30 Jenis Alat Berat Beserta Fungsi Lengkapnya

Alat berat adalah segala jenis benda yang ukurannya besar dan bertugas untuk melakukan pekerjaan berat seperti konstruksi dan pembangunan, memindahkan dan mengangkut benda besar dan berat, pekerjaan yang berhubungan dengan tanah (earthworking), dan sebagainya. Manusia membutuhkan alat berat karena kita tidak cukup kuat untuk mengerjakan pekerjaan berat tersebut.

Industri seperti pertambangan, logistik, arsitektur dan konstruksi membutuhkan peralatan ini. Ada yang bentuknya mesin biasa dan ada yang kendaraan. Produsen alat berat berasal dari luar negeri dan Indonesia mengimpornya. Contoh alat berat yang sering digunakan seperti buldoser, crane, traktor, paver aspal. truk jungkit, dan sebagainya.

Mari kita simak pembahasan soal jenis alat berat yang bermacam-macam.

Macam-Macam Jenis Alat Berat dan Fungsinya

1. Backhoe

jenis alat berat backhoe dan fungsinya
Sumber: mascus.co.id

Backhoe adalah kendaraan penggali yang dilengkapi dengan semacam cangkul atau pengeruk di belakang dan ember atau wadah di depan. Mesin serbaguna ini dioperasikan oleh pengemudi dan memiliki kemampuan untuk mendorong material, dengan keuntungan tambahan berupa scooping atau menyekop tanah. Karena profilnya yang kecil dan kemampuan manuvernya yang tinggi, backhoe sering digunakan di daerah perkotaan.

2. Batching Plant

jenis alat berat batching plant dan fungsinya
Sumber: citrahokiana.com

Batching plant merupakan alat berat untuk mencampur bahan baku beton siap cor. Material seperti semen, pasir, air, batuan split, dan tambahan lainnya dicampuradukkan di dalam alat ini.

3, Boom Lift

jenis alat berat boom lift dan fungsinya
Sumber: bukalapak.com

Boom lift pada dasarnya adalah kendaraan yang memiliki lengan panjang dengan ujung kotak pijakan besi. Nah kotak pijakan tersebut difungsikan sebagai tempat pekerja melakukan pekerjaannya. Lengan ini dapat diatur sehingga bisa membawa pekerja ke ketinggian yang diinginkan. Boom lift beroperasi dengan menggunakan sistem hidrolik.

4. Bored Pile

jenis alat berat pile boring
Sumber: borepile-indonesia.com

Alat berat yang biasa disebut mesin bor atau pile boring ini difungsikan untuk melubangi tanah di situs konstruksi guna pemasangan paku bumi atau tiang-tiang pancang sebelum pembangunan dimulai. Semakin besar alatnya, semakin besar juga lubang yang dihasilkan. Namun, cukup memakan tenaga fisik.

5. Buldoser

jenis alat berat buldoser dan fungsinya
Sumber: olx.co.id

Buldoser atau bulldozer ialah sebuah kendaraan besar beroda rantai yang berfungsi untuk meratakan tanah, menumbangkan pohon, mendorong tanah serta timbunan material, dan lain-lain. Alat berat ini memiliki berbagai jenis sesuai penggunaannya. Ada swamp bulldozer yang digunakan untuk lokasi rawa, wheel tractor dozer yang beroda karet, crawler traktor dozer yang beroda seperti kelabang, dan sebagainya.

6. Cold Planer

jenis alat berat cold planer dan fungsinya
Sumber: forconstructionpros.com

Suatu cold planer bertugas untuk menggiling aspal dan mengeluarkannya dari lokasi aslinya. Alat berat ini membantu menyiapkan permukaan untuk aspal baru dan membantu upaya daur ulang dengan memulihkan aspal lama. Cold planer berukuran besar dan sulit untuk dikendalikan, jadi hanya pekerja dengan keahlian khusus yang bisa memindahkan gigi dan mengoperasikannya.

