67 Jenis Anjing Kecil, Besar & Peliharaan dari Seluruh Dunia

Anjing adalah hewan yang sering dijadikan peliharaan oleh manusia. Namun, ada juga jenis anjing yang digunakan sebagai pemburu atau pencari jejak. Ada banyak jenis anjing di dunia dengan sifat yang juga bermacam-macam. Berikut ini adalah penjelasan mengenai berbagai macam jenis anjing.

Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, simak artikel lengkap di bawah ini.

Jenis Anjing

1. Affenpinscher

gambar jenis anjing Affenpinscher
Sumber: mascotarios.org

Ia merupakan salah satu keturunan ras anjing mainan yang paling tua. Biasanya jenis anjing ini sering digunakan untuk berburu. Affenpinscher mempunyai bulu berwarna silver, abu-abu, hitam, merah, hitam-coklat, atau krem.

Affenpinscher memiliki ukuran badan sekitar 23-30 cm dengan bobot 3-3,5 kg. Ia memiliki keunikan di telinganya, yaitu bentuk telinga yang simetris dan bulu yang kasar dan lebat. Harga anjing ini mencapai Rp 1.000.000.

2. Afghan Hound

gambar jenis anjing Afghan Hound
Sumber: pinterest.com

Ia adalah anjing yang berasal dari negara Afganistan. Jenis anjing ini sudah ditemukan sejak zaman Mesir kuno. Anjing ini dimanfaatkan manusia sebagai anjing Gembala.

Ia memiliki tinggi badan 61-73 centimeter dengan berat 20-27 kilogram. Afghan hound memiliki sifat agresif namun mudah beradaptasi. Harga anjing ini mencapai Rp 28.000.000.

3. Akita Inu

gambar jenis anjing akita inu
Sumber: pinterest.com

Dia adalah salah satu jenis anjing ras dari Jepang. Biasanya dia memiliki warna kecoklatan atau kekuningan. Ukuran akita inu cukup besar, anjing jantan mencapai ukuran 45-59 kg, sedangkan anjing betina mencapai ukuran 32-45 kg.

Ia memiliki warna kecoklatan, kekuningan, loreng, serta putih. Akita inu bisa bertahan hidup selama 10-15 tahun. Harga anjing ini mencapai Rp 30.000.000.

4. Alaskan Klee Kai

gambar jenis anjing Alaskan Klee Kai
Sumber: houseofkleekai.com

Jenis anjing ini merupakan jenis anjing yang pintar. Dia juga termasuk jenis anjing yang memiliki sifat pemalu. Anjing jenis ini memiliki tinggi 33 cm – 43 cm dan berat badan di antara 4,5 kg – 6,8 kg. Ia mampu bertahan hidup hingga 16 tahun lamanya. Harga anakan anjing ini berkisar antara Rp 15.000.000 – 18.000.000.

5. Alsatian Amerika

gambar jenis anjing Alsatian Amerika
Sumber: dailypaws.com

Jenis anjing ini merupakan jenis anjing yang bertubuh besar. Ia memiliki bentuk telinga yang tegak dan panjang. Anjing ini berasal dari Amerika.

Jenis anjing ini memiliki tinggi antara 63–71 cm dan berat badan mencapai 36–54 kg. Ia mampu bertahan hidup hingga 14 tahun lamanya. Harga anjing ini mencapai belasan juta rupiah.

6. American Bully

gambar jenis anjing american bully
Sumber: americanbullyworld.com

Jenis anjing ini dikembangkan karena banyak masyarakat Amerika yang mengeluh akibat serangan yang dilakukan oleh Pitbull. Hal yang membedakan jenis anjing ini dengan anjing pitbull adalah bentuk badannya yang lebih besar. American bully bisa menjadi pilihan yang tepat jika kamu takut dengan jenis anjing seperti pitbull. Hal itu karena ia sangat ramah kepada hewan lain dan manusia. Harga anjing ini mencapai Rp 3.000.000.

7. American Eskimo Dog

gambar jenis anjing american eskimo
Sumber: pinterest.ch

Bagi para penyuka anjing jenis anjing ini merupakan ras anjing yang memiliki bulu indah. Dia juga memiliki warna mata hitam yang pekat. Jenis anjing ini memiliki tinggi mencapai 30 cm. Sedangkan berat badannya diperkirkan bisa mencapai 13,5 kg.

