selasar-loader

Apa itu gerakan salafi?

Last Updated Apr 3, 2017

1 answer

Sort by Date | Votes

GQa0dzUYb1SrP8Ibnzz5LPZtwP9o8l_4.jpg

via googleusercontent.com (FR)

Saya mencoba membedah secara sederhana dari perspektif pengusung gerakan salafi sendiri.

Gerakan salafi secara bahasa adalah gerakan yang menisbatkan/mendasarkan pada kaum terdahulu (salaf).

Adapun secara istilah gerakan salafi adalah gerakan dakwah islam yang menisbatkan ajaran Islamnya pada para pendahulu yang salih (salafush shalih) yakni Rasulullaah 'alayhi sholatu wa salam, Sahabatnya, Tabi'in dan Tabiut tabi'in (2 generasi setelah sahabat) yang diperkirakan hidup hingga 150 Hijriah.

Gerakan ini pada dasarnya merupakan tradisi keilmuan yang dipegang oleh kaum muslimin termasuk para Imam Madzhab akan tetapi menjadi terpisah dan berdiri sendiri sebagai bentuk pembedaan dengan gerakan yang menunjukkan penyimpangan yang bersifat fundamental atau prinsipil dalam masalah Aqidah dan Ushuluddin. Kelahiran dan penyebaran gerakan pemikiran khawarij (yang melepaskan diri dari pemerintah) hingga mu'tazilah (yang mendahulukan akal/dalil aqli dari dalil naqli/qur-an sunnah) membuat gerakan pemikiran salafi melahirkan istilah ini sebagai bentuk gerakan pemurnian/purifikasi ajaran dasar Islam.

Pada akhir-akhir ini gerakan salafi dinisbatkan pada gerakan pemikiran Ibnu Taimiyah yang direvitalisasi oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab di abad ke 18. Gerakan salafi ini semakin berkembang pasca sang Syaikh berkoalisi dengan Imam Su'ud untuk mendirikan nation-state Arab Saudi. Hingga hari ini, Arab Saudi menjadi kiblat pemikiran gerakan salafi disamping patronisme da'i maupun ustadz yang sepemikiran di masing-masing wilayah.

Substansi dari gerakan salafi sebagai pemikiran ialah purifikasi Islam dari pengurangan maupun penambahan ajaran prinsip Islam. Hal inilah yang menjadikan gerakan ini sangat memprioritaskan pembahasan Aqidah atau keyakinan Islam kepada umatnya. Selain itu pola pikir tekstual-normatif juga menjadi ciri gerakan ini yang terkadang disalahartikan sebagai gerakan anti-madzhab. Padahal faktanya para ulama salafi bermadzhab fiqh sesuai masing-masing negaranya.

Tidak jarang ada kekeliruan menyamakan pola pikir salafi yang tekstual-normatif dengan madzhab kelima yakni madzhab dzahiri, madzhab yang dipopulerkan oleh Ibn Hazm.

Pun ada juga miskonsepsi ketika salafi membahas bid'ah dengan counter "kalau apa-apa bid'ah pake onta aja!". Hal ini bisa jadi disebabkan ketidaktahuan pihak tersebut perihal standar gerakan salafi tentang bid'ah, yang secara sederhana bermakna modifikasi dalam hal ibadah yang tidak memiliki dasar yang bisa dipertanggungjawabkan secara nash.

Di Indonesia, gerakan ini memiliki sejarah pandang sebagaimana masuknya Islam di Nusantara. Hal ini bisa dilacak melalui beberapa ajaran - ajaran walisongo yang memiliki ketegasan dalam bab aqidah meski antar Da'i bisa berbeda-beda. Diantara hal yang unik adalah penisbatan gerakan Muhammadiyah yang digawangi KH Ahmad Dahlan dengan gerakan salafi mengingat kesamaannya dalam memberantas TBC (Takhayul, Bid'ah dan Churafat) meskipun selanjutnya Muhammadiyah sebagai gerakan memiliki beberapa perbedaan dalam beberapa hal seperti penentuan penanggalan Hijriyah.