Baca juga:   BNI Direct

7. Compact Track Loader

jenis alat berat compact truck loader dan fungsinya
Sumber: manualzz.com

Compact track loader yang disingkat CTL, adalah mesin kecil dan terkompresi yang digunakan untuk mengangkut dan memuat material. Dilengkapi dengan sekop atau sendok pelat logam di bagian depan. Alat berat ini bisa mengangkat dan memecah beban besar. Yang menjadi catatan, mesin CTL lebih kasar dan bertekanan tinggi sehingga lebih baik digunakan pada medan yang kuat seperti bebatuan atau tanah kering.

8. Crane

jenis alat berat crane dan fungsinya
Sumber: amazon.com

Jika Selasares tinggal atau sering berkunjung ke kota-kota besar bergedung pencakar langit, maka tidak asing melihat alat berat satu ini. Crane atau mesin derek biasa digunakan untuk mengangkut dan mengangkat material saat pembangunan atau timbunan material ketika bangunan dihancurkan. Ia kuat mengangkut beban yang amat berat bagi tangan manusia. Ada crane yang bentuknya kendaraan sehingga bisa bergerak dan ada crane yang perlu disusun terlebih dahulu sehingga berdiri menjadi crane yang statis.

9. Diesel Hammer

jenis alat berat palu diesel
Sumber: civilengineering2021.blogspot.com

Diesel hammer atau palu diesel alat besar yang fungsinya untuk memalu tiang pancang ke tanah dengan dalam. Tiang-tiang besar ini dipalu olehnya untuk keperluan membangun pondasi bangunan besar dan bertingkat, jembatan, dermaga, dan sebagainya. Mesinnya diesel dan berbahan bakar solar.

10. Ekskavator

jenis alat berat ekskavator dan fungsinya
Sumber: olx.co.id

Ekskavator merupakan alat yang digunakan dalam proses ekskavasi, yaitu penggalian situs purbakala. Kini fungsinya meluas menjadi penggali serbaguna. Excavator mengangkut material ke dalam truk atau bisa membawanya dalam jarak dekat.

11. Feller Buncher

jenis alat berat feller buncher dan fungsinya
Sumber: pinterest.ch

Feller buncher atau tandan penebang adalah jenis alat berat yang dibutuhkan untuk penebangan pohon guna pembebasan lahan. Alat penebang pohon ini mengumpulkan pohon dengan melilitkan beberapa lengan logam di sekitar batang pohon dan kemudian memotong alasnya dengan gergaji mesin di dalamnya.

12. Freight Forwarder

jenis alat berat freight forwarder dan fungsinya
Sumber: commons.wikipedia.org

Freight forwarder atau cukup dengan nama forwarder masih tergolong mesin yang berkaitan dengan penebangan pohon. Biasanya berupa truk besar dengan delapan roda, ia berfungsi untuk mengangkut batang kayu tanpa menyentuh tanah.

13. Grader

jenis alat berat grader dan fungsinya
Sumber: Sumber: olx.co.id

Motor grader atau grader termasuk alat berat yang dapat meratakan tanah dengan pisau panjangnya. Selain mengolah tanah, grader bisa dimanfaatkan untuk meratakan tanggul, menimbuni kembali tanah galian, pemeliharaan jalan, atau membuat landasan pertama saat ingin mendirikan jalan raya. Bisa dikatakan kendaraan berat ini digunakan saat proses awal atau akhir (tahap finishing dan perawatan) dari sebuah konstruksi.

14. Haul Truck

jenis alat berat articulated hauler
Sumber: abc.net.au

Truk besar ini memiliki kemampuan untuk mengangkut serta membuang muatannya secara mekanis. Articulated hauler atau haul truck memiliki pusat kendali tempat pengemudi duduk dan ember material tempat muatan akan diangkut. Ia memiliki memiliki pivot joint dalam bentuknya, yang memberikan peningkatan mobilitas.

