selasar-loader

Apa yang Anda ketahui tentang Zakir Naik?

Last Updated Apr 3, 2017

5 answers

Sort by Date | Votes
Nauval El-Hessan
Quranic disciple

X-2_OJw7nN4tHykab35K4PnWjtSitQfi.jpg

via thewire.in (FR)

Yang saya ketahui tentang Zakir Naik adalah bahwa dia termasuk cendekiawan sekaligus ulama kontemporer yang cukup populer. Argumentasi yang dia berikan dalam studi perbadingan agama cukup menarik dan keseringan menggunakan dalil-dalil rasional sehingga memudahkan pendengarnya dalam memahami dakwah Islam.

Answered Apr 5, 2017

zRgs7BnP7BMRpC5Brx498on3sJ9rKT7y.jpg

via candrawiguna.com (FR)

Dr. Zakir Naik merupakan salah satu da'i Islam yang cukup diperhitungkan di dunia Internasional. Hal ini dibuktikan salah satunya dengan dianugerahinya beliau oleh Kerajaan Saudi Arabia pada 2015 sebagai Pelayan Islam disamping jumlah viewer Youtube-nya. Hal ini sangat wajar mengingat jumlah muslim yang ada di dunia lebih dari 1 milyar dan belum lagi dihitung yang semangat untuk mempelajari agamanya plus didukung dengan isu - isu tentang Islam yang menuntut seseorang untuk mencari tahu tentang Islam dengan cara yang mudah namun tetap berbobot.

Zakir Naik, semoga Allaah menjaganya, sendiri menyajikan metode yang unik sebagaimana gurunya, Ahmad Deedat, dalam mengulas Islam dan agama lain. Perbandingan agama yang beliau dasarkan pada kajian literatur - konstitutif, yakni dilandaskan pada Kitab Suci masing - masing agama sebagai standar paling dasar dari suatu ajaran, memberikan pemahaman sederhana namun bernas bagi pemirsa.

Tentu beliau tak luput dari kontroversi maupun kritik baik yang sifatnya konstruktif maupun penuh dengan fallacy, akan tetapi secara substansial beliau telah memberikan contoh konkret (jika dibandingkan dengan haters-nya mungkin) tentang bagaimana seseorang berkontribusi secara pemikiran kepada Islam.

Well, pada akhirnya beliau juga manusia dan manusia mana yang luput dari kesalahan?

Answered Apr 6, 2017
Yuni Astuti
Ibu dari 4 anak, gurunya calon perawat, suka menjahit dan otak-atik masakan

fHiyKL2PayY24NfAQMN5o2jX1Q-_ew6G.jpg

via pojoksatu.id (FR)

Beliau adalah seorang muslim yang berusaha menyampaikan hakekat tugas dan kewajiban manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Pencipta semesta alam, yaitu untuk beribadah. Beliau berasal dari India dan sudah bertahun-tahun berkeliling dunia untuk menyampaikan pesan kedamaian di dunia.

Hampir di setiap ceramahnya selalu ada peserta yang akhirnya menyatakan diri untuk menjadi mualaf.

Dr. Zakir Naik di dalam menyampaikan ceramahnya beliau selalu berusaha menjelaskan  tentang kitab suci Al-Qur'an bukan bertujuan untuk merendahkan kitab yang lain atau mencari perbedaannya, justru beliau berusaha menjelaskan dimana letak persamaannya. Karena pada hakekatnya kita diciptakan oleh Sang Pencipta Yang Satu. 

Di Indonesia, beliau berkesempatan hadir di Bandung dan di Yogyakarta dan disambut antusias banyak orang. Dan seperti pada ceramah-ceramah sebelumnya, beliau tidak membatasi agama peserta. Agama apapun diperbolehkan untuk menjadi peserta dalam ceramahnya.  

Semoga beliau selalu diberi keselamatan dan perlindungan.

Answered Apr 6, 2017
Tatang Hidayat
Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Sekolah Pascasarjana UPI

trUZPRDeFtNubgsyIUmk85TGT5uSpdZY.jpg

Beliau merupakan seorang intelektual muslim yang berkiprah hingga Internasional

 

Sumber gambar: indowarta.com (KAM)

Answered Apr 30, 2017
Prabu Revolusi
Jurnalis TV @CNNIndonesia, Pengajar Komunikasi @universitasParamadina

c4vnNmGbeuMtqspWYx5PTdXUpe_Ka_lv.jpg

Figurnya tidak sekontroversial yang dibicarakan publik, jika Anda mengenalnya lebih dekat.

Saya melihat Zakir Naik sebagai sosok yang ingin menjalankan prinsip yang ia percayai, tidak lebih dari itu. Agenda besarnya bukanlah kekuasaan atau politik, melainkan lebih kepada ekonomi Islam. 

 

Ilustrasi via thepicta.com

Answered Nov 28, 2017