selasar-loader

Apa yang Anda banggakan dari Indonesia saat bertemu masyarakat internasional?

Last Updated Nov 20, 2016

16 answers

Sort by Date | Votes
El Hakim Law
Founder Lingkar Studi Islam & Kepemimpinan (@larsik.id)

Bisa teriak "Hidup Mahasiswa!" dan "Turunkan Presiden" di depan istana, terlebih kalau dibandingkan sama anak-anak ASEAN.

Hasil gambar untuk hidup mahasiswa

Ilustrasi via wordpress.com

Answered Dec 31, 2016
Adrian Benn
Identitas yang tidak akan pernah hilang

Ada sebuah topik pembicaraan yang sering berulang dalam beberapa kesempatan berbeda, Biasanya dimulai dengan membahas penguasaan bahasa di luar bahasa ibu, dan sering muncul joke semacam ini:

What do you call a person who speaks 3 languages? Trilingual
What do you call a person who speaks 2 languages? Bilingual
What do you call a person who speaks 1 language? An American  :)

Pembicaraan seperti ini selalu bisa diarahkan untuk membahas apa yang saya banggakan dari Indonesia: bahwa kita memiliki begitu banyak bahasa yang berbeda dan etnis yang berbeda.

F1sQivQfMgj7zzBLHazZu6kudM0oNG4R.png

Sumber gambar

Wikipedia menyebutkan bahwa ada 700 bahasa yang tersebar di penjuru nusantara. Selain itu, bahasa Jawa dan bahasa Sunda pun merupakan bahasa dengan jumlah penutur yang sangat banyak. Jika disusun menurut jumlah penutur di seluruh dunia, bahasa Jawa adalah bahasa ke-12 terbanyak di seluruh dunia, dan bahasa Sunda adalah bahasa ke-35. 

Tidak sedikit di antara kita yang menguasai dua bahasa daerah, bahasa daerah asal dan bahasa daerah tempat tinggal. Ditambah bahasa Indonesia, sudah tiga bahasa. Bahasa Inggris adalah bahasa keempat. Dan bahasa asing lainnya akan menjadi bahasa kelima, dan seterusnya.

Selain bahasa, keberagaman etnis ini juga membuka pembicaraan ke hal lain yang saya banggakan dari Indonesia: yaitu bahwa meskipun kita begitu beragam dan berbeda, akan tetapi kita tetap satu sebagai bangsa Indonesia.

Semoga semangat persatuan dan kesatuan Indonesia tetap terjaga :)

Answered Jan 9, 2017
Muhammad Luthfi
Mining Engineering Student at Bandung Institute of Technology

kekayaan budaya indonesia yang sangat beragam. Terutama bahasa kebudayaan yang sangat banyak, juga kesenian-kesenian khas daerah yang menjadi ciri khas indonesia

Answered Jan 31, 2017
Kesha Darma
Traveler, Worker, Lover (of Hawa), Pro-Rider in sometimes, and a writer

SchfyXmFR6Kf-o436ddHYtcaq3WfwGIa.jpg

Yang pertama, tentu saja pariwisatanya! Karena hanya di Indonesia, kita bisa mencari destinasi liburan alam yang kita inginkan dan memiliki banyak sekali opsi. Contoh, mau ke pantai? Ada Bali, ada Pulau Seribu, ada Parangtritis, dll. Mau laut? Ada Gili Trawangan, ada Pulau Komodo, ada Bunaken dll. Mau gunung? Atau hutan? Beeuuhhh... banyak deh tempat wisata di Indonesia kalau mau di-searching. Harganya cukup murah dikarenakan mata uang kita tidak terlalu kuat dibandingkan sama beberapa negara yang ada di ASEAN. 

Yang kedua adalah makanan. Di Indonesia, mau makanan rasa apapun ada, dari makanan rasa manis sampai yang pedas banget selalu ada di Indonesia. Mungkin karena kita punya banyak bahan yang bisa dimasak di Indonesia, rasanya gak cuma manis atau pedas, tapi juga selalu dibarengi oleh rasa yang enak di mulut.

Hal paling mengharukan yang pernah terjadi pada saya selama bepergian adalah ketika saya sedang menjalani pertukaran pelajar di Singapore. Saat itu, kita home stay di rumah teman-teman yang sudah ditunjuk oleh sekolah, maka pada saat itu saya kedapatan menginap di rumah orang Melayu.

