selasar-loader

Apa kebiasaan sehari-hari yang Anda lakukan dan membuat Anda bahagia?

Last Updated Nov 20, 2016

42 answers

Sort by Date | Votes

fbLsFDIpVnZ0nO-c2gt056Pch9EeC659.jpg

Memberi makan kucing liar.

Answered Dec 11, 2016

Hasil gambar untuk bangun pagi

Bangun pagi. 

Ini adalah kebiasaan yang awalnya sulit saya lakukan, karena saya suka begadang dan akhirnya bangun telat. Namun, ketika saya mulai membiasakan bangun pagi, saya merasa lebih energik dan bahagia. Saya menjalani hari dengan lebih optimis dan penuh semangat.

Gambar via zonabugar.com

Answered Dec 14, 2016
Achmad Zaky
Pendiri dan CEO Bukalapak

Gambar terkait

Olahraga Pagi

Saya kurang tahu penjelasan ilmiahnya. Ketika habis renang atau olahraga di pagi hari, otak saya segar sekali. Ini membantu meningkatkan produktivitas dan fokus. Selain itu, juga sarapan jadi lebih mantap, sehingga seperti siap menjalani tantangan hari itu. 

Bermain Bersama Anak

Lewat anak saya, saya bisa belajar banyak hal. Kepolosan dan kelucuannya menghapus semua penat di kepala saya. Membuat tidur menjadi nyenyak kalau habis main di malam hari. 

Gambar via uiraqi.com

Answered Dec 18, 2016
Ma Isa Lombu
Selasares Garis Keras

lMenN-mGcWm3tugURzPhcmWeTmriBlI4.jpg

Pertanyaan tentang kebiasaan dalam hidup yang akhirnya membuat orang bahagia ini memang menarik karena pada dasarnya setiap orang ingin bahagia, bagaimana pun caranya. 

Uniknya, definisi kebahagiaan bagi setiap orang itu berbeda-beda, tergantung asupan informasi yang datang padanya. 

Ada orang yang bahagia ketika menjadi kaya raya, ada yang bahagia karena dapat terbebas dari hutang dan tekanan eksternal, sampai ada orang yang mendefinisikan kebahagiaan itu ketika ia dapat beribadah secara khusyuk kepada Tuhannya. Tergantung dengan siapa ia berkawan, tergantung bacaan apa yang ia lahap, tergantung di lingkungan mana ia tumbuh. Tergantung.

Lebih jauh lagi, satu definisi kebahagiaan juga memiliki varian cara yang juga bisa jadi banyak. Misalnya, orang yang akan berbahagia ketika ia menjadi orang yang kaya raya, tentunya ia akan memilih dengan cara apa ia akan memperoleh kekayaannya. Dengan menjadi pengusahakah? Dengan menjadi orang yang bekerja di world wide consulting company-kah? atau dengan menjadi perampok? Tergantung.

Buat saya, seseorang dapat menjadi bahagia ketika ia dapat memaksimalkan kepuasan/benefit/kegunaan dari setiap pengorbanan yang ia lakukan. Maximizing utility, bahasa kerennya.

Pada dasarnya, konsep maximizing utility ini ada dalam terminologi mikroekonomi. Konsep ini menekankan ketika seseorang membeli/menggunakan/mengonsumsi sesuatu, ia akan mendapatkan nilai terbaik dari sejumlah pengorbanan yang ia lakukan. 

Dengan kata lain, seseorang yang berorientasi akan konsep maximizing utility ini adalah seseorang yang akan selalu berusaha memaksimalkan value (sebut saja kepuasan, keuntungan, kebahagiaan, dan lain-lain) yang ia dapat dari sejumlah uang yang ia keluarkan atau usaha yang ia lakukan.

Nah, Hermann Heinrich Gossen, seorang ekonom dari Prusia (sekarang Jerman), secara tidak langsung juga menyinggung tentang hal-hal apa sajakah yang menentukan kepuasan seseorang.

Dalam perjalanan intelektualnya, Gossen menelurkan 2 hukum mikroekonomi yang cukup terkenal. Hukum Gossen 1 dan 2. 

Hukum ekonomi dasar ini sepertinya dipelajari oleh semua siswa SMP dan SMA di Indonesia. Sebuah hukum yang bicara tentang konsep marginal utility. Secara sederhana, konsep marginal utility adalah perubahan tingkat kepuasan karena adanya pengingkatan atau pengurangan konsumsi yang ia lakukan.

Kita akan fokus ke hukum Gossen 1: Law of diminishing marginal utility. 