American eskimo memiliki sifat riang dan suka bermain. Ia mampu bertahan hidup hingga 15 tahun lamanya. Harga anjing ini berkisar antara Rp 1.000.000- 3.000.000.

8. American Foxhound

gambar jenis anjing american foxhound
Sumber: i.pinimg.com

Jenis anjing ini merupakan jenis anjing yang mudah bergaul. Dia juga menjadi ras yang paling populer di kalangan pecinta anjing saat ini. American foxhound memiliki tinggi antara 58 – 61 cm.

Sedangkan berat badannya diperkirakan antara 18 – 27 kg. Ia memiliki sifat loyal dan mudah bergaul dengan manusia. Anjing ini mampu bertahan hidup hingga 13 tahun lamanya.

9. American Pitbull Terrier

gambar jenis anjing american pitbull terrier
Sumber: pinterest.com

Jenis anjing pitbull merupakan anjing yang memiliki fisik yang sangat kuat jika dibandingkan dengan jenis anjing lainnya. Ia saat ini dijadikan sebagai kekuatan Amerika. American pitbull memiliki sifat yang setia dan kuat. Ciri khasnya adalah bulu pendeknya yang halus. Harga anjing ini sangat bervariasi mulai dari Rp 3.000.000 – 140.000.000.

10. American Water Spaniel

gambar jenis anjing american water spaniel
Sumber: pethelpful.com

Dia adalah salah satu jenis anjing pemburu. Kekuatannya membuat anjing ini sering dijadikan sebagai anjing pemburu. Amerikan water spaniel memiliki tinggi antara 40 – 49 cm. Sedangkan berat badannya diperkirakan mencapai 25 – 45 kg.

Ia dikenal dengan sifatnya yang selalu waspaa terhadap keadaan sekitar. Jenis anjing ini bisa bertahan hidup hingga 15 tahun lamanya. Harga anjing ini adalah sekitar belasan juta rupiah.

11. Anatolian Shepherd

gambar jenis anjing anatolian shepherd
Sumber: pikist.com

Dia merupakan jenis anjing yang sangat susah diatur. Oleh karena itu itu dia tidak disarankan dijadikan hewan peliharaan bagi pemula. Jenia anjing memiliki tinggi mencapai 70 – 76 cm. Sedangkan berat badannya antara 36 – 68 kg.

Sifatnya yang menonjol adalah setia dan aktif. Ia mampu bertahan hidup hingga 13 tahun lamanya. Harga anjing ini adalah Rp 20.000.000 – 50.000.000.

12. Appenzeller Sennehunde

gambar jenis anjing Appenzeller Sennehunde
Sumber: pixabay.com

Jenis anjing ini sering digunakan sebagai penjaga hewan ternak. Oleh karena itu dia sering ditemukan di sekitar peternakan. Anjing ini memiliki tinggi antara 51 – 56 cm dan berat badan antara 22 – 25 kg. Sifatnya yang menonjol adalah cerdas dan kuat. Ia mampu bertahan hidup hingga 12 tahun lamanya.

13. Australian Kelpie

gambar jenis anjing Australian Kelpie
Sumber: kelpiegallery.se

Dia adalah salah satu jenis anjing bekerja. Dalam kesehariannya jenis anjing ini sangat bersemangat dalam melakukan semua tugas-tugasnya bahkan di hari yang penuh dengan terik matahari. Jenis anjing ini memiliki tinggi antara 38 – 51 cm dengan berat badan mencapai 11 – 21 kg.

Ia memilikisifat yang mandiri dan cerdas. Anjing ini mampu bertahan hidup hingga 15 tahun lamanya. Harga anjing ini mencapai belasan juta rupiah.

14. Australian Shepherd

gambar jenis anjing australian shepherd
Sumber: pinterest.com

Meskipun dia memiliki nama asli Aliando tetapi jenis anjing ini berasal dari Amerika Serikat. Dia adalah salah satu jenis anjing penjaga ternak. Ia memiliki tinggi antara 49 – 58 cm dengan berat badan mencapai 18 – 29 kg.

Anjing ini dikenal dengan sifat mandiri dan cerdasnya. Jenis anjing ini mampu bertahan hidup hingga 15 tahun lamanya. Harga anjing ini mencapai Rp 15.000.000.

