25 Rekomendasi Game PC Ringan Terbaik (Online & Offline)

Bermain game dapat memberikan berbagai efek positif untuk para pemainnya. Selain seru dan menyenangkan, memainkan game dapat mengurangi rasa penat, stres dan berbagai “tekanan hidup” lainnya.

Saat ini, telah banyak developer game yang menghadirkan berbagai jenis game untuk berbagai platform. Mulai dari game untuk PC, handphone, Xbox, Playstation, hingga Nintendo.

Bicara mengenai game di PC, mungkin banyak dari kalian yang juga memiliki keinginan untuk bermain di platform tersebut. Ya, trends bermain game di PC mulai ramai menjadi perbincangan akhir-akhir ini. Hal tersebut dipengaruhi dengan banyaknya content creator game yang menjadikan PC sebagai “wahana” permainan mereka.

Dengan demikian, banyak orang mulai berlomba-lomba merakit maupun membeli PC untuk sekedar bermain game. Lantas, bagaimana jika kalian terkendala dengan biaya atau hanya memiliki PC “ala kadarnya”?

Tenang, tidak semua jenis game yang ada membutuhkan PC dengan spesifikasi tinggi dan mumpuni. Kalian tetap dapat bermain game di PC meskipun PC yang kalian miliki spesifikasi rendah dan “kecil”. Dengan demikian, kalian tetap bisa bermain game di PC sekalipun dengan resource PC yang terbatas.

Rekomendasi Game PC yang Ringan (Online & Offline)

Berbagai kategori atau genre game PC yang ringan bisa kalian mainkan, tidak terbatas pada kategori atau genre tertentu. Mulai dari game jenis strategi, simulasi, RPG, petualangan, FPS dan masih banyak lagi.

Meskipun dapat dimainkan untuk PC berspesifikasi rendah, bukan kemudian kualitas game tersebut rendah dan buruk. Justru, beberapa game tersebut bisa dibilang memiliki gameplay yang lebih seru dibandingkan game yang membutuhkan spesifikasi tinggi.

Selain itu, di antara game-game tersebut juga dapat dimainkan secara online maupun offline. Mau tahu apa saja jenis game PC yang ringan? Berikut daftar lengkapnya:

1. Stardew Valley

free download game pc

Jika kalian suka dengan genre game simulasi, Stardew Valley bisa menjadi salah satu yang patut untuk kalian coba. Game besutan Eric “ConcernedApe” Barone ini memiliki gameplay yang mirip dengan Harvest Moon.

Tentu banyak dari kalian sudah pernah memainkan Harvest Moon sebelumnya. Jika kalian kangen dengan permainan tersebut, maka Stardew Valley bisa menjadi opsi untuk mengobati rasa kangen kalian terhadap Harvest Moon.

Dirilis pada Februari 2016, Stardew Valley tidak hanya tersedia untuk platform PC. Melainkan, juga diproduksi untuk platform game lainnya, mulai dari Nintendo Switch, Xbox One, Playstation Vita, pun juga Android dan iOS. Sedangkan untuk PC, Stardew Valley dapat dimainkan di Windows dan juga Linux. 

Game ini memiliki storyboard yang cukup unik. Pasalnya, kalian sebagai pemain akan menerima “warisan” sebuah peternakan yang “bobrok”. Dengan demikian, kalian harus memainkan karakter pada game untuk mengelola peternakan ini menjadi peternakan yang lebih baik.

Mulai dari memelihara hewan ternak, mengelola pertanian, melakukan aktivitas tambang, dan masih banyak lagi. Apalagi, Stardew Valley juga dapat dimainkan secara online. Tentu hal tersebut akan menambah keseruan untuk memainkan game ini.

2. Beat Cop

b pc game

Selanjutnya datang dari game bergenre petualangan yaitu Beat Cop. Memiliki alur cerita layaknya Polisi 1980-an, kalian sebagai pemain akan dibuat kaget dengan berbagai plot game yang tak terduga. Pasalnya, di game ini banyak mengangkat cerita-cerita klasik dan sarkastik yang diangkat dari berbagai adegan film pada tahun-tahun tersebut.

