63 Jenis Sepatu Pria dan Wanita Dibahas Secara Lengkap

Sepatu adalah salah satu fashion item yang berguna untuk melindungi kaki kita. Ada banyak jenis sepatu beredar di pasaran yang bisa kita pilih sesuai dengan gayamu. Misalnya, kamu sehari-hari menyukai gaya sporty, maka sepatu yang cocok kamu pakai adalah sepatu sport. Masih banyak jenis sepatu dengan karakteristiknya masing-masing yang akan dibahas dalam artikel ini.

Yuk, simak info lengkapnya di bawah ini!

Jenis Sepatu

1. Ankle Boots

gambar jenis sepatu ankle boots
Sumber: dmartens.com

Jenis sepatu boots ini disebut ankle boots karena memiliki bagian panjang yang hanya mencapai mata kaki. Biasanya para wanita memakai jenis sepatu ini untuk memberikan kesan elegan dan tegas.

2. Ankle Strap Shoes

gambar jenis sepatu ankle strap
Sumber: prettylittlething.com

Ankle strap mirip dengan slingback karena sama-sama memiliki tali. Namun, ankle strap memiliki model tali yang melingkar ke pergelangan kaki pemakainya.

3. Ballerina Flats

gambar jenis sepatu ballerina flat
Sumber: pinterest.com

Jenis sepatu ini hanya dimiliki oleh wanita. Ciri khasnya adalah bagian depan yang dibuat mirip dengan sepatu ballerina. Ia juga memiliki model dengan kerutan di bagian atas sepatu. Kadang-kadang jenis sepatu ini juga disebut dengan nama sepatu teplek.

4. Block Heels

gambar jenis sepatu block heels
Sumber: lbb.in

Block heels memiliki model yang mirip dengan sepatu heels pada umumnya. Perbedaannya adalah bentuk heels pada sepatu ini besar dan pendek.

5. Boat Shoes

gambar jenis sepatu boat shoes
Sumber: pinterest.com

Sepatu ini diberi nama boat shoes karena bentuknya yang mirip dengan badan kapal. Ia bisa dipakai di dalam acara formal maupun dipakai dalam gaya kasual. Model boat shoes memberikan kesan smart kepada pemakainya.

6. Boots

gambar jenis sepatu boots
Sumber: jomercer.com.au

Sepatu ini cocok dipakai oleh pria maupun wanita. Biasanya wanita yang menggunakan jenis sepatu ini ingin menampilkan gaya yang tomboy. Jenis sepatu boots sangat cocok dipakai sebagai tampilan gaya kasual.

7. Brogue

gambar jenis sepatu brogue
Sumber: hewlettandco.uk

Jenis sepatu ini memiliki model yang mirip dengan sepatu oxford. Perbedaannya adalah detail yang ada di sepatu brogue. Sepatu ini terbuat dari material kulit yang keras dan mengkilap. Tak hanya dipakai laki-laki, sepatu ini juga memiliki model untuk perempuan.

8. Canvas Shoes

gambar jenis sepatu canvas
Sumber: jerone.com

Biasanya sepatu yang terbuat dari kanvas kebanyakan adalah sneakers. Namun, tidak menutup kemungkinan juga model lain seperti slip on.

9. Chelsea Boots

gambar jenis sepatu chelsea boots
Sumber: boohoo.com

Jenis sepatu boots ini adalah ankle boot yang dibuat dengan model fit in. Tujuannya adalah agar sepatu tidak mudah lepas saat dipakai beraktifitas. Agar mudah dipakai lagi, pada bagian samping sepatu ini dilengkapi karet elastis.

10. Chuck Taylor

gambar jenis sepatu chuck taylor
Sumber: net-a-porter.com

Pada awalnya jenis sepatu ini digunakan bagi para pemain basket. Namun, saat ini ia bisa dipakai kapan saja. Ciri khasnya adalah bagian pergelangan yang dibuat sedikit ke atas hingga menutup mata kaki. Merek sepatu yang terkenal dengan model ini adalah Convers.

11. Chukka Boots

gambar jenis sepatu chukka boots
Sumber: johnlewis.com

Sepatu ini adalah salah satu jenis sepatu boots namun dengan jumlah lubang tali yang lebih sedikit. Bahan yang biasa digunakan untuk membuatnya adalah kulit.

