selasar-loader

Lagu apa yang paling romantis yang pernah Anda dengar?

Last Updated Apr 4, 2017

4 answers

Sort by Date | Votes
Ma Isa Lombu
Penikmat Budaya

0HPf6wu7Kt4Slu0YpDln5PGwzEbQgPlT.jpg

via bp.blogspot.com (FR)

Surat Cinta untuk Starla

Mungkin terlalu berlebihan jika saya bilang ini adalah lagu cinta paling romantis sepanjang masa, tapi yang jelas saya jatuh cinta dengan "lagu cinta" yang satu ini. Saya berikan pula lagu ini ke istri saya beberapa waktu lalu sebagai bentuk ekspresi rasa sayang saya padanya.

Pertama kali saya dengar melodi dan liriknya dari pengamen di salah satu kendaraan umum. Sangat easy listening dan kekuatan liriknya luar biasa, saya pikir pada pendengaran pertama. 

Saya yakin, lagu ini dibuat dengan serius. Menggunakan hati sebagai bentuk ekspresi komitmen dan rasa sayang penggubahnya kepada seseorang yang ia sayang, tidak sekedar memuaskan kebutuhan komersil sang produser dan pencipta lagu.

Lagu ini diciptakan oleh Virgoun. Vokalis band "Last Child". Sebuah band "emo" asal Indonesia yang dikenal piawai menggupah lagu dengan lirik yang cukup "menyayat hati" saya pikir. Khas Band Emo, Last Child, dengan lirik emosional yang menyatu dengan Tattoo dari para anggota band-nya, nge-blend jadi satu varian produk budaya modern yang belum surut hingga saat ini.

Balik lagi tentang lagu "Surat Cinta untuk Starla", beberapa waktu berselang, saya cukup terkejut. Tidak disangka, lagu ini kembali saya dengar di salah satu pesta pernikahan. Menariknya, saya dengar lagu ini (kembali hadir) untuk kesekian kalinya di berbagai kesempatan, mulai dari acara karoke gathering kantor istri saya, sampai ke gumanan nada yang dikeluarkan dari mulut teman saya. Dari sana saya berpikir, jangan-jangan lagu ini telah didaulat menjadi lagu cinta sejuta umat..

Ini liriknya: 

Surat Cinta untuk Starla

Kutuliskan kenangan tentang
Caraku menemukan dirimu
Tentang apa yang membuatku mudah
Berikan hatiku padamu

Takkan habis sejuta lagu

Untuk menceritakan cantikmu
Kan teramat panjang puisi
Tuk menyuratkan cinta ini

Telah habis sudah cinta ini
Tak lagi tersisa untuk dunia
Karena tlah kuhabiskan
Sisa cintaku hanya untukmu

Aku pernah berpikir tentang
Hidupku tanpa ada dirimu
Dapatkah lebih indah dari
Yang kujalani sampai kini

Aku slalu bermimpi tentang
Indah hari tua bersamamu
Tetap cantik rambut panjangmu
Meskipun nanti tak hitam lagi

Bila habis sudah waktu ini
Tak lagi berpijak pada dunia
Telah aku habiskan
Sisa hidupku hanya untukmu

Dan tlah habis sudah cinta ini
Tak lagi tersisa untuk dunia
Karena tlah kuhabiskan
Sisa cintaku hanya untukmu

Untukmu
Hidup dan matiku

Bila musim berganti
Sampai waktu terhenti
Walau dunia membenci
Ku kan tetap disini

Bila habis sudah waktu ini
Tak lagi berpijak pada dunia
Telah aku habiskan
Sisa hidupku hanya untukmu

Tlah habis sudah cinta ini
Tak lagi tersisa untuk dunia
Karena tlah kuhabiskan
Sisa cintaku hanya untukmu

Karena tlah kuhabiskan
Sisa cintaku hanya untukmu

Sebagai bukti memang lagu ini berkualitas, di Youtube, lagu ini sudah di-cover oleh banyak Youtubers. Ini adalah salah satu hasil cover yang terbaik. Selamat menikmati..

 

Answered Apr 4, 2017

EsYGNOiKFPcNHRchl2Tc9PEvcepuTDJw.jpg

via hipwee.com (FR)

Sebelum masuk ke jawaban saya, di sini saya menerapkan standar romantis dari lirik lagu yang dibuat oleh musisi tersebut. Pertama dari dalam negeri, kedua dari luar negeri.