Meskipun memiliki alur cerita “lama”, Beat Cop pertama kali hadir di platform PC sekitar tahun 2017. Selain itu, game ini juga tersedia untuk mobile, baik Android maupun iOS.

Dari segi grafik, game ini dibuat dengan tampilan pixel, sehingga sangat bisa untuk dimainkan di PC berspesifikasi biasa-biasa saja. 

Game besutan 11 Studios ini cukup memiliki banyak peminat, pasalnya selain hadir untuk PC dan mobile game ini juga tersedia untuk Nintendo Switch dan juga Xbox.

3. Surgeon Simulator

game pc counter strike

Game PC selanjutnya adalah Surgeon Simulator, dimana game ini juga dikenal sebagai game simulasi. Sesuai dengan namanya (Surgeon), kalian sebagai pemain akan berperan sebagai dokter bedah yang melakukan aktivitas operasi/surgery kepada pasien.

Lebih lengkapnya, akan tersedia beberapa scene yang perlu kalian mainkan. Tentunya, scene-scene tersebut sesuai dengan prosedur bedah pada umumnya. Mulai dari transplantasi jantung, operasi bagian pencernaan, dan masih banyak lagi.

Uniknya dari game ini adalah akan terjadi banyak adegan konyol yang dapat kalian temui. Pun juga berbagai alat bedah lengkap sesuai prosedur pembedahan hingga alat-alat pertukangan. Sehingga bukan nuansa horor yang akan kalian temui, justru disini kalian dapat bermain dengan tertawa karena adegan konyol yang terdapat dalam game.

Dari segi grafik, Surgeon Simulator memiliki tampilan yang cukup smooth. Pun juga dari segi tampilan game ini menampilkan sudut pandang orang pertama, atau biasa kita kenal dengan istilah FPS. 

4. Child of Light

game pc cacing

Jika ketiga game sebelumnya bergenre simulasi dan adventure, maka kali ini kita bahas salah satu game PC bergenre RPG yang ringan untuk dimainkan, yaitu Child of Light.

Game ini memiliki storyboard yang cukup unik, dimana kalian sebagai pemain akan berperan sebagai seorang gadis bernama Aurora yang terbangun dari kematian akibat sebuah penyakit aneh.

Disini kalian akan bermain untuk menjelajahi sebuah dunia fiksi bernama Lemuria. Ya, di dunia Lemuria tersebut kalian membawa misi utama yaitu harus membawa kembali bulan, matahari, dan bintang yang telah ditahan oleh Ratu Kegelapan.

Game besutan Ubisoft ini cukup ramai dipasaran. Pasalnya, selain hadir untuk PC (Windows), game ini juga tersedia untuk platform lain seperti PlayStation dan Xbox.

5. Cities: Skylines

game pc dengan grafik terbaik

Game PC selanjutnya datang dari dua developer terkenal yang sudah lama berkiprah di dunia gaming. Mereka adalah Colossal Order dan Paradox Interactive. 

Cities: Skyline merupakan sebuah game membangun kota yang banyak dimainkan. Pasalnya, game satu ini menjadi alternatif banyak orang yang tak bisa memainkan SimCity.

Dan benar saja, gameplay dari Cities: Skyline memang mirip dengan SimCity. Disini kalian akan membangun dan menata berbagai bangunan dan infrastruktur untuk kemajuan sebuah kota. 

Namun, jika diamati lebih jauh, ada nilai lebih dari Cities: Skyline dibandingkan SimCity. Selain lebih ringan, hal tersebut juga terletak pada alur dan fitur permainan Cities: Skyline. Pasalnya, kalian tidak hanya membangun dan menata kota saja, melainkan perlu perencanaan awal yang lebih matang.

6. Limbo

c&c pc game

Bagi kalian yang suka dengan genre game teka-teki, Limbo menjadi salah satu yang harus kalian mainkan. Game ini penuh dengan tantangan yang memerlukan daya pikir dan kreativitas tingkat tinggi. Bisa dibilang, game ini out of the box, lain daripada game teka-teki yang lain.

Dari segi gameplay, pada awal permainan kalian akan dibuat bingung. Ya, mungkin sama dengan karakter yang ada pada di game tersebut, “bingung”. Pasalnya tidak terdapat tutorial atau opening di game ini.

