27 Jenis Topi Pria & Wanita Keren beserta Namanya

Topi adalah salah satu bagian dari pakaian yang juga berfungsi melindungi kepala dari panasnya sinar matahari. Di samping fungsinya tersebut, topi juga digunakan sebagai salah satu aksesori yang bisa menunjang penampilan. Ada banyak jenis topi yang bisa dipadukan dengan berbagai model gaya pakaian. Misalnya, baseball cap yang cocok kamu padukan dengan gaya sporty.

Untuk memilih topi yang cocok denganmu, yuk baca artikel di bawah ini!

Berbagai Jenis Topi Pria dan Wanita

1. Beret Hat/Newsboy Cap

gambar jenis topi beret hat
Sumber: etsy.com

Untuk memberikan kesan preppy dan klasik secara bersamaan, laki-laki biasanya memilih jenis topi baret atau sebagai aksesori pelengkap penampilan. Topi baret mempunyai karakteristik bagian atas yang berbentuk bulat, pipih, serta dibuat dengan bahan lebih lembut dan fleksibel daripada model topi lainnya.

2. Baseball Hat

gambar jenis topi baseball
Sumber: headcovers.com

Jenis topi ini disebut baseball hat karena awalnya topi ini dipakai oleh anggota tim olahraga baseball yang biasanya dibuat dengan logo tim pada bagian depan topi. Fashion item ini mempunyai desain yang tidak kaku pada bagian atas kepala. Jenis topi ini juga dilengkapi dengan brim yang kuat di depan yang memiliki fungsi untuk melindungi wajah dari sinar matahari. Baseball cap hadir dengan berbagai desain yang tidak hanya dipakai saat berolahraga.

3. Beanie

gambar jenis topi beanie
Sumber: mapemall.com

Beanie merupakan jenis topi yang berbeda dari model topi lainnya. Topi ini terbuat dari bahan yang elastis dan mengikuti bentuk kepala jika dipakai. Beanie ini cocok dipakai laki-laki maupun perempuan. Selain itu, dengan memakai beanie, kamu bisa memadukan model berpakaian dengan cukup mudah. Pada dasarnya, beanie cocok dipadukan dengan gaya berpakaian apapun.

4. Boater Hat

gambar jenis topi boater hat
Sumber: samuel-windsor.com

Kesan vintage ala kaum urban bisa didapatkan dengan menggunakan topi model boater hat. Ciri-ciri boater hat terletak pada bahannya yang terbuat dari jerami dengan model topi yang mendatar. Biasanya terdapat detail pita warna warni yang melingkari seluruh bagian topi.

5. Bobble Hat

gambar jenis topi bobble hat
Sumber: red.equipment

Jenis topi ini mirip dengan beanie, namun dengan tambahan pom pom pada bagian atasnya.

6. Bowler Hat

gambar jenis topi bowler hat
Sumber: pinterest.com

Jika kamu termasuk orang yang anti ribet dalam memilih gaya pakaian sehari-hari, kamu bisa memilih jenis topi dengan model yang cenderung sederhana. Salah satu jenis topi dengan model sederhana yang bisa dicoba adalah bowler hat. Jenis topi ini tidak asing didengar karena keberadaannya di dunia fashion yang sangat populer..

7. Breton Hat

gambar jenis topi breton hat
Sumber: aliexpress.com

Topi ini sering disebut dengan nama nautical hat. Pada zaman dahulu sering dipakai oleh nelayan atau pekerja pertanian di Brittany, Perancis. Topi ini sering dipadukan bersama atasan bergaris biru putih atau merah putih.

8. Bucket Hat/Topi Pancing

gambar jenis topi bucket hat
Sumber: us.rains.com

Bucket hat adalah salah satu pilihan terbaik untuk gaya harianmu. Banyak dipakai saat liburan di pantai serta menjadi salah satu tren fashion yang tak lekang oleh waktu. Jenis topi dengan pinggiran yang melebar ini cocok dipakai oleh laki-laki maupun perempuan. Bucket hat juga cocok kamu pakai saat hangout bersama teman.