NzUOlEkMnJAm37HbxMNuyjNb8_WpsRtr.jpg

Mudahnya, hukum ini ingin menyampaikan bahwa penambahan kepuasan marginal akan menurun manakala seseorang mengonsumsi barang yang sama dalam waktu tertentu. Di atas bisa kita lihat bahwa tingkat perubahan penambahan kepuasan seseorang ketika mengkonsumsi beberapa buah apel dalam satu hari.

Sudah jelas?

Jika belum, saya akan coba berikan contoh lain.

Setelah kita berolahraga, tentu akan haus. Dalam rangka mengatasi rasa haus tersebut, kita mulai dengan meminum 1 botol air mineral 600 gr. Beberapa teguk air dari satu botol yang ada mengatasi rasa haus yang ada. Apa yang kira-kira terjadi apabila kita lanjutkan dengan meminum beberapa teguk lagi, lagi, dan lagi hingga berbotol-botol air mineral kita habiskan?

Awalnya, air mineral yang kita minum akan menimbulkan efek segar dan menghilangkan dahaga. Ketika konsumsi air mineral ditambah, maka penambahan kepuasannya akan berkurang. Rasa menyegarkan itu di titik tertentu akan berubah menjadi tidak begitu menyegarkan dan bisa jadi akhirnya akan membuat orang yang meminumnya muntah-muntah. Kurang lebih seperti itu ilustrasinya.

Lalu, apa hubungan antara law of diminishing marginal utility dengan kebahagiaan?

Dalam konsep ini, saya meyakini jika kita ingin tetap bahagia, pastikan dalam mengonsumsi sesuatu selalu dalam titik marginal utility yang paling besar. 

Di mana titik itu berada? Titik itu umumnya berada dalam dua kondisi, yaitu 1) ketika kita betul-betul membutuhkannya, 2) ketika konsumsi pertama kali dilakukan dan tidak mengalami pengulangan objek konsumsi yang sama. Sesederhana itu. 

Maka, jika pertanyaannya adalah "Apa kebiasaan sehari-hari yang Anda lakukan dan membuat Anda bahagia?" Berikut adalah beberapa cara praktis yang saya tengah dan akan lakukan.

a. Pastikan kita makan ketika lapar

Ketika Anda makan dalam kondisi perut kenyang, artinya Anda telah menambah asupan makanan secara berulang. Dan dalam kondisi pengulangan seperti ini, marginal utility-nya akan menurun. Lain halnya ketika kita makan dalam kondisi lapar (bahkan sangat lapar), maka makanan yang masuk ke dalam tubuh adalah asupan energi pertama kali yang kita konsumsi. Marginal utility-nya sangat besar.

b. Pastikan kita berbagi ketika berlebih

Anggaplah Anda belum menikah, Anda memiliki uang yang cukup untuk membeli kendaraan. Anggap saja motor untuk melintasi kota Jakarta yang macet ini. 

Seiring bertambahnya uang, Anda memutuskan untuk membeli mobil. Dengan tujuan yang sama, melintasi kota Jakarta yang macet. Pertanyaannya adalah "Apakah Anda mengalami penambahan kepuasan marginal ketika menambah motor dengan mobil?" Belum tentu. Terlebih lagi jika hanya Anda seorang yang menggunakan mobil tersebut. 

Lanjut. Uang Anda makin banyak. Anda memutuskan untuk membeli mobil kedua. Dengan terbelinya mobil baru, pertanyaan yang sama akan terlontar, apakah dengan pembelian mobil kedua Anda akan mengalami penambahan kepuasan marginal? Saya jamin tidak.

Lalu, apa solusinya? 

Beli barang lain! Jangan beli barang dengan fungsi yang sama (homogenous). Misal, setelah membeli kendaraan, Anda beli kulkas dan alat rumah tangga lain. Begitu terus hingga semua barang yang anda miliki tidak memiliki betul-betul berbeda.

Meski demikian, ketika uang Anda terus bertambah, biasanya seseorang akan mengalokasikan uangnya untuk terus mengonsumsi sesuatu. Anda mulai membeli rumah baru (padahal Anda sudah punya). Bisa jadi Anda juga akan membeli kendaraan baru untuk mengisi rumah yang juga baru (padahal Anda juga sudah punya kendaraan di rumah pertama), dan terus berlanjut sehingga Anda akan sampai pada satu titik di mana pembelian barang-barang tersebut...(more)

Answered Dec 29, 2016

Ketika memberikan senyum kepada suami setiap pergi dan pulang kerja.

