31 Jenis Jaket Pria dan Wanita beserta Nama & Gambar Lengkap

Jaket adalah jenis fashion item yang bisa digunakan untuk mendukung penampilan. Namun, selain menunjang penampilan, jaket juga memiliki fungsi untuk memberikan rasa hangat bagi tubuh kita. Tidak semua jaket mampu memberikan rasa hangat yang sama. Oleh karena itu, sesuaikan jaket pilihanmu dengan suhu tempat tinggalmu.

Penasaran dengan berbagai jenis jaket yang bisa kamu pilih? Yuk simak artikel berikut ini!

Berbagai Jenis Jaket

1. Anorak

gambar jenis jaket anorak
Sumber: lazada.co.id

Anorak adalah jaket yang memiliki model mirip dengan parka. Jaket ini dibuat secara berlapis dan tahan air.

2. Aviator

gambar jenis jaket aviator
Sumber: pinterest.com

Jaket aviator memiliki ciri khas tambahan bulu-bulu pada bagian lehernya. Jenis jaket ini sangat populer pada musim dingin. Bulu-bulu pada bagian leher berfungsi untuk memberikan rasa hangat.

3. Biker

gambar jenis jaket biker
Sumber: currentelliott.com

Jenis jaket ini biasanya dipakai oleh orang-orang yang senang melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor. Jaket biker memiliki gaya edgy yang bisa dipadukan dengan berbagai macam pakaian. Dahulu, jaket ini hanya dikenal sebagai jaket laki-laki. Namun, saat ini wanita pun bisa menggunakan jenis jaket yang macho tersebut.

4. Blazer

gambar jenis jaket blazer
Sumber: oldnavy.gapcanada.ca

Blazer merupakan salah satu jenis jaket yang digunakan dalam acara formal. Jenis jaket ini seperti jas untuk laki-laki. Biasanya dipakai oleh pekerja kantoran yang menggunakan pakaian formal sebagai seragam mereka. Namun, belakangan juga muncul blazer yang bisa dipakai untuk gaya berpakaian sehari-hari.

5. Blouson

gambar jenis jaket blouson
Sumber:gazamn.com

Blouson adalah jenis jaket yang memiliki resleting pada bagian depannya. Ia memiliki model yang mirip dengan jaket bomber. Perbedaannya adalah jaket blouson memiliki kerah klasik sedangkan jaket bomber tidak.

6. Bomber

gambar jenis jaket bomber
Sumber: iciw.com

Bomber adalah model jaket yang bisa dipakai dalam berbagai gaya kasual. Jenis jaket ini terbuat dari bahan yang anti air dan anti angin. Biasanya jaket ini banyak dipakai di daerah dengan suhu rendah. Meski berfungsi sebagai penghangat, jaket ini memiliki bahan yang ringan. Oleh karena itu, jaket bomber sangat nyaman dipakai.

7. Cagoule

gambar jenis jaket cagoule
Sumber: superdy.com

Cagoule memiliki model yang mirip dengan parka. Namun, jaket cagoule tidak memiliki resleting maupun kancing pada bagian depannya. Cara memakai jenis jaket ini sama seperti pemakaian hoodie. Kadang-kadang, jaket ini juga disebut dengan fisherman. Terdapat kanrong pada bagian depan jaket cagoule.

8. Denim

gambar jenis jaket denim
Sumber: zara.net

Jaket denim merupakan salah satu jenis jaket yang paling populer di kalangan masyarakat. Jenis jaket ini cocok dipakai untuk berbagai gaya kasual. Modelnya tak pernah lekang oleh zaman, bahannya pun awet dan tahan lama. Tak heran jika jaket ini banyak dipilih sebagai ‘zona nyaman’ dalam berpakaian.

9. Duster Coat

gambar jenis jaket duster coat
Sumber: overland.com

Duster coat adalah model jaket musim dingin berukuran panjang, namun dengan bahan yang lebih ringan. Jaket ini bisa dijadikan pilihan gaya yang modis namun tetap merasa hangat. Jaket duster coat juga cocok dipakai dalam kegiatan formal. Banyak orang memilih jaket ini karena bisa digunakan secara fleksibel.

10. Faux Fur

gambar jenis jaket faux fur
Sumber: gap.co.uk

Jaket dengan bahan kulit sintetis sangat digemari. Hal ini karena ia memiliki harga yang lebih terjangkau daripada jaket kulit asli. Untuk kualitasnya sendiri, jaket dengan bahan kulit sintetis memiliki tampilan yang sangat mirip dengan jaket kulit asli. Namun, untuk ketahanan, jaket kulit asli masih jauh di atas. Biasanya jaket kulit sintetis memiliki bulu-bulu di seluruh bagiannya.