Orang Melayu tidak jauh berbeda dengan orang Indonesia, bahkan bahasanya tidak berbeda jauh. Pada saat saya mau pulang ke Indonesia, pada malam terakhir, ternyata ibu dari teman saya di tempat menginap memasakkan kami ayam goreng dan nasi lemak (nasi uduk). Di Singapore, nasi lemak adalah makanan yang dimakan ketika ada pesta atau sedang ada acara, karena bahan bahan memasak nasi lemak di sana sangat mahal. Laahh kitaa? Koprol 2 kali udah nyampe di tenda nasi uduk, 15 ribu lagi sekali makan! Di Malaysia, makan nasi lemak ayam goreng lengkap dengan minumnya saja sudah menghabiskan 15 ringgit (1 ringgit pada saat itu adalah Rp 3000). Bayangkan, untuk makan nasi uduk saja, saya harus bayar lebih dari 30 ribu. Sedih, gak? Yah, mau gimana lagi 

ryK8z_OxN6M-8HFbBaHBsZLQnmQv9sBp.jpg

Answered Mar 22, 2017
Siti Umi Mudhongafah
From nothing to be something :)

Hasil gambar untuk pesona indonesia

Indonesia adalah negara dengan berbagai keanekaragaman. Keanekaragaman ini seperti bawaan dari lahir negara Indonesia. Itulah mengapa kita harus menjunjung tinggi kebhinekaan di Indonesia. Meskipun Indonesia memiliki keberagaman dari berbagai aspek, kita dapat membuktikan bahwa keberagaman tersebut tidak membuat kita sebagai warga negara Indonesia menjadi terpecah belah. Ingatlah bahwa kita memang terlahir dengan begitu banyak keberagaman. 

Salah satu contoh keberagaman yang dimiliki Indonesia adalah Indonesia memiliki berbagai macam bahasa daerah. Dari Sabang sampai Merauke tercatat bahwa terdapat 719 bahasa yang dimiliki Indonesia (ethnologue.com). Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki bahasa sendiri yang menjadi identitas bagi mereka. Indonesia adalah satu-satunya negara yang memiliki jenis bahasa paling banyak. Oleh karena itu, kita sebagai warga negara Indonesia harus bisa menjaga dan melestarikan bahasa daerah kita, di samping juga menguasai bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan baik.

Selain kebhinekaan yang dimiliki Indonesia, Indonesia juga memiliki alam yang indah. Berbagai keindahan alam dapat kita temukan di seluruh penjuru daerah di Indonesia. Indonesia juga terkenal dengan tanahnya yang subur. Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki berbagai jenis spesies flora dan fauna, yang memang hanya dimiliki di negara Indonesia. Alasan inilah yang menyebabkan Indonesia sebagai "tanah surga". 

Saya bangga menjadi warga negara Indonesia :)

Gambar via pesonaindo.com

Answered Jun 2, 2017
Fahmi Ramadhan
Constitutional Law Enthusiast | Anti Corruption Activist

ZXkcpnJ77U70RSuPKT3_d2kVpSJKqqfL.jpg

Tentu saja keanekaragaman budaya dari berbagai daerah yang menjadi kebanggan yang dibawa dalam pergaulan masyarakat internasional. Selain itu, Indonesia mempunyai toleransi yang begitu tinggi meskipun dengan budaya yang beragam.

 

sumber gambar: deviantart.net

Answered Jun 16, 2017
Anonymous

Indonesia patut dibanggakan karena Indonesia merupakan negara yang kaya aakan budaya sehingga dari segi budaya kita sudah dapat mempromosikan dan mengenali budaya Indonesia ke seluruh negara melalui tarian Tor-Tor, makanan khas daerah, dan lain-lain. 

Answered Jul 31, 2017
Anonymous

Nama : Siti Aminah

Nim : 1117050000033

Fakultas : Ilmu tarbiyah dan keguruan 

Jurusan : Pendidikan Ilmu pengetahuan sosial 

 

Kebanggan negara indonesia yaitu memiliki beribu macam budaya 

Answered Aug 19, 2017
Latifah
Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora

Sebagai warga Indonesia, yang patut kita banggakan adalah keindahan alam dan kekayaan budaya yang di miliki  Indonesia.

Answered Aug 19, 2017
Mutsla Qanitah
Jurnalis Amatir

Pertemuan saya yang terakhir dengan masyarakat internasional adalah saat saya mengikuti pertukaran pelajar ke Korea Selatan pada Februari hingga Juli lalu. Disana saya bertemu banyak teman baru sesama international student yang berasal berbagai negara. Beberapa hal yang saya banggakan dari negara saya dan dari status saya sebagai orang Indonesia saat berinteraksi dengan masyarakat internasional antara lain:

1.  Makanan. Salah satu kegiatan yang saya ikuti di Seoul adalah program masak-masak per negara, kemudian setiap negara mempresentasikan makanan khas negaranya dan saling mencicipi makanan-makanan dari negara lain. Ketika itu saya dan tiga teman dari Indonesia memasak sate ayam dan nasi uduk. Kami mendapatkan 100% komentar positif mengenai dua menu tersebut. Tidak ada teman kami yang mengatakan bahwa dua menu tersebut tidak cocok dengan lidahnya. Masakan kami pun ludes dalam sekejap.

