31 Film Kartun Terbaru, Terbaik, Lucu dan Mendidik untuk Anak

Kumpulan film kartun/ anime yang disukai anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Selain Shaun the Sheep, ada rekomendasi film lainnya yang mendidik dan bernilai agama yang cocok dijadikan tontonan anak-anak. Meskipun sebagian besar film anime diproduksi oleh Jepang, tapi ada juga film-film kartun buatan anak bangsa yang tidak kalah bagus untuk ditonton.

Nah, bingung mau kasih tontonan apa untuk anak-anak di rumah? Tenang, kali ini Kami akan berbagi informasi daftar film anime terbaik dan terbaru. Apa saja? Yuk, simak!

Kumpulan Film Kartun Terbaik dan Terbaru

Berikut ini daftar rekomendasi film kartun terbaik dan terbaru yang bisa jadi tontonan menarik, diantaranya:

1. Zootopia

film kartun lama
blogpsot.com

Zootopia menjadi kartun terbaik yang berhasil meraih banyak penghargaan, salah satunya Best Animated Feature di ajang Academy Awards. Film garapan Byron Howard ini mengusung tema fantasi menyenangkan yang menceritakan tentang dunia binatang. Judy Hopps menjadi karakter utama dalam film ini, yakni seekor kelinci yang sangat ingin menjadi polisi di Kota Zootopia.

Meskipun sudah berhasil menggapai cita-citanya tersebut, Judy Hopps mengalami masalah karena ia harus berurusan dengan kasus yang membuatnya kewalahan. Berkat bantuan seekor rubah bernama Nick, Judy Hopps berhasil memecahkan kasusnya. Nilai yang bisa dipetik dari film kartun binatang ini yakni mengajarkan anak-anak agar tidak membeda-bedakan sesama meskipun memiliki fisik yang berbeda.

2.The Lego Movie

amazon.com

The Lego Movie bisa dianggap sebagai salah satu kartun terbaik sepanjang masa yang mengangkat cerita tentang keluarga. Kartun ini menceritakan tentang hubungan anak dan ayah yang digambarkan melalui karakter lego (sejenis jenis mainan bongkar pasang). Dalam film ini Kamu bisa melihat Kota Lego yang dihuni oleh berbagai karakter.

3. Shaun the Sheep Movie

jeroenthoughts.files.

Shaun the Sheep cukup terkenal di Televisi hingga creator kartun ini membuat seri the movie dengan konsep cerita tidak jauh berbeda. Dalam versi film-nya, Kamu akan melihat kehidupan sekumpulan domba-domba di ladang. Suatu hari pemilik ladang menghilang, para domba pun saling bekerja sama untuk menemukan pemilik mereka. Shaun dan teman-temannya memutuskan untuk mencari hingga ke kota, sampai akhirnya mereka berada dalam masalah. Anggota pengendali hewan berusaha untuk menangkap Shaun dan kawan-kawan karena dianggap meresahkan.

4. Toy Story (1 – 3)

film kartun pocong
The Movie Database

Kartun Toy Story yang pertama dirilis pada tahun 1995, kemudian dibuat dua sekuelnya pada tahun 1999 dan 2010. Film anak-anak ini mengisahkan tentang para mainan dengan tokoh utamanya bernama Andy, si kecil yang kemudian tumbu hingga dewasa. Setiap seri Toy Story 1 hingga ke-3 mempunyai konflik dan kisah yang berbeda-beda, tapi semuanya mengusung tema kehidupan manusia sehari-hari.

5. Tayo Little Bus

anime-planet.com

Seperti Shaun The Ship, kartun Tayo Little Bus ini juga menjadi serial televisi animasi yang disukai anak-anak. Kartun buatan Korea Selatan ini menceritakan tentang tujuh karakter bus bernama Tayo, Rogi, Lani, Gani, Peanut, Trammy dan Skii. Masing-masing karakter tersebut punya kepribadian dan perilaku yang berbeda, sementara untuk cerita yang diangkat tidak terlalu berat. Karakter bus-bus tersebut digambarkan seperti manusia, yang membutuhkan kerja, istirahat dan tidur. Mereka juga sering mendapatkan masalah-masalah kecil, seperti terlambat menjemput penumpangnya.

6. Penguins of Madagascar

film kartun nabi
WordPress.com

Penguins of Madagascar juga menjadi salah satu kartun terbaik sepanjang masa yang mengusung tema komedi segar. Cerita dimulai dari si kecil Penguin bernama Skipper, Kowalski dan Rico yang tinggal di Antartica. Suatu ketika, mereka menemukan telur dan tanpa sengaja Skipper membuat telur tersebut pecah hingga keluarlah bayi penguin.

