadi dan sosial, pendidikan, pekerjaan, maupun area penting lainnya. Dampak ini biasanya terlihat jelas dalam kurun waktu 12 bulan.

Agar anak tak kecanduan, sangat penting bagi kita sebagai orang tua untuk mencegah supaya anak-anak tidak menjadi kecanduan. Karenanya pengawasan dan kontrol orang tua maupun anggota keluarga dewasa lainnya sangat dibutuhkan.

Tapi tidak berhenti disana ternyata game punya manfaat loh untuk anak-anak. Berikut kami rangkum beberapa manfaat bermain game untuk anak:

1. Melatih otak dan mental

Tak banyak orang tahu, saat anak bermain game anak bisa mengembangkan keterampilan dan kemampuan berpikir abstrak untuk membuat strategi guna memenangkan permainan.

Disini anak melatih daya kritis dan logikanya dengan menyelesaikan tantangan dalam game.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Anak-anak tanpa sadar mulai terbiasa untuk berpikir cepat, membuat analisa, dan mengambil keputusan sehingga anak-anak dapat  dengan cepat dan mampu untuk berani mengambil risiko.

Selain itu, motorik halus juga dilatih saat mengikuti instruksi ataupun saat membuat rencana dan menemukan strategi dan antisipasi dari sebuah kejadian.

Secara tidak langsung Otak pun akan lebih terasah, memori lebih kuat, dan konsentrasi lebih bagus.

Hal ini bisa membuat anak-anak cenderung menjadi lebih kreatif dan mandiri.

Bunda bisa membantu anak memilih game agar bermain dan sekaligus belajar. Salah satu game yang bisa bunda pilih adalah Toto Game Online. Untuk mengaksesnya bunda tinggal klik di https://totoadventuregames.online/

 2. Mengenal dan menggunakan teknologi

Tak dipungkiri di era teknologi menjadikan pemanfaatan teknologi menjadi suatu kebutuhan. Dengan bermain game anak-anak menjadi familiar dengan gadget sehingga mereka tidak gaptek ataupun asing dengan teknologi.

Tak hanya itu, anak-anak juga bisa dilatih berkomunikasi dan berinteraksi dalam bentuk kerjasama karena toto game online juga memungkinkan anak-anak bertemu dengan user lain di dalam permainan dan memainkan gametoto ini bersama-sama dalam satu waktu.

  3. Melepas Stres

Siapa sangka anak-anak juga bisa merasakan stress?

Tugas yang banyak aktifitas padat adalah salah satu alasan anak menjadi stres

Karena itu bermain game akan menjadi cara ampuh untuk rehat dan refreshing dari aktifitas harian mereka.

Anak-anak bisa merasakan petualangan yang menyenangkan dalam toto game online.toto adventure juga sangat cocok untuk melatih sifat gigih dan jiwa petualang anak-anak.

Sebab toto game online memiliki tingkat kesulitan sampai level 24 sehingga kamu yang memainkannya akan terus memainkan game ini hingga game berakhir mencapai level terakhir.

Admin

Update : [modified_date] - Published : [publish_date]

Tinggalkan komentar