12. Chunky Heels

gambar jenis sepatu chucky heels
Sumber: us.shein.com

Model sepatu ini mirip wedges namun dengan tampilan lebih modern. Ia nyaman dipakai seperti wedges, namun tetap memberikan kesan seksi seperti stiletto. Sol depannya memiliki tinggi sekitar 2 cm.

13. Clogs

gambar jenis sepatu clogs
Sumber: loveoliveco.com

Jenis sepatu ini memiliki hak tebal yang terbuat dari kayu. Pada bagian depannya tertutup hingga ke bagian tengah punggung kaki.

14. Combat Boots

gambar jenis sepatu combat boots
Sumber: windsorstore.com

Combat boots memiliki bentuk yang mirip dengan sepatu para tentara. Ia sangat cocok digunakan dalam tampilan gaya kasual.

15. Cone Heels

gambar jenis sepatu cone heels
Sumber: pinterest.com

Cone heels merupakan salah satu jenis sepatu heels dengan bentuk pijakan seperti cone es krim. Pada bagian atas berukuran agak besar kemudian semakin ke bawah ia semakin meruncing.

16. Cowboy Boots

gambar jenis sepatu cowboy boots
Sumber: waynewardrobe.com

Jenis sepatu ini memang dibuat khusus untuk menunggangi kuda. Ia terbuat dari kulit sapi dengan hiasan bordir pada permukaannya. Terdapat 2 jenis cowboy boots, yaitu klasik dan roper. Sepatu klasik memiliki tinggi mencapai betis, sedangkan roper tingginya hanya mencapai mata kaki.

17. Cutaway Arch Shoes

gambar jenis sepatu cutaway arch shoes
Sumber: matchesfashion.com

Sepatu ini juga memiliki model yang mirip dengan stiletto namun dengan bagian samping sepatu terbuka salah satunya.

18. Daddy Shoes

gambar jenis sepatu daddy shoes
Sumber: pinterest.com

Jenis sepatu ini memiliki ukuran besar dengan desain yang unik. Model sepatu daddy ini diambil dari tahun 80-90 an. Nama daddy shoes juga dipilih untuk menggambarkan sepatu bapak-bapak di kisaran tahun tersebut.

19. Decorated Sandals

gambar jenis sepatu decorated sandals
Sumber: pinterest.com

Pada dasarnya ia adalah jenis sandal biasa. Namun, pada beberapa bagiannya diberi dekorasi untuk menambah kesan lebih menarik.

20. Derby

gambar jenis sepatu derby
Sumber: wantapothecary.com

Sepatu ini adalah salah satu sepatu formal dengan bahan dasar kulit. Ciri khususnya adalah menggunakan tali sebagai pengunci kaki. Jenis sepatu derby membuat tampilan terkesan lebih macho. Tak hanya dipakai laki-laki, sepatu derby juga dipakai oleh wanita.

21. Desert Boots

gambar jenis sepatu desert boots
Sumber: pinterest.com

Sepatu ini adalah sepatu boots dengan bagian panjang hanya sampai mata kaki. Biasa terbuat dari suede atau kulit asli. Sedangkan bagian solnya terbuat dari karet. Jenis sepatu ini menggunakan model tali open lancing. Ia disebut desert boots karena dulunya dipakai oleh tentara Inggris saat melewati padang pasir pada peperangan.

22. Dockside

gambar jenis sepatu dockside
Sumber: reddit.com

Jenis sepatu ini pada mulanya banyak digunakan di kapal untuk menghindari terpeleset. Sepatu dengan pola jahitan di bagian atasnya ini memiliki sol yang terbuat dari karet dan memiliki teknologi anti selip. Pada zaman sekarang ini, dockside banyak dibuat dari bahan suede dengan hiasan yang membuatnya lebih menarik.

23. Dorsay

gambar jenis sepatu dorsay
Sumber: lulus.com

Sepatu ini menjadi salah satu jenis sepatu yang paling stylish di kalangan wanita. Ia memiliki bentuk depan seperti pump, namun bagian belakangnya menggunakan heels berukuran sangat kecil. Pada bagian tengah dibiarkan terbuka untuk menunjukkan bentuk lekukan kaki.

24. Espadrille

gambar jenis sepatu espadrille
Sumber: popsugar.com

Sepatu jenis ini berasal dari suatu wilayah di Spanyol. Ia adalah sepatu yang digunakan sebagai lambang kebebasan. Jenis sepatu ini memiliki ciri khas bagian solnya yang dilapisi dengan rajutan fiber.