Baca juga:   Tes Psikotes

15. Knuckleboom Loader

jenis alat berat knuckleboom loader dan fungsinya
Sumber: mascus.com.ag

Urusan perkayuan bisa melibatkan alat knuckleboom loader. Alat ini dilengkapi dengan track dan lebih serbaguna daripada model berbasis roda atau truk trailer. Setelah forwarder membawa batang-batang kayu ke lokasi, knuckleboom loader akan menggunakan kepala derek untuk mengambil kayu dan meletakkannya di atas truk.

16. Light Tower

jenis alat berat light tower dan fungsinya
Sumber: ntsafety.com

Light tower atau menara lampu adalah alat berat yang berfungsi untuk menerangi pekerajaan saat malam hari atau di situs konstruksi yang tidak tersedia cahaya alami. Mesin ini biasanya bertenaga diesel dan dapat dibawa ke luar jalan raya atau off-road. Ia terdiri dari generator yang dipasang pada sepasang roda dan lampunya itu sendiri yang ada di menara atau tiang tinggi.

17. Paver Aspal

jenis alat berat paver aspal dan fungsinya
Sumber: useddynapac.com

Alat penggiling aspal ini memiliki banyak nama. Ada yang menyebutnya paver aspal, wales stump, stum, vibro roller, mesin galindong, mesin penggulung, dan masih banyak lagi. Paver aspal hadir dalam berbagai ukuran. Tidak hanya dalam bentuk kendaraan, ada juga yang bentuknya kecil dan bisa didorong manusia.

18. Pemanen Kombinasi

jenis alat berat pemanen kombinasi dan fungsinya
Pemanen kentang. Sumber: agriexpo.online

Pemanen kombinasi atau harvester digunakan untuk memanen hasil tani seperti biji-bijian, buah, dan tanaman lainnya. Mesin ini menggabungkan pekerjaan seperti menuai, merontokkan dan menampi menjadi satu proses sehingga efisien untuk proyek pertanian. Alat ini mempermudah petani dalam melakukan pekerjaannya serta menghemat waktu.

19. Pile Driver

jenis alat berat pile driver dan fungsinya
Sumber: pinterest.com

Alat berat lain yang bisa digunakan untuk mengangkat dan menggerakkan tiang pancang ke posisi yang direncanakan adalah pile driver atau pile driving equipment. Setelah sesuai posisi, pile driver akan mendorong tiang pancang atau paku bumi ke dalam lubang yang sudah dibuat.

20. Roller atau Compactor

jenis alat berat compactor
Sumber: constructionequipmentguide.com

Sama seperti penggilas aspal, alat berat ini memiliki banyak nama, yaitu roller, tamping roller, drum roller, pneumatic tire roller, tandem roller, compactor, dan lainnya. Fungsinya ialah untuk menekan aspal, tanah dan material mudah lepas lainnya agar tetap di posisi. Sering kali kita bisa menemukannya di jalan raya. Ada dua jenis roller, yaitu roller halus atau smooth roller dan padfoot roller.

21. Scissor Lift

jenis alat berat scissor lift dan fungsinya
Scissor lift elektrik. Sumber: store.datascrip.id

Scissor lift adalah platform kerja udara yang digunakan untuk mengangkat pekerja ke ketinggian tertentu. Ada yang beroperasi dengan menggunakan listrik dan tenaga mesin berbahan bakar minyak atau baterai. Kalau tenaga mesin pasti akan berisik, sedangkan yang listrik akan lebih diam.

22. Scraper

jenis alat berat mesin pencakar
Sumber: toromontcat.com

Scraper atau mesin pencakar juga digunakan dalam operasi pemindahan tanah atau earthworking. Ujung depan memiliki bagian yang tajam untuk memotong tanah dan sebuah bidang untuk memotong kayu juga. Keduanya berfungsi secara serbaguna dan fleksibel sesuai dengan pekerjaan yang dibutuhkan.