15. Azawakh

gambar jenis anjing azawakh
Sumber: nationalpurebreeddogday.com

Azawakh adalah anjing kuno yang berasal dari Afrika. Ia memiliki penglihatan dan kecepatan yang baik sehingga sering dijadikan sebagai anjing pemburu. Anjing ini mempunyai tubuh kurus sehingga bisa berlari dengan kecepatan mencapai 64 km/jam. Azawakh memiliki tinggi badan antara 58–74 cm dengan berat mencapai 17–25 kg yang ditutupi dengan bulu pendek dan halus. Harga anjing ini mencapai Rp 43.000.000.

16. Barbet

gambar jenis anjing barbet
Sumber: thetimes.co.uk

Jenis anjing ini merupakan ras tertua yang berasal dari Perancis. Ciri khas dari anjing ini adalah bulu yang keriting dengan telinga yang besar. Anjing jantan dari ras ini memiliki tinggi badan antara 58-65 cm, sedangkan betina antara 53-61 cm. Mereka mampu bertahan hidup hingga 15 tahun lamanya. Harga anjing ini mencapai Rp 40.000.000.

17. Basenji

gambar jenis anjing basenji
Sumber: k9web.com

Basenji adalah salah satu jenis anjing pemburu yang berasal dari negara Afrika Tengah. Ciri khasnya adalah bulu yang pendek dan telinga yang panjang. Ia juga memiliki bentuk mata yang seperti almond. Anjing ini termasuk ke dalam jenis anjing yang memiliki sifat tidak berisik. Harga anjing ini adalah Rp 5.000.000 – 6.500.000.

18. Basset Hound

gambar jenis anjing basset hound
Sumber: pinterest.com

Jenis anjing ini merupakan anjing yang rasanya mudah dikenali karena memiliki ciri khas kaki yang pendek. Ia adalah anjing yang berasal dari Perancis. Jenis anjing ini merupakan anjing yang mandiri dan ramah. Basset hound dikenal sangat menyukai anak kecil. Harga anakan anjing ini mencapai Rp 3.000.000.

19. Beagle

gambar jenis anjing beagle
Sumber: pinterest.com

Anjing ini sangat sering disebut sebagai anjing pemburu. Iya terkenal sebagai anti cemburu karena penciumannya yang sangat tajam. Jenis anjing ini memiliki tinggi antara 25–28 cm dengan berat mencapai 7–11 kg. Ciri fisiknya meliputi badan berotot, mata kecoklatan, telinga panjang, serta corak bulu warna hitam, putih, dan kecoklatan. Harga anjing ini berkisar antara Rp 800.000 – 3.000.000.

20. Bearded Collie

gambar jenis anjing bearded collie
Sumber: pxhere.com

Anjing ini adalah salah satu jenis anjing peliharaan yang berasal dari Skotlandia. Ciri khas anjing ini adalah janggutnya yang panjang. Ia memiliki sifat ramah dan mudah bergaul dengan manusia.

Anjing ini terlihat kuat dan gagah dengan bulu yang menyelimuti badannya. Collie adalah anjing yang aktif, lucu, menarik, dan mudah dilatih. Harga anjing ini sangat bervariasi mulai dari Rp 9.000.000 – 40.000.0.00.

21. Bedlington Terrier

gambar jenis anjing belington terrier
Sumber: urbanpawsuk.com

Ia adalah salah satu jenis anjing yang berasal dari negara Inggris. Ceritanya adalah mata yang kecil dan telinga yang bentuknya segitiga. Jenis anjing ini memiliki tinggi mencapai 41 cm.

Sedangkan berat badannya antara 8–10 kg. Ia juga memiliki ciri khas bulu yang keriting. Harga anjing ini mencapai Rp 25.000.000.

22. Belgian Malinois

gambar jenis anjing belgian malinois
Sumber: americangrit.com

Ia adalah anjing yang berasal dari negara Belgia. Jenis anjing ini termasuk ke dalam keluarga anjing penggembala. Belgian malinois bisa menjadi anjing yang pintar jika sering dilatih. Anjing ini memiliki tinggi antara 25 – 30 kg dengan masa hidup hingga 14 tahun lamanya. Harga anjing ini berkisar antara Rp 6.000.000 – 20.000.000.

