14 Jenis Kamera Beserta Penjelasan Lengkapnya

Kamera adalah alat yang digunakan untuk menangkap momen atau objek tertentu yang bergerak. Ada banyak jenis kamera yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhanmu, misalnya DSLR dan mirrorless. Jenis kamera yang berbeda memiliki kemampuan yang berbeda pula dalam menangkap satu objek.

Penasaran dengan fungsi dari berbagai jenis kamera? Simak artikel berikut ini untuk informasi lebih lanjut, ya!

Jenis Kamera

1. DSLR/Digital Single Lense Reflex

gambar jenis kamera dslr
Sumber: splurgefrugal.com

Kamera DSLR atau Digital Single Lense Reflex adalah jenis kamera yang paling populer di pasaran. Kamera ini digunakan oleh para fotografer profesional. Biasanya mereka memiliki kamera kit mereka masing-masing.

Kamera DSLR hadir dengan lensa yang bisa dilepas sehingga kamu bisa menggantinya sesuai dengan keinginanmu. Lensa yang disediakan untuk jenis kamera ini pun bermacam-macam. Ciri khas yang dimiliki oleh kamera ini adalah kita bisa melihat objek secara langsung melalui jendela bidik optik kamera.

Merek kamera DSLR yang paling banyak dibeli adalah Canon dan Nikon.

2. Mirrorless

gambar jenis kamera mirrorless
Sumber: thehhub.com

Pada dasarnya mirrorless adalah jenis kamera digital yang hampir sama dengan kamera DSLR. Perbedaannya terletak pada jendela bidik optik kamera, fitur tersebut tidak bisa kamu temukan dalam kamera mirrorless. Jadi, kamu hanya bisa melihat objek melalui screen yang terdapat di kamera.

Kamera mirrorless juga hadir dengan lensa yang bisa dilepas. Secara sederhana, kamera DSLR dan mirrorless adalah jenis kamera digital yang sama. Kelebihan yang dimiliki kamera mirrorless jika dibandingkan dengan kamera DSLR adalah keringanannya.

Mirrorless memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga lebih mudah dibawa kemana-mana. Sebaliknya, kelebihan yang dimiliki oleh kamera DSLR adalah adanya jendela bidik optik kamera. Kamu bisa memilih kamera yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Merek kamera mirrorless yang banyak beredar di pasaran adalah Fujifilm dan Sony.

3. Point and Shoot

gambar jenis kamera point and shoot
Sumber: ebayimg.com

Point and shoot adalah jenis kamera kompak. Jenis kamera ini cocok digunakan untuk mengabadikan momen liburan dan keluarga. Kamera ini tidak memiliki fitur selengkap kamera DSLR dan mirrorless. Pada dasarnya, jenis kamera ini ditujukan untuk orang-orang yang hanya ingin menangkap objek secara sederhana.

Untuk kamu yang ingin menjadi fotografer profesional, tidak disarankan memilih jenis kamera ini. Point and shoot hanya memiliki satu lensa tetap sehingga tidak bisa diganti sesuai dengan keinginanmu. Kelebihan yang dimilikinya adalah mudah digunakan dan ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana.

4. Bridge/Prosumer

gambar jenis kamera prosumer atau bridge
Sumber: ebayimg.com

Kamera prosumer adalah jenis kamera yang fiturnya ada di antara kamera DSLR dan kamera point and shoot. Jenis kamera ini juga hadir dengan lensa tetap yang tidak bisa diganti. Satwa liar dan aktifitas olahraga adalah jenis objek yang cocok dipotret dengan menggunakan kamera prosumer. Prosumer bisa menjadi pilihan yang tepat jika kamu tidak memiliki anggaran yang cukup untuk membeli kamera DSLR.

Biasanya hasil foto kamera prosumer berupa RAW, akan lebih mudah jika kamu suka menyunting hasil fotomu. Kelebihan yang dimiliki oleh jenis kamera ini adalah kemampuan zoom-nya yang sangat jauh. Sayangnya, kualitas foto yang dihasilkan masih jauh di bawah kamera DSLR.

