Hari Batik

5 min read

hari batik nasional

Batik merupakan salah satu identitas bangsa Indonesia yang harus dilestarikan dan patut untuk dibanggakan, salah satunya dengan cara memperingati hari batik.

Dengan kata lain, hari batik adalah salah satu hari penting yang tidak hanya untuk diperingati, tapi juga diperkenalkan.

Berbagai jenis batik dan motif yang kini kian modern tidak menjadikannya dilupakan oleh generasi muda, mereka dengan stylish mengenakannya di setiap acara.

Oleh karena itu, batik sekarang bukan lagi hal yang tua dan aneh untuk dikenakan, justru sebaliknya dimana orang merasa batik sebagai identitas mereka.

Sejarah Hari Batik

kapan hari batik nasional
Sumber: koransulindo.com

Apakah kamu tahu pada tanggal berapa hari batik diperingati?

Ya, hari peringatan salah satu warisan bangsa ini diperingati setiap 2 Oktober.

Sebelum ditentukannya hari tersebut pada tanggal 2 Oktober setiap tahunnya, batik memiliki sejarah yang erat kaitannya dengan masa lalu nusantara.

Sejarah ini bukan hanya setelah Indonesia merdeka, tetapi jauh sebelum itu ketika Indonesia masih berupa kerajaan-kerajaan.

Untuk bagaimana sejarah adanya hari batik, lebih lengkapnya kamu bisa simak dibawah ini!

1. Batik sebagai pakaian raja

sejarah hari batik nasional 2 oktober
Sumber: wowshack.com

Kata “batik” berasal dari dua kata, yaitu amba dan tik. Amba memiliki makna yang luas atau lebar, sedangkan tik berarti titik atau apabila dilihat dari bentuk batik itu sendiri, kita bisa mengambil arti pola atau motif.

Oleh karena itu, batik memiliki makna kain lebar atau luas yang memiliki pola titik-titik sehingga memunculkan motif yang cantik dan indah diatasnya.

Awal mulanya, batik hanya dipakai oleh kalangan kerajaan saja, contohnya keluarga raja, para pekerja, dan anggota – anggota kerajaan yang bekerja didalamnya.

selamat hari batik nasional 2018
Sumber: balistarisland.com

Batik pada zaman dahulu, hanya diproduksi oleh kaum perempuan sebagai aktivitas untuk mengisi waktu luang mereka.

Namun, seiring perkembangan zaman dimana batik tidak lagi hanya dikenakan oleh kaum kerajaan, karena banyak orang yang ada di kerajaan membawa keluar batik yang kemudian ditiru oleh masyarakat.

Apabila dilihat dari sejarah, batik sudah mulai dikenal sejak kerajaan Majapahit, kemudian Mataram, Solo, dan Yogyakarta.

Meskipun demikian, penggunaan batik hanya terbatas pada anggota kerajaan, priyayi, kaum bangsawan, dan bukan untuk golongan rakyat biasa.

2. Batik di Era pemerintahan Presiden Soeharto

hari batik nasional jatuh pada tanggal
Sumber: buzzfeednews.com

Presiden Kedua Indonesia ini memiliki peran yang besar dalam memperkenalkan eksistensi batik ke kancah internasional.

Bermula di era pemerintahannya, Presiden Soeharto sering memberikan kenang-kenangan atau cinderamata untuk para tamu kenegaraan.

Selain itu, ketika presiden Soeharto menghadiri konferensi PBB, ia juga memakai pakaian batik sehingga hal ini menjadi value yang bisa memperkenalkan batik ke negara-negara lain secara langsung.

3. Batik Era pemerintahan Presiden SBY

hari batik nasional tanggal berapa
Sumber: pacitanku.com

Pemerintahan SBY juga memiliki peran yang tak kalah penting terkait hari batik Indonesia.

Mengapa demikian?

hari batik dirayakan mulai tanggal
Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Karena pada tahun 2008, pemerintah telah mendaftarkannya ke UNESCO dan kemudian di tahun 2009, UNESCO atau The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization berhasil menetapkan batik Indonesia sebagai salah satu dari daftar Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Penetapan ini dilakukan pada 2 Oktober 2009 tepatnya di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Setelah adanya penetapan tersebut, Indonesia kemudian memperingatinya sebagai Hari Batik Nasional yang diikuti dengan penguatan Keputusan Presiden No 33 Tahun 2009.