23. Bichon Frise

gambar jenis anjing bichon frise
Sumber: americangrit.com

Anjing ini adalah salah satu jenis anjing bertubuh kecil. Ia memiliki bulu berwarna putih dan teksturnya halus. Namun, ada juga anjing dengan bulu berwarna kuning atau krem.

Jenis anjing ini sering digunakan diikutkan dalam perlombaan kecantikan. Bichon frise memiliki tinggi antara 24,36-29,4 cm. Harga anjing ini mencapai Rp 2.000.000.

24. Bichon Havanains

gambar jenis anjing bichon havanains
Sumber: abcnews.com

Jenis anjing ini merupakan ras yang berasal dari Mediterania. Ia memiliki bentuk bulu yang bergelombang dengan berbagai macam warna dan corak. Anjing ini memiliki ciri khas bulu bergelombang yang halus. Mereka memiliki lapisan bulu ringan yang membantunya beradaptasi dengan cuaca hangat. Harga anjing ini mencapai Rp 2.000.000.

25. Boston Terrier

gambar jenis anjing boston terrier
Sumber: pinterest.com

Ia adalah salah satu jenis anjing yang berasal dari negara Amerika. Anjing ini memiliki bentuk kepala yang bulat dan moncong yang berbentuk persegi. Jenis anjing ini mempunyai tinggi antara 38,1-43,2 cm dengan berat badan antara  7,7-11,3 kg. Mereka mampu bertahan hidup hingga 13 tahun lamanya. Harga anjing ini berkisar antara Rp 1.000.000 – 2.000.000.

26. Bouvier des Flandres

gambar jenis anjing bouvier des flandres
Sumber: pinterest.com

Anjing adalah jenis anjing penggembala yang berasal dari Belgia. Pada zaman dahulu ia digunakan untuk mencari mayat korban perang. Ia memiliki tinggi antara 58-71 cm. Berat badannya anjing jantan antara 36 – 54 kg, sedangkan berat badan anjing betina antara 27-36 kg. Mereka mampu bertahan hidup hingga 12 tahun. Harga anjing ini adalah Rp 6.000.000 – 7.500.000.

27. Boxer

gambar jenis anjing boxer
Sumber: pinterest.de

Jenis anjing ini memiliki ciri khas tubuh yang besar. Dia adalah salah satu jenis anjing peliharaan yang sangat populer di kalangan manusia. Anjing boxer memiliki tinggi antara 27-32 kg. Mereka mampu bertahan hidup hingga 12 tahun lamanya. Harga anjing ini mencapai belasan juta rupiah.

28. Bull Terrier

gambar jenis anjing bull terrier
Sumber: pinterest.com

Jenis anjing ini memiliki banyak varian warna yaitu hitam, putih, biru, coklat, coklat kekuningan, dan lain-lain. Dia memiliki sifat penyayang dan mudah bergaul dengan manusia. Anjing jantan memiliki berat antara 16-30 kg, sedangkan anjing betina memiliki berat antara 14-27 kg. Mereka berwarna coklat, hitam, cokelat kekuningan, kuning kecokelatan, putih, merah, loreng dan biru. Harga anjing ini adalah Rp 1.000.000 – 2.500.000.

29. Bulldog

gambar jenis anjing bulldog
Sumber: pikist.com

Jenis anjing ini merupakan ras tertua yang berasal dari negara Inggris. Pada zaman dahulu ia dikembangkan untuk anjing petarung. Namun, sekarang ia cocok digunakan sebagai anjing peliharaan. Ciri khasnya adalah bulu yang pendek. Harga anjing ini adalah Rp 6.000.000 – 9.000.000.

30. Bulldog Perancis

gambar jenis anjing bulldog perancis
Sumber: pinterest.com

Ia memiliki bentuk mata yang memelas sehingga kita dengan sukarela akan menuruti permintaan. Jenis anjing ini memiliki banyak sekali varian warna. Harga anjing ini adalah Rp 5.000.000 – 10.000.000.

31. Cane Corso

gambar jenis anjing cane corso
Sumber: wayfair.ca

Ia adalah salah satu jenis anjing yang berasal dari negara Italia. Jenis anjing ini biasanya digunakan sebagai penjaga ternak. Anjing jantan memiliki berat badan 45-50 kg, sedangkan anjing betina memiliki berat badan antara 40-45 kg. Mereka mampu bertahan hidup hingga 12 tahun lamanya. Harga anjing ini adalah Rp 7.500.000.