Hasil gambar untuk tersenyum pada suami

Ilustrasi via .blogspot.com

Answered Jan 5, 2017
Habibi Yusuf
PNS di Kementerian Perindustrian

y5kLjQPF1Tm-UZQ_jzuThL4im6z0JZQw.png

Gendong dan bermain dengan anak. Biasanya setiap pulang kantor, bundanya baru bisa masak karena harus ada yang bergantian menjaga anak. Saya nungguin dia bermain, bahkan ikut bermain, sambil mengganti pakaian karena berkeringat dan harus ganti popok menjelang tidur.

Yang paling saya nantikan adalah dua momen, yaitu ketika anak tertawa dan anak tidur dalam gendongan/pelukan. Itu adalah momen yang sungguh damai dan menyenangkan sekali. Senyum, apalagi tawa lepas anak, mampu menghilangkan rasa gundah dan kesal di hati karena mengalami hari yang berat di kantor atau perjuangan keras di jalan (macet dan polusi).

Selain itu, saya juga sangat suka mencium anak. Entah kenapa, wangi tubuh bayi itu sangat khas dan bisa menjadi doping mood tersendiri. Ini pula yang sepertinya menjelaskan mengapa kebanyakan orang sangat suka dengan bayi/anak. Meski kadang tingkahnya menyusahkan karena rewel mengambek tak jelas, namun itu akan terhapus dengan kelucuan dan keluguan tingkah polahnya.

Saya sangat senang menjadi ayah, dan merasa bahagia setiap harinya.

 

Ilustrasi via celiac.org

Answered Jan 6, 2017
Luthfia Rizki
Beauty Enthusiast

Cium tangan/salam dengan Ibu sebelum pergi ke luar rumah. Ini sesungguhnya hal yang sangat sederhana, tetapi setelah melakukan hal itu, saya merasa tenang dan bahagia.

Answered Jan 9, 2017

Waktu saya mengantar aqila, princess saya satu satunya pergi sekolah. Saya berhentikan mobil di depan gerbang sekolahnya, aqila mencium tangan saya....trus...aqila akan memberikan senyumnya yang paling manis sambil bilang " da da mi"...nah, ini best moment yang mengeluarkan banyak endorfin dan membuat saya sangat bahagia

Answered Jan 9, 2017
Abhotneo Naibaho
I'm Abhotneo Naibaho who live in North Sumatera. My hobby is reading,writing,etc

Menorehkan sebuah status di akun media sosial yang bersifat membangun dan juga humoris, rasa-rasanya punya kebahagian tersendiri buat saya.

Answered Jan 10, 2017
Rezha Taufani
Psikologi Sosial, Psikologi Politik, Psikologi Lintas-Budaya

jWti6LW94lXmsSFK_6LFq1FVJAAnJr_a.jpg

Bahagia. Satu kata yang mewakili berbagai rasa kepuasan batin yang dirasakan oleh setiap orang. Proses yang saya alami untuk mengenal Apa yang membuat saya bahagia? merupakan perjalanan yang masih panjang sampai saya tiba di penghujung hidup. Sebenarnya, ini cukup sederhana namun saya sendiri paham betul bahwa apa yang saya rasakan ketika bahagia tidak cukup diungkapkan dalam bentuk kata-kata yang saya muat dalam tulisan ini, sebagaimana orang yang merasakan keberadaan yang ia kagumi namun ia malu dan tidak mampu menguasai dirinya sendiri karena saking terpukaunya dengan apa yang ada dihadapannya.

Kebahagiaan menjadi perdebatan di kalangan filsuf-filsuf dan para akademisi papan atas, sebagaimana secara konsep mereka membicarakan bahwa manusia memiliki kebahagiaan dengan definisi mereka sendiri. Ada yang mengatakan kebahagiaan tiba dalam bentuk kesadaran rasional, ada yang mendefinisikan kebahagiaan dalam bentuk inklusivitas (keterbukaan), ada yang juga yang mengatakan bahwa kebahagiaan dicapai secara transendental ketika kita memasuki area dimensi kesadaran transdimensional (di luar jangkauan penalaran manusia), dan selama berabad-abad, itu menjadi perdebatan yang menarik, sebenarnya. Secara gagasan, mereka memiliki keunikan tersendiri dalam menafsirkan bagaimana keadaan manusia ketika bahagia.