Baca juga:   Download Font Keren

23. Skid Steer Loader

jenis alat berat skid steer loader dan fungsinya
Sumber: indonesian.alibaba.com

Skid-steer loader adalah mesin bertenaga mesin kecil yang digunakan untuk berbagai pekerjaan pertanahan. Dari bucket atau pewadah hingga loader atau pemuat, skid loader dapat menampung peralatan yang berbeda dan juga cukup kecil untuk bermanuver ke area sempit di suatu lokasi.

24. Skidder

jenis alat berat skidder dan fungsinya
Sumber: royquip.com

Urusan perkayuan dan penebangan juga dapat melibatkan skidder. Mesin hutan ini memotong, lalu memindahkan pohon ke tempat pendaratan di mana mereka akan dimuat ke kendaraan lain untuk diangkut. Berbeda dengan forwarder, skidder membawa kayu hasil tebangan dengan cara diseret menyentuh tanah.

25. Telehandler

jenis alat berat telehandler dan fungsinya
Sumber: indonesian.alibaba.com

Telehandler digunakan untuk pekerjaan di mana forklift atau mesin pengangkat tidak memadai. Tugasnya untuk mengangkat benda yang lebih berat daripada forklift dan dapat mengakses area yang jauh nan lebih tinggi juga karena memiliki lengan yang bisa diperpanjang. Bannya sungguh besar dan tebal sehingga cocok untuk kondisi luar jalan atau off-road.

26. Traktor

jenis alat berat traktor dan fungsinya
Sumber: toimilgruas.com

Traktor adalah kendaraan atau mesin yang berguna untuk kegiatan konstruksi atau pertanian dengan berkecepatan rendah. Mesin bajak tanah ini amat berguna bagi banyak orang karena mampu mengolah, mengaduk, dan menggemburkan tanah. Ada juga traktor yang dilengkapi dengan wadah atau bucket untuk mengeruk dan menggali tanah.

27. Trencher

jenis alat berat trencher dan fungsinya
Sumber: dexumachine.en.made-in-china.com

Trencher merupakan alat yang tepat untuk menggali parit, saluran atau lubang panjang dan sempit lainnya guna keperluan seperti pipa dan kabel bawah tanah. Alat berat ampuh ini dilengkapi dengan rantai logam berat yang terbuat dari baja kuat yang berguna untuk memotong dan merobek hal-hal seperti tanah. Akar, dan batu kecil hingga sedang.

28. Truk Forklift

jenis alat berat truk forklift dan fungsinya
Sumber: blibli.com

Sudah disebutkan sebelumnya, truk forklift adalah alat berat untuk mengangkut material dalam jarak dekat. Biasanya digunakan di gudang atau tempat penyimpanan besar, forklift dioperasikan oleh roda kemudi dan kontrol dasbor. Peralatan ini sangat bagus untuk bongkar muat paket atau material berat. Lift-nya dapat memindahkan material baik secara vertikal maupun horizontal.

29. Truk Jungkit

jenis alat berat dump truck
Sumber: olx.co.id

Truk jungkit bisa dibilang sebagai versi mininya haul truck. Fungsinya serupa, yaitu untuk mengangkut dan membawa muatan ke lokasi dan ditambah fitur pembuang otomatis dari pewadahnya. Dari bahan konstruksi hingga sampah bisa menggunakan truk jungkit.

30. Wheel Loader

jenis alat berat wheel loader dan fungsinya
Sumber: ptcpa99.com

Wheel loader berfungsi untuk menggusur, memindahkan atau memuat material seperti tanah, batu, pasir, puing-puing pembongkaran, dan lainnya, ke mesin atau kendaraan berat lain. Bentuknya yang kokoh, terutama roda depan dan belakangnya yang besar, membuatnya cocok untuk mendorong, mengangkat dan memuat tanah, pasir, salju, dan material atau benda berat lainnya.

Sekian penjelasan tentang jenis alat berat. Jadi nantinya kita tidak bingung lagi soal alat berat mana yang ingin digunakan dan apa fungsinya masing-masing. Semoga dapat bermanfaat bagi Selasares.

Tinggalkan komentar