27 Jenis Bakteri Lengkap Beserta Karakteristik & Peranannya

Bakteri adalah kelompok organisme hidup golongan prokariota yang berukuran mikroskopik dan sebagian besar bersel tunggal. Ada banyak jenis bakteri yang hidup melimpah di tanah, udara, air dan bahkan di tubuh manusia.

Menyebut tentang bakteri, mungkin sekilas yang terlintas dalam benak kita adalah sesuatu yang bersifat parasit atau merugikan. Namun, tidak semua jenis bakteri bersifat merugikan lhoh, beberapa justru bisa dimanfaatkan dan dibutuhkan dalam kehidupan manusia.

Yuk, ketahui tentang jenis-jenis bakteri yang menguntungkan dan merugikan disini.

Jenis-jenis Bakteri dan Gambarnya

1. Bakteri Aerob

Contoh Jenis Bakteri Aerob
(Nitrobacter sp)
render.fineartamerica.com

Apabila dilihat dari kebutuhan oksigennya, ada jenis bakteri aerob yang dapat tumbuh dan berkembang jika ada oksigen. Sehingga apabila berada di lingkungan yang tidak ada oksigen maka bakteri tersebut akan mati. Bakteri aerob dapat menghasilkan energi melalui proses respirasi yang membutuhkan glukosa atau zat organik lainnya. Contoh bakteri aerob adalah keluarga dari Nitrobacter, Nitrosococcus, Nitrosomonas, Methanimonas, Acetobacter, dll.

2. Bakteri Anaerob

Gambar Jenis Bakteri Anaerob
(Lactobacillus sp)
fineartamerica.com

Bakteri anaerob adalah bakteri yang tidak bisa tumbuh pada lingkungan yang terdapat oksigen atau zat asam. Keberadaan oksigen akan membentuk H2O2 yang bersifat racun dan toksik terhadap bakteri golongan anaerob. Selain itu, zat asam juga berpengaruh terhadap proses oksidasi-reduksi yang dibutuhkan bakteri anaerob menjadi tidak akan menurun. Bakteri anaerob dibedakan lagi menjadi dua kelompok yaitu anaerob berspora (obligat) dan anaerob tidak berspora (fakultatif). Berikut penjelasannya:

  • Bakteri anaerob fakultatif

Biasanya banyak ditemukan pada tubuh manusia yang bisa menyebabkan penyakit, seperti penurunan daya tahan tubuh. Golongan anaerob fakultatif merupakan bakteri yang bisa hidup ada maupun tanpa oksigen, contohnya seperti Escherichia coli, Aerobacter aerogenes, Streptokokus, Lactobacillus dan lainnya

  • Bakteri anaerob obligat

Berbeda dengan bakteri anaerob fakultatif, golongan bakteri anaerob obligat ini akan mati jika terdapat oksigen. Sehingga bakteri ini sulit untuk dikembangbiakkan dan membutuhkan proses dalam waktu lama. Contoh bakteri anaerob obligat seperti Clostridium tetani penyebab penyakit tetanus, Clostridium perfringens penyebab gangren gas, Prevotella melaninogenica peyebabkan abses rongga mulut dan faring serta masih banyak lainnya.

3. Bakteri Autotrof

Gambar Jenis Bakteri Autotrof
(Rhodospirillum rubrum)
sciencesource.com

Bakteri autotrof merupakan jenis bakteri yang mampu membuat makanannya sendiri dengan mengubah bahan anorganik menjadi bahan organik. Dalam proses membuat bahan organik tersebut bakteri autotrof membutuhkan energi. Organisme autotrof dibedakan lagi menjadi dua tipe yaitu fotoautotrof dan kemoautotrof. Contoh bakteri jenis foto autotrof di antaranya Rhodospirillum (berwarna kemerahan), Thiospirillum ( berwarna ungu kemerahan yang menghasilkan belerang ) serta Chlorobium (berwarna hijau).

4. Bakteri Apatogen

Gambar Jenis Bakteri Apatogen
(Streptomyces griseus)
cbassandchuck.pbworks.com

Merupakan kebalikan dari jenis bakteri patogen, meskipun bersifat parasit tapi tidak menyebabkan penyakit pada inang yang dihinggapinya. Bakteria patogen menyerap makanan pada inang, tapi tidak bersifat merugikan. Contoh bakteri patogen yaitu Escherichia coli dan Streptomyces griseus.