Muhammad Tulus atau yang khalayak kenal dengan nama Tulus, menurut saya sangat cerdas dalam menciptakan lirik lagu. Saat musisi lain menciptakan lagu bertema kerinduan, mencintai, dikhianati, Tulus memberikan warna baru pada tema-tema lagunya. Tengok saja lagu Jangan Cintai Aku Apa Adanya. Lagu ini memberi antitesis bahwa mencintai seseorang harus apa adanya. Padahal tidak melulu demikian. Mencintai pasangan, seharusnya, saling berbagi kebaikan pada pasangan masing-masing. Mendorong pasangan untuk menjadi lebih baik dengan tidak menerima dia apa adanya adalah solusi yang cerdas. Selain itu, lagu Tulus yang tengah menjadi favorit saya, di album terbarunya, berjudul Monokrom. Lirik lagu ini dengan apik menceritakan cinta seorang anak pada ibunya. Romantis tidak melulu kepada pasangan, bukan? Menurut saya cara mencintai seperti apa yang diungkapkan Tulus dalam lagunya tersebut sangat romantis, seperti namanya, tulus.

NLH_FHeIR52Mc89Dco5-_zD0zA6EKKdr.jpg

via telemundo.com (FR)

Berbeda dengan poin pertama. Bon Jovi dalam lagu-lagunya menceritakan tentang betapa ia mencintai kekasihnya dan akan melakukan segala hal untuk kekasihnya. And I will love you baby, always. I’ll be there forever and a day, always. Jika diartikan, barangkali hal yang tertuang dalam lirik tersebut tidak mungkin terjadi. Tapi begitulah cara puisi atau lirik bermain, metafora. Membayangkan dinyanyikan lagu-lagu Bon Jovi oleh seseorang rasanya pasti menyenangkan.

Answered Apr 4, 2017
Amril Taufik Gobel
Penggemar lagu lawas

jIN0lgQXwvoEuV6O1ebst2Ym203BlEIb.jpg

via sndcdn.com (FR)

Bagi anda yang mungkin hidup se”zaman” dengan saya pasti tak asing lagi dengan sosok (alm)Freddy Tamaela, penyanyi asal Ambon, Vokalis Cockpit Band yang oleh banyak kalangan dijuluki sebagai “Phil Collins”-nya Indonesia. Cockpit band memang sering menyanyikan lagu-lagu andalan Genesis dimana Phil Collins jadi vokalis utamanya.

Pada tahun 1980 bersama Yaya Moekti dan Oding Nasution, Harry Minggoes dan Debby Nasution, almarhum Freddie Tamaela, membentuk kelompok Batara Band (seperti dikutip dari wikipedia Indonesia) yang memfokuskan diri sebagai tribute band Genesis.

Dua tahun berselang terjadi pergeseran di tubuh Batara band. Lalu menjelmalah Cockpit Band dengan personil Yaya (drums), Oding (gitar), Roni Harahap (keyboard) dan Harry Minggoes (bass). Cockpit masih terus bertahan hingga kini sebagai impersonator Genesis yang mumpuni

Album Tetangga yang dirilis tahun 1985 arransemen musiknya digarap oleh Rony Harahap, yang juga pernah memperkuat Cockpit Band. Di album Tetangga, seperti dikutip dari situs ini, Pada lagu “Lari Dan Lari” mirip dengan Turn It On Again-nya Genesis. Lagu “Bila” dipengaruhi “I Can’t Not Believe It’s True”-nya Phil Collins. Di era 70-80-an, band-band progressive seperti Genesis, ELP, Yes dan Pink Floyd sampai yang beraliran newwave macam Duran Duran dan The Police sangat kuat pengaruhnya pada musisi-musisi Indonesia era 70-80-an seperti Guruh Gipsy, Abbhama, Wow! dan lain-lain.

Lagu almarhum Freddie”Haruskah Aku Berlari” menyimpan kenangan tersendiri di benak saya. Saat acara perpisahan siswa SMP Negeri 2 Maros, Sulawesi Selatan tahun 1986, saya tampil membawakan lagu ini sambil bermain gitar bersama kawan saya, M.Rahman Ahmad.

Untuk mempermantap vokal dan petikan gitar, saya dan Rahman mesti berlatih penuh ketekunan. Ayah Rahman yang berasal dari Ambon mengajari kami olah vokal dan memetik gitar. Dalam waktu dua minggu, kami berdua berhasil mendapatkan “chemistry” untuk menyanyikan lagu ini. Suara kami begitu kompak menyanyikan lagu andalan alm.Freddie Tamaela ini.

23 tahun kemudian, mendengarkan kembali lagu “Haruskah Ku Berlari” membuat lamunan saya terpelanting ke belakang. Ikut “berlari” bersama alunan merdu suara alm.Freddie Tamaela yang memukau. Tak terasa, jemari kiri saya ikut-ikutan memainkan chord gitar lagu itu. Ah, jadi pengen kembali muda rasanya 

Anda ingin bernostalgia bersama saya? Dibawah ini ada lagu dan syairnya yang lembut, syahdu dan mendayu-dayu itu:

Kian terasa asing diri ini
diantaramu
Yang dulu pernah kubanggakan

Harapan yang pernah tercipta kini
seakan sirna
Dan resah pun kian menggoda

Reff.
Haruskah diri ini
menjerit dan berlari
Mengejar dirimu
yang kian jauh melangkah
Atau kuharus lari
dari kenyataan ini
Memendam cinta
dan coba melupakanmu