2. Batik. Dalam salah satu acara formal yang saya hadiri disana, saya dan seorang teman saya datang dengan mengenakan atribut batik di busana kami (rok dan dress). Banyak teman-teman international student yang kagum dan penasaran dengan motif pakaian yang kami kenakan. Kami pun dengan bangga mempromosikan Batik di antara teman-teman bule kami.

3. Hijab. Meski hijab adalah simbol identitas keagamaan dan bukan kenegaraan, banyak teman-teman saya yang bertanya apakah hijab lumrah dipakai di Indonesia. Saya pun menjelaskan bahwa di Indonesia, mayoritas masyarakatnya adalah muslim sehingg hijab adalah hal yang sangat lumrah. Saya juga sering mendapat tatapan-tatapan penasaran dari penduduk setempat saat sedang berada di tempat publik, karena memang hijab bukanlah sesuatu yang lumrah di Korea.

4. Bahasa. Beberapa teman saya terutama teman dekat (teman main) yang kebanyakan berasal dari Amerika dan Perancis meminta saya untuk mengajari mereka Bahasa Indonesia. Kami memang sering belajar dan saling bertukar ungkapan dalam bahasa masing-masing. Saya pun mengajari mereka sedikit-sedikit, mulai dari kalimat-kalimat umum, kalimat sapa, hingga kata kasar yang diajarkan dalam candaan-candaan yang tidak bermaksud menghina. Teman-teman saya sering menggunakan google translate dan mencoba berbincang dengan saya dalam Bahasa Indonesia. Menurut mereka, Bahasa Indonesia tergolong mudah dipelajari terutama dari sisi penulisan yang masih sama-sama menggunakan huruf alfabet tanpa tanda baca yang rumit, serta pelafalan kata yang sesuai dengan tulisan.

5. Karakter santun, ramah, dan suka menolong. Beberapa teman saya pernah memuji karakter orang-orang Indonesia yang ramah, tidak ekslusif, dan cenderung senang berteman dengan siapa saja.

Begitulah beberapa hal yang saya ingat mengenai apa yang saya banggakan dari Indonesia saat berinteraksi langsung dengan masyarakat internasional dari berbagai negara.

#Jawabanku Oktober 2017

#Rumah Kepemimpinan

#RK Regional Jakarta

Answered Nov 1, 2017
Habibie Satrio Nugroho
Computer Science, University of Sumatera Utara | Rumah Kepemimpinan R6 Medan

Bertemu dengan orang-orang dari berbagai negara itu adalah sebuah kebanggaan tersendiri, apalagi saya yang berasal dari Indonesia. Mengapa begitu bangga sebab banyak orang-orang mancanegara sangat ingin berkunjung ke Indonesia. Negara yang dikaruniai Allah SWT dengan kekayaan Sumber Daya Alam serta Kebudayaan nya ini memiliki banyak cerita yang dapat dituliskan sebagai kenangan kehidupan orang-orang mancanegara yang berkunjung ke negara ini.

Surga nya dunia adalah Indonesia, Paru-paru dunia juga Indonesia menjadi bagiannya dengan luas hutan yang begitu membentang menghijaukan berbagai macam bukit di banyak nya pulau serta daerah-daerah, menjadi Indonesia begitu memiliki banyak kebanggaan yang dapat di kisahkan apabila kita bertemu dengan masyarakat dari mancanegara.

Bangga menjadi orang Indonesia, bangga bisa membawa Indonesia untuk dikenal dengan dunia Internasional.

Answered Nov 1, 2017
Eka Primadestia K
Administrasi Negara UI - Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta

HgS2ISibx2ajmbWzPQ7IDw4cxkMkqoB_.jpgHNF_1w-bUhejTcrDVfRqYaDCDaT_U0E6.jpg7eQO5YKMIsosZYPrBCPOIEKjToVDshYX.jpg

Ketika saya mengikuti suatu kegiatan di Kuala Lumpur, saya bertemu dengan beberapa teman dari Malaysia, Thailand, Filipina dan beberapa negara ASEAN lainnya. Ketika mereka tahu saya berasal dari Indonesia, mereka langsung menanyakan saya dengan wajah penasaran. Sepenasaran itu mereka dan membuat saya harus berpikir keras tentang Indonesia, sekaligus sebagai tantangan sejauh mana saya mengenal Indonesia :)