32. Chihuahua

gambar jenis anjing chihuahua
Sumber: thriftyfun.com

Ia adalah salah satu jenis anjing paling kecil di dunia. Ia memiliki dua jenis bulu yaitu panjang dan pendek. Anjing ini banyak dijadikan peliharaan karena bentuknya yang lucu. Ia memiliki berat badan yang berkisar antara 1,5 – 3 kg. Chihuahua mampu bertahan hidup hingga 18 tahun.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

33. Chinese Crested

gambar jenis anjing chinese crested
Sumber: wikimedia.org

Jenis anjing ini merupakan anjing yang tidak memiliki banyak bulu. Bulu hanya tumbuh di bagian kepala anjing yang berbentuk seperti jambul. Chinese crested adalah anjing berasal dari cina. Dengan cuaca cina yang dingin anjing ini membutuhkan perawatan yang tidak biasa. Harga anjing ini mencapai Rp 20.000.000.

34. Chow chow

gambar jenis anjing chow chow
Sumber: perfectcockerspaniel.com

Ia adalah salah satu jenis anjing berasal dari Tiongkok. Ciri khasnya adalah bulu yang lebat dan halus. Anjing jantan memiliki berat badan antara 25-32 kg, sedangkan anjing betina memiliki berat badan antara 20-27 kg.Mereka mampu bertahan hidup hingga 15 tahun. Harga anjing ini sangat bervariasi mulai dari Rp 1 jutaan hingga 150 juta rupiah.

35. Cocker Spaniel

gambar jenis anjing cocker spaniel
Sumber: pinterest.com

Ia merupakan salah satu jenis anjing yang berasal dari Spanyol. Ciri khasnya adalah bulu yang panjang dan lebat di sekitar. Anjing ini bisa menjadi piaraan yang ramah dan lembut. Harga anjing ini adalah Rp 3.000.000 – 12.000.000.

36. Dachshund

gambar jenis anjing dachshund
Sumber: phys.org

Jenis anjing ini sering digunakan sebagai pemburu berang-berang. Keahlian berburunya tidak perlu diragukan lagi, ia bisa mengejar berang-berang sampai ke dalam lubang tanah. Mereka memiliki berat antara 7,3-15 kg. Jenis anjing ini mampu bertahan hidup hingga 16 tahun lamanya. Harga anjing ini adalah Rp 1.500.000 – 2.000.000.

37. Dalmatian

gambar jenis anjing dalmatian
Sumber: pinterest.com

Jenis anjing yang satu ini sangat populer karena warnanya yang unik, yaitu motif totol. Ia agresif dan termasuk memiliki kecerdasan yang kurang jika dibandingkan dengan anjing lainnya. Anjing jantan memiliki berat antara 15-23 kg sedangkan anjing betina memiliki berat antara 16-24 kg. Mereka mampu bertahan hidup hingga 13 tahun lamanya. Harga anjing ini adalah Rp 5.000.000.

38. Doberman

gambar jenis anjing doberman
Sumber: wikimedia.org

Doberman adalah salah satu jenis anjing yang galak dan pintar. Iya sering dijadikan sebagai anjing pengawal. Selain itu ia juga sering dijadikan sebagai anjing penjaga rumah.

Anjing jantan memiliki berat antara 40-45 kg, sedangkan anjing betina memiliki berat antara 32-35 kg. Mereka mampu bertahan hidup hingga 12 tahun lamanya. Harga anjing ini adalah Rp 4.000.000 – 5.000.000.

39. English Mastiff

gambar jenis anjing english mastiff
Sumber: pethelpful.com

Dia adalah jenis anjing peliharaan yang banyak disukai manusia. Jenis anjing ini memiliki warna yang mirip dengan aprikot. Anjing jantan memiliki berat badan antara 73-100 kg, sedangkan anjing betina memiliki berat badan antara 54-77 kg. Mereka bisa bertahan hidup hingga 12 tahun lamanya. Harga anjing ini adalah Rp 7.000.000.

40. Golden Retriever

gambar jenis anjing golden retriever
Sumber: urbanpaws.uk

Jenis anjing ini pada awalnya dikembangkan untuk dijadikan sebagai anjing pemburu. Namun, sekarang ia bisa menjadi apa saja karena kepintarannya. Anjing ini memiliki berat badan antara 25 – 35 kg dengan sifat aktif dan mudah dilatih. Ia mampu bertahan hidup hingga 12 tahun lamanya. Harga anjing ini adalah Rp 3.000.000 – 6.000.000.

