9 Aplikasi Perekam Layar Untuk Android dan iOS (Gratis)

Aplikasi perekam layar atau biasa dikenal dengan istilah screen recorder menjadi salah satu aplikasi yang banyak dicari saat ini. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini difungsikan untuk merekam aktivitas layar handphone. Mungkin banyak dari kalian yang telah melihat “hasil nyata” dari aplikasi ini, katakanlah konten game di Youtube maupun di Facebook.

Ya, untuk membuat sejenis konten tersebut, banyak dari para content creator menggunakan bantuan aplikasi perekam layar agar hasil yang didapatkan menjadi lebih maksimal. 

Sebenarnya, semua pengguna Android maupun iOS bisa melakukan aktivitas tersebut tanpa bantuan aplikasi. Namun, apabila kalian melakukannya dengan menggunakan fitur bawaan, bisa jadi hasil yang didapatkan memiliki kualitas yang kurang bagus, baik dari segi resolusi maupun kualitas suara.

Maka dari itu kita akan bahas berbagai rekomendasi aplikasi rekam layar atau screen recorder terbaik untuk Android maupun iOS. Dilansir dari Ubixlo, berikut ini daftar aplikasi perekam layar yang recommended dan layak untuk dicoba:

1. Screen Recorder-Record your screen

Aplikasi ini dapat kalian peroleh secara gratis di perangkat Android yang kalian miliki. Selain disediakan secara gratis perangkat ini mampu menghasilkan rekaman layar yang bagus atau berkualitas. 

Selain itu, durasi atau kemampuan aplikasi untuk merekam layar yang diinginkan tanpa batas waktu, artinya kalian dapat merekam layar selama-lamanya, sesuai kebutuhan dan keinginan kalian. 

Screen Recorder juga memberikan fasilitas atau fitur yang sangat beragam, dan tentunya akan menambah kualitas rekaman layar yang kalian lakukan. 

Contohnya adalah fitur shake yang berfungsi sebagai jeda atau pemberhentian sesaat pada saat kalian melakukan perekaman layar. 

2. AZ Recorder – No Root

Sekilas AZ Recorder – No Root mirip dengan Screen Recorder, dimana aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan perekaman layar tanpa batas waktu, artinya sesuai dengan keinginan kalian. 

Resolusi yang dihasilkan dari aplikasi AZ Recorder – No Root sangat bagus, mulai dari HD hingga Full HD. Keunggulan dari aplikasi ini adalah dilengkapi dengan fitur-fitur yang sangat menarik, seperti Magic Button

Magic Button memberikan fitur perekaman layar dari semua aplikasi yang dijalankan di Android. Pun juga, hasilnya pun tergolong bagus karena hanya menyajikan rekaman kegiatan dari aplikasi yang sedang direkam.

3. NO-ROOT Record Screen to Video

Aplikasi ini merupakan perekam layar yang mudah dan menghasilkan rekaman layar berkualitas tinggi. Apabila kalian menggunakan aplikasi ini untuk keperluan rekam layar kalian akan mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. 

Pengguna Android dapat mengunduh aplikasi rekam layar NO-ROOT Record Screen to Video di Google Play Store, sungguh fasilitas yang simple dan memuaskan. Hasil rekaman layar yang dikeluarkan oleh NO-ROOT Record Screen to Video memiliki kualitas HD. 

Keunggulan yang diberikan aplikasi ini adalah tanpa ada watermark di bagian hasil rekaman yang telah dilakukan. Bagusnya lagi, untuk menggunakan aplikasi ini kita tidak harus melakukan rooting di Android.

4. Rec. (Screen Recorder)

Aplikasi ini mudah digunakan dan sangat direkomendasikan bagi kalian sebagai pengguna android. Rec. (Screen Recorder) memberikan fasilitas yang simpel untuk penggunanya, sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan rekam layar sesuai yang dibutuhkan. 

Selain itu, Rec. (Screen Recorder) juga dilengkapi dengan fitur interface yang secara langsung akan memudahkan kalian dalam melakukan perekaman layar. 

Aplikasi ini tersedia dalam dua versi, mulai yang free alias gratis hingga versi berbayar. Tentunya terdapat perbedaan untuk versi yang berbayar. 

Aplikasi yang sifatnya gratis pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, hanya saja aplikasi Rec. (Screen Recorder) yang berbayar menyediakan fitur yang kompleks dan lebih lengkap daripada Rec. (Screen Recorder) versi gratis. 

