34 Jenis Batuan Beserta Contoh, Gambar & Penjelasannya

Batuan adalah salah satu material yang penting untuk bahan bangunan, tapi ada juga yang menggunakannya sebagai kerajinan. Dalam KBBI, pengertian batuan adalah benda padat dan bertekstur keras yang berasal dari bumi maupun planet lain. Sedangkan secara umum, batuan merupakan benda padat yang terbentuk secara alami dari mineral-mineral atau mineraloid di lapisan penyusun kerak bumi.

Batuan ada beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan proses terbentuknya. Sudah tahu apa saja jenis batuan? Kali ini, Kami akan membagikan informasi jenis batuan apa saja yang ada Indonesia, yuk simak selengkapnya.

Jenis-Jenis Batuan dan Gambarnya

Di Indonesia ada beberapa jenis batuan yang dibedakan berdasarkan proses terbentuknya, yakni batuan beku, batuan sedimen dan batuan metamorf. Adapunberikaut ini macam macam batuan beserta penjelasan dan contohya:

1. Batu Amphibolite (Jenis Batuan Metamorf/ Malihan)

Gambar Jenis Batuan Amphibolite
pinterest.com

Amphibolite adalah salah satu kelompok batuan metamorf atau malihann yang terbentuk akibat adanya proses rekristalisasi  dalam viskositas tinggi dan bertekanan. Jenis bebatuan ini merupakan kelompok yang terdiri atas felspar plagioklas dan amfibol, dengan ada sedikit atau tidak ada kuarsa.

Tampilan batu ini biasanya berwarna gelap dan cenderung berat.Selain itu nampak ada serpih-serpih kecil hitam dan putih pada permukannya. Batuan Amphibolite biasanya digunakan dalam konstruksi muka bangunan, trotoar, dan lainnya karena jumlahnya di alam cukup melimpah.

2. Batu Andesit (Jenis Batuan Beku)

Gambar Jenis Batuan Andesit
bukalapak.com

Batuan andesit adalah jenis batuan yang berasal dari lelehan lava letusan gunung berapi. Lelehan lava yang turun tersebut bersuhu 900 hingga 1.100 derajat celcius, lalu membeku menjadi batu andesit. Ciri ciri dari batu ini mempunyai tekstur halus, berwarna abu abu kehijau serta kadang-kadang ada yang ditemukan berwarna merah atau jingga. Biasanya batu andesit digunakan sebagai cobek, hiasan arca, batu nisan dan material pembuatan atau renovasi candi.

3. Batu Apung (Jenis Batuan Beku)

Gambar Jenis Batuan Apung
akamaized.net

Ada lagi jenis batuan beku lainnya, yaitu batu apung yang terbentuk karena adanya proses pendinginan magma yang memiliki gelembung gas. Ciri cirinya mempunyai warna keabu-abuan, berpori, bergelembung serta ringan karena dapat mengapung di air.

Batu apung mempunyai masa jenis kurang dari 1 dan memiliki kandungan Fe2O3, MgO, SiO2, K2O dan CaO.Selain itu juga mengandung mineral-mineral sepertifeldspar, kristobalit, kuarsa dan tridimit. Biasanya batuan apung dimanfaatkan untuk menghaluskan atau mengamplas kayu.Ada juga yang menggunakannya sebagai bahan pengisi/ filter di bidang industri.

4. Batu Bara (Jenis Batuan Sedimen/ Endapan)

Gambar Jenis Batuan Bara
awsimages.detik.net.id

Jenis batuan  sedimen ini disebut juga coal, terbentuk dari proseskompaksi material organik seperti daun, batang atau akar. Batu bara umumnya dapat terbentuk di daerah-daerah yang beriklim tropis dan mengandung sangat sedikit oksigen seperti rawa. Bagian tumbuhan tersebut akan jatuh ke rawa-rawa di bawahnya dan lama kelamaan akan mengendap. Semakin lama, akan semakin banyak bagian tumbuh-tumbuhan yang jatuh, terakumulasi dan mengendap.