41. Great Dane

gambar jenis anjing great dane
Sumber: easypetmd.com

Jenis anjing ini merupakan anjing yang sama dengan tokoh Scooby Doo di serial kartun anak-anak. Ia sebenarnya memiliki sifat agresif namun bisa dilatih untuk bersikap sopan. Anjing jantan memiliki berat antara 54-90 kg sedangkan anjing betina memiliki berat antara 45-59 kg. Mereka memiliki masa hidup hingga 10 tahun lamanya. Harga anjing ini mencapai Rp 11.000.0000.

42. Greyhound

gambar jenis anjing greyhound
Sumber: puppyfoodie.com

Ia adalah jenis anjing yang memiliki bentuk kepala kecil. Badannya juga ringan sehingga ia digunakan sebagai anjing pelari. Anjing ini memiliki berat badan antara 26-40 kg. Ia memiliki masa hidup hingga 12 tahun lamanya.

43. Hairless Khala

gambar jenis anjing hairless khala
Sumber: pinterest.com

Jenis anjing ini memiliki bulu yang sangat sedikit. Bahkan hampir tidak ada bulu yang tumbuh pada tubuhnya. Namun, ia memiliki kaki panjang dan badan berotot. Harga anjing ini adalah Rp 3.000.000 – Rp 6.000.000.

44. Jack Russel Terrier

gambar jenis anjing jack russel terrier
Sumber: pixabay.com

Ia adalah anjing yang lahir karena adanya persilangan yang disengaja. Jenis anjing ini memiliki warna putih, hitam, dan coklat. Anjing ini memiliki berat badan antara 6,4-8,2 kg. Mereka memiliki masa hidup hingga 15 tahun lamanya. Harga anjing ini mencapai Rp 16.000.000.

45. Kangal

gambar jenis anjing kangal
Sumber: pixabay.com

Ia adalah salah satu jenis anjing penjaga ternak. Jenis anjing ini memiliki sifat yang tidak terlalu agresif dan mudah untuk dilatih. Anjing jantan memiliki berat badan antara 50-66 kg, sedangkan anjing betina memiliki berat badan antara 41-54 kg. Harga anjing ini adalah Rp 28.000.000 – 55.000.000.

46. Kuvasz

gambar jenis anjing kuvasz
Sumber: mydogbreeds.com

Ia adalah ras anjing tertua yang berasal dari negara Hungaria. Ciri khasnya adalah bentuk bulunya yang bergelombang. Anjing betina memiliki berat badan antara 45-52 kg, sedangkan anjing jantan memiliki berat badan antara 35-54 kg. Mereka memiliki masa hidup mencapai 12 tahun lamanya. Harga anjing ini adalah Rp 3.000.000 – 6.000.000.

47. Labrador Retriever

gambar jenis anjing labrador retriever
Sumber: pinterest.com

Jenis anjing ini sering disangka anjing Golden Retriever karena bentuknya yang mirip. Ia biasanya digunakan sebagai anjing pelajar dan penjaga rumah. Anjing ini memiliki berat badan antara 25-32 kg dengan warna bulu hitam dan coklat. Harga anjing ini adalah Rp 3.000.000 – 6.500.000.

48. Malamute Alaska

gambar jenis anjing malamute alaska
Sumber: pinterest.com

Jenis anjing ini merupakan anjing ras dengan tubuh besar yang berasal dari Alaska. Pada zaman dahulu yang dimanfaatkan untuk menarik kereta barang. Anjing jantan memiliki berat antara 36-43 kg, sedangkan anjing betina memiliki berat antara 32-38 kg. Mereka memiliki masa hidup hingga 12 tahun lamanya. Harga anjing ini adalah Rp 12.000.000 – 15.000.000.

49. Maltese

gambar jenis anjing maltese
Sumber: wikimedia.org

Ia termasuk salah satu jenis anjing dengan badan yang kecil. Bentuk tubuhnya panjang dengan bentuk kepala bulat dan mata yang besar. Anjing ini memiliki berat badan antara 3-4 kg. Mereka memiliki masa hiup hingga 12 tahun lamanya. Harga anjing ini adalah Rp 3.000.000.

