5 Cara Merawat Sugar Glider Untuk Pemula Beserta Tahapannya

Saat ini orang-orang banyak yang ingin dan bahkan sudah memelihara Sugar Glider. Namun sebagian besar masih belum tahu cara merawat sugar glider dengan benar. Meskipun sebenarnya dalam perawatan sugar glider  tidaklah terlalu sulit, tapi kamu harus sabar di fase-fase awal setelah kamu membeli sugar glider.

Untuk lebih detailnya mengenai cara merawat sugar glider, yuk simak tentang cara-caranya berikut ini, khususnya bagi pemula.

Cara Merawat Sugar Glider:

1. Proses adaptasi sugar glider

cara merawat sugar glider dewasa
Sumber: georgiasugargliders.com

Untuk proses adaptasi ini, kamu memerlukan waktu lebih dari satu bulan. Mengapa demikian? Karena sugar glider memiliki perasaan jika manusia adalah ancaman bagi hidupnya, pemilik harus telaten di awal-awal fase agar sugar glider jinak.Untuk menghilangkan rasa cemas sugar glider pada manusia, kamu harus berhati-hati dan jangan sampai hewan peliharaanmu ini merasa tersakiti, kemudian sugar glider menjadi yakin apabila manusia bukan lagi ancaman untuknya.

Hal pertama yang dilakukan setelah membeli sugar glider adalah dengan membiarkannya di kandang selama sekitar dua hari, pastinya dengan tetap memberinya makan secara teratur, namun tanpa menyentuhnya dan mengganggunya terlebih dahulu. Kamu harus menunggu sampai hewan ini merasa tenang, baru kamu bisa membawanya keluar untuk diajak berinteraksi.

2. Siapkan tempat tinggal yang nyaman untuk sugar glider

bagaimana cara merawat sugar glider
Sumber: pinterest.com

Hewan ini memiliki karakteristik yang aktif bergerak, sehingga kamu harus menyiapkan tempat yang lapang dan luas agar ia bisa leluasa dan merasa nyaman. Ukuran minimum untuk sebuah kandang sugar glider adalah dengan tinggi 30 cm dan lebar 60 cm, serta jarak antarbesi sebagai dinding kandang maksimal 1,25 cm.

Atau lebih baik jika kamu bisa menyediakan tempat yang lebih dari ukuran minimum tersebut. Kemudian, upayakan kamu menggunakan jaring-jaring dengan besi horizontal dan vertikal, sehingga sugar glider bisa memanjat dengan mudah. Selain itu, hindari besi yang bahannya terbuat dari baja galvanis, karena itu bisa menyebabkan sugar glider terkena infeksi kandung kemih ketika baja tersebut berkarat.

Jangan lupa memberi alas seperti baki sebagai tempat menampung kotoran dan makanan yang jatuh di kandang sugar glider. Hindari penggunaan kayu sebagai alas kandang sugar glider, karena minyak-minyak yang terkandung didalamnya bisa menyebabkan masalah pernafasan pada sugar glidermu. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan bahan material yang aman.

cara merawat kandang sugar glider
Sumber: youla.ru

Bisa juga dengan menyiapkan tempat seperti kantong. Sugar glider merupakan hewan yang nocturnal, sehingga kamu harus menyiapkan tempat yang semirip mungkin dengan alam bebas atau habitatnya. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan batok kelapa, atau membuat seperti kantung dari kain.

Lagi-lagi, kamu harus pastikan jika kain yang digunakan ini tidak membahayakan bagi sugar glider, contohnya dengan memilih kain yang terbuat dari wol atau katun. Kemudian, tata kain tersebut sebagai alas sugar glider, dan pastikan tidak ada jahitan diluarnya sehingga kuku-kukunya tidak menyangkut ke jahitan tersebut.

3. Berikan makanan dan minuman sehat untuk sugar glider

cara merawat dan memelihara sugar glider
Sumber: pinterest.com

A. Makanan yang baik untuk sugar glider

cara merawat sugar glider yang baru lahir
Sumber: pinterest.com

Makanan untuk sugar glider sebenarnya tidak begitu sulit, karena hewan ini tergolong dalam hewan omnivora. Meskipun demikian, kamu juga tidak boleh memberinya sembarang makanan. Kamu harus mempertimbangkan kandungan protein dan vitamin yang biasanya terkandung dalam buah-buahan dan sayuran. Hindari untuk memberikan makanan kucing dan anjing kepada sugar glider, karena kandungan gizi didalamnya tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh tubuh sugar glider.