Oleh karena itu, sudah tidak asing lagi mengapa banyak instansi pemerintahan, seperti sekolah yang mewajibkan warganya untuk mengenakan pakaian batik pada hari – hari tertentu.

Tak hanya itu, peringatan ini juga bisa diperingati sebagai hari batik internasional, sebab telah diakui oleh organisasi besar sedunia, UNESCO.

Mengapa harus menjaga batik?

artikel tentang hari batik nasional
Sumber: wowshack.com

Menjaga keberadaan batik tidak hanya dilakukan dengan mendaftarkannya sebagai salah satu warisan dunia saja, tetapi melalui bentuk aktif yang bisa kamu lakukan.

Banyak hal yang bisa kamu dapat dibalik menjaga eksistensi batik ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Batik sebagai bentuk nasionalisme

selamat hari batik nasional 2019
Sumber: batikkeris.co.id

Nasionalisme atau rasa cinta terhadap tanah air setidaknya bisa kamu tunjukkan dengan menghargai kekayaannya.

Bukan kekayaan alam yang harus diolah, karena itu adalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan secara individu, tetapi melalui hal kecil seperti menghargai batik sebagai warisan kekayaan budaya Indonesia.

Batik ini memiliki nilai identitas bangsa Indonesia, sehingga kamu harus bangga ketika mengenakannya dan meninggalkan asumsi kekunoan dari batik.

bahasa inggris selamat hari batik nasional
Sumber: vogue.com

Sudah banyak yang masyarakat lihat, dimana banyak batik yang fashionable dan stylish, bahkan tidak jarang digunakan oleh para artist internasional Indonesia ketika mereka melakukan pertunjukan di luar negeri, sebagai contohya yaitu Agnez Monica.

Dia selalu dengan percaya diri dan elegannya mengenakan batik di setiap event yang ia datangi.

Jika seorang seniman besar sekelas Agnezmo saja selalu mengenakan batik, pasti pemuda Indonesia juga memakainya.

2. Batik sebagai warisan negeri

tujuan memperingati hari batik nasional
Sumber: tirto.id

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, sejarah batik yang sangat erat dengan kerajaan besar Majapahit pada zaman dahulu.

Maka sudah tidak aneh lagi, kalau kamu sebagai bagian dari bangsa Indonesia untuk menjaga warisan ini.

Sejarah yang panjang sudah melekat dan mewakilkan Indonesia di dalam batik ini, sehingga sudah seharusnya untuk menjaga warisan mahal ini.

Bagaimana Bentuk Memperingati Hari Batik

Apa kamu merasa bingung bagaimana cara kamu dalam memperingati hari istimewa ini?

Terdapat banyak cara yang bisa kamu lakukan, kamu bisa membacanya beberapa referensi dibawah ini terkait bentuk memperingati hari batik.

1. Memakai pakaian batik.

hari batik nasional diperingati setiap tanggal
Sumber: instagram.com

Hal yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mengenakan batik.

Kamu tidak perlu risau kalau model batik itu – itu saja, karena sudah ada banyak sekali model kekinian dan cocok dikenakan oleh anak muda.

Selain itu, harga kain batik yang terjangkau sudah bisa mendukung style kamu untuk tampil necis ketika hari batik diperingati.

Namun, alangkah baiknya jika kamu menerapkan pemakaian baju batik ini tidak hanya satu tahun sekali, ketika peringatan saja.

Kamu bisa membuat jadwalmu sendiri kapan akan mengenakannya.

Mungkin kamu bisa membuat agenda memakai batik sebulan sekali atau seminggu sekali.

2. Mendatangi Festival Batik

peringatan hari batik nasional
Sumber: inspiration.rehlat.com

Festival batik banyak digelar dimana – mana untuk lebih detail terkait tanggal festivalnya, kamu bisa coba lakukan pencarian di media google atau platform manapun, karena terkadang waktu pagelaran bisa saja berbeda setiap tahunnya.

Salah satu festival atau gelaran batik yang paling besar di Indonesia dilaksanakan di Solo pada setiap 2 Oktober.

Selain itu, ada juga Batik Music Festival yang tahun lalu digelar di kompleks daerah Candi Prambanan, Yogyakarta pada 5 Oktober 2019.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mendatangi museum – museum batik, contohnya seperti museum yang ada di daerah Pekalongan dimana disana mereka menyediakan koleksi batik, bahkan koleksinya tersebut bisa mencapai seribu lebih.