9. Chupalla

gambar jenis topi chupalla
Sumber: barriomeiggs.cl

Chupalla adalah sejenis topi rajut yang banyak digunakan di negara Meksiko.

10. Cowboy Hat

gambar jenis topi cowboy hat
Sumber: outpostboots.com

Cowboy hat merupakan salah satu aksesori yang menandakan ciri khas peternak di bagian barat serta selatan Amerika Serikat.

11. Dad Hat

gambar jenis topi dad hat
Sumber: gq.com

Topi ini diberi nama dad hat karena memiliki model yang terlihat tua. Namun, jika dipadukan dengan pakaian yang tepat, dad hat bisa menjadi fashion icon mu. Dad hat memiliki bentuk yang mirip dengan baseball cap. Jenis topi ini sebenarnya tidak sulit dipadukan dengan beragam gaya pakaian sehari-hari. Gaya kasual maupun gaya semi formal, semuanya cocok dipadukan dengan dad hat.

12. Driving Cap

gambar jenis topi driving cap
Sumber: weaversofireland.com

Driving cap memiliki model yang mirip dengan topi newsboy. Jenis topi ini biasanya dibuat dari bahan wol dan katun. Namun, ada juga yang membuatnya dari bahan linen.

13. Fedora

gambar jenis topi fedora
Sumber: headcovers.com

Model topi klasik ini sekarang disukai oleh anak-anak muda penggila gaya vintage. Pada awal kemunculannya di tahun 1920, topi fedora banyak dipakai oleh para gangster. Pemilihan warna topi fedora harus disesuaikan dengan warna pakaianmu supaya terlihat bagus. Untuk percobaan pertama, coba pilih warna topi yang netral seperti hitam atau abu-abu.

14. Flat Cap

gambar jenis topi flat cap
Sumber: countrycollection.co.uk

Jenis topi ini memiliki model yang mirip dengan fedora. Flat cap memberikan kesan classy saat kamu memakainya. Topi seperti ini terkenal di kalangan artis papan atas Hollywood. Tak terbayang bahwa pada awal kemunculannya, topi ini dipakai sebagai pelindung saat membersihkan cerobong asap.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

15. Floppy Straw

gambar jenis topi floppy straw
Sumber: pinterest.com

Topi ini sering dikenal sebagai topi pantai oleh orang awam. Floppy hat memiliki pinggiran yang cukup lebar, berguna untuk melindungi dari sinar matahari. Oleh karena itu, topi ini terkenal sebagai topi pantai, cuaca di pantai sangat panas. Jenis topi ini sangat cocok dipadukan dengan pakaian motif floral.

16. Homburg

gambar jenis topi homburg hat
Sumber: nickimarquardt.com

Jenis topi ini biasanya digunakan pada acara-acara formal. Homburg adalah jenis topi yang terbuat dari bahan bulu binatang. Biasanya jenis topi ini memiliki tambahan hiasan pada bagian samping.

17. Panama

gambar jenis topi panama hat
Sumber: designrarity.com

Panama adalah jenis topi yang berasal dari Ekuador. Topi ini hadir dengan warna-warna netral seperti putih dan krem. Ia terbuat dari bahan yang ringan, tidak membuat kepala terasa panas ketika memakainya. Saat ini, panama sering dipakai saat musim panas.

18. Pork pie

gambar jenis topi pork pie hat
Sumber: pinterest.com

Pork Pie mempunyai bentuk tepi yang pendek dengan bentuk bagian atas yang datar serta berbentuk lingkaran. Model topi ini menjadi terkenal setelah dipakai oleh Bryan Cranston.

19. Sailor

gambar jenis topi sailor hat
Sumber: vogue.com

Sailor cap memberikan kesan santai dan misterius saat kamu memakainya. Jenis topi wanita ini cocok dipadukan dengan berbagai setelan kasual seperti kaos, jeans, dan coat. Para selebriti dunia sering memakai sailor cap saat berjalan-jalan santai. Kamu juga bisa menggunakan sailor cap ke dalam paduan gaya sehari-hari untuk memberikan penampilan yang terkesan cuek, namun tetap manis.