11. Hoodie

gambar jenis jaket hoodie
Sumber: missguided.com

Hoodie merupakan salah satu jaket dengan model santai. Terdapat topi di bagian belakang yang menjadi satu dengan bagian tubuh. Biasanya hoodie dibuat dengan bahan baby terry yang tebal sehingga memberikan rasa hangat. Jenis jaket ini dapat dipakai dalam berbagai kesempatan, terutama acara santai atau berkumpul dengan teman-teman.

12. Kulit

gambar jenis jaket kulit
Sumber: boohoo.com

Jaket kulit merupakan jenis jaket yang dibuat dari bahan kulit binatang. Jenis jaket ini memiliki hasil akhir yang mengkilap, biasanya berwarna gelap. Namun, saat ini jaket kulit telah dibuat dengan berbagai varian warna. Jaket ini bisa dipakai oleh laki-laki maupun perempuan.

13. Mantel Crombie

gambar jenis jaket mantel crombie
Sumber: alibaba.com

Mantel crombie adalah jaket model coat yang panjangnya ¾ tubuh kita. Biasanya jenis jaket ini dipakai dalam acara-acara formal untuk menimbulkan kesan berkelas. Jaket ini biasanya dibuat dengan bahan wool dengan kerah dari beludru.

14. Overcoat

gambar jenis jaket overcoat
Sumber: thread.com

Overcoat adalah jenis jaket dengan ukuran panjang hingga sampai ke lutut. Jaket ini biasanya digunakan ketika musim dingin. Jenis jaket overcoat banyak dipilih sebagai jaket musim dingin karena penggunanya merasa hangat namun tetap dengan gaya yang modis.

15. Overshirt

gambar jenis jaket overshirt
Sumber: marc-o-polo.com

Overshirt sebenarnya bukan sebuah jaket. Namun, ia dibuat dengan menggunakan bahan yang tebal sehingga cocok dipakai sebagai luaran. Jenis jaket ini memiliki model seperti kemeja dengan ukuran yang sengaja dibuat lebih besar. Oleh karena itu, banyak orang memilih overshirt sebagai jaket untuk memberikan rasa hangat saat dipakai.

16. Parka

gambar jenis jaket parka
Sumber: bukalapak.com

Parka adalah jenis jaket yang bisa melindungi pemakainya dari panas dan hujan. Di samping fungsinya tersebut, parka tetap memberikan kesan trendy. Biasanya parka dibuat dengan bahan yang agak kaku, namun tetap lembut.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

17. Peacoat

gambar jenis jaket peacoat
Sumber: pendleton-usa.com

Peacoat merupakan jenis coat dengan ukuran cukup pendek dan kerah yang melebar. Jaket ini biasanya dibuat menggunakan bahan wool yang tebal. Ciri khasnya adalah pemakaian kancing yang besar dengan kain berwarna gelap seperti navy dan hitam.

18. Ponco

gambar jenis jaket ponco
Sumber: aliexpress.com

Jaket ponco sedang menjadi tren di kalangan wanita. Hal ini karena jaket ponco memiliki model yang unik. Selain itu, jenis jakni juga bisa dipakai dalam berbagai kegiatan santai maupun formal.

19. Puffer

gambar jenis jaket puffer
Sumber: theiconic.com.au

Puffer adalah jenis jaket yang bisa dipakai dalam segala suasana. Ia cocok digunakan ketika hangout bersama teman, namun juga cocok dipakai dalam kegiatan formal di kantor. Jaket ini memiliki ciri khas detailnya yang menggelembung.

20. Quilted

gambar jenis jaket quilted
Sumber: ahume.co.uk

Quilted adalah salah satu jenis jaket dengan bahan yang tebal. Bagian dalam jaket ini dibuat dari bahan yang halus. Sedangkan bagian luarnya dibuat dengan bahan yang bertekstur. Biasanya, jaket quilted diisi dengan dakron pada bagian dalamnya. Dakron itulah yang membuat jaket ini tebal. Jaket quilted sangat cocok dipakai di dalam cuaca yang dingin.

21. Raincoat

gambar jenis jaket raincoat
Sumber: pinterest.com

Jaket ini sangat berguna saat musim hujan karena dibuat dengan bahan yang anti air. Raincoat jacket memiliki berbagai model, seperti model hoodie dan model jaket biasa.

22. Shearling

gambar jenis jaket shearling
Sumber: celticandco.net

Shearling merupakan model jaket yang dibuat dengan menambahkan bahan bulu pada bagian dalamnya. Bulu ini ditambahkan untuk memberikan rasa hangat dan nyaman. Karena diberikan tambahan bulu, jaket ini memiliki bentuk yang fluffy. Model jaket seperti bisa menimbulkan kesan cute kepada orang yang memakainya.

23. Sport

gambar jenis jaket sport
Sumber: pinterest.com

Jenis jaket sport memiliki model yang lebih mirip jas atau coat. Jenis jaket ini diberi nama jaket sport karena dulunya dipakai untuk melakukan olahraga berkelas seperti memanah dan menembak. Biasanya jaket ini dibuat dengan bahan suede dan tweed.

