27 Jenis Kertas: Nama, Ciri dan Fungsi Lengkapnya

Kertas terdiri dari beragam jenis yang masing-masingnya memiliki kegunaan yang berbeda pula. Hal yang membedakan dari setiap jenis kertas adalah bahan baku yang digunakan untuk membuatnya, tekstur, dan ketebalannya. Oleh karena itu, pemanfaatan setiap jenis kertas disesuaikan menurut karakter dan sifat yang dimilikinya. Sebagai contoh, kertas bufallo dengan tekstur yang kasar tepat dijadikan pilihan sebagai kertas cover untuk menjilid, sementara kertas HVS yang berwarna putih bersih dapat dijadikan sebagai media untuk menulis.

Ragam jenis kertas lainnya beserta kegunaannya dapat anda simak di bawah ini.

Mengenal Jenis Kertas dan Fungsinya

1. Art Carton

jenis kertas art carton dan fungsinya
Kertas art carton. Sumber: lazada.co.id

Kertas pertama yang dibahas adalah art carton. Kertas ini terbuat dari karton serta berukuran lebih berat dan tebal sehingga populer digunakan untuk kalender dan kartu nama. Permukaannya licin sehingga tidak cocok untuk menulis di atas kertas ini.

2. Art Paper

jenis kertas art paper dan fungsinya
Kertas art paper. Sumber: bukalapak.com

Ciri-cirinya sama seperti art carton, hanya saja berbahan kertas sehingga lebih tipis. Art paper banyak ditawarkan untuk membuat media promosi, halaman majalah, kartu undangan, dan lain-lain.

3. Asturo

jenis kertas asturo dan fungsinya
Kertas asturo. Sumber: bukalapak.com

Kertas asturo banyak digunakan sebagai sampul buku, kertas jilid, poster, kerajinan tangan, dan macam-macam. Karakteristiknya adalah memiliki dua warna yang berbeda. Satu sisi berwarna putih dan sisi lainnya berwarna-warni, ada yang gradasi ada juga satu warna utuh.

4. Buffalo

jenis kertas buffalo dan fungsinya
Kertas buffalo. Sumber: bukalapak.com

Ciri khas kertas buffalo adalah teksturnya yang sedikit kasar mirip guratan kayu. Kertas ini biasa digunakan sebagai kertas jilid bagian belakang, map, aneka kerajinan kertas, dan sebagainya.

5. Buram

jenis kertas buram dan fungsinya
Kertas buram untuk corat-coret. Sumber: deviantart.com

Kertas buram termasuk salah satu kertas daur ulang yang warna dan permukaannya redup. Kertas ini cukup tipis dan mudah meresap air. Kualitasnya juga tergolong rendah dan harganya murah. Kertas buram cocok untuk ditulis dan dicorat-coret, apalagi untuk hitung-menghitung. Percetakan buku, koran, surat kabar, majalah, dan novel yang ingin menekan harga produksi banyak menggunakan kertas buram.

6. BW Carton

jenis kertas bw carton dan fungsinya
Kertas BW carton. Sumber: shopee.co.id

Sama seperti kertas buram, BW carton permukaannya sedikit redup dan cocok untuk menggambar atau menulis tangan. BW carton jauh lebih tebal dibandingkan kertas buram. Ada juga percetakan yang menggunakan karton ini untuk mencetak kalender, poster, sertifikat, kartu nama, sampul buku, dan lainnya.

7. Concorde

jenis kertas concorde dan fungsinya
Kertas concorde aneka warna. Sumber: bukalapak.com

Ketebalan kertas concorde cocok juga untuk membuat kartu nama, sertifikat, dan undangan. Ia memiliki tekstur bergelombang secara horizontal yang menjadi pembeda dengan kertas-kertas lainnya.

8. Corrugated

jenis kertas corrugated dan fungsinya
Kertas corrugated. Sumber: officepackaging.co.uk

Kertas corrugated sekilas mirip dengan kardus, namun lebih tipis dan sisi dalamnya terdapat lapisan bergelombang. Meski tidak setebal kardus, ia cukup tebal untuk ukuran kertas sehingga cocok untuk bahan kemasan atau dus produk, undangan eksklusif, dan urusan bungkus-membungkus lainnya.

