11 Jenis Sugar Glider Beserta Gambar & Informasi Harga

Sugar glider atau biasa dikenal dengan nama ilmiah Petaurus Breviceps, merupakan hewan yang menyukai buah-buahan yang manis. Hewan ini suka meluncur dari satu pohon ke pohon yang lain dengan menggunakan selaput di antara kaki dan tangannya.

Lebih detail mengenai sugar glider, yuk, ketahui jenis jenisnya berikut lengkap beserta penjelasan, ciri-ciri dan gambarnya.

Jenis-jenis Sugar Glider:

Sebelum kamu mencoba untuk memelihara sugar glider ini, alangkah baiknya untuk mengenali jenis-jenis sugar glider dari harga yang mahal hingga yang terjangkau. Ada banyak macam sugar glider di Indonesia, diantaranya bisa kamu baca dibawah ini:

1. Sugar glider classic grey

jenis sugar glider classic grey
Sumber: exoticnutrition.com

Sugar glider jenis classic gray sangat mudah ditemui di Indonesia. Ditambah lagi, jenis ini juga memiliki proses adaptasi yang cepat atau bisa dikatakan mudah jinak terhadap manusia. Apabila dilihat dari range harga, jenis ini tergolong dalam harga sugar glider classic grey murah.

Untuk pembelian di daerah Jakarta, kamu hanya perlu uang sekitar 800.000 rupiah, dan kamu sudah bisa mendapatkan seekor sugar glider grey classic dewasa. Bahkan, kamu bisa juga membelinya dengan harga kurang dari itu dengan jenis yang sama tetapi hasil dari anakan atau masih kecil. Karakteristik khusus dari sugar glider kategori ini adalah warna matanya yang hitam, warna bulunya yang bercampur antara abu-abu dan coklat, serta terdapat garis hitam gelap disepanjang kepala hingga ke ekornya.

2. White face sugar glider

jenis sugar glider white face
Sumber: pinterest.com

Jenis yang kedua adalah white face sugar glider. Sugar glider jenis ini tidak berbeda jauh dengan jenis sebelumnya, hanya saja warnanya yang cenderung lebih cerah. Seperti dengan namanya “white face”, yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya wajah putih, karena sugar glider ini memiliki warna putih di bagian mukanya.

Sifat sugar glider jenis ini juga mudah untuk dijinakkan, namun memiliki harga yang cukup fantastis. White face sugar glider masuk dalam golongan sugar glider mahal, dengan harga sekitar lima juta rupiah. Bagaimana? Apakah kamu ingin memiliki jenis ini?

3. Sugar glider mosaic

jenis sugar glider termurah
Sumber: carousell.com

Sugar glider yang ketiga adalah jenis mosaic atau orang-orang ada juga yang menyebutnya sebagai sugar glider powdered mosaic. Jenis ini memiliki kemiripan dalam segi warna dengan white face sugar glider, yaitu warna cerah yang terdapat dalam tubuhnya. Sedangkan yang membuat kedua jenis tersebut berbeda adalah letak dari warna putih tersebut, jika jenis sugar glider mosaic memiliki warna dominan putih dengan keabu-abuan di punggungnya, jenis white face sugar glider memiliki warna putih yang ada di mukanya. Apabila kamu ingin memiliki hewan lucu jenis ini, kamu bisa mendapatkannya dengan harga sekitar empat juta rupiah.

4. Sugar glider albino

jenis sugar glider mata merah
Sumber: exoticnutrition.com

Sugar glider yang selanjutnya adalah jenis albino. Pasti kamu sering mendengar kata albino, nah sugar glider juga ada lho yang berjenis albino. Seperti namanya “albino”, sudah pasti sugar glider jenis ini memiliki ciri khas warna yang putih pucat disebabkan oleh kurangnya produksi melanin sehingga berdampak pada warna tubuh dan mata dari hewan ini.

Jika sugar glider umumnya memiliki warna mata yang hitam dan bulu yang abu-abu kecoklatan, hal ini tidak berlaku pada sugar glider albino. Jenis sugar glider albino ini memiliki bulu yang pucat dan mata merah disebabkan kelainan pigmen tubuh tersebut. Meskipun demikian, justru karena kelainannya ini menjadi suatu hal yang langka dan banyak orang yang mencarinya, sehingga harga untuk satu ekor jeni albino ini bisa mencapai lebih dari sepuluh juta.