Namun, secara tiba-tiba akan ditampilkan sebuah siluet dari seorang anak laki-laki yang berada di dunia serba gelap. Dan permainan pun dimulai.

Berbeda dengan konsep game teka-teki yang lain, pada game ini kalian harus terus berjalan dengan melewati berbagai tantangan. Uniknya lagi adalah, setiap tantangan yang ada pada game ini berbeda-beda, semakin jauh berjalan maka semakin sulit pula tantangan yang diberikan.

Intinya, game besutan Playdead ini indescribable tapi sangat pantas dan recommended untuk dimainkan..

7. Don’t Starve

open world game pc

Sama halnya dengan Limbo, Don’t Starve merupakan sebuah game PC yang diproduksi dari seorang developer game indie. Pada awal perilisannya, game ini mampu mengguncang kalangan pecinta game.

Pasalnya, Don’t Starve memiliki gameplay yang cukup unik dan extra-ordinary dibandingkan game lain yang sejenis. Sekelas genre action-adventure, Don’t Starve tidak hanya menampilkan sebuah adegan tembak-tembakan, saling membunuh, darah, dan lain sebagainya. Melainkan, untuk memainkan game ini “sangatlah” sederhana, kalian hanya diminta untuk “bertahan hidup”. Ya, hanya sekedar itu.

Namun, dibalik “bertahan hidup” tersebut memiliki berbagai scene unik yang patut untuk kalian coba. Karena, disitulah letak keseruan dari game ini.

Disini kalian akan memainkan seorang karakter bernama Wilson yang sedang berada di dunia antah berantah, pun juga ditemani dengan berbagai jenis makhluk aneh. Sedikit tips untuk memainkan game ini adalah kalian harus memperhatikan 3 indikator utama dari karakter yang dimainkan. Hal tersebut meliputi tingkat kelaparan, tingkat psikologis, dan kesehatan fisik.

8. Game Dev Tycoon

download game pc gratis

Selanjutnya ada Game Dev Tycoon, dimana game ini juga salah satu game simulasi di PC yang ringan untuk dimainkan. Sesuai dengan namanya, disini kalian akan bermain peran sebagai developer yang menciptakan dan menjual berbagai game kepada orang lain.

Keseruan memainkan game ini adalah saat kalian membuat lalu menjual game yang telah kalian ciptakan. Tidak sampai disitu, kalian akan mendapatkan “review” maupun rating dari orang lain yang telah membeli dan memainkan game buatan kalian. Selain itu, kalian juga bisa mengelola berbagai staff dengan kualifikasi yang beragam.

Serunya lagi, kalian bisa membuat fokus utama saat menjalankan “perusahaan” game milik kalian. Apakah berorientasi pada uang, teknologi, riset, maupun desain.

9. Goat Simulator

download game pc gratis dan cepat

Apa yang ada di benak kalian ketika mendengar sebuah game dengan nama “Goat Simulator”? Apakah game ini membuat kita berimajinasi menjadi seekor kambing? Jawabannya bisa iya pun juga tidak.

Kenyataannya, saat kalian memainkan game ini, kalian akan mengendalikan seekor kambing yang hidup di tengah kota layaknya game open world. Lantas, apa tujuan sebenarnya dari kehadiran seekor kambing ini? Baik, kita bahas tentang storyboard dari Goat Simulator.

Sebenarnya, game ini hanyalah sebuah prototype iseng yang dikerjakan oleh sebuah tim saat event Game Jam internal di Coffee Stain Studio. Namun, saat video dari prototype game ini diunggah di kanal YouTube milik mereka, prototype ini memiliki banyak respon positif dari penonton dan hasilnya pun dirilis. Meskipun saat itu masih terdapat banyak bug yang ada pada game ini.

 Tapi sebentar, justru berbagai bug inilah yang menjadi nilai jual dari Goat Simulator. Pasalnya, dengan ketidak jelasan tersebut kalian akan menikmati saat memainkan game ini (tentunya dengan berbagai bug yang ada). Dengan bug-bug tersebut kalian akan dibuat tertawa dan dapat berpikir untuk berbuat banyak hal gila “melalui” seekor kambing.