25. Flat Shoes

gambar jenis sepatu flat shoes
Sumber: berrybenka.com

Sepatu ini sangat populer di kalangan wanita. Hal tersebut karena flat shoes nyaman digunakan dalam keadaan apapun. Ia bisa dipakai untuk kegiatan formal maupun untuk gaya kasual. Flat shoes memiliki sol yang tipis sehingga tidak membuat kaki sakit saat memakainya.

26. Flip-flop/Thong

gambar jenis sepatu thong
Sumber: fashionnova.com

Bentuknya seperti sandal yang memiliki desain sangat terbuka. Jenis sepatu ini cocok dipakai untuk pergi ke pantai.

27. French Heels

gambar jenis sepatu french heels
Sumber: voluptuousvintage.com

French heels memiliki bentuk seperti spool heels namun dengan ketinggian yang lebih rendah.

28. Gladiator Shoes

gambar jenis sepatu gladiator shoes
Sumber: shoppriceless.com

Jenis sepatu ini terinspirasi dari sandal yang dipakai pemain gladiator pada zaman dahulu. Ciri khas dari sepatu ini adalah banyak tali yang mengelilingi kaki pemakainya. Tali tersebut ada yang hanya mencapai setengah betis namun ada juga yang mencapai lutut.

29. Gladiator Sandals

gambar jenis sepatu gladiator sandals
Sumber: pinterest.com

Tidak hanya sepatu, terdapat juga model sandal gladiator. Perbedaannya adalah memiliki bagian yang lebih banyak terbuka daripada sepatu.

30. High-knee Boots

gambar jenis sepatu high knee boots
Sumber: lulus.com

Pada dasarnya sepatu ini adalah boots dengan panjang hingga di atas lutut. Ia dibuat dengan bahan yang lunak agar tetap nyaman dipakai.

31. Kitten Heels

gambar jenis sepatu kitten heels
Sumber: waynewardrobe.com

Kitten adalah anak kucing. Sepatu ini diberi nama demikian karena ia memiliki heels yang sangat kecil. Biasanya wanita dengan tinggi di atas rata-rata menggunakan sepatu jenis ini agar tidak terlihat semakin tinggi.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

32. Lita

gambar jenis sepatu lita
Sumber: pinterest.com

Sepatu ini adalah gabungan heels dan boots. Ia biasanya memiliki bagian depan setinggi 4 cm dan bagian belakang setinggi 10 cm.

33. Loafer

gambar jenis sepatu loafer
Sumber: pinterest.com

Jenis sepatu ini bisa digunakan oleh laki-laki maupun perempuan. Biasanya sepatu untuk perempuan memiliki sentuhan yang lebih girly. Sepatu loafer cocok digunakan untuk mendatangi acara formal. Namun, ia juga bisa digunakan sebagai tampilan gaya kasual.

34. Mary Jane

gambar jenis sepatu mary jane
Sumber: stylenanda.com

Pada zaman dahulu, laki-laki maupun perempuan wajib memiliki sepatu ini. Bentuknya mirip seperti sepatu boneka. Biasanya dibuat dari kulit yang keras dan mengkilap. Sepatu ini populer karena digunakan sebagai sepatu wajib ke sekolah.

35. Mocassin

gambar jenis sepatu mocassin
Sumber: pinterest.com

Sepatu ini dibuat menggunakan kulit yang lembut dan tipis. Bagian solnya pun juga dibuat menggunakan kulit. Jenis sepatu ini banyak disukai karena sangat nyaman digunakan. Kadang-kadang ia juga dihiasi dengan bordir maupun manik-manik.

36. Monk

gambar jenis sepatu monk
Sumber: suitsupply.com

Sepatu monk terinspirasi dari sepatu sandal yang lahir pada abad ke-15. Ia terlihat seperti jenis sepatu yang akan dipakai oleh orang tua. Ada beberapa model yang membuatnya mirip dengan sepatu oxford. Sepatu ini dibuat menggunakan bahan suede dan kanvas.

37. Mules

gambar jenis sepatu mules
Sumber: huffpost.com

Sepatu ini hadir dengan bagian belakang yang terbuka. Tujuannya pembuatan model sepatu ini adalah supaya mudah dipakai dan dilepas. Jenis sepatu ini mirip dengan sepatu tradisional jawa, yaitu selop.

38. Open Toe Shoes

gambar jenis sepatu open toe
Sumber: papayaclothing.com

Sepatu ini adalah salah satu jenis sepatu yang bagiannya terbuka. Biasanya sepatu jenis ini memiliki sirkulasi udara yang baik.

