selasar-loader

Apa yang membuat Elon Musk (pendiri Tesla Motors dan SpaceX) spesial dibandingkan dengan kebanyakan orang?

Last Updated Nov 16, 2016

3 answers

Sort by Date | Votes

visioner

Answered Jan 10, 2017
Florensius Marsudi
Lelaki, satu istri, satu putri. Masih belajar menulis....

1ZHSjek8UFKpvDxmAGg5pfX1ppbpMylk.jpg

via pi.tedcdn.com (KAM)

Semangat dalam karya dan mampu berinovasi.

Answered Apr 9, 2017
Hadi Prabowo
Rumah Kepemimpinan Regional 6 Medan

Adapun hal yang menjadikan elon musk berbeda dengan ahli yang lainnya ialah elon musk merupakan salah seorang yang sangat gemar membaca, bahkan elon musk mampu menghabiskan 2 buku dalam 1 hari berarti jika dalam sebulan biasanya orang kebanyakan hanya mampu menghabiskan buku bacaan sebanyak 30 buku, namun berbeda halnya dengan elon musk yang mampu menghabiskan 60 buku bacaan setiap bulannya, dan buku yang dibaca adalah buku dari berbagai prinsip bidang ilmu, hal ini tentu saja menjadikan elon musk bak jendela dunia yang berjalan, sebab kemampuan dan ketekunan ia dalam membaca buku serta ilmu pengetahuan yang dimilikinya sungguh diatas rata-rata manusia pada umumnya.

Tak hanya sampai disitu saja, jika kita selisik lebih jauh keistimewahan sang ahli generalis tersebut ialah mampu menciptakan inovasi di berbagai bidang yang berbeda. Berbagai inovasi yang berhasil ia ciptakan antara lain: di dunia Antariksa elon musk berhasil mendirikan SpaceX, di bidang Otomotif: mobil listrik Tesla dengan kemudi otomatisnya, di dunia Kereta Api: elon musk memiliki hak cipta membuat Hyperloop, transportasi massal semacam kereta api dengan kecepatan tinggi dan berbentuk tabung, di dunia penerbangan: berpikir untuk membuat pesawat listrik yang lepas landas dan mendarat dengan vertikal. Di bidang Teknologi: memiliki visi tentang neural lace, menghubungkan otak dengan komputer secara nirkabel, selain itu elon musk juga tercatat ikut mendirikan Pay Pal. Dan sebagai pendiri OpenAI, organisasi nirlaba yang bertujuan mengurangi dampak buruk kecerdasan buatan di masa depan. Kesemua penemuan elon musk ini seolah-olah membuktikan kepada kita semua bahwa ia bukanlah manusia biasa, namun inilah relitanya, elon musk memang merupakan salah seorang yang istimewa sebab ia mampu menguasai berbagai bidang ilmu secara mendalam, berbeda dengan orang kebanyakan yang hanya mampu menguasai satu bidang ilmu saja.

Keistimewahan seorang elon musk bukanlah tercipta begitu saja, melainkn melalui proses demi proses yang begitu panjang. Keistimewahan lain dari sang generalis tenar tersebut ialah memiliki cara belajar yang unik dan tidak banyak disadari oleh orang lain , yakni  learning transfer. Learning transfer adalah mengambil inti sari yang dipelajari dari satu bidang ilmu dan menerapkannya ke bidang ilmu yang lain. Dapat pula dimaknai sebagai “menyerap yang kita pelajari dalam satu industri lalu menerapkannya ke industri yang lain”. Hal inilah yang melatarbelakangi elon musk mampu menciptakan berbagai inovasi dan teknologi handal yang mana inovasi-inovasi tersebut tak terpikirkan oleh orang kebanyakan.Inilah salah satu faktor fundament yang menjadikan elon musk tetap eksis sebab ia senantiasa bergerak dan berinovasi sehingga namanya tak pernah mati bahkan terus melesat naik ke seluruh antero dunia.

            Selain hal-hal tersebut, keistimewahan lain yang terdapat pada diri elon musk ialah semangat pantang menyerah serta senantiasa menganalisa segala hal yang ada di lingkungan sekitarnya, termasuklah menganalisa segala perkataan dan informasi yang ada disekelilingnya. Elon musk merupakan salah seorag yang melanggar perkataan pepatah yang acap kali mengatakan bahwa “Jika kita ingin menjadi ahli dalam satu hal maka  fokus satu saja, karea jika tahu akan banyak hal maka tak ada yang dalam”. Kata-kata inilah yang selalu melilit pemikiran orang kebanyakan sehingga kebanyakan orang terkungkung akan satu ilmu saja. Namun, elon musk sang generalis membuktikan kepada kita semua bahwa tak ada yang bisa menyangkal bahwa manusia juga bisa menguasai berbagai bidang bahkan bisa menjadi ahli dibeberapa bidang tersebut. Ini terbukti ketika elon musk sukses menjadi sorang yang ahli diberbagai disiplin ilmu, yakni mulai dari ilmu antariksa, teknik, fisika, AI (kecerdasan buatan) hingga bidang energi dan tenaga surya. Kesuksesan elon  membuktikan bahwa anggapan bahwa menjadi ahli harus fokus terhadap satu bidang ilmu itu adalah salah. Belajar lintas ilmu memberikan keuntungan informasi (juga keuntungan inovasi) karena kebanyakan orang hanya fokus pada satu bidang. “Setiap ilmu baru yang kita pelajari dan itu asing bagi mereka akan membuat kita mampu membuat kombinasi yang mereka tidak bisa. Inilah kelebihan dari seorang ahli-generalis”. Papar sang ahli generalis ulung tersebut. Inilah gambaran mikro keistimewaan seorang “Elon Musk”.

Answered Jan 30, 2018

Question Overview


6 Followers
1000 Views
Last Asked 3 years ago

Related Questions


Apa yang dimaksud dengan growth hacker?

Apakah kehadiran seorang growth hacker penting dalam sebuah startup digital?

Apa fungsi utama seorang growth hacker?

Apa yang dimaksud dengan growth hacking?

Siapakah menurut Anda yang akan memenangkan kompetisi di Indonesia; Go-Jek, Uber, atau Grab?

Bagaimana cara melakukan usability testing untuk sebuah produk digital?

Seberapa penting usability testing dalam proses pembuatan sebuah produk digital?

Apa yang dimaksud dengan usability testing?

Apa perusahaan teknologi terbaik di Indonesia?

Mengapa banyak orang India menjadi CEO perusahaan digital internasional?

Apa yang membuat Larry Page (pendiri Google) berbeda dengan kebanyakan orang?

Apa yang membuat Sergey Brin (pendiri Google) spesial dibandingkan dengan kebanyakan orang?

Apa yang membuat Steve Jobs (pendiri Apple) spesial dibandingkan dengan kebanyakan orang?

Apa yang membuat Steve Wozniak (pendiri Apple) spesial dibandingkan dengan kebanyakan orang?

Mengapa menteri ekonomi di Indonesia banyak yang berasal dari FE Universitas Indonesia?

Siapa lebih baik: Karen Agustiawan (Mantan CEO Pertamina) atau Sri Mulyani (Menteri Keuangan)?

Siapa Jakob Oetama dalam dunia jurnalistik dan media Indonesia?

Bagaimana peran orang-orang terdekat di balik kesuksesan seorang tokoh?

Siapakah orang yang paling berpengaruh dalam hidup Anda?

Apa beda antara startup dan perusahaan lainnya? Mengapa istilah startup begitu naik daun?

Bagaimana cara membangun tim awal startup/perusahaan?

Apa yang menyebabkan sebuah startup digital mengalami kegagalan pada tahun pertamanya?

Apakah nama perusahaan startup terbaik di Indonesia?

Apa yang menyebabkan jumlah venture capital di Indonesia tidak sebanyak di Amerika?

Apa rahasia membangun sebuah startup digital yang sukses?

Apa yang dimaksud dengan design thinking?

Apa yang dimaksud dengan design sprint?

Mengapa design sprint digunakan untuk membuat produk digital?

Apa yang membuat Steve Jobs sukses membangun Apple?

Bagaimana proses mendirikan Bukalapak?

Siapa pengusaha paling top di Indonesia menurut Anda?