16 Jenis Kabel Listrik beserta Macam Macam & Fungsinya

Kabel listrik merupakan media penghantar arus listrik yang terbuat dari bahan konduktor dan dilindungi oleh bahan isolator listrik. Bahan konduktor berarti ia kuat untuk menghantarkan listrik. Biasanya kabel terbuat dari kawat tembaga dan alumunium. Sedangkan bahan isolator berarti bahan yang lemah dalam menghantarkan listrik atau tidak menghantarkan sama sekali. Ini berfungsi untuk melindungi kita agar aman ketika berhubungan dengannya. Pembungkus kabel ini biasa terbuat dari karet, plastik, dan sebagainya. Nah, kabel listrik memiliki banyak jenis lo Selasares sehingga kita harus mengetahui untuk keperluan apa kabel listrik yang akan digunakan.

Simak jenis kabel listrik beserta fungsinya di bawah ini.

Macam-Macam Jenis Kabel Listrik dan Fungsinya

1. AAAC

jenis kabel listrik aaac dan fungsinya
Gulungan kabel AAAC. Sumber: twitter.com/jack_chen_cable

Jenis kabel pertama yang akan dibahas adalah all alumunium alloy conductor (AAAC). Yap, seperti namanya, ia terbuat dari alumunium dan dicampur dengan magnesium dan silikon. Karena susunan molekul dan atomnya sangat kuat, kabel AAAC tahan lama dan anti karat atau korosi.

Ditambah lagi beratnya yang ringan dibanding beberapa kabel yang berukuran serupa dengannya. Jenis kabel listrik ini umumnya digunakan sebagai bahan penangkal petir karena merupakan magnet listrik yang baik, alias konduktor ampuh.

2. ACAR

jenis kabel listrik acar dan fungsinya
Kabel tegangan tinggi ACAR. Sumber: pdfslide.net

Kabel listrik alumunium conductor alloy reinforced (ACAR) merupakan kabel listrik yang cocok untuk menghantarkan arus listrik bertegangan tinggi. Dibuat dari alumunium dengan bagian dalam dari baja serta diperkokoh dengan campuran aneka logam menjadikannya sangat kuat dan tahan lama. Sayang, efek dari kualitasnya berimbas pada harganya yang tinggi sehingga tidak banyak kabel tegangan tinggi yang kita lihat di jalan raya yang menggunakannya.

3. ACSR

jenis kabel listrik acsr dan fungsinya
Kabel ACSR. Sumber: jinlianyu-1999.en.made-in-china.com

Kabel listrik alumunium conductor steel reinforced (ACSR) adalah versi terjangkaunya kabel listrik alumunium conductor alloy reinforced (ACAR). Secara fungsi ia sama dengan ACAR hanya saja kualitasnya lebih rendah karena hanya terbuat dari alumunium yang ditambah dengan inti dari baja. Ia lebih ringan daripada kabel listrik ACAR. Meski demikian, banyak kabel listrik tegangan tinggi yang menggunakan kabel ACSR.

4. BC

jenis kabel listrik bc dan fungsinya
Gulungan kabel listrik BC. Sumber: sisaproyek.com

Kabel listrik lain yang bisa digunakan untuk instalasi penangkal petir adalah kabel listrik bare copper (BC). Terbuat dari bahan utama tembaga, kabel BC merupakan kabel model stranded atau pilin yang berukuran 6 sampai 500 milimeter persegi (mm2) dengan tegangan maksimal 500 volt (V). Ada pula fungsi lainnya, yaitu sebagai saluran penghantar arus listrik di atas tanah.

5. Jumper NM

jenis kabel listrik jumper nm dan fungsinya
Kabel mic dan audio dari jumper NM. Sumber: antennagear.com

Kabel listrik jumper non-metallic (NM) merupakan kabel listrik yang fleksibel dengan pembungkus dari plastik. Selain berarti lentur, fleksibel di sini juga berarti bahwa kabel listrik satu ini bisa dengan mudah dicolok dan dilepas. Fungsinya sebagai konektor atau penghubung sumber arus dengan penerima arus atau yang membutuhkan arus listrik. Contohnya seperti kabel penghubung audio, proyektor, dan semacamnya.