Selain itu, kamu bisa mempelajari perkembangan pembuatan batik, karena di museum tersebut juga mempunyai koleksi alat tenun tradisional yang pastinya sudah berbeda dengan mesin – mesin zaman sekarang.

3. Belajar membatik

hari batik nasional diperingati pada tanggal
Sumber: airbnb.com.sg

Pernahkah kamu membatik sebelumnya?

Kalau belum pernah, kamu sebaiknya meluangkan waktu untuk belajar membatik selain untuk memperingati hari batik, ini juga bisa dijadikan sebagai bentuk edukasi dan wisata.

Tidak perlu bingung mencari tempat belajar membatik, karena di kota – kota besar sudah banyak yang menyediakan tempat wisata membatik.

Selain mereka memproduksi kain batik untuk dijual, sebagian juga ada yang membukanya sebagai tempat wisata sekaligus belajar proses membatik.

Detailnya proses membatik, membutuhkan beberapa instruktur atau pendamping bagi para wisatawan yang ingin belajar.

Disana, kamu akan dipandu tentang langkah – langkah membatik bahkan beberapa teknik yang bisa dilakukan untuk menghasilkan kain batik.

Biasanya pemandu akan mejelaskan terlebih dahulu tentang tahapan – tahapan membatik, dan umumnya terdapat lima tahapan yang harus dilalui untuk membuat kain batik.

ucapan selamat hari batik nasional 2018
Sumber: agustinnesia.com

Lima tahapan terebut diantaranya adalah membuat pola yang bisa dibuat sendiri oleh setiap orang, lalu mencantingnya dengan menggunakan malam yang sudah dicairkan, kemudian proses pewarnaan, penguncian warna, dan yang terakhir adalah pelorotan atau menghilangkan malam yang menutupi kain sebelumnya.

Ucapan Hari Batik

ucapan hari batik nasional
Sumber: miraclewijaya.com

Berikut ini beberapa inspirasi ucapan hari batik yang bisa kamu kirimkan atau berikan kepada orang – orang terdekatmu.

1. Melalui pantun

Siapa yang tidak tau pantun?

Pantun merupakan salah satu bentuk kekayaan sastra Indonesia yang memiliki keunikan sajak tersendiri.

Kamu bisa menyampaikan pesan tentang hari batik melalui salah satu bentuk ini.

Contoh pantun:

Ada anak mencari mama dan papa
Dia lupa jalan rute awal
Wahai anak muda jangan lupa
Selamat hari batik nasional

2. Melalui puisi

Selain karya sastra berupa pantun, kamu bisa menggunakan puisi untuk menyampaikan pesan – pesan yang ingin kamu berikan.

Puisi ini terkesan lebih estetik dengan bebasnya kalimat yang bisa diutarakan.

Bahkan setiap orang bisa membuatnya dengan mudah, berbeda dengan pantun dimana kamu harus mencari persamaan kata yang cocok untuk dipakai.

Contoh puisi:

Bukankah kamu ingat dengan sejarah?
Sejarah besar bangsa Indonesia
Jika demikian, pastinya engkau tahu batik
Batik sebagai kekayaan bangsa
Sejak jauh zaman Majapahit
Hingga sekarang
Hingga engkau yang kini hidup di era modern
Janganlah kau lupakan hari batik ini
Satu kalimat yang ingin kuberi
Selamat hari batik nasional

3. Melalui poster

ucapan selamat hari batik nasional
Sumber: twitter.com

Pasti kamu sudah tidak asing dengan poster yang sering beredar sebagai ucapan – ucapan hari peringatan.

Nah, salah satu bentuk ucapan yang bisa kamu buat adalah dengan poster.

Kamu bisa membuatnya sendiri dengan bantuan aplikasi online.

Poster ini kamu bisa kombinasikan dengan latar belakang batik misalnya.

Tak lupa bentuk pulau – pulau yang ada di Indonesia, untuk menggambarkan atau memaknai perayaan hari batik nasional.

Kemudian jangan lupa menghiasinya dengan beberapa ucapan yang ingin kamu sampaikan, seperti selamat hari batik nasional, dengan keterangan tanggal peringatan 2 oktober.

Demikian penjelasan tentang peringatan batik nasional, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk memperluas pengetahuanmu dan bisa menjadi inspirasi untuk memperingati hari batik nasional setiap tahun.

Kucing Anggora

Elga Octavianata
7 min read

Manusia Purba

Atlanditor Indiron Tana
14 min read

Hak Asasi Manusia

Farida Alviyani
7 min read

Logo Osis

Farida Alviyani
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *