2 Cara Mendapatkan LOA Universitas

Jika kalian berkeinginan untuk kuliah di luar negeri salah satu berkas yang wajib kalian siapkan adalah Letter of Acceptance (LOA). Sebelum mengetahui cara mendapatkan loa universitas, terlebih dahulu kalian harus tau apa itu LOA.

LOA adalah dokumen yang dikeluarkan kampus sebagai penkalian kalian diterima di kampus tersebut. Dalam  situs resmi LPDP, dijelaskan LOA ada dua yakni unconditional letter of acceptance dan conditional letter of acceptance.

Unconditional Letter of Acceptance merupakan surat pernyataan yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi yang menyatakan bahwa kalian telah diterima sebagai mahasiswa di jurusan yang didaftarkan. Biasanya setelah mendapatkan Unconditional LoA, pendaftar dipersilakan untuk melanjutkan proses pendaftaran yaitu dengan membayar biaya pendidikan Sedangkan Conditional Letter of Acceptance (Conditional LoA), merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh perguruan tinggi yang menyatakan bahwa kalian diterima secara bersyarat. Bersyarat dalam hal ini artinya terdapat satu atau lebih hal yang harus dipenuhi pendaftar untuk kemudian dapat memperoleh Unconditional LoA. 

Berikut ini kami rangkum cara mendapatkan loa universitas :

1. Menentukan Universitas yang Akan Dituju 

Beda universitas beda syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar kuliah disana.kalian harus mengetahui syarat apa saja yang diajukan universitas untuk syarat diterima di universitas tersebut. Selain iu, kalian bisa mengurangi risiko kekeliruan saat akan melakukan pendaftaran ke universitas impianmu.

Apabila kalian ingin kuliah diluar negeri, kalian  bisa mengunjungi situs resmi atau mencari jaringan dan bertanya kepada alumni. Dengan begitu kalian bisa mengetahui jadwal dan alur proses seleksi masuk universitas yang akan dilewati.

2. Melengkapi persyaratan dokumen

Persyaratan dokumen adalah hal mutlak yang harus kalian lengkapi apabila ingin mendaftar di universitas impianmu. Untuk itu kalian harus tau dokumen apa saja yang kalian butuhkan untuk syarat pendaftaran diantaranya;

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

a. Curriculum Vitae (CV) 

CV adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman seseorang dan kualifikasi lainnya. CV yang diperuntukan untuk daftar universitas  lebih menyorot dari segi profesional dan akademis. kalian bisa memasukan latar belakang pendidikan dan pengalaman bekerja secara singkat. Dan apabila kalian pernah mendapatkan penghargaan dan pencapaian akademik itu bisa menjadi nilai plus untuk CV kalian.

b. Motivation Letter 

Motivation letter adalah dokumen yang berisikan keterampilan secara profesional kemudian kalian juga bisa memberi alasan kenapa mengajukan beasiswa dan ingin berkuliah di kampus tersebut. Selain itu kalian juga bisa menuliskan tentang ketertarikan terhadap bidang studi dan kepemimpinan untuk menjadi penguat motivasimu dalam Motivation Letter

c. Essay 

essay digunakan dimaksudkan untuk mengetahui keterampilan dari segi berpikir dan menulis. Biasanya essay dibuat dengan topik tertentu atau memiliki tema sesuai dengan jurusan yang akan kalian ambil di kampus tersebut. Karena itu buat essay sebagai mungkin sebagai penguat kalian untuk cara mendapat LOA

d. dokumen pendukung

dokumen lain untuk melengkapi persyaratan universitas biasanya adalah skor TOEFL atau IELTS, transkrip nilai dan lain-lain. Biasanya universitas luar negeri mengharuskan adanya dokumen surat rekomendasi dari universitas sebelumnya. Tak hanya itu sebagai penguat, kampus juga mengharuskan kalian membuat tulisan ilmiah atau rangkuman dari tugas akhir atau skripsi S1.

Demikian adalah cara untuk mendapatkan LOA universitas. kalian juga bisa bertanya langsung kepada pihak universitas mengenai ketentuan untuk mendapatkan LoA, sehingga Dengan begitu akan mengurangi potensi kekeliruan dan kalian bisa segera mendapatkan LoA. Selain itu kalian bisa membangun komunikasi dengan pihak kampus agar peluang diterima di universitas tersebut makin besar.Apabila kalian masih bingung kalian bisa melihat cara mendapatkan loa universitas di https://blog.schoters.com/cara-mendapatkan-loa-universitas

Admin

Update : [modified_date] - Published : [publish_date]

Tinggalkan komentar