10. Heaven’s Vault

game pc offline terbaik'

Termasuk sebagai salah satu game di PC bergenre adventure, Heaven’s Vault mengusung tema petualangan arkeologi scientific-fiction. Tidak seperti game PC lainnya, Heaven’s Vault hanya tersedia untuk platform Windows dan juga Playstation 4. 

Saat memainkan game ini, kalian akan berperan sebagai arkeolog bernama Aliya Elasra. Dalam perjalanan petualangan yang akan kalian lakukan, kalian juga akan didampingi sebuah robot bernama Enam.

Ada berbagai misi yang bisa kalian selesaikan di game ini, dan itulah titik keseruan dari Heaven’s Vault. Bahkan, pengembang dari game ini mengklaim bahwa Heaven’s Vault tidak sekedar game yang dibuat begitu saja. Melainkan di dalamnya terdapat lebih dari seribu kata yang ditulis dalam Bahasa Kuno pun juga bahasa fiksi dalam permainan.

11. Minecraft

download game pc minecraft

Game PC selanjutnya adalah Minecraft. Tentu banyak dari kalian yang sudah pernah mendengar dan juga memainkan game ini. Memang game “lawas” ini memiliki memori yang kecil, sehingga tergolong sebagai game ringan untuk dimainkan di berbagai platform.

Minecraft memiliki tampilan pixel, dan [mungkin] hal itulah yang menjadi signature dari game ini. Dari segi gameplay, disini kalian dapat membangun berbagai hal dengan bentuk “blok” yang disusun. Meskipun tampak sederhana, game ini cukup addicted saat dimainkan. Layaknya game open world, saat bermain Minecraft kalian bebas dan bisa meng-eksplore berbagai sudut tempat di game ini. Namun perlu kalian ketahui, bahwa Minecraft bukan sekedar permainan bangun membangun blok saja, melainkan disini kalian juga dapat melawan berbagai “musuh” yang dapat mengganggu karakter kalian.

12. Project Zomboid

game pc ringan terbaik

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Game selanjutnya adalah Project Zomboid, game ini merupakan salah satu dari jenis game open world yang dapat kalian mainkan di PC berspesifikasi “kecil”. Pasalnya, game ini tidak terlalu membutuhkan resource yang besar.

Dengan mengusung tema yang “horor”, game ini cukup menarik banyak orang untuk memainkannya. Horor yang dimaksud adalah menggambarkan keadaan dunia pasca tragedi apocalypse. Dengan demikian banyak makhluk aneh yang muncul di dalam dunia game ini.

Misi utama saat memainkan Project Zomboid adalah kalian harus bertahan hidup dalam keadaan dunia yang demikian adanya. Ada berbagai keseruan lain yang dapat kalian temukan di Project Zomboid, yakni dengan adanya berbagai tantangan lain dimana kalian harus bertahan dari serangan zombie.

13. Counter Strike: Global Offensive

free download game pc offline windows 7

Nah, siapa yang tak kenal dengan game PC satu ini? Ya,Counter Strike pernah menjadi “primadona” sebagai kategori game FPS pada zamannya. Pasalnya, disini kalian dapat memainkan game tersebut secara offline maupun online. 

Meskipun hanya dengan PC dengan spesifikasi yang kecil, kalian sudah dapat menikmati keseruan saat memainkan game ini. Bahkan, hanya dengan PC berprosesor Core 2 Duo pun kalian sudah dapat memainkan Counter Strike: Global Offensive.

Satu hal lagi, jika kalian ingin memainkannya secara online, game ini tidak mengharuskan kalian tersambung pada jaringan internet global. Melainkan cukup menggunakan jaringan LAN, kalian sudah dapat menikmati mode permainan multiplayer dalam game ini.

Dari segi grafik, game ini juga tidak terlalu buruk. Bisa dibilang sesuai dengan resource dan spesifikasi minimal yang dibutuhkan.

14. Nidhogg

download free game pc

Apakah kalian pernah memainkan Shadow Fight di platform mobile? Jika pernah, seru dan menyenangkan bukan?

Nah, game Nidhogg ini memiliki gameplay yang mirip dengan Shadow Fight. Hanya saja, Nidhogg tidak tersedia untuk platform mobile layaknya iOS ataupun Android. Melainkan, Nidhogg hanya tersedia untuk platform PC dan Playstation.

