25 Jenis Susu yang Umum Dikonsumsi Sehari-hari Lengkap

Susu merupakan minuman yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh manusia. Tak hanya dari hewan, susu juga bisa didapatkan dari tumbuhan, biasanya disebut dengan susu nabati.

Selain kedua jenis susu tersebut, masih ada jenis susu lain yang dibedakan berdasarkan cara pengolahannya. Masing-masing jenis susu memiliki manfaat yang baik bagi tubuh manusia.

Penasaran dengan penjelasan masing-masing jenis susu? Yuk simak artikel berikut ini!

Berbagai Jenis Susu

1. Almond

gambar jenis susu almond
Sumber: dishbydish.net

Susu almond merupakan jenis susu nabati yang paling populer. Jenis susu ini memiliki rasa manis alami dengan tekstur creamy. Produk ini dapat dengan mudah ditemukan di berbagai toko.

Susu almond dibuat dengan cara memanggang kacang almond terlebih dahulu. Kemudian kacang almond digiling dengan air sampai menjadi campuran yang rata. Produk yang dihasilkan adalah susu kaya yang memiliki rasa kacang yang lezat ditambah dengan tekstur yang kental dan creamy.

2. Bebas Laktosa

gambar jenis susu bebas laktosa
Sumber: amazon.com

Susu bebas laktosa merupakan jenis susu yang telah dibuang laktosanya. Laktosa adalah gula alami yang ada di dalam susu, namun tidak semua orang bisa mencerna zat tersebut. Laktosa bisa hilang jika menambahkan laktase ke dalam susu biasa. Produk susu ini bisa didapatkan dengan mudah di supermarket maupun di toko.

3. Beras

gambar jenis susu beras
Sumber: zerowastechef.com

Ini merupakan jenis susu dari tumbuhan lainnya yang dihasilkan dari makanan pokok kita, yaitu beras. Susu beras lebih enak jika ditambahkan gula merah sebelum diminum. Jenis susu ini bisa didapatkan dari beras merah yang telah dimasak menjadi nasi. Nasi merah kemudian diblender hingga cair dengan menambahkan sedikit air. Setelah itu campuran nasi dan air bisa disaring untuk mendapatkan susunya.

4. Evaporasi

gambar jenis susu evaporasi
Sumber: veenaazmanov.com

Di beberapa daerah, jenis susu ini sering disebut dengan susu kental tanpa tambahan pemanis. Susu evaporasi merupakan susu kaleng yang 60% kandungan airnya hilang. Air tersebut dihilangkan dengan cara memanaskan susu di atas api hingga airnya surut. Setelah dipanaskan, tekstur susu berubah menjadi kental dan lembut.

Kandungan lemak di dalam susu evaporasi rendah namun tetap memiliki tekstur creamy. Susu evaporasi sering dijadikan pengganti krim dalam berbagai jenis makanan.

5. Full Cream

gambar jenis susu full cream
Sumber: cravingshappen.com

Full cream merupakan jenis susu dengan kandungan lemak paling banyak sehingga ia memiliki tekstur yang paling creamy. Susu ini bisa didapatkan dari kelenjar susu berbagai mamalia yang hidup di bumi.

Di dalam 100 ml susu full cream terdapat 3.3 gr protein, 4.7 gr karbohidrat, serta 3.9 gr lemak. Sedangkan jumlah kalori yang terdapat di dalamnya adalah 66.9 kkal. Hal ini baik bagi orang-orang yang sedang menjalankan diet.

6. Kambing

gambar jenis susu kambing
Sumber: lifesourcenaturalfoods.com

Susu kambing diambil dari kambing betina yang sudah pernah melahirkan. Jenis susu ini lebih populer digunakan sebagai pengobatan daripada dikonsumsi sehari-hari. Susu kambing juga bagus bagi mereka yang sulit mencerna laktosa di dalam susu sapi.

7. Kedelai

gambar jenis susu kedelai
Sumber: alphafoodie.com

Susu kedelai adalah susu nabati yang paling populer di kalangan masyarakat. Terdapat 2 jenis susu kedelai, yaitu cair dan bubuk. Cara mendapatkan susu kedelai adalah menggiling kedelai kering dengan mencampurnya dengan air.

Meskipun terbuat dari tumbuhan, susu kedelai tetap mengandung banyak protein. Susu ini populer di kalangan vegan yang tidak bisa mengonsumsi susu dari hewan. Karena berasal dari kedelai, jenis susu ini juga bebas kolesterol. Jenis susu ini juga mengandung gizi yang hampir sama dengan susu sapi.

8. Kelapa

gambar jenis susu kelapa
Sumber: mutmuthea.com

Santan merupakan jenis susu nabati yang sangat populer. Namun, santan tidak dikonsumsi sebagai minuman sehari-hari. Susu dari kelapa ini digunakan sebagai bahan masakan. Cara mendapatkan santan adalah dengan mengekstrak kelapa hingga mengeluarkan cairan. Cairan yang dihasilkan bisa encer dan kental tergantung jumlah air yang digunakan untuk mengekstrak.

