selasar-loader

Mungkinkah memulai usaha di usia di atas setengah abad?

Last Updated Apr 4, 2017

2 answers

Sort by Date | Votes
Pepih Nugraha
Tidak suka ekonomi tetapi harus membacanya

52I8x5eebpVI-DuU_RkNGXi0u5g30XJt.jpg

Ketika mengutarakan niat untuk mengundurkan diri dari Harian Kompas, usia saya bukan lagi setengah abad, tetapi setengah abad lebih dua tahun. Benar, persisnya 52 tahun. Lantas orang pun bertanya; ngapain kamu resign, sudah enak-enak kerja di Kompas, gaji gede, tinggal tunggu pensiun, selesai.

Rupanya bagi orang lain, tak terkecuali keluarga dan teman-teman dekat, keputusan saya ini dibilang aneh, sulit dikunyah nalar, apalagi saya akan memulai sebuah usaha rintisan (startup) yang lekat dengan pekerjaan anak-anak "alay", anak-anak milenial yang seharusnya dilakukan anak saya, dan belum tentu berhasil. Apa yang mau saya cari dan saya kejar? 

Tentu saja tidak asal nekat, bukan juga didasari kesumat atau kecewa berat terhadap kantor lama. Tidak. Semua telah saya perhitungkan dengan matang. Saya hitung berbagai kemungkinan, termasuk ketika saya gagal dalam bisnis rintisan yang akan saya bangun bersama kawan-kawan. Untuk sampai pensiun di usia 60 tahun, saya harus menghabiskan waktu 8 tahun lagi kerja di Kompas. 

Benar, 8 tahun itu akan berarti rezeki mengalir yang saya rasakan sudah lebih dari cukup dan menjamin hari tua saya, bahkan bisa menjamin kehidupan anak-istri saya sampai pensiun kelak. Ibarat kata, tinggal ongkang-ongkang kaki dengan gaji sebesar 75-80 persen dari gaji pokok terakhir, plus "golden shakehand" yang tidak sedikit, pensiun akan menjadi "kemewahan" tersendiri. Dan.... saya boleh dibilang harus melepas semua itu untuk sebuah cita-cita mendirikan bisnis rintisan! 

Tetapi satu hal; saat pensiun nanti saya pensiun begitu saja, tidak punya barang (perusahaan). Selama ini saya bekerja untuk membangun perusahaan, tetapi yang saya bangun itu perusahaan orang lain. Saya sekadar nebeng dan menjadi buruh (baca: karyawan) di sana! 

Tetapi 'kan belum tentu usaha rintisan yang saya jalankan berhasil dan saya beririko kehilangan kedua-duanya? Begitu mungkin pertanyaan terlempar dari sejumlah kawan dekat. Benar, tetapi itu sudah masuk perhitungan saya. Tetapi dalam usia tertentu, "kegalauan" ini akan dirasakan oleh orang lain yang punya jiwa petualang dan berani dalam mengambil risiko. 

Dalam kondisi ini, bukan uang, gaji tinggi, kesempatan dan jabatan yang saya cari, tetapi lebih kepada memeras adrenalin saya saja sebagai manusia yang tidak puas dengan kemapanan. Saya ingin mencari sesuatu yang membuat adrenalin saya bergelegak, sebab keputusan saya adalah sebuah vivere veri coloso, hidup yang menyerempet-nyerempet bahaya. Bayangkan, tatkala saya masih punya anak yang kuliahnya belum selesai dan masih punya anak satu lagi yang masih duduk di sekolah dasar tetapi saya harus melepas seluruh perolehan yang rutin biasa saya dapatkan!

Tetapi, saya teringat pendiri KFC Colonel Harland Sanders yang memulai usaha di usia 65 tahun, juga Ray Croc pendiri McDonald's yang berusia 52 tahun, seusia saya, saat mendirikan usahanya. Tentu saja saya tidak berpretensi menjadi mereka. Tetapi setidak-tidaknya memulai usia di usia "senja" atau setelah lebih dari setengah abad, bukan hal yang aneh. Sudah ada presedennya. Ya Sanders dan Croc itu, meskipun bisnis yang saya jalankan jauh-jauh dari urusan ayam.

Kenapa saya tidak merasa takut memulai bisnis di usia senja? Toh saya tidak sendirian. Saya mendirikan Selasar sebagai platform berbagi pengetahuan bersama anak-anak muda yang usianya jauh di bawah saya, bisa terpaut 25-30 tahun. Jadi kenapa saya harus takut? Saya percayakan kecanggihan mesin dan bisnis pada anak-anak muda yang energik dan penuh visi ke depan ini, sementara saya memanfaatkan jaringan, usia matang, pengalaman, dan keterampilan selama saya bekerja di tempat lama.

Sudah 4 bulan saya bergabung di Selasar yang melakukan pivot dari blog sosial menjadi platform berbagi pengetahuan, pengalaman dan wawasan dalam format tanya-jawab sejak 15 Desember 2016 lalu, sementara saya tercatat pindah pada 1 Januari 2017. Meski baru empat bulan, toh Selasar sudah tumbuh cepat dari sisi konten maupun pengguna (users) yang memanfaatkan platform itu.

Hal yang mengejutkan dan tidak terbayangkan sebelumnya, bahwa dalam waktu relatif singkat Selasar telah mendapatkan pendanaan Seri A dari salah satu investor berbasis di Amerika Serikat juga dari venture capital berbasis di Singapura. 

Alhamdulillah....

Answered Apr 4, 2017
Fajrin
Blogger (Pendiri anakdagang.com)

Dalam dunia entrepreneur, tidak ada yang tidak mungkin. Sepanjang orang yang bersangkutan mempunyai keinginan kuat untuk mencapai kesuksesan. Memang banyak hal yang menjadi kelemahan jika ingin memulai usaha ketika umur sudah tidak muda lagi, tapi bukan itu yang harus kita gali yang sebetulnya akan menyurutkan niat seseorang dalam memulai usaha.

Kita harus melihat sisi positifnya, dengan umur setengah abad tentunya sudah banyak pengetahuan yang melekat di dalam otak yang bersangkutan. Bukan hanya itu, kepribadian tentunya sudah terbentuk sehingga mampu mengukur diri dalam melakukan suatu tindakan, baik hal yang beresiko maupun yang biasa-biasa saja. Berdasarkan hal tersebut maka akan memberikan energi yang luar biasa jika dioptimalkan.

Sesuai dengan apa yang diceritakan oleh Bapak Pepih Nugraha (Pendiri Selasar.com) yang berdasarkan pengalaman hidupnya, saya yakin beliau memiliki strategi dalam mengambil langkah yang ekstrim tersebut. Dengan keilmuan yang dimiliki, relasi yang kuat serta berbagai pengalaman hidupnya akan menjadi nilai plus dalam membangun usaha.

Note : Entrepreneur adalah keberanian. Keberanian yang terukur. Berani tanpa perhitungan, maka Anda akan mati konyol. Terlalu banyak perhitungan, maka Anda akan menjadi karyawan seumur hidup.

Saya juga punya cerita dalam mengambil keputusan yang ekstrim, jika berkenan silahkan simak di http://www.anakdagang.com/2016/02/memulai-usaha-alat-listrik.html 

Answered Sep 18, 2017

Question Overview


4 Followers
633 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Bagaimana kunci eksekusi yang baik dalam berbisnis?

Apakah initial team startup berhak mendapatkan saham dari startup tersebut?

Apa alasan Anda menjadi pengusaha?

Apa yang menyebabkan orang tak kunjung kaya?

Bagaimana cara mendapatkan kekayaan 1 miliar rupiah pertama Anda?

Apa beda antara startup dan perusahaan lainnya? Mengapa istilah startup begitu naik daun?

Siapa pengusaha paling top di Indonesia menurut Anda?

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat parfum?

Bagaimana cara membuat slogan atau jingle iklan pada sebuah produk agar menarik perhatian masyarakat?

Apa skill paling penting dalam membangun bisnis?

Apakah terlambat memulai bisnis pada usia 40?

Apa saja kesalahan yang sering dilakukan oleh pebisnis pemula?

Bagaimana pengalaman Anda gagal/bangkrut membangun bisnis?

Bagaimana cara paling efisien membangun bisnis dengan cepat?

Bagaimana pilihan karier terbaik untuk perempuan?

Bagaimana cara memutuskan antara bekerja, berbisnis, dan melanjutkan S2?

Selain menjadi akademisi, karier apakah yang menuntut seseorang meraih pendidikan formal setinggi-tingginya?

Bagaimana cara Anda meniti karier dari bawah sampai ke puncak?

Bagaimana cara meniti karier sebagai seorang selebriti?

Apa yang membuat daya tawar seorang fresh graduate besar di mata perusahaan?

Mengapa seorang lulusan fakultas ekonomi/bisnis sangat menginginkan bekerja di Konsultan Asing/Perusahaan FMCG?

Pekerjaan apa yang paling Anda idamkan setelah kelulusan?

Berapa jumlah gaji yang pantas diterima oleh seorang fresh graduate perguruan tinggi?

Skill apa saja yang seharusnya dimiliki oleh seorang pekerja profesional di 3 tahun masa kerjanya?

Kenapa Indonesia belum juga maju sementara Korea Selatan yang dulu lebih miskin dari kita justru maju sekali saat ini?

Bagaimana cara Jerman membangun kembali ekonominya setelah Perang Dunia II?

Apakah kunci sukses pertumbuhan dan pemerataan ekonomi pada puncak bonus demografi di Indonesia (2025-2035)?

Apakah penggunaan alat ukur Gross Domestic Product (GDP) masih relevan untuk menghitung tingkat kesejahteraan sebuah negara?

Mengapa perhitungan Gross National Product (GNP) jarang digunakan sebagai alat ukur kinerja ekonomi?

Apa yang Anda ketahui tentang Green GDP?

Apakah inflasi selalu berdampak buruk untuk perekonomian?

Apakah konsekuensi deflasi terhadap kinerja perekonomian sebuah negara?

Ketika terjadi apresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar, langkah taktis apa yang seharusnya dilakukan untuk meningkatkan kerja perekonomian?

Apakah depresiasi nilai tukar selalu memiliki dampak negatif untuk perekonomian?