Sebagai game yang cukup ringan, Nidhogg mempunyai tampilan grafis pixel seperti halnya Minecraft. Pun juga sebaiknya kalian tidak meremehkan game satu ini, meskipun memiliki tampilan grafis yang sedemikian rupa. Nidhogg menjadi salah satu game populer yang banyak dimainkan orang.

Terlebih lagi jika kalian gemar memainkan game duel jenis ini. Tentu tak ada salahnya mencoba bermain Nidhogg. Selain seru, saat bermain game ini, kalian akan disuguhkan dengan berbagai adegan konyol dari karakter yang kalian mainkan.

15. Rocket League

download game pc call of duty

Game selanjutnya datang dari kategori game Sport sepak bola, yaitu Rocket League. Namun, ada yang lucu, unik dan berbeda dengan game ini.

Benar saja, tidak “umum” layaknya game bola lain seperti PES maupun FIFA, Rocket League menyuguhkan gameplay yang anti-mainstream. Jika game sepak bola yang umum dijumpai adalah memainkan karakter pemain bola yang menggiring dan melakukan tendangan. Disini kalian akan bermain bola dengan menggunakan mobil yang dilengkapi dengan teknologi roket. Bagaimana? Aneh tapi unik bukan? Ya, game ini bisa dijuluki sebagai game sepak bola mobil, sesuai dengan apa yang dimainkan. 

Jika kalian memiliki spesifikasi PC yang minimum, mungkin game ini bisa menjadi jawaban untuk kalian dalam merasakan game “sepak bola” Ditambah lagi, kalian akan mendapatkan sebuah pengalaman baru dalam bermain game jenis ini.

16. Battlerite Royale

free game pc download

Battlerite Royale merupakan sebuah game besutan dari Stunlock Studios, dimana game ini mengusung perpaduan konsep dari game MOBA dan Battle Royale. 

Tentunya, dengan konsep game tersebut, disini kalian akan memainkannya secara online. Dengan memilih karakter tertentu untuk memasuki dunia “peperangan”. Meskipun game PC ini tergolong sebagai game online, kalian tak perlu khawatir. 

Kalian tetap dapat memainkannya meskipun spesifikasi PC yang kalian miliki hanya berkapasitas RAM 4GB. Dan inilah yang menjadi daya tarik dari Battlerite Royale kepada para penggemar game.

Namun sayangnya, di game ini baru tersedia tiga karakter yang dapat dimainkan, yakni Oldur, Taya dan Pearl. Dimana ketiga karakter tersebut memiliki jenis kemampuan yang berbeda-beda untuk memanipulasi elemen.

Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk kalian mencoba game Moba-Battle royale ini.

17. Devil Daggers

free download game pc full version

Devil Daggers merupakan game genre FPP (First Person-perspective) yang dikembangkan dan dirilis oleh Sorath. Gameplay dari Devil Daggers cukup sederhana, dimana kalian sebagai tokoh utama akan memainkan sebuah karakter yang memasuki ”dunia iblis”.

Disini misi utama kalian adalah membunuh “iblis” sebanyak-banyaknya. Tentunya, tidak sekedar membunuh begitu saja. Melainkan terdapat poin di setiap iblis yang kalian taklukan.

Serunya lagi, game ini dilengkapi dengan sebuah Leaderboards yang akan menampilkan seorang player dengan nilai atau poin tertinggi.

Permainan akan dinyatakan selesai (game over) apabila kalian mati terbunuh. Dengan demikian, pada permainan ini tidak ada batasan waktu tertentu saat memainkannya. Sehingga, kalian dapat bermain selama mungkin mempertahankan “poin” yang kalian dapatkan dan menjadi pemain no. 1 dengan nilai tertinggi.

18. TowerFall Ascension

download game pc resident evil 4

Selanjutnya datang dari TowerFall Ascension, dimana game ini adalah sebuah game online untuk PC yang dapat dimainkan dengan mode multiplayer. Disini kalian dapat bermain dengan 4 orang pemain lainnya.