5. Analog

gambar jenis kamera analog
Sumber: olx.co.id

Kamera analog saat ini kembali menjadi tren di kalangan anak muda. Tren tersebut hadir karena kamera analog memiliki hasil foto dengan filter vintage alami. Jenis kamera ini masih menggunakan roll film untuk memotret objek.

6. Instant/Polaroid

gambar jenis kamera instant
Sumber: pinterest.com

Seperti namanya, kamera polaroid memiliki fitur yang bisa secara langsung mencetak objek yang dipotret. Nama asli dari jenis kamera ini adalah kamera instan, namun karena perusahaan Polaroid Corporation adalah pihak yang pertama memperkenalkan kamera ini maka banyak orang menyebutnya sebagai kamera polaroid. Dahulu hasil foto kamera ini dicetak menggunakan film, namun sekarang mereka telah beralih dengan mencetak foto pada kertas.

Selain polaroid, Fujifilm dan Kodak juga ikut menjadi produsen kamera instan. Jenis kamera ini cocok untukmu yang ingin segera mendapatkan hasil jepretanmu. Kelemahan dari jenis kamera ini adalah terbatasnya kertas yang bisa dipasang di dalam kamera sehingga jumlah jepretanmu juga akan terbatas.

7. Action Camera

gambar jenis kamera action
Sumber: lazada.co.id

Kamera aksi merupakan salah satu jenis kamera yang sering dipakai oleh para vlogger. Vlogger adalah akronim dari video blogger. Fitur yang paling sering dipakai dalam jenis kamera ini adalah video. Penggunanya jarang menggunakan kamera aksi untuk memotret.

Kamera aksi memiliki ukuran yang sangat kecil, bahkan lebih kecil daripada kamera saku. Ia sangat praktis dan bisa diletakkan dimana-mana, termasuk di atas helm. Meski berukuran kecil, kamera aksi memiliki kualitas yang tidak bisa diragukan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ia bisa menghasilkan video dengan resolusi 1080p dan kecepatan 30 frame per second. Kelebihan kamera aksi adalah image stabilizer yang bisa membuat hasil video tidak memiliki terlalu banyak goncangan meski digunakan dalam kegiatan yang membutuhkan banyak gerakan. Oleh karena itu, nama kamera ini adalah kamera aksi.

8. 360 Camera

gambar jenis kamera 360
Sumber: dpreview.com

Sesuai dengan namanya, jenis kamera ini memiliki fitur yang berupa jumlah point of interest yang banyak. Kamera ini memiliki lensa sejumlah 36 buah. Kelebihannya adalah mampu menghasilkan hasil foto dengan resolusi mencapai 1080MP. Objek yang cocok diambil menggunakan jenis kamera ini adalah pemandangan dan indoor.

9. Medium Format

gambar jenis kamera medium format
Sumber: wikimedia.org

Jenis kamera ini sangat cocok digunakan untuk fotografi fashion. Kelebihan yang dimilikinya adalah gambar dengan kualitas tinggi dan kinerja noise yang juga tinggi. Namun, kamera ini kurang populer di pasaran karena fiturnya terbatas. Merek kamera medium format yang paling terkenal adalah Hasselblad.

Selain itu, Fujifilm dan Pentax juga mulai mencoba memproduksi jenis kamera ini. Kamera ini memiliki berat dan ukuran yang sedikit lebih besar daripada kamera DSLR. Ukuran yang besar tersebut karena adanya sensor kamera yang ukurannya lebih besar daripada kamera DSLR.

10. Underwater

gambar jenis kamera underwater
Sumber: dpreview.com

Kamera underwater adalah salah satu jenis kamera dengan fitur yang unik. Seperti namanya, jenis kamera ini dirancang agar bisa digunakan untuk merekam objek yang ada di dalam air. Biasanya kamera jenis ini memiliki ketahanan terhadap air dan suhu yang rendah.