50. Newfoundland

gambar jenis anjing newfoundland
Sumber: pinterest.com

Ia adalah jenis anjing yang berasal dari negara Kanada. Jenis anjing ini termasuk ke dalam jenis anjing jumbo karena ukurannya yang sangat besar. Anjing jantan memiliki berat badan antara 60-70 kg, sedangkan anjing betina memiliki berat badan antara 45-55 kg. Mereka memiliki masa hidup mencapai 10 tahun lamanya. Harga anjing ini adalah Rp 12.000.000 – 20.000.000.

51. Papillon

gambar jenis anjing papillon
Sumber: pinterest.com

Ia adalah salah satu jenis anjing mungil yang berasal dari Jepang dan Perancis. Ciri khasnya adalah bulu yang lebat dan panjang. Anjing jantan memiliki berat badan antara 3,6-4,5 kg, sedangkan anjing betina memiliki berat badan antara 3,2-4,1 kg. Mereka memiliki masa hidup mencapai 15 tahun lamanya. Harga anjing ini adalah Rp 2.000.000.

52. Pekines

gambar jenis anjing pekines
Sumber: sciences.adelaide.edu.au

Jenis anjing ini merupakan ras yang paling tua di Cina. Ia memiliki bulu sangat panjang hingga menutupi wajahnya. Anjing ini memiliki berat badan antara 3,2-6,4 kg. Mereka memiliki masa hidup hingga 15 tahun lamanya. Harga anjing ini adalah Rp 3.500.000.

53. Pomeranian

gambar jenis anjing pomeranian
Sumber: pikist.com

Ia adalah jenis anjing pom yang berasal dari negara Jerman. Ciri khasnya adalah bulu di tubuhnya sangat lebat. Anjing ini memiliki berat badan antara 1,5-3,5 kg, dengan tinggi badan antara 20-28 cm. Mereka memiliki masa hidup hingga 16 tahun lamanya. Harga anjing ini adalah Rp 1.500.000.

54. Pudel

gambar jenis anjing pudel
Sumber: pikist.com

Anjing pudel adalah salah satu jenis anjing yang sering mengikuti pertunjukan. Jenisnya memiliki 3 ukuran yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Mereka memiliki masa hidup mencapai 15 tahun lamanya. Harga anjing ini adalah Rp 5.000.000 – 10.000.000.

55. Pug

gambar jenis anjing pug
Sumber: pawleaks.com

Ciri khas jenis anjing ini merupakan bentuk wajahnya yang mengerut. Ia adalah salah satu jenis anjing yang berasal dari Tiongkok. Anjing ini memiliki tinggi antara 30 cm hingga 25 cm. Mereka memiliki masa hidup mencapai 15 tahun lamanya. Harga anjing ini adalah Rp 1.000.000 – 3.000.000.

56. Rottweiler

gambar jenis anjing rottweiler
Sumber: pinterest.com

Salah satu jenis anjing ini merupakan anjing yang cukup populer di seluruh dunia. Ia termasuk dalam ras anjing yang memiliki tubuh kuat dan berotot. Anjing jantan memiliki berat antara 50-60 kg sedangkan anjing betina memiliki berat badan antara 35-48 kg. Mereka memiliki masa hidup sampai 10 tahun lamanya. Harga anjing ini adalah Rp 1.000.000 – 2.000.000.

57. Samoyed

gambar jenis anjing samoyed
Sumber: pinterest.pt

Jenis anjing ini sering dikatakan sebagai anjing yang ramah karena bentuk mulutnya yang tersenyum secara alami. Ia memiliki bulu yang sangat tebal. Anjing jantan memiliki berat badan antara 20-30 kg, sedangkan anjing betina memiliki berat badan antara 48-53 kg. Mereka memiliki masa hidup hingga 13 tahun lamanya. Harga anjing ini adalah Rp 8.500.000.

58. Shar Pei

gambar jenis anjing shar pei
Sumber: pinterest.com

Ia merupakan salah satu jenis anjing yang memiliki bentuk tubuh mengerut. Namun, semakin dewasa bentuk kerutan tersebut akan menghilang perlahan. Anjing jantan memiliki berat antara  25-30 kg, sedangkan anjing betina memiliki berat badan antara 18-25 kg. Mereka memiliki masa hidup hingga 11 tahun lamanya. Harga anjing ini adalah Rp 2.000.000.