B. Minuman untuk sugar glider

cara merawat sugar glider bayi
Sumber: pinterest.com

Gunakan air minum yang sudah disaring atau difilter untuk sugar glider, atau bukan murni dari air sumur. Ganti air tersebut setiap hari, tanpa menunggu isinya tersebut habis. Kamu bisa menambahkan jus buah didalamnya, namun jangan diberikan setiap hari, sebab kamu harus tetap memperhatikan jumlah kandungan gula untuk tubuh sugar glider.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

C. Siapkan camilan yang sehat

cara merawat sugar glider joey
Sumber: ntv.com.tr

Selain memberikan makanan dan minuman untuk sugar glider, kamu bisa menyiapkan camilan untuknya. Memberi camilan ini juga berfungsi untuk mendekatkan naluri sang pemilik dengan sugar glidernya, misalnya dengan memberikan camilan tersebut langsung melalui tangannya (handsfeeding).

Contoh makanan yang bisa dijadikan camilan adalah bubur bayi, apel, yogurt dan pepaya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam hal memberi makanan dan camilan untuk sugar glider, kamu harus memastikan jika makanan tersebut bebas dari pemanis, pengawet atau bahan-bahan yang non alami, seperti cokelat, dan permen.

4. Rawat sugar glidermu dengan rutin

cara merawat sugar glider untuk pemula
Sumber: freepik.com

Merawat sugar glider tidak hanya dengan memberinya makanan dan minuman, tetapi juga dengan membersihkan badannya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kamu akan membersihkan sugar glider, yaitu sebagai berikut:

A. Waktu yang tepat untuk memandikan sugar glider

cara merawat sugar glider joey bagi pemula
Sumber: buckhawk.org

Sebelumnya, pilih waktu yang tepat untuk memandikannya, Pastikan sugar glidermu tidak dalam keadaan sakit, dan ia sudah jinak denganmu. Biasanya sugar glider dimandikan ketika badannya sudah sedikit bau.

B. Siapkan peralatan yang dibutuhkan

cara memelihara sugar glider untuk pemula
Sumber: zazzle.com

Peralatannya ini tidak banyak dan bisa dengan mudah ditemukan di sekitar kehidupan kita, contohnya tissue basah non alkohol, tissue kering atau handuk lembut untuk mengelap, dan shampoo khusus yang bisa dibeli di petshop, atau bisa juga dengan shampoo untuk bayi.

C. Cara memandikan sugar glider

cara merawat sugar glider yang baik
Sumber: petcentral.chewy.com

Sebelumnya, kamu harus mengeluarkan sugar glider dari kandangnya, dan membersihkan kandangnya terlebih dahulu, dengan mengganti kantong-kantong yang sudah kotor, serta membersihkan sudut-sudut kandang tersebut. Ada dua cara dalam memandikan sugar glider ini. Pertama, kamu bisa menggunakan shampoo khusus sugar glider dan menuangkannya ke telapak tangan, kemudian mengusapnya secara perlahan ke tubuhnya, untuk membilasnya cukup gunakan tissue basah dan keringkan dengan handuk lembut. Kedua, kamu cukup mengelapnya dengan tissue basah jika sugar glidermu tidak bau, kemudian mengeringkannya dengan handuk.

D. Cara memotong kuku sugar glider

cara merawat sugar glider yang sedang hamil
Sumber: onestopadventures.com

Kenapa sih kamu harus rutin memotong kuku sugar glider? Ini harus dilakukan supaya kamu tidak tersakiti kuku tajamnya ketika berinteraksi. Siapkan pemotong kuku yang tajam terlebih dahulu.

Kemudian, siapkan kantong dan masukkan sugar glider kedalamnya, supaya dia merasa aman, baru kamu bisa memulai memotongi kukunya. Keluarkan tangan dan kakinya, lalu mulai potong kukunya satu persatu. Hal yang perlu diperhatikan, jangan memotong kukunya terlalu dalam, cukup di bagian ujung-ujungnya saja.

5. Memilih dokter hewan yang baik

cara merawat sugar glider yang sakit
Sumber: howcast.com

Kamu harus memiliki dokter hewan pilihan khusus sugar glider yang terdekat dengan rumahmu, karena hewan ini juga bisa terserang penyakit seperti hewan peliharaan lainnya. Jadi, jika sugar glidermu sakit, kamu bisa segera membawanya ke dokter itu. Kamu harus membawa sugar glidermu ini untuk pengecekan penyakit setahun sekali.

Atau kamu lebih baik untuk ikut dalam komunitas pemilik sugar glider, supaya kamu tahu atau bertukar pengalaman dengan pemilik yang lain tentang perawatan sugar glider yang baik. Selain itu, kamu juga akan merasa enjoy ketika kamu keluar dan mengajak jalan-jalan sugar glidermu bersama teman-teman yang lain sesama pemelihara sugar glider.

Demikian cara-cara merawat sugar glider. Bagaimana? Mudah bukan? Semoga ini bisa membantu kamu dalam merawat hewan peliharaan yang menggemaskan ini.

Shinta Nuriya Idatul Alfain

Update : 18 Desember 2020 - Published : 6 Juli 2020

Tinggalkan komentar