24. Statement

gambar jenis jaket statement
Sumber: thefashionspot.com

Jaket statement adalah jaket yang memiliki keunikan berbeda dalam setiap jenisnya. Ia tidak memiliki model yang pasti, juga tidak memiliki kemiripan dengan jaket yang biasa dipakai secara umum. Namun, jaket statement memiliki keunikan yang bisa membuatmu menjadi pusat perhatian. Keunikan tersebut bisa terletak pada model maupun motif yang digunakan.

25. Sweater

gambar jenis jaket sweater
Sumber: petiteknit.com

Sweater memiliki model yang mirip dengan hoodie, namun tidak terdapat topi di bagian belakang. Biasanya sweater juga memiliki bahan yang sama dengan hoodie. Jenis jaket ini juga bertujuan memberikan rasa hangat kepada pemakainya. Jaket ini cocok dipakai dalam segala bentuk gaya berpakaian yang santai.

26. Track

gambar jenis jaket track
Sumber: fredperry.com

Track adalah jenis jaket yang biasanya dipakai saat berolahraga. Jenis jaket ini dibuat dengan bahan yang ringan sehingga nyaman digunakan saat olahraga. Jaket ini memiliki fungsi untuk meningkatkan pembakaran lemak saat berolahraga. Namun, jaket track juga bisa dipakai sebagai pelengkap gaya hari-harimu.

27. Trench Coat

gambar jenis jaket trench coat
Sumber: modanisa.com

Trench coat adalah salah satu jenis jaket anti air yang bisa dipakai dalam berbagai cuaca. Di samping fungsinya tersebut, jaket ini memiliki model yang modis. Ia bisa dipadukan dengan berbagai gaya berpakaian. Modelnya yang panjang ke bawah membuatnya memberikan kesan formal namun tetap santai. Biasanya jenis jaket ini dilengkapi dengan tali atau ikat pinggang yang melekat menjadi satu dengan jaket.

28. Trucker

gambar jenis jaket trucker
Sumber: davesnewyork.com

Jenis jaket ini memiliki model yang mirip dengan kemeja. Ciri khasnya adalah ia memiliki saku dan kancing di bagian depan jaket. Model jaket ini bisa memberikan kesan klasik kepada orang yang memakainya. Dahulu, jaket trucker hanya dibuat dengan bahan denim berwarna biru. Namun, sekarang sudah banyak bahan dan warna yang digunakan untuk membuat jenis jaket ini.

29. Utility

gambar jenis jaket utility
Sumber: groovys.com

Utility adalah jenis jaket yang bisa memberikan kesan edgy dan maskulin secara bersamaan. Biasanya jaket ini hadir dengan motif abstrak yang cocok digunakan untuk orang-orang dari berbagai kalangan. Ciri khas jaket ini adalah jumlah kantongnya yang cukup banyak. Selain itu, jaket utility juga hadir dengan warna cerah yang membuatmu menjadi pusat perhatian.

30. Varsity

gambar jenis jaket varsity
Sumber: amazon.ca

Jenis jaket ini sangat identik dengan anak muda, terutama usia SMA dan mahasiswa. Pada awalnya jaket ini bernama letterman dan hanya dipakai oleh mahasiswa Harvard University. Ciri khas jaket ini bordir yang ada di bagian dada kiri.

31. Windbreaker

gambar jenis jaket windbreaker
Sumber: leblancboutique.com

Jenis jaket ini khusus dibuat agar membuat tubuh menjadi hangat. Seperti namanya, jaket ini bisa menahan agar udara atau angin yang membuat kedinginan tidak bisa masuk ke dalam jaket. Dengan begitu, kulit kita bisa senantiasa terasa hangat.

32. Wool

gambar jenis jaket wool
Sumber: talbots.com

Jaket wool merupakan jaket yang terbuat dari bahan wool. Biasanya jenis jaket ini digunakan di daerah yang bersuhu rendah. Jaket wool dibuat dengan bahan yang ringan namun tebal sehingga nyaman digunakan.

Nah, itu tadi merupakan penjelasan mengenai jenis-jenis jaket dan modelnya. Pemilihan jaket yang tepat bisa memberikan kenyamanan untukmu. Jangan memilih jaket hanya karena modelnya cocok denganmu. Namun, pilihlah jaket yang mampu memberikan rasa hangat yang nyaman. Tidak semua jaket yang modis bisa memberikan kehangatan untukmu.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca.

Nirwana Pradana Maharani

Aktif dalam organisasi dan event mahasiswa semasa berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi. Sedang tertarik mendalami dunia fotografi. Saya juga tertarik mengikuti artikel-artikel terkait fashion dan kuliner.

Update : 14 Januari 2021 - Published : 7 Desember 2020

Tinggalkan komentar