39. Oxford

gambar jenis sepatu oxford
Sumber: pinterest.com

Jenis sepatu ini mirip dengan jenis derby, namun ia memiliki bagian depan yang lebih lancip. Sepatu oxford dianggap sebagai yang paling formal dari semua jenis sepatu formal lainnya.

40. Peep Toe Shoes

gambar jenis sepatu peep toe
Sumber: overcube.com

Peep toe memiliki model yang mirip dengan pump. Hal yang membedakan keduanya adalah peep toe memiliki bagian sedikit terbuka di tengah jari-jari kaki.

41. Pixie Boots

gambar jenis sepatu pixie boots
Sumber: unisa-europa.com

Pixie boots adalah jenis sepatu ankle boots namun dengan sol yang sangat tipis. Ia dibuat dengan memberikan banyak ruang pada kaki. Biasanya terbuat dari suede atau kulit yang tipis dan lunak. Jenis sepatu ini cocok dipakai saat cuaca dingin.

42. Platform Shoes

gambar jenis sepatu platform
Sumber: motchicago.com

Platform adalah jenis sepatu yang memiliki hak tinggi namun lebih nyaman daripada sepatu heels. Hal ini karena platform dibuat dengan sol dan hak yang tebal untuk mengurangi rasa sakit. Karena memiliki kenyamanan, biasanya platform dibuat dengan tinggi hak di atas rata-rata.

43. Pump

gambar jenis sepatu pump
Sumber: fashionzona.com

Jenis sepatu ini mirip sepatu sepatu heels biasa namun ia memiliki beberapa ciri khusus. Pada bagian depan, ia dilengkapi dengan sol yang agak tebal seperti wedges. Namun, sol tersebut hanya ada pada bagian depan. Pada bagian belakang ia ditopang dengan heels yang tinggi dan kecil.

44. Running Shoes

gambar jenis sepatu running
Sumber: redbull.com

Seperti namanya, jenis sepatu ini memang dibuat khusus untuk melakukan olahraga lari. Jenis sepatu ini dibuat dengan bahan ringan agar mudah dipakai berlari. Selain dipakai berolahraga, sepatu ini juga bisa dipakai dalam kegiatan sehari-hari.

45. Sandals

gambar jenis sepatu sandals
Sumber: seasaltcornwalk.co.uk

Jenis ini paling banyak dipakai karena nyaman dan sangat simpel. Namun sayangnya sandal tidak bisa dipakai ke acara tertentu yang membutuhkan kesan formal atau rapi.

46. Sepatu Basket

gambar jenis sepatu basket
Sumber: lazada.co.id

Sepatu ini didesain dengan ukuran yang besar untuk melindungi para kaki pemain. Belakangan, jenis sepatu besar ini menjadi tren di kalangan anak muda. Ciri utama jenis sepatu ini solnya yang tebal dan empuk.

47. Sepatu Formal

gambar jenis sepatu formal
Sumber: ajio.com

Sepatu ini biasanya digunakan untuk mendatangi acara yang cukup resmi. Nama lain dari sepatu ini adalah sepatu pantofel. Jenis sepatu dengan bahan kulit asli maupun kulit sintetis ini memiliki warna-warna gelap seperti hitam dan coklat tua.

48. Sepatu Futsal

gambar jenis sepatu futsal
Sumber: topscore.id

Pada dasarnya jenis sepatu ini adalah sepatu yang digunakan untuk bermain futsal.

49. Sepatu Sepak Bola

gambar jenis sepatu sepak bola
Sumber: lazada.co.id

Pada dasarnya jenis sepatu ini adalah sepatu yang digunakan untuk bermain sepak bola. Bentuknya mirip dengan sepatu futsal.

50. Sepatu Skate

gambar jenis sepatu skate
Sumber: lazada.co.id

Jenis sepatu ini digunakan pemain skateboard ketika sedang beraksi. Namun, karena modelnya cocok digunakan sehari-hari, kini banyak yang memakainya di berbagai kegiatan. Model ini biasanya dibuat dengan bahan kanvas. Merek terkenal yang mengeluarkan model ini adalah Vans.

51. Sling Back Shoes

gambar jenis sepatu sling back shoes
Sumber: ajio.com

Slingback memiliki ciri khas adanya tali di bagian belakang yang berguna untuk mengaitkan sepatu ke bagian tumit pemakainya. Jenis sepatu seperti ini memberikan efek jenjang pada kaki kita.