Dari segi gameplay pun sangat sederhana, kalian hanya perlu memanah/menembak dan meloncat untuk menghindari serangan lawan. Meskipun demikian, setidaknya TowerFall Ascension dapat menghibur dan mengisi waktu kosong kalian untuk bermain bersama player lain.

Keunikan dari game ini adalah alur ceritanya yang menarik. Tidak hanya sekedar serang menyerang, melainkan ada “seni dan sensasi” tersendiri saat bertahan hidup melalui karakter game yang kalian mainkan.

Selain itu, game ini juga dapat dimainkan dalam mode single-player, dengan cerita yang berbeda, fitur leveling, dan berbagai jenis senjata yang dapat dimainkan.

19. Rift: Planes of Telara

download game pc offline

Sebagai salah satu game MMORPG, Rift adalah game PC ringan yang menarik untuk dimainkan untuk saat ini. Game ini tidak hanya menawarkan gameplay yang seru (hampir menyerupai game action), akan tetapi juga memiliki beragam karakter yang khas akan nuansa RPG.

Pada awal perilisannya, game ini mendapat banyak ulasan positif dari para pecinta game. Bagaimana tidak? Saat awal dirilis pada Maret 2018, Rift merilis server pertama mereka yang diberi nama “Rift Prime”, server tersebut “sukses besar” hingga mencetak “rekor baru“ dengan jumlah partisipasi pemain yang “membludak”.

Game ini memiliki background story yang cukup unik, dengan nama “Telara” yang berarti fokus terhadap elemen alam, meliputi Udara, Api, Air, Bumi, Kehidupan, dan Kematian. Dimana masing-masing elemen tersebut saling berhubungan satu dengan yang lain.

20. World of Tank Blitz

download game pc offline ringan gratis

World of Tank Blitz adalah sebuah game online dengan konsep multiplayer PvP, dimana saling mempertemukan pemain satu dengan pemain lain. Ya, PvP tidak harus tentang pertarungan antar makhluk hidup, justru hadirnya World of Tank Blitz ini bisa membawa “warna” baru ke dalam dunia game PvP.

Di game ini, kalian sebagai pemain akan “mengendalikan” tank milik kalian dan harus bertempur dengan tank lain yang dikendalikan oleh pemain lain. Uniknya dari game ini adalah tank yang dimainkan bukan sekedar tank biasa. Melainkan dapat dilengkapi dengan berbagai jenis senjata seperti, misil dan jenis alat peledak lainnya.

Selain itu, tersedia berbagai wahana atau yang lebih dikenal dengan istilah Map untuk menjadi arena pertarungan antar Tank. Meskipun game PC satu ini adalah game online, namun untuk memainkannya pun tidak membutuhkan resource yang besar.

21. Broforce

download game pc free

Sebagai game PC dengan konsep 2D Scrolling, Broforce cukup mengundang banyak para pemain game di seluruh dunia. Pasalnya, game ini memiliki alur permainan yang mirip dengan Metal Slug.

Tentu banyak dari kalian yang memiliki pengalaman memainkan game tersebut. Nah, untuk “mengobati” rasa rindu kalian terhadap Metal Slug, tidak ada salahnya kalian mencoba memainkan Broforce di PC milik kalian.

Selain itu, game satu ini juga dapat dimainkan secara multiplayer sehingga akan menambah keseruan dan kesenangan saat memainkannya.

Uniknya lagi adalah, Broforce mengusung konsep parodi ala film action era tahun 1980-an. Tentunya akan banyak adegan unik dan lucu yang bisa kalian temukan disini, selain sekedar tembak-tembakan dan penuh dengan ledakan.

22. Overcooked

game pc free download

Kembali lagi pada genre game simulasi. Ya, Overcooked merupakan game simulasi dari dunia memasak dan perkokian yang dapat membantu kalian menyalurkan imajinasi.

Disini, kalian dapat bermain dengan mode multiplayer hingga 4 pemain. Dan itulah yang menjadi titik keseruan dari permainan ini. Pasalnya, kalian tidak hanya diminta untuk “masak memasak” saja, melainkan banyak tantangan yang perlu kalian selesaikan.