 

Sejak itulah, saya menyadari bahwa berkeliling dan menjelasan Indonesia adalah salah satu kewajiban bagi kita sebagai warga negara Indonesia. Karena apa ? karena kita tidak pernah tahu ke belahan bumi manakah kita akan berkelana, dan akan bertemu siapa sajakah kita di hari ini, esok, dan beberapa tahun lagi. Karena kita sudah terbranding sebagai warna negara Indonesia maka mereka yang berasal dari negara lain berhak menanyakan banyak hal tentang Indonesia kepada kita sebagai narasumber tulen. Termasuk apa yang akan kita banggakan tentang Indonesia kepada mereka yang berkewarganegaraan asing ?

Apa yang akan saya banggakan tentang Indonesia kepada mereka yang berkewarganegaraan asing, menurut perspektif dan pengalaman saya akan menjelaskan bahwa Indonesia memiliki banyak hal yang sangat istimewa. Tapi secara garis besar terdapat 3 hal yang membuat saya lebih bangga dengan Indonesia yakni :

 

1. Alam

 

Tidak diragukan lagi terkait alam Indonesia yang masih murni dan mendominasi wilayah Indonesia (meskipun mulai tercemar). Dari pesona alam di bawah laut, dataran rendah, dan dataran tinggi semuanya memiliki pesonanya tersendiri dan mampu menyegarkan mata dan pikiran kita. Setiap pulau di Indonesia memiliki pesona alamnya tersendiri dan rasanya butuh waktu yang lama untuk mengunjungi seluruh tempat wisata milik Indonesia. Dari Medan, Riau, Jakarta, Bandung, Bali, Lombok, Banyuwangi, Makasar, Bunaken, Wakatobi, Raja Ampat, Yogyakarta, dan sebagainya. Keasrian yang masih sangat kental inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia.

 


2. Budaya

 

 

Kebudayaan ini lingkupnya sangat luas, baik berbentuk fisik maupun non fisik. Dari bentuk tarian, bahasa, lagu, suku adat, dan sebagainya. Indonesia memang terdiri dari masyarakat yang kultikultural dimana hal tersebut juga membuat keberagaman budaya di masyarakat Indonesia itu sendiri. Dan inlah titik emas bagi Indonesia bahwa keanekaragaman ini menjadi kekhasan Indonesia di mata negara lain.

3. Sopan santun dan ramah

 

Saya adalah salah seorang yang percaya bahwa sopan santu dan ramahnya orang Indonesia masih sangat kental dan terinternalisasi dengan baik di masyarakat. Inilah nilai-nilai yang ditanamkan oleh para pendahulu kita bahwa kebijaksanaan seseorang juga ditunjang dari sifat-sifat seperti sopan dan santun pada siapa saja termasuk ramah terhadap orang lain. Sopan santun dan keramahan ini merupakah hal unik yang mewarnai objek wisata di Indonesia terutama objek wisata yang masih asri dan berlokasi di desa atau pedalaman. Suasana guyubnya masih terasa dan membuat kita seperti memiliki keluarga baru baik bapak, ibu dan anak-anaknya pun sangat menjunjung tinggi sopan santu serta kerahaman.

 

 

 

sudah menjelajah kota mana saja di Indonesia ?

sudah tahu kabar terbaru dari Indonesia ?

sudah tahu prestasi Indonesia tahun ini apa saja ?
kalau belum yuk segera mencari tahu dan perkaya pengetahuan tentang Indonesia, pengetahuan tentang negara tercinta kita. Kalau buka kita yang membanggakan Indonesia kepada orang lain, terus mau siapa lagi ? Semangat berkeliling dan menjelajah :)

 

 

#Jawabanku Desember 2017
#Rumah Kepemimpinan
#RK Regional Jakarta

Answered Dec 25, 2017
Ade Hilmy Maulana Achzab
Teknik Mesin ITB 2014

Indonesia merupakan negara dengan seribu kekayaan alam yang melimpah. Lumbung surga yang tak ternilai harganya. Mulai dari pantai, danau, laut, hutan, pertanian, panas bumi, sungai, dan kekayaan yang lain. Hal itu patut kita banggakan. Selain itu, ragam budaya yang beraneka jenis juga mewarnai khazanah budaya di Indonesia. Sehingga hal tersebut menandakan bahwa kita adalah masyarakat heterogen yang bisa menerima perbedaan antara satu dengan yang lainnya karena diikat oleh nasionalisme terhadap Indonesia itu sendiri. 