5. Sugar glider leucistic

jenis jenis sugar glider beserta harganya
Sumber: exoticnutrition.com

Tipe sugar glider yang lain adalah sugar glider leucistic. Jenis sugar glider ini memiliki kesamaan warna dengan sugar glider albino, yaitu warna putih polos di seluruh tubuhnya. Namun, jenis ini mempunyai warna mata yang hitam pekat sama seperti sugar glider pada umumnya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Selain itu, orang-orang banyak menyebutnya sebagai Black eyed White (BEW) karena dua warna hitam dan putih di tubuhnya. Percampuran warna yang unik ini membuat harga sugar glider mahal, jadi jika kamu ingin membelinya, kamu harus menyiapkan uang sekitar belasan juta rupiah.

6. Sugar glider cinnamon

macam macam sugar glider dan harganya
Sumber: rock-cafe.info

Macam-macam sugar glider yang terakhir adalah sugar glider cinnamon. Kamu pasti membayangkan warna sugar glider jenis ini dengan warna cinnamon, iya kan? Jenis ini memiliki keunikannya sendiri melalui warna tubuh yang cokelat kemerah-merahan, seperti warna cinnamon (kayu manis).

Sedangkan warna kuping dan mata seperti pada umumnya yaitu hitam. Selain itu, juga terdapat garis dengan warna cokelat gelap dari ujung kepala hingga ke ekornya. Untuk harga sugar glider ini tidak terlalu mahal, hanya berkisar lima jutaan saja.

7. Sugar glider black beauty

membedakan jenis kelamin sugar glider
Sumber: thepetglider.com

Sesuai dengan namanya, sugar glider dengan tipe black beauty ini memiliki perpaduan warna dominan hitam dan putih, tetapi warna-warna tersebut bercampur dan menghasilkan kombinasi yang indah seperti arang (dark charcoal). Untuk kisaran harga sugar glider black beauty, mulai dari empat jutaan hingga belasan juta.

8. Sugar glider Black Beauty Face

jenis sugar glider black
Sumber: exoticnutrition.com

Sugar glider jenis ini hampir sama dengan sugar glider black beauty. Namun, ada sedikit perbedaan di bagian hidungnya yang berwarna merah muda sehingga menambah unsur keunikan hewan ini. Untuk membeli sugar glider jenis black beauty black face, kamu hanya perlu menyiapkan uang sekitar dua jutaan hingga delapan jutaan saja. Lebih murah disbanding dengan jenis black beauty bukan?

9. Sugar glider white tip

tuliskan jenis-jenis sugar glider yang ada di indonesia
Sumber: rock-cafe.info

Ciri khas sugar glider ini berada di ujung ekornya yang berwarna putih, sehingga dinamakan sebagai “white tip” atau ujung putih. Sedangkan untuk bagian tubuhnya, jenis ini lebih mirip dengan sugar glider classic grey. Jika kamu minat, kamu bisa mendapatkannya di pasaran dengan harga sekitar 4,5 jutaan saja.

10. Sugar glider platinum

jenis sugar glider platinum
Sumber: exoticnutrition.com

Jenis platinum ini memiliki corak warna perak terang di seluruh tubuhnya dan abu-abu gelap di bagian ujung ekornya.
Untuk di bagian kepalanya, identik dengan warna coklat diatasnya. Range harga sugar glider platinum tergolong dalam harga yang mahal, minimal kamu harus menyiapkan uang lima jutaan hingga belasan juta untuk memilikinya.

11. Sugar glider butter cream

jenis sugar glider buttercream
Sumber: fici.sme.sk

Kamu pasti tau warna butter cream seperti apa? Nah, jenis ini memiliki warna bulu kuning kecokelatan dengan garis gelap dari ujung kepala hingga ke pangkal ekornya. Untuk bagian mata, jenis ini memiliki mata yang bulat besar dengan warna hitam, begitu juga dengan warna telinganya. Sedangkan kisaran harga untuk mendapatkan jenis ini, kamu bisa menyiapkan uang sekitar 4,5 jutaan.

Jenis-jenis sugar glider ini memiliki perbedaan hanya pada warnanya, yang lebih bervariasi, ada yang warnanya cenderung lebih terang, ada juga yang gelap. Untuk bentuknya, sugar glider memiliki ukuran yang sama saja yaitu berkisar 12 cm dengan panjang ekor 15 cm.

Itulah ulasan tentang jenis-jenis sugar glider dengan harganya di pasaran, beserta ciri khasnya masing-masing. Yang pasti, jenis-jenis tersebut bisa kamu dapatkan di Indonesia ya! Jadi, sugar glider mana nih yang akan kamu jadikan pilihan hewan peliharaan?

Shinta Nuriya Idatul Alfain

Update : 29 Desember 2020 - Published : 6 Juli 2020

Tinggalkan komentar