9. Kental Manis

gambar jenis susu kental manis
Sumber: popmama.com

Susu kental manis didapatkan dari susu sapi yang telah dihilangkan airnya. Kemudian susu kental tersebut ditambahkan gula agar menjadi manis. Jenis susu ini banyak dipakai sebagai topping makanan maupun minuman.

10. Kerbau

gambar jenis susu kerbau
Sumber: masrthastewart.com

Kerbau adalah salah satu mamalia yang susunya bisa dikonsumsi manusia. Namun, susu kerbau kurang populer di kalangan masyarakat karena kandungan lemaknya terlalu tinggi. Meskipun begitu, susu kerbau tetap memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh manusia. Manfaat vital susu kerbau diantaranya adalah untuk menguatkan tulang, menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan perlindungan jantung dari penyakit yang mungkin menyerang.

11. Kuda

gambar jenis susu kuda
Sumber: gustia-food-finds-feasts.blogspot.com

Susu kuda bisa didapatkan dari kuda betina yang sedang menyusui anak-anaknya. Di dalam susu kuda terkandung protein susu, vitamin C, serta asam lemak tak jenuh jamak. Jenis susu ini dianggap mampu mengobati berbagai penyakit terutama pencernaan dan penyakit kulit. Selain itu, susu kuda juga baik untuk meningkatkan metabolisme dan imun tubuh.

12. Kurang Lemak/Reduced Fat Milk

gambar jenis susu kurang lemak
Sumber: foto jenis susu kuda

Jenis susu ini adalah susu yang kandungan lemaknya dikurangi dengan metode tertentu.

13. Murni

gambar jenis susu murni
Sumber: healthyfood.com

Susu murni merupakan jenis susu yang biasa menjadi konsumsi manusia dengan kandungan lemak antara 3,25% sampai 3,5%. Jenis susu ini disebut sebagai susu murni karena jumlah kandungan lemaknya. Susu murni biasanya memiliki tekstur yang lebih kental dan creamy daripada susu mentah. Meskipun telah diproses, susu murni memiliki kandungan yang sama dengan susu sapi biasa.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

14. Oat

gambar jenis susu oat
Sumber: nutritionstripped.com

Susu oat merupakan susu yang dibuat dari oat murni. Oat tersebut diblender dengan air, kemudian disaring hingga menghasilkan susu nabati yang enak. Jenis susu ini mengandung mineral yang baik untuk metabolisme tubuh manusia. Tekstur susu oat cukup air dengan rasa manis yang ringan. Oat sendiri sangat mudah ditemukan dimana-mana sehingga tidak perlu kesulitan membuat susu ini.

15. Rami

gambar jenis susu rami
Sumber: lovingitvegan.com

Susu ini didapatkan dari biji rami yang direndam di dalam air sampai menjadi krim. Susu jenis ini diketahui sebagai minuman sehat karena mengandung banyak asam omega 3, magnesium, phytosterols, zat besi, kalsium, serta beta karoten.

16. Rendah Lemak/Low Fat Milk

gambar jenis susu rendah lemak
Sumber: downshiftology.com

Susu rendah lemak merupakan jenis susu yang memiliki kandungan lemak sebanyak 1%.

Banyak orang memilih jenis susu ini sebagai konsumsi susu harian dapat mengontrol kolesterol yang masuk ke dalam tubuh. Orang-orang yang mengalami obesitas biasanya memilih susu jenis ini. Susu rendah lemak bisa dengan mudah ditemukan di supermarket-supermarket dengan berbagai merek yang berbeda. Jenis susu ini biasanya dipakai dalam berbagai minuman dan makanan, seperti puding, kue, dan minuman susu rendah kalori.

17. Sapi

gambar jenis susu sapi
Sumber: tastefuldelights.com

Susu sapi adalah jenis susu yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Jenis susu ini populer karena mudah ditemukan dan memiliki banyak gizi yang terkandung di dalamnya. Di Indonesia pun banyak daerah yang mengelola produk susu sapi. Susu sapi sangat mudah ditemukan di berbagai toko, warung, serta pasar.

18. Sapi Organik

gambar jenis susu sapi organik
Sumber: squarespace.com

Susu organik merupakan jenis susu yang didapatkan dari sapi-sapi yang sengaja tidak diberi hormon tambahan. Jenis susu ini diproduksi oleh peternak sapi perah yang menggunakan pestisida dan pupuk organik dalam pakan sapi. Sapi-sapi perah yang menghasilkan susu organik mendapatkan 30% dari makanannya dari padang rumput. Mereka tidak diberi makan hormon reproduksi atau hormon pertumbuhan dan tidak diberi antibiotik apa pun.

Proses alami ini menghasilkan susu sapi organik yang dianggap lebih sehat daripada susu hasil sapi yang telah diberi hormon. Namun, nilai gizi yang dikandungan kedua jenis susu tersebut hampir sama sehingga tidak ada perbedaan yang signifikan.