9. Doff

jenis kertas doff dan fungsinya
Kertas doff untuk foto. Sumber: id.carousell.com

Kertas doff sering digunakan untuk mencetak foto. Keuntungan kertas doff adalah ia memantulkan lebih sedikit cahaya dan lebih awet karena teksturnya membuat sidik jari tidak membekas.

10. Doorslag

jenis kertas doorslag dan fungsinya
Kertas doorslag. Sumber: bukalapak.com

Kertas doorslag bercirikan tipis dan terlihat transparan. Ia bisa ditulis tangan dan memang biasa digunakan sebagai nota. Doorslag hadir dengan pilihan warna seperti putih, merah, hijau, biru, dan kuning. Sayangnya, penggunaan kertas ini semakin jarang dan banyak yang beralih ke kertas lain.

11. Drawing Paper

jenis kertas drawing paper dan fungsinya
Drawing paper untuk gambar. Sumber: improvedrawing.com

Drawing paper berarti kertas gambar dan memang ditujukan untuk menggambar di atasnya. Kadang ia juga bisa dinamakan sketch paper untuk menggambar sketsa. Ukurannya beragam tetapi kebanyakan cukup besar. Ia sedikit tebal dan berwarna putih polos.

12. Duplex

jenis kertas duplex dan fungsinya
Kertas duplex. Sumber: greenwoodspaper.en.made-in-chine.com

Sama seperti asturo, kertas duplex memiliki dua warna permukaan yang beda. Satu sisi berwarna putih dan satu sisinya berwarna abu-abu atau coklat. Karena cukup tebal, biasanya duplex digunakan untuk kemasan atau bungkus makanan.

13. Fancy Paper

jenis kertas fancy paper dan fungsinya
Fancy paper beragam warna. Sumber: suryaprimajayatama.id

Fancy paper memiliki keunikan dari beragam motif dan warna yang dimilikinya, membuatnya cocok untuk dijadikan sebagai undangan pernikahan. Ketebalannya juga bermacam-macam jadi menyesuaikan kebutuhan dan selera kita. Contoh nama-nama fancy paper seperti milleniumhawaiijava emboss, dan lainnya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

14. Folio

jenis kertas folio dan fungsinya
Kertas folio bergaris. Sumber: tokopedia.com

Kertas folio sering disebut juga kertas F4. Kertas ini cukup panjang dan cocok untuk dijadikan tempat menulis dan menggambar. Ada yang hadir dengan putih bergaris-garis dan ada yang putih polos.

15. Glossy

jenis kertas glossy dan fungsinya
Kertas glossy untuk foto. Sumber: noon.com

Glossy adalah salah satu jenis kertas yang biasa untuk cetak foto. Kertasnya cukup tebal, licin, mengkilap, dan memantulkan cahaya. Selain untuk foto, kertas glossy dapat digunakan untuk pembuatan brosur, undangan, leaflet, poster, kartu nama, dan sebagainya.

16. HVS

jenis kertas hvs dan fungsinya
Kertas HVS A4. Sumber: bukalapak.com

Kertas HVS adalah jenis kertas yang amat populer dikenal dan digunakan masyarakat. Setiap percetakan pasti menggunakannya karena mudah, murah, dan berkualitas cukup tinggi. Teksturnya yang kasar dan warnanya yang putih membuat HVS cocok untuk menulis dan mencetak dokumen. Beberapa seniman menggunakannya sebagai bahan kerajinan.

17. Ivory

jenis kertas ivory dan fungsinya
Kertas ivory 310g. Sumber: shopee.co.id

Dua sisi kertas ivory berbeda, satu sisi mengkilap dan satunya sedikit redup. Secara tidak langsung ivory adalah perpaduan art carton dan BW carton. Kertas ivory menjadi pilihan populer untuk mencetak proposal kerja sama atau sponsorship karena cukup tebal dan warna yang ditampilkan tajam. Selain itu, ivory bisa digunakan juga untuk boks kemasan.

18. Jasmine

jenis kertas jasmine dan fungsinya
Kertas jasmine bermacam warna. Sumber: tokopedia.com

Kertas jasmine serupa dengan fancy paper yang memiliki tampilan menarik, permukaan berkilau, dan berbagai pilihan warna. Kertas satu ini umumnya dipakai untuk undangan acara dan prakarya karena keindahannya.