Fitur tambahan dari aplikasi ini adalah Mic, dimana kalian bisa menggunakannya untuk merekam suara dari luar saat aktivitas perekaman layar dimulai.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

5. Background Video Recorder

Background Video Recorder memiliki fitur penjadwalan dan fitur perekaman yang bersifat rahasia. Secara kasat mata, fitur yang dapat dijalankan dalam aplikasi Background Video Recorder cukup sederhana. Sehingga dengan tampilan tersebut kalian akan menikmati kemudahan-kemudahan saat proses perekaman dilakukan. 

Keunggulan lain yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah tersedia variasi Bahasa yang beragam, sehingga kalian dapat memilih Bahasa sesuai dengan keinginan. 

Namun perlu diketahui, bahwasannya aplikasi Background Video Recorder memiliki kelemahan dibandingkan dengan aplikasi perekam layar lainnya, yakni durasi setiap video yang dihasilkan hanya 30 menit dan pada perangkat tertentu resolusi yang dihasilkan kurang maksimal.

6. Game Screen Recorder

Aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk kalian para pengguna Android. Terutama bagi kalian yang sering melakukan perekaman video game yang kalian mainkan. Aplikasi Game Screen Recorder unggul dalam proses perekaman video game

Bagusnya lagi adalah aplikasi ini mampu mendeteksi secara otomatis pada fitur yang tersedia di game yang dimainkan, seperti fitur pause dan play

Game Screen Recorder memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, sehingga tidak memakan banyak ruang di memori smartphone kalian. Selain itu, aplikasi ini memberikan fitur menarik berupa editor yang berfungsi untuk membuat opening dalam video yang dibuat. 

Namun sayangnya, aplikasi Game Screen Recorder belum menyediakan fasilitas atau fitur untuk live streaming.

7. TechSmith Capture

TechSmith Capture merupakan aplikasi perekam layar yang biasanya digunakan oleh pengguna iOS. Fungsi dari aplikasi TechSmith Capture selain merekam layar juga dapat merekam suara kalian saat proses perekaman berlangsung. 

Misalnya, dalam rangka menjelaskan narasi yang masih bersifat umum atau belum begitu jelas. Dengan demikian, informasi dari video yang dihasilkan akan semakin detail dan lebih jelas. 

Aplikasi ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis oleh kalian saat 14 hari pertama (free trial) setelah proses install dilakukan. Selanjutnya, kalian akan diwajibkan untuk membayar karena masa trial sudah berakhir. 

8. iOS Built-in Screen Recorder

Aplikasi perekam layar selanjutnya adalah iOS Built-in Screen Recorder. Aplikasi ini dapat diperoleh pada produk-produk iOS tanpa bayar atau secara gratis. 

Aplikasi iOS Built-in Screen Recorder menyediakan fitur yang menambah kenyamanan bagi viewers hasil video yang kalian buat. Seperti suara tambahan yang dapat kalian masukan ke hasil rekam layar yang kalian lakukan, apabila suara yang dihasilkan kurang maksimal.

Sama halnya dengan TechSmith tadi, dengan fitur yang mampu merekam suara dari luar, tentunya hasil video dari rekaman layar tersebut tentu akan menambah nilai lebih dari segi kejelasan maupun informasi yang tersampaikan.

9. Vidyo Screen Recorder

Vidyo Screen Recorder merupakan aplikasi perekam layar yang juga tersedia untuk pengguna iOS. Tahun 2019 aplikasi Vidyo Screen Recorder dinobatkan sebagai aplikasi perekam layar terbaik bagi produk-produk iOS seperti IPhone, IPad, IPod Touch, dan produk lainnya. 

Fasilitas yang dapat kalian nikmati dari Vidyo Screen Recorder adalah resolusi video yang dihasilkan dari proses rekam layar. Disini terdapat beberapa pilihan ukuran, mulai dari 360p, 540p, 720p, hingga ukuran 1080p. 

Beberapa ukuran tersebut disediakan untuk keperluan yang kalian butuhkan. Sehingga, kalian akan dimudahkan dalam hal output atau hasil dari perekaman yang kalian lakukan.

Tentunya, masih ada banyak aplikasi perekam layar yang tersedia untuk Android maupun iOS. Dari beberapa aplikasi yang telah diulas di atas, kami telah memilah dan memilih aplikasi yang sesuai dan kekinian.

Dengan demikian, jika kalian ingin menggunakan salah satu diantaranya, tentunya bukanlah aplikasi yang ketinggalan jaman.

Oke, sekian pembahasan kita kali ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Ade Rizki

Halo! Aku Ade Rizki, seorang blogger yang menyukai dunia teknologi dan digital. Dengan tulisan, aku bisa berbagi banyak hal bermanfaat pada semua orang.

Update : 31 Januari 2021 - Published : 8 Desember 2020

Tinggalkan komentar