Kehidupan baru dimulai, mereka memberi nama bayi tersebut Private. Meskipun masalah demi masalah bermunculan, tapi tingkah mereka yang lucu membuat cerita kartun ini sangat menyenangkan untuk dinikmati anak-anak.

7. Finding Nemo

pinterest.com

Sesuai dengan namanya, film kartun yang satu ini menceritakan tokoh karakter seekor ikan Nemo. Saat kemunculannya, Finding Nemo berhasil meraih berbagai penghargaan dan review bagus dari para kritikus film anime karena mengangkat cerita unik tentang clown fish yang mencari anaknya. Sang anak tidak sengaja tertangkap nelayan di Great Barrier Reef dan dibawa hingga ke Sydney. Dalam perjalanan mencari anaknya, ibu ikan tersebut bertemu Dory dan mereka memutuskan untuk berpetulang bersama-sama di lautan luas untuk mencari Nemo.

8. Frozen

Frozen seri pertama telah tayang pada tahun 2013, dan yang kedua tayang tahun 2019 kemarin. Tayang di bioskop Indonesia, Frozen berhasil mendapatkan review bagus dari para penontonnya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Film ini menceritakan tentang seorang anak kecil bernama Elsa yang tidak punya rasa takut, ia ingin menemukan saudara perempuannya, Anna.

Elsa harus terpisah dari Anna karena ia tidak mampu mengendalikan kekuatan sihirnya sehingga membuat Anna terluka. Masalah muncul saat Elsa akan dinobatkan sebagai ratu Arendelle saat menginjak usia 20, ia khawatir penduduk mengetahui kekuatan sihirnya tersebut.

9. Cars

streetmachine.com.au

Film animasi buatan Pixar Animation Studions ini menceritakan kisah sekumpulan mobil yang bisa berbicara layakya manusia. Lightning McQueen sebagai karakter utama bercita-cita menjadi mobil balap tercepat dalam ajang Le Mans Endurance. Ia sangat haus kemenangan hingga meminta bantuan idolanya untuk menjadi mobil balap terbaik agar bisa memenangkan kompetisi.

Perjalanannya untuk menjadi pembalap handal tidak berjalan mulus, sampai akhirnya ia mendapatkan masalah dan membawanya ke tempat terpencil. Meskipun mengusung genre anime komedi, tapi nilai cerita yang disampaikan sangat mendidik anak-anak agar mereka tidak bersikap egois dalam mencapai cita-cita. Lightning McQueen akhirnya sadar, dan berubah untuk menjadi mobil yang lebih baik serta bisa berempati kepada orang lain.

10. Ice Age

film kartun malaysia
wordpress.com

Film anime Ice Age menceritakan tentang zaman es yang melahirkan berbagai jenis binatang. Cerita tersebut dimulai saat Sid, Manny dan Diego tinggal di suatu tempat yang dikelilingi dinding es. Suatu ketika, seorang anak manusia lahir dan ditemukan oleh sekumpulan hewan. Para hewan pun bekerja sama untuk mengembalikan anak tersebut kepada kelompoknya.

11. The Lion King (1994 & 2019)

film kartun online
wikipedia.com

Film The Lion King buatan dari Disney ini pertama kali diproduksi pada tahun 1994, lalu dibuat sekuelnya tahun 2019 kemarin. The Lion King menjadi salah satu film kartun bioskop yang mendapatkan banyak pujian. Dalam film ini menceritakan tentang karakter Simba, seekor singa kecil yang terlahir sebagai raja selanjutnya untuk menggantikan sang ayah. Perjalannya hingga menjadi raja tidak semudah yang dibayangkan, ia dan teman-temannya harus berjuang merebut apa yang menjadi haknya.

12. Ratatouille

film kartun nabi musa
The Movie Database

Film kartun jaman dulu ini bercerita tentang Remy, seekor tikus yang bercita-cita ingin menjadi koki handal, meskipun impiannya tersebut ditentang oleh keluarganya.  Itu karena tikus adalah binatang yang sangat dibenci para koki, sehingg keluarga Remy khawatir ia tidak mampu mewujudkan keinginannya untuk menjadi koki.