19. Skim

gambar jenis susu skim
Sumber: kitchenstories.io

Susu bebas lemak atau yang biasa disebut dengan susu skim merupakan jenis susu yang mengandung lemak dalam jumlah sedikit atau tidak sama sekali.

Di dalam segelas susu skim terkandung 80 kkal dengan 9 nutrisi, termasuk 8 gr protein berkualitas tinggi yang utuh. Jenis susu ini memiliki tekstur yang encer karena tidak memiliki kandungan lemak. Sesuai dengan namanya, susu ini juga melewati proses “skimming” yang mengarah pada penghilangan krim dari susu. Susu skim cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menurunkan berat badan.

20. Susu 2%

gambar jenis susu 2 persen
Sumber: wikimedia.org

Susu 2% merupakan nama lain untuk jenis susu yang kandungan lemaknya dipangkas hingga 2% dari total berat susu. Di dalam satu gelas susu 2% terkandung 120 kkal, 5 gr lemak, dan 8 gr protein. Jenis susu ini juga memiliki rasa yang ringan dan tekstur yang encer seperti susu skim. Hal tersebut karena susu ini juga memiliki kandungan lemak yang dikurangi.

Di dalam proses produksinya, susu 2% melewati proses pembuangan lemak berlebih dari susu. Namun, susu ini tetap memiliki nutrisi penting yang sama dengan susu lainnya. Susu 2% sangat jarang ditemukan atau bahkan tidak dijual di toko Indonesia.

21. Susu A2

gambar jenis susu a2
Sumber: cassclay.com

Susu A2 merupakan susu sapi yang kurang mempunyai kandungan protein β-kasein A1 tetapi memiliki banyak kandungan β-kasein A2. Susu ini banyak dipasarkan oleh The A2 Milk Company serta banyak dijual di Australia, Selandia Baru, Amerika, Tiongkok, serta dan Britania Raya.

22. Susu dengan Rasa

gambar jenis susu dengan rasa
Sumber: wonderlanddiaries.com

Jenis susu ini juga cukup populer di kalangan masyarakat. Susu berasa adalah minuman susu manis yang terdiri dari susu, gula, dan pewarna makanan alami maupun buatan. Susu rasa coklat adalah varian yang paling populer, diikuti dengan susu rasa melon, susu rasa stroberi, serta buah-buahan lainnya. Susu dengan rasa cukup mudah ditemukan di banyak tempat, baik di kota ataupun di desa. Jenis susu ini umumnya dijual dalam kotak minuman sekali minum dan tersedia dalam berbagai ukuran.

23. Susu Mentah

gambar jenis susu mentah
Sumber: madetobeamomma.com

Susu mentah merupakan jenis susu yang belum dipasteurisasi. Susu mentah bisa didapatkan dari berbagai hewan ternak lainnya, seperti domba, kerbau, kambing, sapi, dan unta. Terdapat 2 pendapat mengenai susu mentah ini, yaitu pihak yang percaya bahwa susu mentah merupakan susu terbaik karena belum mengalami pengolahan. Sedangkan pihak lain menganggap bahwa susu mentah masih membawa bakteri yang perlu disterilisasi.

24. UHT

gambar jenis susu uht
Sumber: pinterest.com

Susu UHT merupakan jenis susu yang dipanaskan dengan suhu tinggi dalam waktu yang singkat. Berbeda dengan proses pasteurisasi, pengolahan susu UHT dipanaskan dengan suhu tinggi agar bakteri patogen mati sehingga susu kembali menjadi steril.

25. Ultrafiltrasi

gambar jenis susu ultrafiltrasi
Sumber: alibaba.com

Ultrafiltrasi merupakan jenis susu yang biasa dibuat dengan disaring melalui membran yang berpori tipis. Hal tersebut memungkinkan kandungan susu bisa dipisahkan. Proses filtrasi memungkinkan hasil akhir memiliki lebih banyak kalsium dan protein serta lebih sedikit mengandung gula dan glukosa.

26. Unta

gambar jenis susu unta
Sumber: prnewswire.com

Jenis susu ini sangat populer di negara Arab karena disana terdapat banyak unta. Saat ini produk susu unta bisa ditemukan dengan cukup mudah di supermarket-supermarket di kawasan tersebut, bahkan beberapa supermarket di Inggris dan Amerika Serikat.

Nah, itu tadi adalah penjelasan mengenai jenis-jenis susu. Ada banyak susu yang selama ini jarang diekspos atau memang sulit ditemukan di Indonesia. Setiap orang memiliki preferensi masing-masing dalam pemilihan susu. Hal tersebut tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang. Penulis berharap artikel ini bisa memberikan bantuan pembaca untuk memahami jenis-jenis susu.

Nirwana Pradana Maharani

Aktif dalam organisasi dan event mahasiswa semasa berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi. Sedang tertarik mendalami dunia fotografi. Saya juga tertarik mengikuti artikel-artikel terkait fashion dan kuliner.

Update : 3 Februari 2021 - Published : 7 Desember 2020

Tinggalkan komentar