11. Compact

gambar jenis kamera compact
Sumber: carousell.com

Kamera kompak masih eksis di pasaran meski ia tidak memiliki fitur yang selengkap kamera digital. Alasan jenis kamera ini masih eksis adalah kemudahannya untuk dibawa kemana-mana. Selain itu, jenis kamera ini juga diatur secara otomatis sehingga penggunanya tidak perlu mengatur kecerahan dan fokus.

Karena kemudahannya tersebut, jenis kamera ini sangat cocok dipakai untuk orang awam yang belum memahami fotografi. Harga jenis kamera ini juga cukup terjangkau. Ia pun memiliki ukuran yang cocok untuk dibawa kemana-mana.

12. Video Camera

gambar jenis kamera video
Sumber: dpreview.com

Kamera video adalah jenis kamera perkembangan dari jenis kamera analog. Pada zaman dahulu, hasil rekaman disimpan di dalam CD, sekarang hasil rekaman sudah bisa disimpan di dalam kartu memori. Namun, jenis kamera ini hanya dapat dipakai untuk mengambil video atau bayangan bergerak. Kamera ini tidak memiliki fitur yang digunakan untuk memotret objek.

Biasanya jenis kamera ini juga disebut dengan nama handycam. Keberadaan kamera video digital sangat memudahkan pekerjaan yang membutuhkan kecepatan transfer file. Dengan disimpannya hasil rekaman di dalam kartu memori, kamu bisa dengan segera memindahkan file rekaman ke dalam laptop saat dibutuhkan.

13. Boutique

gambar jenis kamera boutique
Sumber: pinterest.com

Sekilas kamera boutique memiliki bentuk yang mirip dengan kamera saku. Kamera boutique merupakan salah satu jenis kamera digital. Kelebihan yang dimiliki oleh kamera ini adalah sensor full frame yang lebih baik daripada DSLR, namun dengan ukuran yang lebih ringkas daripada DSLR.

Dengan kemampuannya tersebut, tidak heran jika kamera boutique memiliki harga yang cukup mahal. Harga satu kamera boutique bisa berkisar antara Rp 30.000.000 – Rp 70.000.000.

14. Telepon Seluler

gambar jenis kamera telepon seluler
Sumber: theverge.com

Saat ini kamera dengan kualitas baik tidak hanya bisa kita temukan di dalam kamera yang sesungguhnya. Banyak model baru ponsel pintar yang hadir dengan kualitas kamera yang tidak kalah dengan kamera digital biasanya. Hal ini memudahkan para pengguna ponsel pintar karena mereka tidak perlu membeli kamera secara terpisah untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus.

Kepraktisan adalah kelebihan yang diutamakan dari jenis kamera ini. Namun, untuk menghasilkan hasil gambar profesional tertentu kamu tetap membutuhkan kamera digital yang profesional. Hal ini karena kamera ponsel pintar juga masih memiliki keterbatasan tertentu.

Jika hanya ingin menghasilkan foto bagus tanpa fitur khusus, pilihlah ponsel pintar dengan kualitas kamera yang tinggi.

Nah, itu tadi adalah penjelasan mengenai jenis kamera yang sesuai dengan kebutuhanmu. Sebelum memilih kamera, sebaiknya terlebih dahulu melakukan riset untuk mengetahui jenis kamera yang dibutuhkan. Hal ini berguna agar kamera yang telah dibeli bisa berguna sebagaimana mestinya. Masing-masing kamera juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jadi, bijaklah dalam memilih calon kameramu!

Nirwana Pradana Maharani

Aktif dalam organisasi dan event mahasiswa semasa berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi. Sedang tertarik mendalami dunia fotografi. Saya juga tertarik mengikuti artikel-artikel terkait fashion dan kuliner.

Update : 11 Juni 2021 - Published : 9 Januari 2021

Tinggalkan komentar