Yang menjadi tantangan adalah mengenali apa sebenarnya kebahagiaan kita sebagai individu, dan sialnya, aku terjebak dalam salah satu teori yang dikemukakan oleh beberapa teoritis seperti Jean Paul Sartre, Jeremy Bentham, Friedrich Nietzche, dan kawan-kawan pemikir lainnya. Dalam analisa eksistensial (Keberadaan sebagai Subyek yang bebas dan bertanggung jawab), aku menyadari bahwa aku memiliki kebahagiaan dan memenuhi panggilanku seorang sebagai manusia ketika telah menyelesaikan segala tanggung jawab secara moral. Di sanalah aku menemukan suatu kebebasan dan merasa, diriku adalah subyek yang memiliki keberadaan. Bentuk nyatanya, aku pernah menjalani amanat kelompok sebagai seorang pemimpin dalam suatu organisasi intrakampus sampai akhir masa tugasku. Baik maupun buruk prosesnya, aku menerima semuanya karena itu sudah menjadi hakikat manusia bahwa penciptaannya erat dengan ketidakberdayaan dan perlu perjuangan untuk menyampaikan panggilan tanggung jawab itu.

Selanjutnya, dalam bentuk kebahagiaan yang terukur, aku tak bisa memungkiri bahwa aku hanya seorang manusia yang memiliki hasrat akan kepemilikan. Itu erat dengan konsep Hedonisme (Kepuasan atas segala bentuk hal-hal yang bersifat material) di mana di sana, aku memerlukan suatu hal yang perlu aku miliki. Namun, di sana timbullah proses Inclusive Happiness (kebahagiaan inklusif). Hal itu merupakan penyeimbang atas segala kepemilikanku untuk memberikannya kepada yang lain. Melahirkan buah berupa rasa kepuasan batin yang dalam bahasa mental disebut sebagai Subjective Well Being, yang menurut pandangan psikologi positif adalah melihat suatu manusia yang menyadari segala keluputannya. Namun, aku berusaha untuk menyadarkan diriku bahwa orang lain memiliki keluputan juga, dan aku mencoba membantu orang lain dengan maksud untuk memberikan rasa kekuatan lebih yang ada dalam diriku sehingga membuat aku menjadi manusia yang seutuhnya. Tidak berdaya, namun berdaya. Memang absurd, tapi itu sudah menjadi kebahagiaanku; memberi kepada yang memerlukannya. Itu yang membuatku sadar bahwa aku adalah seorang yang memiliki kekuatan untuk memberi sesuatu kepada manusia lain sehingga memberi makna pada mereka dan memberi makna kepada kebahagiaanku.

Ada kesan Egois? Ya aku egois. Biarkanlah aku egois dengan prinsipku untuk selalu memberi sesuatu kepada yang lain.

“If you want happiness for an hour — take a nap.
If you want happiness for a day — go fishing.
If you want happiness for a year — inherit a fortune.
If you want happiness for a lifetime — help someone else.”

- Peribahasa Kuno Tiongkok

Reference:

- Seligman, Martin E. P.; Csikszentmihalyi (2000). "Positive psychology: An introduction". American Psychologist.
- Schumaker, J.F. (2007). In search of happiness: Understanding an endangered state of mind. United Kingdom: Praeger     Paperback.

Answered Jan 12, 2017
Elfrida Dwiyanti
Hello. I am communication student in University of Indonesia

Scroll akun IG-nya 9gag. Melihat postingannya beneran bisa bikin bahagia, really made my day!

Answered Jan 13, 2017

Menemani anak bermain, menyuapi anak, dan berinteraksi di setiap waktu luang dengan anak-anak. Melihat kepolosan dan senyum mereka membuat saya bahagia dan merasa sangat beruntung. :)

Answered Jan 13, 2017
Syifa Annisa
Mahasiswi Sosiologi ¦ Penyuka Puisi ¦ Blogger ¦ Penulis Lepas dan Pecinta Buku.

Bangun pagi, minum air putih dan langsung mandi, bersih wangi.. :) Itu ampuh menurut saya untuk jaga kesetabilan mood seharian.

Answered Jan 14, 2017
Andy Nugroho
Passionately write every review. Especially travel, tech,

Ada beberapa kebiasaan yang mudah dilakukan dan bisa membuat kita bahagia, kalau menurut saya salah satunya yaitu menulis dan mendengarkan musik, dengan menulis saya bisa menuangkan ide-ide dan gagasan mengenai permasalahan di sekitar saya, sedikit banyak dengan menyelesaikan sebuah tulisan ada perasaan lega dan lepas.