59. Shiba Inu

gambar jenis anjing shiba inu
Sumber: thehappypuppusite.com

Ia adalah salah satu jenis anjing yang berasal dari negara Jepang. Jenis anjing ini terlatih untuk memburu hewan kecil yang ada di pegunungan. Anjing jantan memiliki berat badan antara 8-11 kg sedangkan anjing betina memiliki berat badan antara 6,8-9 kg. Mereka memiliki masa hidup hingga 15 tahun lamanya. Harga anjing ini adalah Rp 500.000 – 4.000.000.

60. Shih Tzu

gambar jenis anjing shih tzu
Sumber: pinterest.com

Jenis anjing ini merupakan anjing dengan ras tertua yang berasal dari Tiongkok. Anjing ini memiliki warna bulu yang indah dan motif bulu yang menarik. Ia memiliki berat badan antara 4-7,25 kg. Shih tzu memiliki masa hidup mencapai 18 tahun lamanya. Harga anjing ini adalah Rp 2.000.000.

61. Siberian Husky

gambar jenis anjing siberian husky
Sumber: pinterest.com

Jenis anjing ini memiliki badan sedang dengan bulu yang tebal. Ia memiliki sifat yang sangat menyenangkan. Husky adalah jenis anjing yang cukup aktif. Harga anjing ini adalah Rp 8.500.000.

62. St. Bernard

gambar jenis anjing saint bernard
Sumber: pinterest.se

Ia termasuk salah satu anjing dengan ukuran yang paling besar di dunia. Jenis anjing ini sangat cocok digunakan sebagai anjing penjaga. Anjing ini memiliki berat baan antara 64-120 kg. Mereka memiliki masa hidup mencapai 10 tahun lamanya.

63. Terrier Airedale

gambar jenis anjing terrier airedale
Sumber: pinterest.com

Jenis anjing ini merupakan jenis anjing tinggi yang berasal dari Inggris. Dahulu anjing ini dikembangkan untuk berburu rubah. Harga anjing ini mencapai belasan juta rupiah.

64. Vizsla

gambar jenis anjing vizsla
Sumber: wikimedia.org

Ia adalah jenis anjing yang berasal dari negara Hungaria. Anjing ini sangat menyukai olahraga. Anjing jantan memiliki berat badan antara 20-29 kg sedangkan anjing betina memiliki berat badan antara 18-25 kg. Harga anjing ini mencapai belasan juta rupia.

65. Welsh Corgi Pembroke

gambar jenis anjing welsh corgi pembroke
Sumber: pinterest.com

Ia adalah jenis anjing yang berasal Welsh Barat. Jenis anjing ini termasuk ke dalam ras anjing kecil. Ia memiliki berat badan antara 3-5 kg. Harga anjing ini adalah Rp 9.000.000.

66. Whippet

gambar jenis anjing whippet
Sumber: pinterest.com

Ia adalah jenis anjing yang berasal dari negara Inggris. Jenis anjing ini hampir tidak memiliki lemak di dalam tubuhnya. Ia memiliki berat 6-24 kg. Harga anjing ini mencapai belasan juta rupiah.

67. Yorkshire Terrier

gambar jenis anjing yorkshire terrier
Sumber: pinterest.com

Ia adalah jenis anjing yang mudah bersahabat dengan manusia. Ukurannya yang sangat kecil membuatnya terlihat begitu menggemaskan. Ia memiliki berat badan sekitar 3 kg. Mereka memiliki masa hidup hingga 16 tahun lamanya. Harga anjing ini adalah Rp 3.000.000.

Nah, itu tadi adalah penjelasan mengenai jenis anjing yang ada di dunia. Jika kamu berniat memelihara seekor anjing, artikel ini sangat cocok untukmu. Disini kamu bisa menemukan jenis anjing yang cocok dengan ketertarikanmu. Ada anjing kecil nan lucu hingga anjing besar yang bersahabat dengan manusia. Penulis berharap tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Nirwana Pradana Maharani

Aktif dalam organisasi dan event mahasiswa semasa berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasi. Sedang tertarik mendalami dunia fotografi. Saya juga tertarik mengikuti artikel-artikel terkait fashion dan kuliner.

Update : 15 Januari 2021 - Published : 1 Desember 2020

Tinggalkan komentar