Kian terasa menggoda bayangmu
di dalam jiwa
Bila diri ini mencoba
melupakan dan mengubur segala
kenangan indah
Yang t’lah kita bina
bersama

Answered Apr 4, 2017
Ib Ra
My IQ would be perfect if im not too lazy to do the test

Hasil gambar untuk Autumn Leavesvia hgiai.com (FR)

Autumn Leaves (english Version)

By Nate Cole King

dan satu lagi versi Eric Clapton!

https://www.youtube.com/watch?v=684eg6S8dCw (Nate king Cole)

https://www.youtube.com/watch?v=UQlFOX0YKlQ (Eric Clapton)

Lyric

The falling leaves drift by the window
The autumn leaves of red and gold
I see your lips, the summer kisses
The sun-burned hands I used to hold

Since you went away the days grow long
And soon I'll hear old winter's song
But I miss you most of all my darling
When autumn leaves start to fall

Since you went away the days grow long
And soon I'll hear old winter's song
But I miss you most of all my darling
When autumn leaves start to fall

Lagu Ini merupakan puisi romantis terbaik yang pernah saya dengar, jika didalami liriknya, maknya sangat terasa!

Lagu ini merupakan lagu adaptasi dari Les feuilles mortes (France)

France Version https://www.youtube.com/watch?v=Xo1C6E7jbPw

lagu tersebut kemudian diadaptasi ke versi inggrisnya, dengan rhyme yang sama tetapi lebih gentle, yang berjudul "Autumn Leaves"

https://www.youtube.com/watch?v=AO-H9Ni5NiQ (Frank Sinatra).

 

 

Answered Apr 4, 2017

Question Overview


5 Followers
1159 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Apakah Michael Jackson benar-benar memiliki dampak positif bagi industri musik?

Menurut Anda, negara manakah yang menguasai industri populer saat ini?

Apakah Inggris benar-benar bergantung pada Simon Cowell dan ajang pencarian bakat untuk menghasilkan musisi atau grup vokal?

Mengapa lagu-lagu The Beatles masih tetap digemari hingga beberapa generasi setelah mereka?

Menurut Anda, seperti apakah budaya populer dunia 50 tahun ke depan?

Mengapa lagu-lagu zaman sekarang memiliki umur popularitas yang singkat?

Apa lagu yang paling menggetarkan hati yang pernah Anda dengarkan?

Apa grup band Indonesia yang paling Anda sukai?

Bila inti puisi dan lirik musik rap sama-sama menitikberatkan pada rima, bukankah puisi bisa dijadikan lirik rap?

Apa pendapatmu tentang Rich Chigga?

Bagaimana kaitan antara genre film favorit dan budaya setiap negara?

Apa itu Mazhab Frankfurt?

Bagaimana perkembangan Mazhab Frankfurt dalam konteks budaya populer?

Apa yang dimaksud dengan Teori Fetisisme Komoditas?

Apa perbedaan antara budaya massa dan masyarakat massa?

Apakah kaitan antara budaya massa dan amerikanisasi?

Apa pendapat Anda tentang amerikanisasi dan kritik atas Teori Budaya Massa?

Bagaimana pengaruh industri budaya terhadap musik pop?

Apakah kaitan antara James Bond dan strukturalisme?

Bagaimanakah konsep hegemoni Gramsci?

Apa filosofi desain Dieter Rams?

Apakah menganut prinsip bebas-sebebasnya dalam seni itu baik?

Menurut Anda apakah dunia seni itu kebanyakan diisi orang yang hanya pura-pura jenius dan sejenisnya?

Apa itu Metode Stanislavski?

Bagaimanakah asal-usul Tari Zapin?

Alasan apa yang membuat seseorang lebih menyukai lagu-lagu Barat daripada lagu dari Indonesia?

Jika seni adalah ajang kreativitas, pantaskah seni dilombakan?

Apa saja ruang seni terbaik di Indonesia? Mengapa?

Apa lagu-lagu yang cocok didengarkan sebelum tidur?

Apa yang Anda rasakan saat pertama kali mendengarkan musikalisasi puisi berikut ini?

Apa yang Anda pikirkan tentang lagu Surti Tejo karya Jamrud?

Ketika dia yang kau sayang sangat akhirnya pergi menyakitimu, akankah kau terus tenggelam?

Apa lagu anak-anak yang masih melekat di benak Anda hingga kini?

Apa lagu Nike Ardila yang paling anda suka, mengapa?

Lagu Jamal Mirdad apa yang paling Anda sukai? Mengapa?

Apakah Anda mempunyai kenangan khusus dengan musik atau lirik lagu tertentu sehingga sulit melupakannya?

Apa lirik lagu, jenis musik atau suara penyanyi yang mampu menghadirkan kenangan masa lalu?

Apa musik, lagu atau lirik lagu yang tidak ingin Anda dengar lagi dan apa sebabnya?