Kemudian ada material lain yang membuat tumpukan bagian tumbuhan tersebut tertekan, lalu mengeluarkan air dan mengalami kompaksi. Proses tersebutlah yang membentuk jenis batu bara sehingga di dalamnya mengandung humus dan karbon. Batuan ini biasanya dimanfaatkan sebagai bahan bakar.

5. Batu Basalt (Jenis Batuan Beku)

Gambar Jenis Batuan Basalt
alicdn.com

Basaltermasuk jenis batuan beku yang terbentuk karena proses terjadinyaberasal dari pendinginan lava gunung berapi. Ciri-cirinya yaitu mempunyai kristal-kristal sangat kecil, warnanya hijau keabu abuan serta memiliki lubang-lubang. Batu basalt banyak digunakan dalam industri poles, material pondasi bangunan, jembatan dan lain sebagainya.

6. Batu Breksi (Jenis Batuan Sedimen/ Endapan)

Gambar Jenis Batuan Breksi
blogspot.com

Batu breksi adalah jenis batuan sedimen yang terbentuk karena ada bahan bahan yang terlempar tinggi ke udara, lalu mengendap di suatu tempat. Karakteristik batuan ini yaitu mempunyai gabungan pecahan-pecahan dari letusan gunung berapi. Berdasarkan proses pembentukannya dan sifat kimianya, jenis batuan breksi dibedakan lagi menjadi tektonik, sedimentary, igneous, hydrothermal dan impact. Biasanya batuan breksi digunakan untuk kerajinan, tapi banyak juga yang menggunakannya sebagai material bahan bangunan.

7. Batu Diorit (Jenis Batuan Beku)

Gambar Jenis Batuan Diorit
dosenpintar.com

Jenis batuan beku yang satu ini terbentuk karena adanya proses peleburan lantai samudra pada suatu zona subduksi dan bersifat mafic. Biasanya bebatuan diorit diproduksi pada busur lingkaran vulkanis, serta membentuk gunung di dalam cordilleran. Karakteristik batu ini mempunyai tekstur berwarna kelabu bercampur hitam dan putih. Biasanya dimanfaatkan sebagai ornamen dinding atau lantai, dan sebagai hiasan bahan bangunan.

8. Batu Felsite (Jenis Batuan Beku)

Gambar Jenis Batuan Felsite
digopaul.com

Felsite digunakan untuk menyebut jenis batuan beku ekstrusif yang mempunyai warna terang. Terdiri dari mineral kuarsa berupa butiran halus, tapi tidak berkaca. Karakteristik bentuknya biasanya batu ini mempunyai bentuk rhyolite serta ada tanda-tanda bentuk aliran.

9. Batu Filit (Jenis Batuan Metamorf/ Malihan)

Gambar Jenis Batuan Filit
wikimedia.org

Merupakan jenis batuan metamorf yang terdiri dari mika yang sangat halus. Permukaan batunya biasanya berkilau, tapi kadang-kadang juga ditemukan ada yang keriput. Komposisi utama batuan ini berupa serisit mika, kuarsa dan klorit yang berbuat dari metamorphosis batu sabak.

10. Batu Gabro (Jenis Batuan Beku)

Gambar Jenis Batuan Gabro
bukalapak.com

Batu gabro mempunyai karakteristik warna hitam, abu-abu gelap dan ada semburat hijau. Batuan yang terbentuk dari hasil pembekuan magma gunung berapi ini mempunyai struktur yang masif, serta tidak ada lubang atau rongga. Keunikan tekstur dari batu gabro ini yaitu mineral mineralnya bisa dilihat secara langsung dengan mata telanjang. Biasanya dimanfaatkan untuk menghasilkan lapis dinding dan sebagai marmer pada dinding.

11. Batu Gamping/Kapur (Jenis Batuan Sedimen/ Endapan)

Gambar Jenis Batuan Gamping/Kapur
.bukalapak.com

Batu-batuan gamping atau kapur terbentuk dari cangkang binatang laut yang telah mati seperti siput, kerang atau lainnya. Karena biasanya binatang-binatang laut tersebut mempunyai rangka yang terbuat dari kapur, sehingga memadat dan membentuk batu kapur. Karakteristik batu gamping mempunyai warna putih keabu-abuan, teksturnya agak lunak serta membentuk gas CO2 jika ditetesi asam. Masyarakat Indonesia menggunakan batu batuan gamping sebagai campuran bahan baku semen.

