selasar-loader

+Pemilu


#2019gantipresiden atau #Jokowi2periode?

Perang tagar #2019GantiPresiden vs #Jokowi2Periode

2019 masih berjarak setengah tahun lagi, namun nuansa kontestasi politik khususnya pilpres sudah mulai memanas. Salah satu yang paling membedakan...(more)

Asked Aug 03, 2018

Apa yang harus disiapkan untuk menghadapi tahun pemilu 2019?

eTQhixLc_5iLe0eDqYxMDWhgErOHOno4.png

Hello masyarakat Indonesia! Terima kasih ya kamu sudah nanya, saya akan bantu jawab nih. Sudah pada tahu kan kalau tahun depan akan diadakan pesta demokrasi di negara kita? Ya, pada tanggal 17...(more)

Asked Jul 23, 2018

Legalkah jika saya secara terang-terangan mengkampanyekan gerakan golput?

Golput merupakan singkatan kata dari Golongan Putih. istilah ini biasa digunakan bagi peserta pemilu yang tidak ingin memilih. berbagai macam penyebabnya, bisa jadi disebabkan memang tidak adanya...(more)

Asked Apr 06, 2018

Siapa yang akan memenangkan Pilkada Jawa Barat 2018 dan apa analisis Anda?

Menurut saya pasangan RINDU yang akan jadi juara. Mengapa? strategi yang digunakan Ridwdan Kamil untuk mendulang suara dari IG dan medsos sangat efektif , khususnya untuk kaum muda. Di sisi lain,...(more)

Asked Apr 03, 2018

Apa yang seharusnya pemuda lakukan dalam menghadapi Pilkada 2018?

1. Pemuda sebagai agen perubahan harus dapat mengawal proses transisi demokrasi ke arah yang lebih substantif yakni terlaksananya pemilu secara free dan fair. Untuk mengawal proses tersebut,...(more)

Asked Jan 24, 2018

Apa yang membuat jumlah perempuan yang terjun ke dalam bursa pemilu masih tergolong sedikit?

Ini pertanyaannya bagus banget, Nur Fadhilah. Rasanya jawabannya begini; karena selama ini, ajang politik itu, apalagi kontestasi pemilihan ya, baik itu pilkada atau pemilihan umum, selama ini...(more)

Asked Oct 27, 2017

Siapa yang cocok didampingi oleh Gatot Nurmantyo pada Pilpres 2019? Prabowo atau Jokowi?

Shendy Adam
Shendy Adam
Belajar Politik dan Pemerintahan di UGM (2004-2008)

CNOCEu3WLaeWpElQuxvz1iZEuv0wymKT.jpg

 

Kalau memang akhirnya akan maju di pilpres 2019, Gatot Nurmantyo sebaiknya menjadi kandidat wakil presiden Joko Widodo ketimbang Prabowo Subianto. Pertimbangannya jelas karena faktor elektoral....(more)

Asked Aug 08, 2017

Setujukah Anda setiap partai politik berhak mengusung calon presiden sendiri?

Andrian Habibi
Andrian Habibi
Advokasi hak sipil dan politik

ZrSnifn0zkU2hAsNUPrFytZQYiioO4rZ.jpg

Setuju sekali. Sesuai dengan ketentuan "Pemilu Serentak", seharusnya setiap partai politik peserta pemilu langsung mengusung calon presidennya sendiri. Karena pemilu serentak berarti meniadakan...(more)

Asked Jul 09, 2017

Siapa saja Anggota KPU terpilih 2017-2022?

hSMHqz-g_Ca-5b2YT2MnVQlOtTn1zI-O.jpg

via moneter.co.id (FR)

Mengenal calon anggota KPU Terpilih 2017-2022

1. Wahyu Setiawan, SIP, MSi
Merupakan anggota KPU Jateng. Pria kelahiran Banjarnegara 5 Desember 1973 itu pernah menjadi Ketua KPU...(more)

Asked Apr 05, 2017

Kalau berkesempatan memimpin suatu daerah, pertimbangan apa yang membuat Anda ambil kesempatan itu? Orang-orang seperti apa yang akan Anda tunjuk sebagai pendamping Anda ketika memimpin nanti?

Arfi Bambani
Anonymous

Hasil gambar untuk pemimpin daerah

Pertanyaan sangat menarik karena saya pernah ditawari untuk ini namun saya tidak menyanggupi. Saya menolak karena beberapa alasan.

Lalu. pertimbangan apa yang bisa membuat saya bisa berpikir untuk...(more)

Asked May 06, 2017

Apa arti penting Quick Count dalam suatu pemilu?

Shendy Adam
Shendy Adam
Belajar Politik dan Pemerintahan di UGM (2004-2008)

n5lSbgtRfRCY8ZuFCJqMZtP0mzji94Eq.jpg

Quick count sangat penting dalam suatu pemilu sebagai alat kontrol kecurangan yang dilakukan pihak tertentu secara sistematis. Tentu saja penyelenggara yang independen menjadi syarat utama. Dengan...(more)

Asked Mar 07, 2017

Bagaimana caranya agar mampu menyelaraskan agama dan politik?

caranya adalah dengan menjalankan apa yang di perintahkan oleh agama. karena menurut saya rusaknya atau penyebab politik terlihat buruk karena terlalu banyak kepentingan pribadi. karena pada...(more)

Asked Apr 06, 2018

Mengapa partai Islam di Indonesia tidak/belum pernah menjadi pemenang pemilu pada era Reformasi?

Karena terlalu banyak partai yang mengatasnamakan islam, sehingga suara umat islam tak pernah bersatu ke satu kantong suara, malah terpecah ke banyak tempat. Selain itu, kalimat kalimat yang...(more)

Asked Jan 02, 2018

About


n akr pemilihan umum (kbbi.kemdikbud.go.id) Pemilihan umum (disebut pemilu) adalah proses memilih orang untuk mengisi jabatan-jabatan politik tertentu. Jabatan-jabatan tersebut beraneka ragam, mulai dari presiden, wakil rakyat di berbagai tingkat pemerintahan, sampai kepala desa. Pada konteks yang lebih luas, pemilu dapat juga berarti proses mengisi jabatan-jabatan seperti ketua OSIS atau ketua kelas walaupun dalam hal ini, kata pemilihan lebih sering digunakan. (id.wikipedia.org)