5. Bakteri Bentuk Batang (Basil)

Gambar Jenis Bakteri Bentuk Batang (Basil)
(Bacillus anthracis)
doctor.fsetyt.com

Berdasarkan bentuknya, ada kelompok bakteri yang mempunyai bentuk batang atau basil yang dibedakan lagi menjadi di:

  • Basil tunggal: bakteri yang mempunyai bentuk satu batang tunggal, contohnya Salmonella typhosa,Escherichiacoli dan Lactobacillus (biasanya dimanfaatkan untuk probiotik).
  • Diplobasil: bakteri dengan dua sel basil yang berdempetan, contoh adalah Klebsiella pneumoniae yang menyebabkan radang paru-paru.
  • Streptobasil: bakteri basil yang bergandengan, memanjang dan membentuk seperti rantai. Contohnya seperti Bacillus anthracis, Streptpbacillus moniliformis, dan Azotobacter,

6. Bakteri Bentuk Bulat (Kokus)

Contoh Jenis Bakteri Bentuk Bulat (Kokus)
(Monococcus gonorrhoeae) wikimedia.org

Ada juga kelompok bakteri yang berbentuk bulat atau disebut kokus, yang dibedakan menjadi:

  • Monokokus: memiliki bentuk bola tunggal, contohnya bakteri Monococcus gonorhoe yang menyebabkan penyakit kencing nanah.
  • Diplokokus: bakteri yang membentuk bola bergandengan 2, contohnya Diplococcus pneumoniae yang menyebabkan penyakit pneumonia.
  • Sarcina: berbentuk bola bola yang berkelompok 4-4 sehingga membentuk seperti kubus, contohnyaSarcina luten.
  • Streptokokus: berbentuk bola yang mengelompok memanjang seperti rantai, contohnya Streptococcus pyogenes,Streptococcus lactisdan Streptococcus thermophilis. Kelompok bakteri ini juga banyak yang dimanfaatkan untuk pembuatan biogas.
  • Stafilokokus: pola-pola yang berkoloni dan membentuk seperti buah anggur, contohnya Staphylococcus aureus yang menyebabkan radang paru-paru.

7. Bakteri Bentuk Spiral

Gambar Jenis Bakteri Bentuk Spiral
(Spirillum bacteria)
microscopemaster.com

Berdasarkan bentuknya, ada juga golongan bakteri spiral yang dibedakan lagi menjadi macam macam berikut:

  • Spiral: kelompok bakteri yang berbentuk spiral, contohnya Spirillum.
  • Vibrio: berbentuk spiral, tapi tidak sempurna, contohnya Vibrio cholerae yang menyebabkan penyakit kolera.
  • Spiroseta: kelompok bakteri spiral yang bisa bergerak, contohnya Spirochaeta palida yang menyebabkan penyakit sifilis.

8. Bakteri Berflagel Amfitrik

Gambar Jenis Bakteri Berflagel Amfitrik
(Spirillum serpens)
sciencephoto.com

Bakteri yang mempunyai flagel pada kedua ujung tubuhnya, contohnya Spirillium serpen. Fyi, flagela adalah alat gerak pada bakteri yang yang bentuknya menyerupai bulu cambuk. Namun tidak semua bakteri mempunyai flagel, yang tidak mempunyai flagel disebut bakteri atrik.

9. Bakteri Berflagel Atrik

Gambar Jenis Bakteri Berflagel Atrik
(Escherichia coly)
nationalgeographic.org

Kelompok bakteri ini tidak mempunyai flagela atau alat gerak, contohnya Escherichiacoly.

10. Bakteri Berflagel Lofotrik

Contoh Jenis Bakteri Berflagel Lofotrik
(Pseudomonas fluorescens)
fineartamerica.com

Pengertian bakteri berflagel lofotrik memiliki banyak flagel pada salah satu ujung tubuhnya, contohnya Pseudomonas flourencens.

11. Bakteri Berflagel Monotrik

Gambar Jenis Bakteri Berflagel Monotrik
(Pseudomonas aeruginosa)
sci-news.com

Bakteri monotrik mempunyai satu flagel yang ada di ujung tubuh bakteri, contohnya Pseudomonas araginosa.

12. Bakteri Berflagel Peritrik

Gambar Jenis Bakteri Berflagel Peritrik
outbreaknewstoday.com

Berflagel banyak pada semua sisi tubuh bakteri, contohnyaSalmonella thypii.