Namun takdir berkata lain, Remy justru bertemu dengan seorang koki restoran bernama Auguste Gusteau akibat kecelakaan saat memasuki saluran pembuangan. Hingga akhirnya si koki dan Remy bekerja sama untuk membuat makanan lezat di resto, meskipun situasi tidak berjalan mulus.

13. Inside Out

quarespace-cdn.com

Disney juga punya judul kartun lainnya yang tak kalah bagus dan mendidik untuk anak, yaitu Inside Out. Konsep cerita yang diangkat dalam film ini cukup unik, karena menggambarkan beberapa karakter yang bisa bicara. Kamu akan diperlihatkan bagaimana karakter personifikasi seperti marah, sedih, senang, jijik dan takut berinteraksi dengan seorang anak.

Untuk membuat anak tetap senang, semua karakter tersebut berusaha beradaptasi dan mengendalikan karakter mereka. Sayangnya, terjadi suatu peristiwa yang membuat anak harus mengingat kembali memori-memori yang penuh emosi. Masalah muncul saat karakter emosi tersebut berusaha mengambil alih memori penting dan kenangan si anak. Dilihat dari gambaran cerita tersebut, film ini bisa mengajarkan anak pentingnya mengenali emosi diri sendiri dan bagaimana cara mengendalikannya.

14. How To Train Your Dragon

film kartun monster
blospot.com

How to Train Your Dragon juga menjadi salah satu film kartu yang mendidik penontonnya, terutama anak-anak. Film buatan dari DreamWorks ini mengangkat cerita tentang hubungan naga dan kehidupan manusia. Mulanya naga dianggap sebagai pengganggu sehingga antara naga dan manusia tidak bisa hidup rukun.

Sampai akhinya tokoh utama dalam cerita di film ini mencari titik kesalahpahaman antara naga dan manusia agar mereka bisa berdamai. How to Train Your Dragon muncul dalam 3 serial yang berbeda, tapi cerita ketiganya saling berkaitan. Film ini mengajarkan pentingnya berempati kepada makhluk lain dan bisa saling mengerti.

15. Dinosaurus

horizon-emea.disneyinternational.com

Dinosaurus menjadi salah satu judul film anime sepanjang masa yang sudah dirilis di tahun 2000 silam. Anime buatan dari Walt Disney Pictures ini dimulai saat seekor ibu Iguanodon terpaksa harus meninggalkan sarangnya karena ada serangan. Akibat serangan tersebut hanya ada satu telur saja yang tersisa, lalu hanyut ke sungai dan diambil oleh seekor Pterosaurus. Telur menetas lalu diadopsi seekor lemur betina dan diberi nama Pilo.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

16. Coco

medium.com

Sebuah film kartun pendek yang menceritakan tentang budaya Mexico dan mitologi orang meninggal di negara tersebut. Film kartun dari Disney ini memiliki nilai moral untuk anak-anak tentang pentingnya berziarah dan menghormati orang tua. Meskipun cerita tentang kenangan dari keluarga yang sudah meninggal sepertinya menjadi topik yang agak sedih untuk dibicarakan. Namun film ini berhasil menyampaikan pesan moral dengan cara berbeda, yang mungkin tidak diangkat dalam cerita kartun lainnya.

17. Up

film kartun panda
cbsistatic.com

Nonton film ini sepertinya Kamu akan dibawa pada nuansa kesedihan tentang seorang anak laki-laki dan perempuan yang saling menyukai. Mereka memutuskan untuk berpetualang yang akhirnya justru menjadi masalah karena tabungan habis untuk memenuhi kebutuhan saat perjalanan.

Suatu ketika saat mereka tua, si wanita meninggal dan anak lak-laki tadi menjadi seorang kakek yang memutuskan untuk berpetualang sendiri demi mewujudkan impiannya dengan pasangan. Nilai yang bisa dipetik dari kartun ini yaitu pentingnya menabung, bagaimana harus menghadapi masalah, tidak mudah menyerah serta harus bersikap empati dengan orang lain.

18. The Incredibles

amazon.com

Kebanyakan anak-anak yang menginjak usia remaja biasanya suka film dengan tema super hero, salah satunya film The Incredibles. Film anime ini bercerita tentang keluarga super hero yang sangat ingin menjadi keluarga biasa seperti manusia umumnya. Namun karena ada berbagai masalah yang muncul, terpaksa mereka harus bekerja sama untuk menyelesaikan masalah tersebut.

The Incredibles menyampaikan pesan moral tentang kehidupan keluarga yang harus saling menjaga kebersamaan, kejujuran, komunikasi dan menjaga satu sama lain. Kamu akan melihat kehidupan keluarga yang saling mengasihi dalam film ini sehingga mereka bisa menghadapi berbabagi masalah yang harus diselesaikan.