6. NYA

jenis kabel listrik nya dan fungsinya
Sumber: shopee.co.id

Kita kini akan masuk ke kabel listrik dengan penamaan berdasarkan istilah-istilah huruf. Huruf N berarti kabel listrik terbuat dari tembaga, huruf Y berarti isolasi atau lapisan luarnya terbuat dari plastik polyvinyl cloride (PVC), dan huruf A berarti satu bagian inti yang berdiri sendiri dan tidak bercabang. Itulah definisi dari kabel listrik NYA. Kabel jenis ini banyak digunakan untuk rumahan dan sistem tenaga karena aman, murah, dan sederhana penggunannya. Ia hadir dengan aneka warna isolasi seperti merah, kuning, hitam, dan biru.

Kelemahannya adalah kabel listrik ini tidak tahan lama dan tidak tahan air karena bahan isolasinya hanya satu lapis dan tidak tebal, membuatnya mudah untuk digigit tikus. Oleh karena itu, disarankan bagi Selasares yang ingin menggunakannya untuk melapisi kabel NYA dengan pipa PVC atau pipa penutup lainnya. Selain aman dari gigitan tikus, akan mengamankannya juga dari kita apabila ada bagian inti yang terekspos agar kita tidak kesetrum.

7. NYAF

jenis kabel listrik nyaf dan fungsinya
Kabel NYAF. Sumber: m.bukalapak.com

Kabel listrik NYAF adalah peningkatan dari kabel listrik NYA. Sama-sama terbuat dari kawat tembaga (huruf N), dilapisi plastik PVC (huruf Y), dan berjumlah satu inti kabel (huruf A). Ia ditambah dengan huruf F yang berarti konduktor yang baik.

Fleksibel, aman, dan mudah digunakan, hanya saja sedikit lebih mahal dari kabel NYA karena lebih baik dalam hantar-menghantar listrik. Hadir dengan pilihan warna seperti merah, kuning, hitam, dan biru.

8. NYCY

jenis kabel listrik nycy dan fungsinya
Kabel NYCY. Sumber: commons.wikipedia.org

Kabel NYCY terdiri dari dua lapisan, yaitu lapisan dalam yang berisi kawat tembaga (huruf N), lalu dilapisi plastik PVC (huruf Y). Selanjutnya lapisan luar yang terdiri dari lapisan wire screen tembaga dan dibungkus dengan plastik PVC sebagai lapisan paling luar. Karena berlapis ganda, kabel ini fleksibel untuk ditanam di dalam tanah, di dalam ruangan, maupun diletakkan di alam terbuka. Ia kuat dengan berbagai elemen seperti cuaca dan gigitan tikus, menjadikannya salah satu jenis kabel yang efektif dan tahan lama.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

9. NYFGbY

jenis kabel listrik nyfgby dan fungsinya
Kabel NYFGbY. Sumber: tokopedia.com

Sesuai dengan namanya, ia juga berlapis-lapis. Terdiri dari inti tembaga (huruf N), lalu dilapisi dengan plastik PVC. Dibungkus dengan pelindung dari baja datar dan pelat baja serta diakhiri lagi dengan plastik PVC sebagai lapisan terluar. Kabel NYFGbY sering dijadikan sebagai kabel utama dalam instalasi listrik rumah, gedung kecil, atau bangunan lainnya.

10. NYM

jenis kabel listrik nym dan fungsinya
Sumber: standard.co.id

Kebalikan dari NYA dan NYAF, kabel listrik NYM memiliki bagian inti lebih dari satu atau bercabang akibat huruf M-nya. Sisanya sama seperti mereka, berbahan tembaga untuk intinya serta dibalut oleh lapisan plastik PVC. Mampu menghantarkan listrik bertegangan 300 sampai 500 volt.

Sering kali kabel ini dijumpai di rumah, gedung, atau bangunan. Intinya berjumlah mulai dari dua hingga empat. Lapisan PVC-nya juga lebih tebal sehingga lebih tahan kondisi kering maupun basah.