19. Kraft

jenis kertas kraft dan fungsinya
Kertas kraft yang dijadikan tas kertas. Sumber: bukalapak.com

Kertas kraft tampil dengan warna coklat yang redup dengan permukaan yang bertekstur sedikit kasar. Ketebalannya sedang atau tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal. Paling sering digunakan untuk tas kertas atau paper bag

20. Linen Jepang

jenis kertas linen jepang dan fungsinya
Kertas linen Jepang. Sumber: shopee.co.id

Kertas linen Jepang bertekstur unik menyerupai tanda #. Ia sering digunakan untuk pembuatan sertifikat, kartu nama, dan undangan. Memiliki ketebalan yang pas dan kuat, namun tidak bisa untuk dilaminasi.

21. Manila

jenis kertas manila dan fungsinya
Kertas manila untuk sampul. Sumber: shopee.co.id

Manila dapat dengan mudah ditemukan di percetakan. Meski tidak digunakan untuk mencetak dokumen, kertas manila difungsikan sebagai sampul dokumennya atau untuk kartu nama. Pilihan warna dan ketebalannya beragam serta teksturnya halus.

22. Matt Paper

jenis kertas matt paper dan fungsinya
Matt paper 150 gram. Sumber: shopee.co.id

Sekilas mirip art paper, tetapi permukaannya berbeda. Matt paper tidak mengkilap dan malah sedikit redup. Karena keredupannya ini, matt paper cocok dijadikan kertas untuk halaman majalah karena lebih cepat menyerap warna tinta.

23. NCR

jenis kertas ncr dan fungsinya
Kertas NCR untuk nota. Sumber: bukalapak.com

NCR adalah singkatan dari no carbon required yang berarti kertas yang tidak perlu ditulis berkali-kali karena dengan sekali menulis maka akan tembus ke kertas-kertas belakangnya. Ia terdiri dari dua atau lebih warna untuk dibedakan sesuai tujuan dan selera kita. Oleh karena itu, kertas NCR cocok digunakan untuk kwitansi, nota pembelian, dan bukti transaksi-transaksi lainnya.

24. Samson

jenis kertas samson dan fungsinya
Kertas samson. Sumber: bukalapak.com

Kertas samson termasuk salah satu kertas hasil daur ulang yang berwarna coklat. Kertasnya lebih tipis dari kertas kraft dan lebih cocok untuk dijadikan bungkus hadiah atau barang lainnya.

25. Strimin

jenis kertas strimin dan fungsinya
Kertas strimin. Sumber: jd.id

Kertas strimin memiliki garis-garis yang membentuk kotak atau persegi kecil dengan jarak dan ukuran yang sama. Strimin bertujuan untuk memudahkan para pembuat peta, desain bangunan, dan hal-hal yang berhubungan dengan matematika.

26. Vinyl

jenis kertas vinyl dan fungsinya
Kertas vinyl untuk stiker. Sumber: id.aliexpress.com

Kertas vinyl adalah kertas yang sangat cocok dengan stiker. Pasalnya, ia tahan air dan panas, permukaannya glossy atau mengkilap, bertekstur seperti plastik, fleksibel, dan halus. Bagian belakang kertas vinyl biasanya diberi perekat untuk menempelkan stiker, logo, atau label kemasan.

27. Yellow Board

jenis kertas yellow board dan fungsinya
Kertas yellow board. Sumber: shopee.co.id

Kertas satu ini terkenal karena kaku dan tebal. Bahkan untuk mencetaknya, perlu dilapisi dengan kertas lain seperti art paper, matt paper, atau duplex. Karenanya, yellow board dimanfaatkan sebagai sampul buku yang ampuh dan undangan formal.

Cukup sekian informasi mengenai jenis kertas. Kami yakin Selasares pernah menggunakan beberapa dari kertas di atas. Setiap kertas memiliki kekuatan dan kelemahannya masing-masing. Pilihlah kertas yang sesuai sebelum mencetaknya. Jika ada pertanyaan silakan bertanya di kolom komentar.

Geolana Wijaya Kusumah

Selamat datang di bumi Geo! Halo, aku Geo bisa juga dipanggil Geol. Ya benar sekali, sesuai dengan namaku, aku suka dengan hal-hal berbau Geografi dan hobiku bergeol alias Dance.

Update : 17 Oktober 2021 - Published : 8 Januari 2021

Satu pemikiran pada “27 Jenis Kertas: Nama, Ciri dan Fungsi Lengkapnya”

Tinggalkan komentar