52. Slip On

gambar jenis sepatu slip on
Sumber: ikrush.com

Slip on adalah jenis sepatu yang sangat nyaman dipakai. Tidak perlu memasang tali maupun perekat, kita tinggal memasukkan kaki langsung ke dalam sepatu. Biasanya sepatu ini terbuat dari karet dan busa yang empuk.

53. Sneakers

gambar jenis sepatu sneakers
Sumber: soludos.com

Jenis sepatu ini pada awalnya hanya digunakan ketika berolahraga. Namun, lama kelamaan ia menjadi jenis sepatu kasual yang bisa dipakai kapan saja. Pria dan wanita keduanya bisa memakai jenis sepatu ini. Biasanya sneakers wanita memiliki warna-warna yang lembut dan lebih bervariasi. Sneakers memiliki berbagai macam bentuk dan jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

54. Spool Heels

gambar jenis sepatu spool heels
Sumber: us.shein.com

Berkebalikan dengan cone heels, jenis sepatu ini memiliki bentuk heels yang melebar di bagian bawah.

55. Statement Heels

gambar jenis sepatu statement heels
Sumber: lyst.com

Sepatu ini modelnya sama dengan stiletto, namun dengan tambahan hiasan pada bagian heelsnya.

56. Stiletto

gambar jenis sepatu stiletto
Sumber: starshiners.com

Sepatu ini memiliki ciri khas memberikan kesan seksi kepada pemakainya. Ia tidak memiliki sol tebal di bagian depan. Pada bagian belakangnya, ia dilengkapi dengan heels kecil yang cantik. Heelsnya yang begitu kecil biasanya membuat banyak orang tidak nyaman memakai jenis sepatu ini.

57. Stiletto Boots

gambar jenis sepatu stiletto boots
Sumber: windsorstore.com

Pada dasarnya sepatu ini adalah boots yang dilengkapi dengan hak model stiletto.

58. Strappy Shoes

gambar jenis sepatu strappy shoes
Sumber: ikrush.com

Strappy shoes adalah model sepatu yang memiliki banyak tali. Biasanya tali ini melilit ke betis pemakainya.

59. T-Strap Shoes

gambar jenis sepatu t strap shoes
Sumber: de.weddbook.com

Sepatu ini hampir sama dengan jenis sepatu bertali lainnya. Ia memiliki bentuk tali seperti huruf T pada bagian punggung kaki.

60. Toe Ring Flat

gambar jenis sepatu toe ring flats
Sumber: pinterest.com

Toe ring flat memiliki bentuk yang mirip dengan sandal. Hanya ada pegangan berupa cincin kecil yang dipakai pada bagian jempol kaki saja.

61. Trainers

gambar jenis sepatu trainers
Sumber: unsplash.com

Trainers adalah sepatu jenis sneakers yang didesain khusus wanita. Ia biasa digunakan untuk berolahraga namun juga bisa dipakai untuk gaya sehari-hari.

62. Warrior Shoes

gambar jenis sepatu warrior
Sumber: pinterest.com

Ia adalah salah satu jenis sneakers. Ciri khasnya adalah bagian atas yang memanjang.

63. Wedges

gambar jenis sepatu wedges
Sumber: windsorstore.com

Jenis sepatu ini hanya dipakai oleh wanita. Dengan sol yang tebal dan rata, wedges bisa menambah tinggi pemakainya tanpa membuat mereka merasa kelelahan. Wedges adalah pilihan yang tepat jika kamu mudah lelah memakai heels.

Nah, itu tadi adalah penjelasan mengenai jenis sepatu yang biasa kita pakai sehari-hari. Ada banyak pilihan model yang bisa digunakan dalam berbagai jenis acara. Mulai dari sepatu santai untuk kegiatan sehari-hari hingga sepatu formal untuk pergi ke pesta. Setiap sepatu memiliki tujuan masing-masing dalam pembuatannya. Jadi, sepatu mana yang akan kamu pakai hari ini?

Nirwana Pradana Maharani

Aktif dalam organisasi dan event mahasiswa semasa berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi. Sedang tertarik mendalami dunia fotografi. Saya juga tertarik mengikuti artikel-artikel terkait fashion dan kuliner.

Update : 7 Februari 2021 - Published : 2 Desember 2020

Tinggalkan komentar