Answered Dec 29, 2017
Kinanti Indah
Mahasiswa Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan Universitas Gadjah Mada 2014

Sebuah pengalaman yang luar biasa ketika diberikan kesempatan untuk mengikuti forum internasional. Kita bisa banyak belajar dan sharing bersama dengan warga negara lainnya. Kita bisa mulai mendiskusikan isu internasional yang sifatnya lebih makro dan mulai mencari langkah solutif untuk pemecahannya. Itulah yang sangat saya banggakan ketika kita bisa menikmati setiap proses pembelajaran.

Answered Mar 2, 2018
Ermas IL
Peserta Rumah Kepemimpinan Regional V Bogor

1. Keramahan, kerendahan hati, tolerani, keberagaman, dan senyum manusianya.
2. Kesempurnaan dan keindahan alamnya.

Answered Mar 3, 2018
Anonymous

Ah, mungkin saya kurang berpengalaman masalah bertemu dengan masyarakat Internasional.Namun, kalau boleh bayang-membayangkan, jelas saya akan membanggakan Indonesia sebagai negara yang berbeda dengan negara lain. Lantas, apa yang membedakan Indonesia dengan negara lain? Perihal keberagaman, itu sudah pasti,. kita beragam, tetapi persatuan dijunjung tinggi. Yaa, meski ada beberapa tragedi yang memilukan akibat sentimen antarbudaya. Namun, sepengalaman saya dan di lingkungan saya, masalah perbedaan itu masalah kita menghargai seseorang saja.

 

Kemudian, yang saya banggakan adalah keramahan penduduknya. "Ramah maksudnya sering senyum?" hmm, ya bisa jadi. Coba saja senyum kepada seseorang di Indonesia, kemungkinan besar (saya tidak bisa menyatakan pasti) orang tersebut akan berbalas senyum. Hal ini bisa jadi karena senyuman adalah bahasa yang paling universal dibanding anggukan atau gelengan.

 

Ada banyak sebenarnya yang bisa kita banggakan sebagai anak Indonesia. Jika saya boleh merekomendasikan buku, mungkin buku dari Agung Pribadi berjudul "Gara-Gara Indonesia" (ini bukan promosi lho ya). Di buku tersebut banyak kebanggaan yang bisa kita dapetin menjadi anak Indonesia mulai dari historisnya, kekayaan alam, keberagaman, politik dan sosial budayanya.

 

Nah, selamat berbangga menjadi bagian dari Bumi Pertiwi !

Answered Apr 1, 2018

Question Overview


18 Followers
1259 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Adakah keterlibatan Indonesia pada Perang Dunia II?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Pernahkah Anda bertemu Presiden Joko Widodo?

Hal-hal apa sajakah yang harus dipenuhi agar Indonesia menjadi pemimpin budaya populer dunia?

Foto apa saja yang bisa mengubah cara pandang kita tentang Indonesia?

Masakan/makanan Indonesia apa yang menurut Anda paling mungkin go international?

Mengapa bangsa Indonesia dapat sebegitu lamanya dijajah oleh Belanda?

Makanan/masakan Indonesia apa yang paling memiliki nilai sejarah tinggi?

Apa yang membuat beberapa suku di Indonesia masih tetap bertahan dengan gaya hidup tradisionalnya, misalnya Suku Badui?

Mengapa Hillary Clinton yang mendapatkan popular votes terbanyak tidak terpilih sebagai Presiden?

Apakah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat akan mengubah wajah dunia?

Mengapa seseorang bisa tertarik bergabung dengan ISIS?

Bagaimana positioning Indonesia di dunia global?

Kapan Perang Dunia III muncul?

Apa yang membuat Israel menang dalam perang melawan gabungan negara-negara Arab?

Mengapa Israel dalam beberapa dekade menjadi maju sekali jauh meninggalkan negara-negara arab di sekitarnya?

Bagaimana cara yang paling efektif untuk mengakhiri konflik Palestina dan Israel?

Bagaimana cara mengakhiri konflik di Syiria?

Selain Korea Selatan, Singapura, apa ada cerita tentang negara lain yang dahulu miskin kini kaya raya?

Apa tujuan utama yang harus dicapai perusahaan ketika menggunakan media sosial sebagai alat komunikasinya?

Bagaimana melatih skill komunikasi publik seorang pemimpin yang pada dasarnya pendiam?

Apa tips yang dapat Anda berikan bagi pejuang SBMPTN?

Apa enaknya jadi mahasiswa?

Apa yang menyebabkan Nokia kalah dalam persaingan global?

Apakah nama perusahaan startup terbaik di Indonesia?

Apakah "mood booster" terbaik Anda?

Apa itu Rumah Kepemimpinan?