19. Wall-Efilm kartun pesawat

Robot juga menjadi salah satu karakter yang sering digunakan dalam produksi film kartun. Cerita yang diangkat disini  tentang masalah pencemaran sampah yang membuat bumi tidak bisa dihuni lagi. Manusia-manusia yang masih ingin hidup terpaksa harus ke luar angkasa dengan pesawat khusus.

Sampai pada akhirnya kehidupan manusia menjadi pemalas karena mereka menggunakan robot untuk menyelesaikan berbagai tugas. Kemunculan Wall-E sebagai karakter robot pembersih sampah membuat para manusia ingin kembali ke bumi dan menyelesaikan masalah pencemaran sampah. Salah satu daya tarik dari film ini yaitu adanya cerita-cerita lucu dalam penggunaan robot-robot yang dapat menyelesaikan pekerjaan manusia.

20. Kiki’s Delivery Service

dostuffmedia.com

Kiki’s Delivery Service adalah film yang bercerita tentang seorang penyihir cilik bernama Kiki yang memutuskan untuk berkelana ke kota agar bisa menambah pengalaman. Suatu ketika, Kiki menjadi pekerja pengantar roti dan kue, tapi ia selalu mengalami masalah karena tidak percaya diri akan kemampuan sihirnya.

Berkat dukungan dan kepercayaan dari banyak orang, Kiki tumbuh lebih baik serta mampu menolong orang-orang dengan kekuatan sihirnya. Pesan moral yang disampaikan anime ini yaitu menunjukkan bahwa untuk mendapatkan uang tidaklah mudah, mereka harus bekerja keras. Sehingga seorang anak tidak boleh boros.

21. Nussa

amazon.com

Nussa menjadi salah satu karya anak Indonesia yang tayang di Youtube, bahkan pernah menduduki posisi trending satu dengan view lebih dari 3 juta. Film kartun islami ini menceritakan tentang dua karakter utama bernama Nussa dan Rara, yang sangat mengedepankan nilai nilai islam.

Ada di salah satu episode Nussa yang sangat menyentuh para penontonnya, ketika ternyata selama ini Nussa menggunakan kaki palsu tapi ia tidak mengeluh dan tetap bersyukur. Animasi garapan dari The Little Giantz ini turut menampilkan lagu-lagu islami tentang hafalan doa, rukun iman, rukun islam dan lainnya yang tentunya sangat mendidik.

22. Syamil dan Dodo

film kartun owl
blogspot.com

Film anime tentang islami lainnya adalah Syamil dan Dodo, film ini juga produksi anak bangsa loh. Rilis perdana di tahun 2013, Syamil dan Dodo mengisahkan persahabatan dua anak yang lucu, pintar dan juga patuh. Dodo digambarkan sebagai karakter yang ceria, baik hati tapi suka bersikap jahil, sementara Syamil digambarkan sebagai anak yang pintar.

Syamil tak segan menasehati sahabatnya tersebut ketika ia berbuat salah atau melupakan kewajibannya sebagai seorang anak. Nilai utama yang disampaikan dalam serial kartun ini yaitu pentingnya menjaga persaudaraan sesama umat muslim.

23. Ali and Sumaya

ytimg.com

Ali and Sumaya disajikan menggunakan pengantar bahasa Inggris, menceritakan tentang kakak beradik dalam belajar agama Islam. Ada banyak hal positif yang bisa dipetik dari film animasi buatan dari Imanimations Studios ini, seperti belajar berwudhu, membaca Al Quran, tata cara Sholat dengan benar, cara thaharah dan lainnya.

24. Omar dan Hana

film kartun netflix
blogspot.com

Omar dan Hana adalah film kartun islami dari Malaysia yang mengusung konsep edukasi untuk anak-anak. Dalam film ini tidak hanya mengedepankan cerita tokoh Omar dan Hana saja, tapi juga tentang orang tua mereka yang sangat memperhatikan tumbuh kembang anak serta menanamkan nilai-nilai islam.

Orang tua Omar dan Hana selalu mengajari mengaji, membaca doa sehari-hari, sholat hingga lagu-lagu islami sederhana yang mudah dihafalkan. Kamu bisa menonton serial animasi ini di Youtube, tanpa harus download setiap episodenya.