11. NYMHY

jenis kabel listrik nymhy dan fungsinya
Gulungan kabel NYMHY. Sumber: shopee,co,id

Kabel listrik NYMHY memiliki inti yang terbuat dari tembaga fiber yang fleksibel (huruf N dan H) dengan jumlah lebih dari satu (M) atau biasanya dua dan dilindungi dengan plastik PVC berlapis-lapis (huruf Y). Kabel jenis ini sering dimanfaatkan untuk instalasi listrik rumah-rumah dengan listrik 900 Watt ke bawah. Dengan pelindung plastik PVC yang tebal, kabel ini cukup kuat dan tahan lama. Gigi tikus akan kesakitan dan kesulitan untuk menembusnya.

12. NYMHYO

jenis kabel listrik nymhyo dan fungsinya
Kabel NYMHYO. Sumber: tokopedia.com

Kabel NYMHYO memiliki inti atau bagian dalam dari tembaga fiber fleksibel (huruf N dan H) dengan jumlah dua atau lebih (huruf M) dan dilapisi dengan plastik PVC tebal (huruf Y) yang dilengkapi selubung luar (huruf O). Peralatan audio atau suara seperti sound systemloudspeaker, dan lainnya sering kali menggunakan kabel jenis ini. Ia tidak tahan cuaca baik hujan maupun panas sehingga direkomendasikan untuk memakainya di dalam ruangan. Disarankan pula agar tidak menggunakannya untuk keperluan listrik berarus besar dan bertegangan tinggi.

13. NYY

jenis kabel listrik nyy dan fungsinya
Kabel NYY berbagai ukuran. Sumber: tokopedia.com

Kabel listrik jenis NYY adalah kabel yang sederhana namun sangat kuat dan tahan lama sehingga dia cocok untuk instalasi listrik bawah tanah. Pasalnya ia dilapisi oleh dua lapis plastik PVC, yaitu bagian pelapis inti dan pelapis bagian luar. Bagian intinya terbuat dari tembaga (huruf N).

14. NYYHY

jenis kabel listrik nyyhy dan fungsinya
Kabel NYYHY untuk speaker. Sumber: tokopedia.com

Sama seperti kabel NYY, hanya saja bagian inti terbuat dari tembaga fiber fleksibel (huruf H) dan ditambah dengan plastik PVC tebal lagi di akhirnya (huruf Y tambahan). Karena fleksibel, praktis, tahan lama, dan mudah untuk dipasang, kabel NYYHY menjadi opsi untuk instalasi listrik di rumah. Ia juga bisa ditanam untuk listrik bawah tanah.

15. Sepaksi

jenis kabel listrik koaksial
Kabel sepaksi untuk microwave. Sumber: amazon.com

Kabel sepaksi atau coaxial cable ialah kabel-kabel yang bertugas untuk menghantarkan atau mengalirkan (transmitter) informasi yang sudah diubah ke dalam bentuk sinyal-sinyal listrik. Contoh mudah penggunaannya adalah penyaluran sinyal frekuensi radio dan televisi dari audio atau video ke media-media kita, microwave, oven, dan lainnya.

Kabel koaksial biasanya digunakan untuk jarak dekat atau tidak terlalu jauh. Kabel ini tahan lama, tapi sayangnya biayanya mahal baik pembelian dan perawatannya.

16. SFP

jenis kabel listrik sfp dan fungsinya
Kabel SFP. Sumber: sominetworks.com

Kabel small form-factor pluggable merupakan kabel tembaga optik yang biasa digunakan untuk menyambungkan audio, menyambungkan dua gawai, kabel pada router internet, dan yang lainnya.

Inilah akhir pembahasan tentang jenis kabel. Semoga Selasares tidak bingung dari sekian banyaknya jenis kabel listrik. Sebelum membeli kita juga bisa bertanya kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis kabel listrik kepada para penjual. Jika ada pertanyaan, langsung saja bertanya di kolom komentar.

Geolana Wijaya Kusumah

Selamat datang di bumi Geo! Halo, aku Geo bisa juga dipanggil Geol. Ya benar sekali, sesuai dengan namaku, aku suka dengan hal-hal berbau Geografi dan hobiku bergeol alias Dance.

Update : 30 April 2021 - Published : 29 Desember 2020

Tinggalkan komentar