Mendengarkan musik juga membuat saya merasa lebih rileks dan optimis, bisa anda coba sendiri dengan mendengarkan musik sesuai suasana hati, atau jika ingin bereksperimen ada sedikit tips dari saya, coba dengarkan aliran musik yang bertolak belakang dengan suasana hati, misalnya jika sedang galau atau sedih coba dengarkan lagu-lagu dengan alunan beat tinggi atau musik rock dengan lirik optimis dan membakar semangat.

Answered Jan 14, 2017

Smile

Answered Jan 17, 2017
Wilingga Wilingga
Menulis, menulis, menulislah

Bertemu dengan orang banyak dan penting

Answered Jan 17, 2017

Memberi salam dan tersenyum

Answered Jan 19, 2017
Indria Salim
Motivasi sangat penting. Setiap orang punya motivasi, lemah atau kuat.

Kebiasaan sehari-hari yang bikin bahagia? Menurut saya banyak variasinya. Namun tentu ada juga yang paling dominan ya. Misalnya:
#1 - Bangun pagi, mencari berita dan bacaan inspiratif dan kalau perlu dapat memrpoduksi tulisan yang inspiratif juga. Ini bekal memulai pagi dengan cara sederhana.
#2 - Bila tidak ada yang lebih urgen, matahari bersinar terang ataupun tidak -- maka olahraga pagi dengan senam peregangan atau jalan-jalan seputar kompleks rumah sungguh membahagiakan. Bahkan bila semula badan kurang nyaman, pun entah mengapa saat bangun pagi mood serasa kelabu, nah jalan-jalan sambil menikmati suasana di luar itu bisa menghilangkan keluhan tidak nyaman.
#3 - Membuat secangkir minuman pagi yang variatif, misalnya hari ini kopi, besok capuccino, lain kali coklat panas, atau teh twangi merek favorit -- dan kue yang cukup buat sarapan pagi. Ini "ritual" kecil namun efeknya bisa sampai seharian :-)
#4 - Menulis apa saja yang terlintas di benak, khususnya bila itu bermanfaat untuk dibagikan kepada orang lain. Entah menulis pengalaman harus berhati-hati jalan di trotoir, menulis pentingnya sarapan, menulis rekaman di kepala saat pergi ke pasar kompleks, menulis resep masakan yang tanpa sengaja terbukti lezat, dan sebagainya.
#5 - Menyirami tanaman di pekarangan, menyapu halaman -- itu juga asyik. Kadang bila bertemu dengan tetangga yang lewat, kita bisa saling bersapa. Ini bisa menjadi semacam peregangan otot juga, meskipun halaman rumah hanya sejengkal namu menyapu bisa menghasilkan keringat lumayan banyak. Sehat, kan?
#6 - Berdoa, bermeditasi, hening sejenak -- mendengarkan batin dan pikiran yang kadang tidak terpedulikan karena kesibukan kerja.
#7 - Melakukan afirmasi diri bahwa hari ini akan lebih baik dari sebelumnya. Bahwa hari ini memberi harapan dan menyemangatkan. |@IndriaSalim - 21 Januari 2017

 

Answered Jan 21, 2017

Memberikan senyuman kepada orang lain. Hal ini jujur bisa membuat saya merasa lebih positif dan hati pun terasa senang.

Answered Jan 27, 2017

Idealnya, jawaban pertanyaan seperti ini harus dimulai dengan mendefinisikan arti kebahagian itu sendiri.

 

saya mendefinisikan kebahagiaan adalah ketika:

Expektasi = Kenyataan. atau Kenyataan > Ekspektasi

 

sehingga yang saya lakukan adalah:

1. Menetapkan target2 harian yang realistik

2. Menurunkan ekspektasi yang berlebihan dengan "melihat kebawah" dan bersyukur

3. Berusaha melakukan apapun sepenuh hati untuk mencapai target yang telah ditentukan.

Answered Jan 28, 2017

Question Overview


and 41 more
59 Followers
4225 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Apa tips/trik yang bisa dilakukan dalam 5 menit dan bisa mengubah hidup kita di masa depan?

Apa nasihat terbaik yang pernah Anda dapatkan?

Apa sepatah kata/nasihat yang Anda berikan kepada generasi muda berusia 15-20 tahun?

Bagaimana cara sederhana/singkat menjadi orang yang rapi dan teratur?

Apa satu kebiasaan Anda yang membuat hidup Anda sangat produktif?

Bagaimana cara singkat/sederhana untuk membiasakan bangun pagi?

Bagaimana cara terbaik untuk keluar dari zona nyaman?