25. Diva the Series

film kartun lucu terbaru 2020
tokopedia.net

Film kartun tentang keseharian tokoh bernama Diva dan teman-temannya. Setiap episode Diva the Series menyajikan cerita yang berbeda-beda, tapi fokus utamanya mengajarkan perilaku baik sehari-hari. Diva the Series menjadi tontonan ringan dan edukatif untuk anak-anak.

Sebagian besar konten Diva the Series menyampaikan pesan moral pentingnya minta maaf, rajin berdoa, tidak boleh boros dan harus rajin belajar. Bahkan dalam ceritanya juga sering mengangkat tema budaya Indonesia yang beraneka ragam.

26. Upin dan Ipin the Movie

Kartun Upin dan Ipin pasti sudah sangat familiar bukan? Karena serial kartun ini tayang setiap hari di televisi lokal.Popularitas dari serial kartun buatan Malaysia ini memang tidak perlu diragukan lagi, hingga ada series the Movie-nya loh. Upin dan Ipin menggunakan bahasa pengantar Melayu, lengkap disertai dengan terjemahan bahasa Indonesia-nya.

Menceritakan tentang kehidupan sehari-hari anak kembar bernama Upin dan Ipin yang sangat suka bermain. Berkat kasih sayang Nenek dan Kakak perempuannya, Upin dan Ipin tumbuh menjadi anak yang baik dan suka berbuat baik pada sesama, meskipun sesekali suka berbuat jahil. Dalam beberapa episodenya banyak mengajarkan tentang nilai-nilai islam seperti mengaji, bersedekah, shalat, puasa dan lainnya.

27. Uwa dan Rimba

film kartun petualang
kompasiana.com/

Serial kartun Indonesia lainnya yang tak kalah bagus dan mendidik adalah Uwa dan Rimba. Kartun ini bercerita tentang tiga satwa asli Indonesia yang terancam kepunahan, yaitu Pito si badak bercula satu, Mica si Harimau Sumatra dan Uwa si Orang Utan. Tanpa sengaja, mereka bertemu anak kecil bernama Boiboi yang tersesat di hutan. Ketiga sahabat tersebut bekerja sama untuk menolong Boiboi agar bisa menemukan jalan pulang dan kembali kepada keluarganya.

28. Scoob!

tom n jerry film kartun
theplaylist.net

Selain kumpulan film kartun terbaik di atas, Kamu juga bisa menonton anime terbaru tahun 2020 ini, Scoob! Film animasi tentang karakter Scooby-Doo ini  menceritakan tentang kerja sama anjing dengan manusia untuk mengungkap kejahatan.

29. The Spongebob Movie 2020

film kartun olahraga
blogspot.com

Spongebob the Movie juga menjadi film kartun terbaru yang akan tayang tahun ini yang ditayangkan di Box Office Indonesia. Ada yang unik dari cerita yang dibawa dalam Spongebob the Movie terbaru ini, yaitu karakter Spogebob yang meninggalkan Bikini Bottom. Spongebob harus menemukan Gary, siput peliharannya yang hilang hingga membawanya bertemu seorang wanita yang sangat suka makan siput.

30. Minions: The Rise of Gru

film kartun melahirkan
amazon.com

Dijadwalkan tayang tahun ini, Minions The Rise of Gru bercerita tentang awal mula hubungan antara Gru dan Minions. Di serial terbarunya ini, Gru digambarkan sebagai karakter yang mempunyai bakat supervillain yang membuat para Minions mengikuti jejaknya.

31. Doraemon the Movie 2020

Satu lagi rekomendasi film kartun terbaik yang tayang tahun ini, yakni Doraemon the Movie. Nobita dan robot kucingnya kembali berpetualang mencari harta karun di Bulan. Bersama Doraemon dan teman sekolahnya, mereka bersama-sama pergi ke Bulan untuk menemukan sesuatu. Nobita sangat yakin bahwa ada kerajaan kelinci di Bulan, berkat bantuan alat-alat canggih dari Doraemon, mereka benar-benar menemukannya.

Akhir Kata

Dari 31 film kartun di atas, mana yang menjadi favorit kalian? Kumpulan film-film kartun tersebut layak menjadi tontonan saat waktu luang, terutama untuk anak-anak hingga remaja. Karena sebagian besar mengajarkan tentang edukasi dan kebaikan. Selamat menonton!

 

Siva Nur Ikhsani

Halo, aku Siva. Selain suka nulis apa saja, aku juga hobi makan dan main game, hehe :)

Update : 14 Desember 2020 - Published : 16 Juni 2020

Tinggalkan komentar