Salah satunya adalah kalian harus gerak cepat dalam melayani setiap pelanggan restoran yang datang. Serunya lagi adalah akan terjadi banyak peristiwa tak terduga yang akan terjadi di restoran yang kalian kelola.

Mulai dari kondisi restoran yang crowded, jumlah pesanan yang membludak, hingga kalian bisa diminta memasak di tempat yang tidak semestinya.

23. Castle Crashers

game pc rpg online

Castle Crashers adalah sebuah game multiplayer dengan genre roleplay dengan mengusung tema action-adventures yang dikembangkan oleh The Behemoth.

Disini kalian dapat bermain bersama teman maupun keluarga, dengan berperan menjadi seorang ksatria yang akan menghancurkan “apapun” yang menjadi halangan saat kalian menyelesaikan tantangan.

Game co-op multiplayer ini akan membawa kalian menuju dunia fantasi yang penuh dengan berbagai makhluk aneh. Mulai dari monster dan makhluk berbahaya lainnya. Dan disitulah kalian perlu melakukannya satu per satu.

Pada game ini, kalian akan berkompetisi untuk saling unggul dalam hal poin. Dengan dilengkapi berbagai senjata spesial, ditemani oleh “pets” berupa binatang ajaib. Selain itu, kalian juga diharuskan untuk leveling sehingga dapat menggunakan senjata yang lebih kuat dan bertahan hidup selama mungkin.

24. Streets of Rogue

game pc download free

Jika kalian bosan dengan game action yang “gitu-gitu” saja, mungkin Streets of Rogue bisa menjadi salah satu “obat” untuk kalian dalam menjajal game action dengan nuansa baru. Pasalnya, disini kalian tidak sekedar bermain dalam dunia fantasi maupun dungeon yang akan melawan berbagai monster begitu saja.

Dalam memainkan game ini, kalian akan “diajak” untuk masuk ke sebuah kota yang lengkap dengan para penghuninya, “dan permainan pun dimulai”. Ya, akan tersedia banyak misi dan tantangan yang dapat kamu selesaikan. 

Selain itu, untuk menjalankan atau mengerjakan misi tersebut, kalian dapat bermain dengan mode multiplayer maupun online sehingga dapat bermain dengan teman maupun keluarga kalian.

Keseruan lainnya adalah kalian dapat memilih jenis dan kelas karakter yang ingin kalian mainkan, pun juga dalam menjalankan misi atau menghabisi lawan, kalian bebas memilih untuk menggunakan cara yang senyap atau langsung menyerangnya begitu saja secara frontal

25. Left 4 Dead 2

download game pc offline petualangan

Game PC yang terakhir adalah Left 4 Dead 2, bisa jadi kalian “dulu” pernah memainkan game ini. Ya benar saja, game ini telah dirilis sejak tahun 2009, namun tidak ada salahnya jika saat ini kalian masih ingin memainkannya.

Toh, game ini masih relevan dengan konsep dan alur permainan yang seru. Dengan ukurannya yang sangat ringan, game ini bisa menjadi “teman” untuk kalian di kala bosan.

Meskipun telah banyak game sejenis yang hadir, mulai dari Resident Evil dan yang lainnya, namun Left 4 Dead 2 tidak kehilangan eksistensinya. Dengan menawarkan gameplay yang ringan, hal itulah yang menjadi nilai lebih dari Left 4 Dead 2.

Game ini juga dapat dimainkan dengan mode multiplayer, artinya kalian dapat memainkannya bersama teman dan orang lain. Dengan misi utama menyusuri berbagai lokasi di Amerika dan bertahan dari serangan makhluk kanibal yang tak ada habisnya.

Itulah berbagai rekomendasi game PC yang ringan untuk dimainkan. Tak perlu membutuhkan resource yang besar, kalian pun sudah bisa menikmatinya dengan spesifikasi PC yang “apa adanya”.

Rasakan berbagai sensasi dan dapatkan pengalaman baru dengan berbagai jenis game di atas. Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih. 

Ade Rizki

Halo! Aku Ade Rizki, seorang blogger yang menyukai dunia teknologi dan digital. Dengan tulisan, aku bisa berbagi banyak hal bermanfaat pada semua orang.

Update : 4 Juni 2021 - Published : 12 Desember 2020

Tinggalkan komentar