Apa yang akan kamu lakukan bila hidupmu tidak berjalan sesuai dengan yang direncanakan?

Bagaimana cara berhenti melukai diri sendiri?

Apa dan bagaimana cinta itu?

Kepada siapa kecenderungan waria memilih pasangannya?

Adakah kaitan antara parfum dan kepribadian seseorang?

Apakah status sebagai anak tunggal mempengaruhi sikap politik Presiden ke-6 RI?

Apakah status sebagai anak lelaki satu-satunya dalam keluarga mempengaruhi sikap politik Presiden Jokowi?

Pada umur berapa sebaiknya anak diajak untuk menjalankan ritual keagamaan?

Apa yang menyebabkan orang takut menikah?

Apa yang menyebabkan seseorang takut menghadapi masa depan?

Mengapa respons orang sedih umumnya menangis?

Apakah menangis itu sehat atau malah membuat sakit?

Apa saja sebab-sebab orang bisa mempercayai sesuatu?

Apakah anda senang menjadi pusat perhatian? Mengapa?

Kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke rumah seseorang? Mengapa?

Bagaimana cara bekerja sama dengan orang yang tidak suka dengan kita?

Mengapa sistem kebut semalam masih diterapkan oleh kalangan mahasiswa?

Apa perbedaan karakter dan kepribadian?

Bagaimana cara menasihati anak yang keras kepala?

Perilaku buruk orang tua apa yang paling rentan ditiru oleh anak?

Bagaimana caranya bersikap tenang dalam menghadapi segala situasi?

Apa kebenaran atau prinsip yang Anda yakin benar tapi semua orang di sekeliling Anda mengatakan itu salah?

Bagaimana membuktikan bahwa Tuhan ada?

Apa dunia ini adil?

Mengapa ada gravitasi di alam semesta ini?

Jika memang hanya satu diantara tiga agama langit (Islam, Kristen dan Yahudi) yang benar, mengapa Tuhan tidak menimpakan adzab kepada ajaran yang salah seperti yang Tuhan lakukan kepada kaum Ad, Nuh, Tsamud?

Mengapa kisah-kisah Israiliat seringkali dijadikan referensi yang sahih dalam mengajarkan hikmah dalam budaya Islam?

Apa agama orang tua Muhammad SAW? Jika mereka non-Islam, apakah mereka masuk neraka?

Apakah sebagai seorang manusia biasa, para nabi juga memiliki dosa? Jika benar demikian, apa saja dosa mereka?

Bagaimana Anda dapat menjelaskan keberadaan Tuhan dan Malaikat secara ilmiah?

Apakah merek parfum yang paling cocok untuk wanita?

Apakah perbedaan antara parfum dan cologne?

Apa yang membuat harga parfum begitu mahal?

Apakah wanita mengenakan parfum untuk menarik perhatian pria atau ada alasan lainnya?

Apa tujuan laki-laki memakai parfum?

Bagaimana cara memakai parfum yang benar?

Bagaimana cara memakai cologne yang benar?

Apakah parfum yang aromanya paling maskulin?

Apakah parfum yang aromanya paling feminin?

Parfum pria apa yang aromanya bisa diterima oleh semua orang?

Apa yang membuatmu merasa bermakna dalam hidup?

Menurut Anda, bagaimana kualitas seorang artis atau selebritis di Indonesia dari segi moral?

Siapakah diri Anda?

Apa arti nama Anda?

Siapa kamu?

Apa hasil Myers-Briggs Type Indicator-mu ?

Bagaimana kepribadian mu pada hasil tes Myers-Birggs Type Indicator?

Mengapa Hillary Clinton yang mendapatkan popular votes terbanyak tidak terpilih sebagai Presiden?

Apakah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat akan mengubah wajah dunia?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Mengapa seluruh periset di lembaga survei dan media Amerika Serikat gagal dalam memprediksi Hillary Clinton sebagai Presiden?

Beranikah Donald Trump mewujudkan janji-janji kampanyenya dengan mengusir imigran ilegal, mencegah Muslim masuk, dan memproteksi produksi AS dari gempuran barang komoditas Tiongkok?

Bagaimana cara Bareskrim Polri bekerja saat menentukan status kasus yang menjerat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Apakah aksi damai 411 ditunggangi kepentingan politik tertentu?

Seperti apa karakter pemimpin ideal yang pantas memimpin Jakarta?

Apa yang menyebabkan perilaku koruptif seperti tidak dapat dihilangkan di Indonesia?