Batu gamping atau kapur sendiri punya jenis-jenis lainnya, diantaranya sebagai berikut:

  • Chalk: jenis batu gamping yang mempunyai tekstur lembut dan halus serta berwarna putih keabu-abuan
  • Coquina: jenis batu gamping yang mempunyai tekstur kasar karena terbentuk dari sisa-sisa cangkang organisme
  • Fossiliferous: jenis batu katang atau gamping yang memiliki kandungan fosil dalam komposisi batuannya
  • Lithographic: jenis batu gamping yang padat dan memiliki butiran-butiran halus yang biasanya berukuran relatif sama
  • Oolitic: batu gamping yang tersusun dari kalsium karbonat dan terbentuk dari proses presipitasi konsentrasi kalsium karbonat.
  • Travertine: biasanya terbentuk di dalam goa dan berbentuk stalaktit, stalakmit dan flowstone.

12. Batu Gneiss/ Ganes (Jenis Batuan Metamorf/ Malihan)

Gambar Jenis Batuan Gneiss
wikimedia.org

Batuan metamorf ini terbentuk dari jenis batuan beku maupun sedimen yang mengalami perubahan akibat adanya tekanan dan suhu tinggi. Karakteristik batunya mempunyai warna putih keabu-abuan serta tanpa adanya goresan yang tersusun dari mineral mineral. Biasanya batu ganes digunakan sebagai bahan kerajinan.

14. Batu Granit (Jenis Batuan Beku)

Gambar Jenis Batuan Granit
womenandtalent.com

Batu yang terbentuk dari hasil pembekuan magma ini mempunyai ciri-ciri ciri-ciri berupa kristal kristal kasar, berwarna putih keabu-abuan, tapi ada juga yang berwarna jingga.mBatu granit Biasanya banyak ditemukan di daerah pinggiran pantai atau sungai yang besar.

Orang-orang memanfaatkan batu granit sebagai material bahan bangunan. Diketahui bahwa batuan ini mempunyai kualitas yang justru lebih baik daripada batu marmer maupun batu pasir. Karena sifat asam pada batu granit membuatnya tahan terhadap hujan asam sehingga Sangat cocok dijadikan material di bidang konstruksi bangunan.

15. Batu Granodiorit (Jenis Batuan Beku)

Gambar Jenis Batuan Granodiorit
blogspot.com

Batu granodiorit merupakan jenis batuan plutonik yang terdiri dari plagioklas putih, biotik hitam, kuarsa abu-abu yang tembus cahaya serta hornblende abu-abu gelap. Plagioklas cukup dominan dan lebih dari alkali sehingga bisa digunakan untuk membedakan dengan batu granit. Batu ini juga bisa menjadi salah satu jenis bebatuan yang dapat mencerminkan adanya pelapukan butiran pirit yang melepaskan zat besi.

16. Batu Hornfel (Jenis Batuan Metamorf/ Malihan)

Gambar Jenis Batuan Hornfel
comparenature.com

Hornfels merupakan jenis batuan malihan yang halus tanpa komposisi tertentu. Proses pembentukannya dengan dipanaskan dekat sumber panas seperti dapur magma, dyke atau sill dimana tekanan tidak terlalu diperhitungan dalam pembentukan batuan ini. Batu hornfel sendiri dibagi lagi menjadi beberapa diantaranya:

  • Hornfels politic: batuan hornfels yang didapatkan dari hasil pemanasan tanah liat, batu tulis dan batu serpih. Kandungan mineral di dalamnya meliputi feldspar, kuarsa, biotit, mika dan silica alumunium.
  • Hornfels karbonat: batu hornfels yang terbentuk dari hasil pemanasan batuan kapur yang tidak murni. Karakteristik hornfels karbonat lebih tangguh dibandingkan batu kapur itu sendiri.
  • Hornfels mafik: jenis batu hornfels yang didapatkan dari proses pemanasan batuan beku, seperti diabas, andesit dan basalt.

17. Batu Kimberlite (Jenis Batuan Beku)

Gambar Jenis Batuan Kimberlite
heritagestatic.com

Pernahkah Kamu mendengar tentang jenis batu kimberlite? Ternyata ini merupakan jenis batuan vulkanik ultrabasa yang cukup langka dan banyak dicari karena merupakan biji berlian. Di dalamnya mengandung campuran diopside, mineral serpente, karbonat dan plhogopite.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Fyi, batu kimberlite yang ditemukan mempunyai usia rata-rata 70 sampai 150 juta tahun yang lalu. Bahkan ada yang mencapai 1200 juta tahun yang lalu sehingga termasuk jenis bebatuan langka dan mahal. Banyak juga jenis batu akik yang terbuat dari batuan kimberlite dengan harga yang sangat mahal.

18. Batu Komatiite (Jenis Batuan Beku)

Gambar Jenis Batuan Komatiite
wikimedia.org

Batu komatiite termasuk golongan bebatuan yang langka dan purba karena merupakan periode kategori peridotit ekstrusif. Banyak yang menyebut bahwa batuan komatiite sebagian besar diperkirakan berasal dari zaman arkeozoikum. Batuan ini terbentuk dari olivin sehingga mempunyai komposisi yang sama dengan peridotit.

Komposisi pada batu ini hanya bisa dicairkan melalui suhu yang sangat tinggi. Batu Komatiitekaya akan kandungan magnesium dan rendah silika. Ciri khasnya mempunyai tekstur yang spinefex, paling silang dengan kristal olivin yang tipis dan panjang.

19. Batu Konglomerat (Jenis Batuan Sedimen/ Endapan)

Gambar Jenis Batuan Konglomerat
piinterest.com

Karakteristik batu kolongmerat yaitu mempunyai material kerikil bulat, batu-batu serta pasir yang melekat satu sama lain pada batu ini. Umumnya digunakan sebagai material bahan bangunan, meskipun juga sering dimanfaatkan untuk bidang-bidang lainnya. Dalam pembentukan batu kolongmerat membutuhkan energi yang besar untuk menggerakkan fragmen-fragmen yang cukup besar biasanya terjadi di daerah pantai dan sungai.

20. Batu Kuarsit (Jenis Batuan Metamorf/ Malihan)

Gambar Jenis Batuan Kuarsit
imimg.com

Terbentuk dari hasil metamorfosa batuan pasir dimana strukturnya tidak mengalami perubahan. Batu ini terbentuk karena adanya proses pemanasan yang sangat tinggi sampai menyebabkan tejadinya rekristalisasi felsdpar dan kwarsa. Karakteristiknya mempunyai warna abu-abu kekuningan, merah, coklat dan mengandung fosil. Kegunaan batu kuarsit biasanya dijadikan material konstruksi jalan, kerajinan dan perbaikan.

21. Batu Lapis Lazuli (Jenis Batuan Metamorf/ Malihan)

Gambar Jenis Batuan Lapis Lazuli
pinterest.com

Ada juga jenis batuan metamorf yang bernama batu lapis lazuli. Merupakan jenis bahan permata biru yang sangat terkenal dan termasuk golongan yang langka karena daerah penghasilnya ada di Afghanistan.

22. Batu Lempung (Jenis Batuan Sedimen/ Endapan)

Gambar Jenis Batuan Lempung
posalu.wordpress.com

Terbentuk dari hasil proses alterasi atau pelapukan batuan beku yang ditemukan di sekitar batuan induknya. Material lempung tersebut mengalami proses diagenesa yang membentuk batu lempung atau ada juga yang menyebutnya sebagai batu cadas. Karakteristik batu ini mempunyai warna coklat, abu-abu dan keemasan yang biasanya dimanfaatkan sebagai kerajinan. Penampakan batu lempung bisa Kamu lihat pada gambar diatas.

23. Batu Liparit (Jenis Batuan Beku)

Gambar Jenis Batuan Liparit
rocce.liceobagatta.it

Jenis batuan beku ini terbentuk dari susunan berbagai macam mineral seperti kuarsa, feldspar, biotit dan mineral mineral lainnya. Batu liparit mempunyai tekstur porfiris dan biasanya berwarna putih. Kegunaannya dijadikan sebagai campuran material bahan bangunan dalam bidang konstruksi.

24. Batu Milonit (Jenis Batuan Metamorf/ Malihan)

Gambar Jenis Batuan Milonit
geodil.dperkins.org

Batu milonit juga termasuk kategori batuan malihan yang dihasilkan oleh proses rekristalisasi mineral-mineral pokok sehingga menyebabkan pengurangan ukuran butir butir batuan. Ciri-cirinya mempunyai tekstur yang lebih halus dan dapat dibelah. Sedangkan tampilannya mempunyai warna abu-abu kehitaman, biru dan coklat. Alih-alih digunakan sebagai material bahan bangunan, jenis batu milonit lebih banyak dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan.

25. Batu Novaculite (Jenis Batuan Metamorf/ Malihan)

Gambar Jenis Batuan Novaculite
goknapping.com

Merupakan jenis batuan malihan yang halus, keras, padat serta mempunyai kandungan silika yang pecah dengan fraktur conchoidal. Hal itu dikarenakan adanya proses pengendapan sedimen di lingkungan laut karena biasanya organisme seperti diatom mengeluarkan cangkang keras yang mengandung silikon.

26. Batu Obsidian (Jenis Batuan Beku)

Gambar Jenis Batuan Obsidian
etsystatic.com

Batu obsidian juga termasuk jenis batuan beku yang terbentuk dari pembekuan lava permukaan. Proses pembentukan batu ini terbilang cukup cepat. Ciri-ciri batu obsidian mempunyai warna hitam, terlihat seperti kaca tapi tidak terlihat kristal-kristal. Pada zaman purba, batu ini digunakan sebagai alat pemotong dan ujung tombak. Namun sekarang masyarakat lebih banyak menggunakannya sebagai material bahan kerajinan.

27. Batu Pasir (Jenis Batuan Sedimen/ Endapan)

Gambar Jenis Batuan Pasir
tokopedia.net

Pembentukan batu pasir berasal dari bahan-bahan yang lepas akibat gaya beratnya terpadatkan dan terikat. Karakteristik batu ini tersusun dari butiran-butiran pasir yang berwarna merah, kuning dan abu-abu. Biasanya dimanfaatkan sebagai material pembuatan kaca dan gelas, tapi ada juga yang memanfaatkannya sebagai bahan konstruksi bangunan.

28. Batu Pualam/Marmer (Jenis Batuan Metamorf/ Malihan)

Gambar Jenis Batuan Pualam/Marmer
wikimedia.org

Pengertian batuan metamorf merupakan jenis batu yang berasal dari batuan beku dan batuan sedimen yang mengalami perubahan akibat adanya tekanan dan panas. Salah satu contohnya adalah batu marmer yang mungkin sering kita temukan dijadikan sebagai ubin berkualitas bagus. Batu marmer disebut juga batu pualam yang terbentuk dari batuan kapur yang mengalami perubahan akibat adanya tekanan dan suhu tinggi.

Ciri-cirinya mempunyai kristal-kristal sedang hingga besar, pita-pita warna, mengkilap, serta mengeluarkan bunyi mendesah jika ditetesi asam. Setiap jenis batu pualam mempunyai campuran warna yang mungkin berbeda-beda. Selain dijadikan sebagai ubin, banyak juga yang menggunakan marmer sebagai hiasan dinding. Fyi, batu marmer merupakan jenis batuan yang bernilai ekonomi tinggi karena banyak dicari dan beberapa juga ada yang harganya mencapai jutaan rupiah.

29. Batu Sabak (Jenis Batuan Metamorf/ Malihan)

Gambar Jenis Batuan Sabak
wikimedia.org

Batu Sabak adalah jenis bebatuan yang terbentuk dari batu serpih akibat adanya suhu dan tekanan tinggi. Ciri khasnya mempunyai warna abu-abu kehijauan dan hitam, serta bisa di belah menjadi lempeng-lempeng yang tipis. Biasanya batu sepak digunakan sebagai batu tulis, material kerajinan hingga bahan bangunan untuk membuat atap rumah.

30. Batu Sekis (Jenis Batuan Metamorf/ Malihan)

Gambar Jenis Batuan Sekis
rocks.comparenature.com

Batuan metamorf ini terbentuk pada derajat metamorfosa di tingkat menengah. Biasanya dimanfaatkan sebagai komponen penting pembuatan kondensator dan kapasitor di bidang industri elektronika. Ciri-cirinya mempunyai warna hitam, ungu dan hijau yang mengandung mineral mineral. Selain itu, batu sekis juga mempunyai sejumlah besar mika sehingga dapat dipecah menjadi potongan-potongan yang tipis.

31. Batu Serpih (Jenis Batuan Sedimen/ Endapan)

Gambar Jenis Batuan Serpih
posalu.wordpress.com

Terbentuk dari bahan-bahan yang halus, lunak serta mempunyai karakterristik baunya seperti tanah liat. Tampilannya berwarna abu-abu, hijau, hitam tanda kembang kuning atau merah yang biasanya dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Menurut para ahli, keberadaan serpih di kulit bumi mencapai 69% dari total bebatuan.

Namun pemanfaatannya tidak terlalu diekspor layaknya batu gamping atau batu pasir. Hal itu dikarenakan jenis batu serpih mempunyai komposisi yang lebih rumit dan sulit diamati dibawah mikroskop karena teksturnya yang sangat halus. Pengamatan komposisi penyusun batu serpih biasanya harus menggunakan teknik penelitian khusus seperti difraksi sinar-x dan differtial thermal analysis.

32. Batu Slate (Jenis Batuan Metamorf/ Malihan)

Gambar Jenis Batuan Slate
amazon.com

Jenis batuan malihan yang terbentuk melalui proses metamorfosis dari shale. Termasuk golongan batuan metamorf yang mempunyai derajat rendah dan terbagi menjadi potongan-potongan tipis. Karakteristiknya yang unik tersebut membuat batu slate pernah dijadikan sebagai alas tulis.

Masyarakat Indonesia mungkin lebih mengenal batu ini dengan nama batu sabak yang mempunyai struktur foliasi dan halus. Biasanya dimanfaatkan sebagai hiasan atau ornamen rumah seperti pagar dinding atau kolam. Selain itu, batu slate ini juga sering digunakan sebagai material bangunan dan batu asahan.

33. Batu Soapstone/ Batu Sabun (Jenis Batuan Metamorf/ Malihan)

Gambar Jenis Batuan Soapstone/ Sabun
imimg.com

Soapstonejuga termasuk jenis batuan metamorf yang terdiri dari bedak dan mineral seperti chloride, mika, karbonat, amphiboles dan pyroxenes. Karakteristik lainnya, batu ini cukup padat dan tahan panas. Sehingga sangat cocok dijadikan ornamen ruangan atau arsitektur bangunan lainnya.

34. Batu Stalaktit dan Stalagmit (Jenis Batuan Sedimen/ Endapan)

Gambar Jenis Batuan Stalaktit dan Stalagmit
pikist.com

Stalaktit dan stalakmit merupakan jenis batuan yang terbentuk dari proses air di daerah karst. Air-air tersebut masuk ke lubang-lubang, turun ke gua dan menetes-netes dari atap ke dasar gua. Tetesan air tersebut mempunyai kandungan kapur yang lama-kelamaan akan menumpuk dan membeku, lalu berubah menjadi batu kapur berbentuk runcing.

Jadi batu stalaktit dan stalakmit di dalam gua termasuk kategori batu kapur atau gamping. Ciri-cirinya mempunyai warna putih, krem, coklat dan kuning keemasan. Dalam bidang konstruksi bangunan mungkin jenis batu ini tidak digunakan, karena lebih dimanfaatkan sebagai keindahan alam wisata di gua

Akhir Kata

Nah itulah informasi tentang jenis-jenis batuan yang ada di Indonesia beserta ciri-ciri dan manfaatnya. Setiap jenis batu mempunyai karakteristik dan fungsi yang berbeda-beda. Melalui informasi seputar batuan dan penjelasannya di atas, Kami harap bisa memberikan pengetahuan bagi pembaca tentang jenis batuan.

Siva Nur Ikhsani

Halo, aku Siva. Selain suka nulis apa saja, aku juga hobi makan dan main game, hehe :)

Update : 6 Juli 2021 - Published : 15 Desember 2020

Tinggalkan komentar