13. Bakteri Fotoautotrof

Gambar Jenis Bakteri Fotoautotrof
researchgate.net

Bakteri fotoautotrof merupakan jenis organisme golongan autotrof yang dapat membuat makanannya sendiri dengan menggunakan cahaya matahari. Karakteristik yang menonjol dari bakteri fotoautotrof yaitu mempunyai pigmen berwarna, layaknya daun hijau yang bisa melakukan fotosintesis.

Pada tumbuhan disebut pigmen klorofil, sementara pada bakteri disebut bakterioklorofil yang mempunyai warna hijau dan bakteriopurpurin yang berwarna merah atau ungu. Contoh bakteri fotoautotrof seperti kelompok Rhodobacter.

14. Bakteri Gram Negatif

Gambar Jenis Bakteri Gram Negatif
(Heumophilus influenzae)
historyofvaccines.org

Berdasarkan struktur kimia pada dinding sel, bakteri dibedakan menjadi bakteri gram positif dan negatif. Teknik pewarnaan gram pertama kali dikenalkan oleh Hans christian gram pada tahun 1884 untuk mengelompokkan bakteri berdasarkan struktur kimia dinding selnya. Kelompok bakteri gram negatif mempunyai 2 lapisan pada dinding selnya, yaitu lapisan luar dan lapisan dalam.

Lapisan dalam pada dinding selnya tersusun atas peptidoglikan, sementara untuk lapisan luarnya tersusun atas protein dan lipopolisakarida. Berbeda dengan bakteri gram positif, kelompok bakteri gram negatif ini tidak mengandung asam teikoat dan resisten terhadap antibiotik penisilin. Namun bakteri gram negatif kurang resisten terhadap gangguan fisik.

Ciri-ciri gram negatif lainnya sebagai berikut:

  • Memiliki struktur dinding sel yang tipis sekitar 10 sampai 45 mm dan multi layer
  • Dinding sel mengandung lemak sekitar 11 sampai 22% dan tidak mengandung asam laktat

Contoh bakteri gram negatif penyebab penyakit pada manusia diantaranya Salmonella thyposa (thypus), Escherichia coli(radang saluran cerna), Heumophilus influenzae (bronkitis dan pneumonia) dan masih banyak lainnya

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

15. Bakteri Gram Positif

Gambar Jenis Bakteri Gram Positif
(Mycobacterium tuberculosis)
microbiologyresearch.org

Bakteri gram positif adalah jenis bakteri yang dinding selnya tersusun atas lapisan peptidoglikan teb dan mengandung asam teikoat. Karakteristik bakteri gram positif cenderung rentan terhadap antibiotik penisilin, tapi resisten terhadap gangguan fisik. Jika diamati dibawah mikroskop, bakteri gram positif akan mempertahankan zat kristal berwarna violet atau ungu tua. Bakteri gram positif mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  • Memiliki struktur dinding yang tebal dan mengandung lipid yang lebih normal
  • Komposisi yang lebih rumit
  • Dalam pewarnaan gram, bakteri ini membutuhkan 4 reagen

Contoh bakteri gram positif yang menjadi penyebab penyakit pada manusia diantaranya Staphylococus (impetigo, bronkitis), Streptococus (pneumonia), Enterococus (enteritis), Listeria (listeriosis), Basillus (anthrax), Mycobacterium (tuberkulosa), dsb.

16. Bakteri Heterotrof

Gambar Jenis Bakteri Heterotrof
(Bacillus anthracis)
creative-biolabs.com

Bakteri heterotrof adalah jenis bakteri yang tidak dapat membuat bahan organik sendiri sehingga memperoleh makanan dari bahan organik yang ada disekitarnya. Jenis bakteri ini menguraikan sisa-sisa tubuh organisme lain yang sudah mati untuk mendapatkan makanan pada.

Bakteri membutuhkan energi untuk menguraikan bahan organik tersebut yang diperoleh dari hasil pemecahan senyawa kimia, disebut juga bakteri kemoheterotrof. Golongan bakteri inilah yang dapat menyebabkan pembusukan yang merusak bahan makanan. Sehingga perlu upaya mencegah pertumbuhan bakteri heterotrof dengan cara pengasapan, pembekuan, pemanasan, pengeringan, pengalengan dan pendinginan. Selain itu, ada juga jenis bakteri heterotrof yang bersifat patogen dan menyebabkan penyakit pada manusia, seperti Bacillus anthracis penyebab penyakit antraks pada manusia dan hewan ternak.

