selasar-loader

Foto apa saja yang bisa mengubah cara pandang kita tentang Indonesia?

Last Updated Nov 20, 2016

8 answers

Sort by Date | Votes
Henri Go
The Man Who Loves and Deeply Enjoyable Life

1. Kerukunan umat beragama terutama yang ada di pedesaan yang selalu terjaga dan saling menghormati.

2. Keindahan dan kekayaan alam yang luar biasa.

 

Answered Jan 11, 2017
Ririn Rien
Happy Momy and wife

1. Kerukunan umat beragama

2. Toleransi antar umat bergama

3. ramah tamah

Answered Jan 16, 2017
Granito Ibrahim
Penggemar ikan hias tapi suka menulis cerpen.

Foto alam Indonesia yang indah. Semisal pegunungan, pantai, alam bawah laut, tebing yang eksotik, goa-goa yang masih jarang dikunjungi. Juga sungai-sungai, air terjun, hutan dengan biodeversity yang kaya flora maupun fauna. 

Answered Jan 16, 2017
Muhammad Luthfi
PJ Dokumentasi Ekspedisi DK AMI 2018

foto kekayaan bawah tanah alam indonesia. Terdapat kekayaan batuan kristal dan mineral yang sangat banyak. Namun pemanfaatannya masih belum maksimal, dapat dilihat dari banyaknya perusahaan asing yang mengeksploitasinya. Sedangkan sesungguhnya sangat banyak sumber daya manusia indonesia yang seharusnya dapat bergerak secara mandiri dalam mengelola kekayaan negeri ini

Answered Jan 31, 2017
Tigor Dalimunthe
Lelaki dan Ganteng

Etefo2iP5viRQJ19YZUR0FQosVkmxD6q.jpg

Foto trotoar yang porak poranda dan semrawutnya kabel listrik di hampir seluruh bagian negeri ini. Saya curiga bangsa ini memang sudah kena kutuk dan tidak ada obatnya.

Answered Apr 4, 2017
Aprilia Nafi Nuraini
Official Account Soedirman Student Summit

1. Foto tentang toleransi antar ras, suku, agama, dan budaya

2. Foto tentang keindahan alam dan lingkungan di negeri tercinta

Answered Aug 22, 2017
Anonymous

Foto perjuangan para pahlawan di masa perjuangan melawan penjajah 

Answered Aug 23, 2017
Eka Primadestia K
Administrasi Negara UI - Rumah Kepemimpinan Regional 1 Jakarta


bCYP6NXHMHGfKdVeCPH_j7gNqweNqsZR.jpg

CjVA5K3W9JXK18nsaDowkCTFh0oJQgZf.jpg

Melihat kedua foto itu menyadarkan saya memiliki perspektif yang lain ketika menyebut kata Indonesia. Bagi saya, berbicara tentang Indonesia memiliki makna tentang masa sekarang dan masa depan. Ada banyak pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan di masa ini demi bekal di masa depan. Masa ini, Indonesia memang memiliki banyak permasalahan di masyarakat dari kemiskinan, ketimpangan, bencana, degradasi moral, korupsi dan lain-lain. Tetapi terkadang kita sebagai pemuda luput bahwa di sekitar kita juga terdapat banyak masalah tapi apakah kita sudah menjadi bagian dari solusi tersebut ?

Beberapa permasalahan yang disebutkan di atas adalah permasalahan yang makro, tetapi sadar atau tidak suatu hal yang makro mungkin saja merupakan tumpukan dari permasalahan yang mikro yang ternyata terjadi di sekitar kita. Dan itulah mengapa menjadi bagian dari solusi itu penting karena saat ini Indonesia hanya butuh solusi dan aksi konkret untuk mencicil menyelesaikan banyaknya permasalahan yang ada di negeri ini. Dan sudahkan di masa ini kita bergerak nyata untuk mencicil menyelesaikan permasalahahan Indonesia ?

Selain itu, foto itu juga menyadarkan bahwa Indonesia juga bermakna masa depan. Mengapa demikian, percayalah dan optimislah bahwa Indonesia memiliki sumber daya manusia yang potensial yang mungkin saat ini sedang menduduki bangku sekolah dasar ataupun taman kanak-kanak. Mereka semua adalah masa depan bangsa Indonesia yang memerlukan peran kita disaat ini apakah berhasil mendidik mereka yang diposisikan sebagai adik-adik kita, atau kita diam dan membiarkan saja calon pemilik masa depan Indonesia tersebut tidak terdidik dengan baik? itulah mengapa masa ini dan masa depan bangsa Indonesia sangatlah penting, karena keduanya saling berkorelasi dan terkadang sering dilupakan dalam keseharian kita yang sering membicarakan tentang Indonesia. Tetaplah mengambil peran sesuai kemampuannya dan berusaha untuk terus berkontribusi bagi bangsa. Karena jika bukan kita siapa lagi ? :)

Answered Dec 25, 2017