20. Snapback

gambar jenis topi snapback
Sumber: herstorm.com

Snapback bisa menjadi pilihan jika kamu bosan memakai topi yang mengarah ke depan. Jenis topi ini cocok digunakan untuk gaya kasual harian.

21. Straw Hat

gambar jenis topi straw hat
Sumber: parfois.com

Topi ini dibuat dengan teknik anyaman. Namun, bahan yang digunakan ada berbagai macam. Biasanya jenis topi ini digunakan sebagai seragam dan juga pelindung dari sinar matahari.

22. Top Hat

gambar jenis topi top hat
Sumber: oliverbrown.org.uk

Top hat adalah topi dengan ukuran tinggi. Biasanya topi ini dipakai pesulap dalam pertunjukan.

23. Trilby

gambar jenis topi trilby hat
Sumber: urban-state.com

Jika topi fedora mempunyai sisi atau tepi yang berbentuk lebar dan datar, trilby mempunyai tepi yang bentuknya lebih pendek dan miring ke bawah pada sisi depan serta mengarah naik di belakang. Trilby sangat populer pada tahun 1960-an karena kala itu mobil-mobil Amerika yang dibuat tidak memungkinkan untuk laki-laki memakai topi tinggi ketika sedang menyetir.

24. Trucker Cap/Topi Distro

gambar jenis topi trucker hat
Sumber: gsenm.org

Jenis trucker cap atau topi distro merupakan model yang cukup populer dan bisa dibilang paling sering dijual di pasaran. Jenis topi ini memiliki model yang sederhana untuk sekadar melingungi diri dari panasnya sinar matahari. Ada yang dilengkapi dengan adjustable strap atau tali belakang yang bisa diatur panjang pendeknya sehingga bisa kamu sesuaikan dengan kenyamanan ketika kamu pakai di kepala. Sesuai dengan jenisnya, topi model ini pada awalnya banyak dipakau oleh para sopir truk di Amerika Serikat.

25. Ushanka

gambar jenis topi ushanka
Sumber: nordfur.com

Ushanka merupakan topi tradisional dari negara Rusia yang digunakan ketika musim dingin. Menurut bahasa, arti nama ushanka sendiri adalah topi yang menutup telinga. Topi ini memang cocok dipakai saat musim dingin karena terbuat dari bahan yang tebal dan hangat.

26. Visor Cap

gambar jenis topi visor cap
Sumber: pomelofashion.net

Topi ini memiliki bentuk pada bagian atas yang terbuka dengan bagian belakang yang dirancang dengan tambahan karet atau velcro sehingga dapat disesuaikan dengan ukuran kepala. Visor cap hanya dapat melindungi bagian wajah dari sengatan sinar matahari.

27. Wide Flat Brim

gambar jenis topi wide flat brim
Sumber: pinterest.com

Jenis topi ini merupakan paduan antara fedora dengan tepi lebar dan topi western country yang pernah menjadi tren pakaian pria tahun lalu.

Nah, itu tadi adalah penjelasan mengenai jenis-jenis topi. Setelah membaca artikel di atas, penulis berharap pembaca dapat memahami berbagai model topi yang cocok dengan gaya berpakaian. Sebelum membeli topi, sebaiknya kita memahami topi dengan gaya apa yang cocok kita pakai. Jangan sampai hanya membeli karena merasa topi tersebut bagus dipakai oleh seseorang. Suatu model topi belum tentu cocok dipakai oleh semua orang.

Semoga bermanfaat.

Nirwana Pradana Maharani

Aktif dalam organisasi dan event mahasiswa semasa berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi. Sedang tertarik mendalami dunia fotografi. Saya juga tertarik mengikuti artikel-artikel terkait fashion dan kuliner.

Update : 4 Februari 2021 - Published : 7 Desember 2020

Tinggalkan komentar