selasar-loader

+Sesi Tsamara


Dalam sejauh pandangan Kak Tsamara, Apakah metode yang tepat untuk mencuci otak konsumtif di tubuh pemerintahan saat ini?

OEMPVNkYI-QOHohe4VOPFVn3EAke-Acv.jpg

Sebenarnya salah satu cara yang aku pelajari saja ya, aku nggak tahu apakah ini cara paling tepat, begitu. Kalau aku secara pribadi menilai, memang kita seharusnya melakukan lelang jabatan....(more)

Asked Aug 29, 2017

Mengapa Anda memilih untuk terjun ke dunia politik? Di saat kebanyakan dari anak muda pada zaman sekarang memilih untuk terjun ke dunia wiraswasta.

RXHLFwYDcxvfDYthaD5Hn4YUgQDbNt-8.jpg

Justru keluargaku semuanya entrepreneur. Mereka semua usaha. Mereka semua nggak ada yang terjun ke politik. Tapi aku memilih untuk terjun ke politik. Mungkin latar belakangnya karena aku ini...(more)

Asked Sep 05, 2017

Ada isu bahwa seseorang yang berpolitik hanyalah boneka dari seorang dalang, untuk kepentingan tertentu, dan orang-orang tertentu. Setelah Tsamara masuk dan terjun dalam sistem politik, apakah isu tersebut benar adanya?

CtnwYeWY9sm6VACH8NN-jsVT9GzLaAGT.jpg

Kalau aku secara pribadi sih nggak merasa sebagai seorang boneka, nggak merasa sebagai seorang dalang yang mengendalikan boneka-boneka siapapun. Berpolitik bagi aku memang adalah alat untuk...(more)

Asked Aug 22, 2017

Bila Tsamara adalah Soekarnois, apa yang Tsamara ketahui tentang Manipol USDEK dan Tujuh Bahan Indoktrinasi? Apakah prinsip PSI sesuai dengan Manipol USDEK dan Tujuh Bahan Indoktrinasi Soekarno?

6poa_ffZfJgSu1ctHVNdTozTdjFCx7rf.jpg

PSI sih sebenarnya aku nggak tahu apakah PSI itu Soekarnois enough or not, tetapi kita bisa mengatakan bahwa kita mengagumi sosok Bung Karno. Tapi kalau boleh jujur, PSI itu sistemnya memang...(more)

Asked Sep 05, 2017

Apa korelasi antara sistem pemerintahan presidensial dengan sistem multipartai yang berlaku di Indonesia? Lalu bagaimana langkah untuk memaksimalkan sistem pemerintahan presidensial di Indonesia?

8qwBb0XglLgjfNiJiK0kqrODHhwG3EBO.png

Sebenarnya, sistem Indonesia memang multipartai, tapi itu kan memang hak yang ada dalam masyarakat. Masyarakat memiliki hak pilih, kemudian banyak partai politik yang terpilih dan masuk ke dalam...(more)

Asked Aug 28, 2017

Bagaimana Tsamara membiayai hidupnya?

Z8lcVZkHGd5twgtbMwa6dY4HQJS81zBF.jpg

Sebenarnya aku masih kuliah semester 6. Sekarang semester 7, mau skripsi. Salah satu biaya hidup aku tentunya nggak lepas dari orang tua.

Yang kedua, di PSI sebenarnya nggak digaji sebagai pimpinan...(more)

Asked Aug 28, 2017

Hitler berkata, jika tidak suka suatu peraturan, patuhi dan jadilah yang teratas lalu ubahlah. Apakah Tsamara pernah terbersit melakukan hal semacam itu juga?

_oh3sD2EK4Q2OiIzOYjkv6_9UyP0uI8P.jpg

Sebenarnya memang aku terbersit untuk masuk dalam sistem. Aku selalu katakan, “Merebut politik, merebut kekuasaan.” Kenapa? Kekuasaan itu nggak masalah. Yang masalah adalah kekuasaan itu...(more)

Asked Aug 25, 2017

Tsamara, kalau kamu jadi gubernur, apa yang bakal kamu lakukan untuk mengurangi kesenjangan sosial?

imyea9Ft1aFtOue_d88a9lYQbHukr5Mu.jpg

Wah, pertanyaan yang berat ini. Aku nggak akan tahu apa yang terjadi ketika aku menjadi gubernur, apakah Gini ratio kita udah berkurang atau nggak. Tapi satu hal yang akan aku lakukan adalah...(more)

Asked Aug 29, 2017

Tsamara, kamu tidak takut "dipermainkan" dengan orang-orang yang tak suka kamu jadi aktivis? Alasannya apa?

MOX2VlW0-7Ogs8PpzMg4I9YTjjaWxqhQ.png

Takut dipermainkan sih, nggak, aku rasa. Aku sih nggak merasa takut dipermainkan oleh orang-orang itu. Diancam? Diintimidasi? Nggak, aku nggak merasa takut. Aku percaya, aku punya Allah, Tuhan...(more)

Asked Aug 29, 2017

Tsamara, apa yang membuatmu kebal dan berani bicara mengangkat topik yang "tak normal" ditujukan untuk "beliau-beliau terhormat'?

3QM2nGeZiW3CgDp_wy29RVtH3_u8btxW.png

Seperti yang aku bilang, aku nggak pernah kepikiran banyak konsekuensinya. Aku simple, sekarang. “Beliau-beliau yang terhormat” itu adalah wakil rakyat. Aku rakyatnya. Mereka wakil rakyat,...(more)

Asked Aug 29, 2017

Motivasi apa yang membuat Tsamara mau bergabung dalam dunia aktivis di tengah banyaknya mahasiswi saat ini yang cenderung pragmatis?

Saya Yosef Nahu, kordinator FMN di kampus Universitas Nusa Cendana. Saya bergabung di organisasi ini sudah 2 tahun.

Motivasi saya adalah ingin belajar dan mau menambah pengalaman karena pengetahuan...(more)

Asked Oct 26, 2017

Mengapa Mbak Tsamara Amany bercita-cita ingin jadi Gubernur DKI Jakarta?

E74OlKmcaaI_9E1FHZ0EryxPyYBOXr0v.jpg

Alasannya simple banget. Aku lahir di Jakarta, merasa Jakarta telah memberikan banyak hal buat aku. Masih banyak kekurangan di Jakarta, iya, tapi aku bercita-cita untuk itu. Memang cita-cita yang...(more)

Asked Aug 30, 2017

Mengapa PSI tidak mau memiliki kader yang sebelumnya pernah memiliki pengalaman di dunia politik? Bukankah pengalaman, kompetensi dan idealisme menjadi kunci agar bisa sukses dan bertahan di dunia politik?

eXgbkzSZusei5WKQiuCuv3lTEPN3IF6f.jpg

Kita mau kok punya anggota. Anggota itu bebas. Sebenarnya, anggota dari partai politik mana pun yang ingin jadi anggota kita boleh juga. Yang nggak boleh itu adalah menjadi pengurus.

Pengurus itu...(more)

Asked Aug 30, 2017

Sejauh mana batasan kesetaraan gender menurut Tsamara? Ataukah tidak terbatas?

4P1HSlvW0IsAKsKr4lbRI47RCx-4X72n.jpg

Menurut aku sih simple aja, batasan soal kesetaraan gender. Yang penting saling mendukung saja, sih. Karena menurut aku dalam arti gender dan relationship begitu ya, hubungan itu harus saling...(more)

Asked Aug 23, 2017

About


Sesi Tsamara adalah program Selasar Session yang menghubungkan para pengguna Selasar dengan figur Tsamara Amany melalui tanya-jawab.