17. Bakteri Hipertermofil

Gambar Jenis Bakteri Hipertermofil
(Thermococcus gammatolerans)
wikimedia.org

Golongan bakteri yang bisa hidup pada suhu diatas 75 derajat Celcius disebut bakteri hipertermofil, biasanya ditemukan di sumber mata air panas. Beberapa diantaranya bahkan bisa tumbuh optimal di atas suhu 100 derajat Celcius. Fyi, kelompok bakteri termofil dan hipertermofil saat ini banyak dibutuhkan oleh para pakar bioteknologi karena dapat menghasilkan enzim penting untuk industri obat-obatan dan makanan. Contoh bakteri hipertermofil adalah Thermococcus gammatolerans, kelompokfilumCrenarchaeota.

18. Bakteri Kemoautotrof

Gambar Jenis Bakteri Kemoautotrof
(Nitrosomonas bacteria)
tistatic.com

Bakteri kemoautotrof mengandalkan reaksi kimia untuk menghasilkan makanannya. Misalnya pada reaksi kimia yang membutuhkan senyawa belerang, NH3 atau HNO2. Sebagian besar golongan bakteri ini berasal dari archaea yang memiliki cara hidup di lingkungan ekstrim seperti di daerah ventilasi hidrotermal laut dalam.

Mereka adalah produsen utama dalam ekosistem tersebut. Organisme kemoautotrof sendiri dibedakan lagi menjadi beberapa kelompok yaitu bakteri metanogen, pengoksidasi dan pereduksi sulfur, halofila,nitrifier atau pengikat nitrogen, termoasidofila dan Anammox. karakteristik dari bakteri kemoautotrof mempunyai pertumbuhan yang relatif sangat cepat, misalnya Thiomicrospira crunogena yang mempunyai laju pertumbuhan 2 kali lipat selama satu jam.

Contoh bakteri kemoautotrof lainnya adalah golongan bakteri nitrosomonas dan nitrosococcus yang keduanya mengoksidasi senyawa amonia menjadi ion nitrit.

19. Bakteri Koliform

Gambar Jenis Bakteri Koliform
(Enterobacter bacteria)
gentaurpromo.com

Pernahkah Kamu mendengar tentang bakteri coliform? Kelompok bakteri ini merupakan golongan mikroorganisme yang dimanfaatkan dan fungsinya sebagai indikator untuk mengetahui suatu sumber air telah terkontaminasi oleh patogen atau tidak. Dari hasil pemeriksaan studi, golongan bakteri coliform mampu menghasilkan zat etionin yang bisa menyebabkan kanker.

Bakteri coliform juga bersifat pembusuk karena memproduksi bermacam-macam racun seperti skatol dan indol yang bisa menimbulkan sejumlah penyakit berbahaya dalam tubuh manusia. Bakteri ini digunakan sebagai indikator karena mempunyai densitas yang berbanding lurus dengan tingkat pencemaran di air.

Sehingga mempunyai kemampuan untuk mendeteksi patogen pada medium air seperti parasit, protozoa maupun virus. Bakteri coliform lebih mudah diisolasi dan ditumbuhkan serta mempunyai daya tahan yang lebih tinggi dibandingkan golongan patogen. Ciri-ciri lainnya dari bakteri coliform yaitu bersifat anaerob fakultatif dan ada yang bersifat aerob, termasuk gram negatif, tidak membentuk spora serta bisa memfermentasi laktosa untuk menghasilkan gas dan asam pada rentang suhu 35 hingga 37 derajat celcius. Contoh bakteri coliform diantaranya Escherichia coli, Citrobacter, Salmonella spp. Enterobacter, Klebsiella dan lain-lain.

20. Bakteri Mesofil

Contoh Jenis Bakteri Mesofil
(Listeria monocytogenes) intechopen.com

Bakteri mesofil adalah jenis bakteri yang dapat tumbuh dengan optimal pada rentang suhu 25 sampai 40 derajat Celcius. Umumnya golongan bakteri ini tinggal di tanah, air dan dan beberapa tubuh vertebrata. Hampir semua jenis bakteri mesofil merupakan patogen pada manusia maupun hewan. Contoh bakteri mesofil diantaranya Staphylococcus aureus, Listeria monocytogenes dan Escherichia coli (ditemukan pada ikan).

21. Bakteri Mikroaerofil

Contoh Jenis Bakteri Mikroaerofil
(Borrelia burgdorferi)
wikimedia.org

Karakteristik bakteri mikroaerofilik yaitu dapat tumbuh ketika terdapat oksigen bebas dalam jumlah sedikit. Contoh bakteri mikroaerofilik adalah Spirillum minus dan, Borrelia burgdorferi (penyebab Lyme pada manusia).