Gerakan salafi ini sekarang sedang berkembang dan semakin pesat melalui sosial media baik berupa kajian penuh, kajian singkat hingga gambar inspiratif. Hal yang menarik adalah jika ditinjau dari beberapa daerah di Indonesia, gerakan ini memiliki kecenderungan berkembang secara desentralisasi yang berbeda dengan gerakan Islam lain seperti Tarbiyah, HT maupun yang lain. Hal yang menyatukan mereka baik secara nasional maupun internasional adalah pemikiran dan penyikapannya saja. Maka perkembangan dan dinamika gerakan salafi sangat bergantung pada kewilayahan dan tingkat ketokohan ustadz disana.

Dalam hal politik, pemikiran yang berkembang banyak adalah sikap apolitik meskipun hal ini sangat bertentangan dengan sikap politik Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab yang menggandeng Imam Su'ud.

Pada akhirnya, gerakan salafi adalah gerakan pemikiran Islam yang berfokus pada purifikasi Islam sebagai ajaran agama, memiliki kecenderungan apolitik (dan hal ini tentu bertentangan dengan tuduhan gerakan salafi adalah gerakan anti-NKRI) dan berkembang secara desentral-ketokohan.

Diantara referensi utama untuk mengenal paradigma pemikiran salafi adalah Ushul ats tsalatsah (3 Landasan Utama) karya Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab, dan untuk mengenal lebih dekat gerakan ini bisa merujuk pada beberapa asatidz yang dituakan seperti Ustadz Yazid Jawaz, Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat, Ustadz Mubarok Bamuallim maupun institusi seperti Sekolah Tinggi Dakwah Islam Imam Syafi'i Jember dan Sekolah Tinggi Agama Islam Ali bin Abi Thalib Surabaya.

Wallaahu a'lam.

Answered Apr 12, 2017

Question Overview


3 Followers
674 Views
Last Asked 2 years ago

Related Questions


Bagaimana rasanya mengikuti liqo/pengajian jamaah Tarbiyah/PKS?

Apakah Anda tahu kapan akan dilaksanakan kegiatan Gerakan Pemuda Ansor dalam waktu dekat ini?

Apa saja diferensiasi gerakan Tarbiyah dan gerakan Islam transnasional lain?

Adakah keterlibatan Indonesia pada Perang Dunia II?

Bagaimana sebenarnya hubungan Jokowi dengan Ahok?

Pernahkah Anda bertemu Presiden Joko Widodo?

Hal-hal apa sajakah yang harus dipenuhi agar Indonesia menjadi pemimpin budaya populer dunia?

Foto apa saja yang bisa mengubah cara pandang kita tentang Indonesia?

Apa yang Anda banggakan dari Indonesia saat bertemu masyarakat internasional?

Masakan/makanan Indonesia apa yang menurut Anda paling mungkin go international?

Mengapa bangsa Indonesia dapat sebegitu lamanya dijajah oleh Belanda?

Makanan/masakan Indonesia apa yang paling memiliki nilai sejarah tinggi?

Apa yang membuat beberapa suku di Indonesia masih tetap bertahan dengan gaya hidup tradisionalnya, misalnya Suku Badui?

Mengapa Tuhan membuat surga, padahal insentif tertinggi umat Islam adalah ridha Allah?

Apabila poligami adalah ibadah, mengapa banyak perempuan muslim yang tidak mau melakukannya?

Bagaimana cara mengakhiri konflik antara Sunni dan Syiah?

Apakah Syiah bukan Islam?

Mengapa Nabi Muhammad tidak mengizinkan Ali mempoligami Fatimah?

Apa yang dimaksud dengan bid'ah?

Apa yang dimaksud dengan munafik?

Apa yang dimaksud dengan halal?

Apa yang dimaksud dengan haram?

Apa yang dimaksud dengan mubah?

Apa keistimewaan 10 malam terakhir Ramadan?

Bagaimana langkah kita untuk membantu muslim di Rohingya?