22. Bakteri Parasit

Gambar Jenis Bakteri Parasit
(Borrelia burgdorferi) moskitocare.com

Bakteri parasit digunakan untuk menyebut segala jenis bakteri yang menumpang pada organisme lain untuk mendapatkan makanan tapi sifatnya merugikan organisme yang ditumpanginya tersebut. Umumnya, bakteri parasit yang tinggal di tubuh makhluk hidup akan menyebabkan penyakit, baik pada manusia, tumbuhan maupun hewan. Contoh bakteri parasit diantaranya Borrelia burgdorferi dan Borrelia recurrentis yang hidup parasit pada binatang.

23. Bakteri Patogen

Gambar Jenis Bakteri Patogen
(Treponema pallidum)
nitrocdn.com

Bakteri patogen secara khusus digunakan untuk menyebut segala jenis bakteri yang dapat menimbulkan penyakit pada inangnya. Contoh bakteri patogen diantaranyaSalmonella thyhosa, Clostrididum tetani, Vibrio comma, Yersina pestis, Mycobacterium leprae, Mycobacterium tuberculosis, Treponema pallidum, Corynebacterium diphtheria, Neisseria meningitides, Pseudomonas cattelaye, P. Solanacearum, Mycobacteriu bovisdanM. avium.

24. Bakteri Pengurai

Gambar Jenis Bakteri Pengurai/ Saprofit
(Clostridium tetani)
cdn.com

Bakteri pengurai bersifat patogen, tapi beberapa ada yang menguntungkan. Golongan bakteri ini mendapatkan makanan dengan menguraikan organisme yang telah mati. Bakteri ini sebenarnya termasuk dalam golongan organisme saprofit karena mempunyai kemampuan untuk menguraikan senyawa organik di alam.

Bakteri pengurai menguraikan jenis karbohidrat, protein dan senyawa organik lainnya menjadi gas amonia, karbondioksida dan senyawa-senyawa lain yang lebih sederhana, lalu dikembalikan ke alam. Keberadaan bakteri pengurai sangat penting dan berperan besar pada siklus organik dalam biosfer. Contoh bakteri pengurai adalah Clostridium tetani sebagai pengurai senyawa organik di dalam tanah, tapi bersifat patogen dan menyebabkan penyakit tetanus ketika masuk ke tubuh manusia.

25. Bakteri Psikrofil

Gambar Jenis Bakteri Psikrofil
(Flavobacterium)
researchgate.net

Pertumbuhan bakteri dipengaruhi oleh suhu, salah satunya golongan bakteri psikrofil yang tumbuh pada rentang suhu rendah antara 0 sampai 30 derajat Celcius. Kelompok bakteri psikrofil banyak ditemukan pada dasar lautan, daerah kutub maupun bahan makanan yang dapat menyebabkan pembusukan. Contoh bakteri psikrofil diantaranya Flavobacterium, Pseudomonas, Achromobacter dan Alcaligenes.

26. Bakteri Termofil

Gambar Jenis Bakteri Termofil
(Thermus aquaticus)
researchgate.net

Merupakan golongan bakteri yang dapat tumbuh dengan baik pada suhu 45 sampai 75 derajat Celcius. Biasanya ditemukan pada tempat-tempat bersuhu tinggi seperti lokasi pembuatan kompos. Selain itu juga banyak ditemukan pada sumber-sumber air panas seperti geser, kawah gunung berapi dan lainnya. Contoh bakteri termofil diantaranya Sulfolobus acidocaldarius, Thermus aquaticus dan Chloroflexus.

27. Bakteri Tidak Berdinding Sel

Gambar Jenis Bakteri Tidak Berdinding Sel
news-medical.net

Ada juga golongan bakteri yang tidak mempunyai dinding sel, mereka disebut mikoplasma. Kelompok bakteri ini hidup di saluran air dan tanah, beberapa bersifat parasit bagi hewan dan tumbuhan. ada juga yang ditemukan tumbuh di saluran mukus manusia, tapi mereka tidak menyebabkan penyakit.

Akhir Kata

Nah itulah jenis-jenis bakteri beserta contoh dan penyakit yang ditimbulkan. Dengan mengetahui jenis bakteri dan peranannya di atas, semoga bisa memberikan pengetahuan baru bagi pembaca.

Siva Nur Ikhsani

Halo, aku Siva. Selain suka nulis apa saja, aku juga hobi makan dan main game, hehe :)

Update : 6 November 2021 - Published : 15 Desember 2020

Tinggalkan komentar